Cara menjadi selebgram , Kiat Sukses, Pengertian, Penghasilan

Posted on

Cara menjadi selebgram – Untuk menjadi seorang selebgram dibutuhkan pengorbanan besar yang melibatkan banyak uang.

Kalau kamu melek media sosial pasti tahu, dong, dengan istilah selebgram.Ya, selebgram kini sudah dianggap sebagai karier yang menjajikan oleh sebagian orang karena dapat meraup uang yang banyak dalam waktu singkat.

Apalagi, banyak yang menilai kalau pekerjaan sebagai seorang selebgram itu enak banget.Jalan dibayarin, sering dapat produk endorsement dan tentunya ada kepuasaan tersendiri saat foto dan video yang di-posting dapat ribuan atau bahkan ratusan ribu like.

Selebgram
Selebgram

Pengertian Selebgram

Jika diartikan, Selebgram ialah sebuah sebutan yang diserahkan kepada seorang pemakai media sosial Instagram yang mempunyai fans atau pengagum lumayan banyak. Tidak bertolak belakang dengan semua artis yang tidak sedikit kita kenal di televisi dalam dunia nyata. Tidak terdapat penanda eksklusif yang menjelaskan bahwa seseorang bisa dikategorikan sebagai seorang Selebgram. Hanya kita dapat memperhatikan, seringkali meraka memiliki tidak sedikit Followers bahkan sampai berpuluh-puluh ribu, dan biasanya mempromosikan sekian banyak produk dari pelbagai brand serta semua pelaku usaha online. Aktifitas ini yang tidak jarang disebut Endorsment, suatu upaya promosi yang dilaksanakan para pebisnis online untuk memperkenalkan produknya untuk konsumen di dunia maya.

Tentu saja guna mengendorse seorang Selebgram ini tidaklah dapat dilaksanakan dengan cuma-cuma. Sejumlah ongkos akan mereka kenakan untuk para kliennya, semakin populer selebgram itu maka tarifnya pun bakal semakin mahal. Dari situlah sumber deviden seorang selebgram, dengan memanfaatkan banyaknya penggemar ekstrem yang dimiliki, lumayan mudah untuk mereka guna “menggiring” minat supaya juga memakai produk yang sedang dipakainya. Dari mulai produk fashion sampai kuliner, apapun bisa dipopulerkan dengan efektif oleh seorang selebgram.

Bagi mereka yang memang telah berkecimpung dalam dunia keartisan atau sudah menjadi seorang selebritis terkenal, secara otomatis bisa menjadi seorang selebgram dengan sendirinya. Namun begitu, ternyata tidak sedikit pun mereka yang berhasil jadi selebgram dari kalangan bukan siapa-siapa alias bukan orang familiar sebelumnya. Intinya guna menjadi seorang selebgram bisa diupayakan oleh siapa saja yang mempunyai tekad. Beberapa misal selebgram di IG yang populer ketika ini laksana @shireeenz, @riaricis1795, @nabilagardena, @skinnymonkey, @rachelvennya dan masih tidak sedikit lagi yang lainnya.

Penghasilan Selebgram

  • Anya Geraldine

Selebgram cantik yang sempat diadukan ke KPAI sebab mengunggah video vulgar ketika liburan bareng mantan kekasihnya Okky Raditya, Anya Geraldine, masuk ke dalam jajaran selebgram Indonesia terkaya di tahun 2018. Pemilik nama pribumi Nur Amalina Hayati ini sekarang mempunyai jumlah followers sampai 1,1 juta orang. Bakatnya di bidang modeling serta wajahnya yang cantik menciptakan Anya berhasil meraih kesuksesan sebagai selebgram. Anya yang adalahpemenang Gading Model Search 2016 ini diketahui dapat mengantongi uang sampai Rp 30 juta masing-masing bulannya dari job endorse. Untuk memakai jasa Anya dalam mempromosikan suatu produk, pengiklan mesti merogoh kocek sebesar Rp 1,5 juta guna sekali post di Instagram-nya.

  • Clairine Clay

Selebgram yang kegemaran memberikan tutorial makeup, Clairine Clay mengawali kariernya sebagai selebgram semenjak kreasinya menciptakan meme sukses menarik perhatian tidak sedikit orang. Meski baru aktif di Instagram semenjak tahun 2014, karier Clairine sebagai selebgram melesat cepat. Kini, gadis yang mempunyai jumlah followers sejumlah 861 ribu ini disinggung mendapat penghasilan sampai Rp 80 juta per bulan. Untuk sekali post potret di Instagram pribadinya @clairineclay, pengiklan mesti menyiapkan duit mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

  • Awkarin

Selebgram yang identik dengan kontroversi, Awkarin, kini pun sukses merambah ke dunia bisnis. Salah satunya ialah bisnis talent management sendiri yang diberi nama A Team Management. Untuk memakai jasa empunya nama menyeluruh Karin Novilda ini anda harus merogoh kocek sebesar Rp 5 juta, bila hendak jualanmu di post di akun Instagramnya @awkarin. Selebgram muda yang sudah memiliki 3,5 juta pengekor ini bahkan menyatakan harus menerbitkan uang sebesar Rp 97 juta masing-masing bulan untuk menunaikan gaji semua karyawannya. Meskipun belum diketahui secara tentu berapa pendapatan yang diperoleh Awkarin masing-masing bulan, namun diperkirakan dapat mencapai ratusan juta rupiah. Wow spektakuler banget kan?

  • Rachel Vennya

Rachel Vennya yang telah aktif memakai Instagram semenjak lama ini dapat mendapatkan penghasilan sampai ratusan juta rupiah. Gimana gak besar, guna sekali posting di Instagram-nya aja, anda harus menerbitkan uang mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Jadi lumrah aja bila selebgram yang mempunyai jumlah pengikut sampai 2,5 juta ini sekarang menjadi di antara selebgram Indonesia terkaya 2018. Ditambah lagi, ia pun mempunyai bisnis yang dijalankan bareng sang suami, Niko Al Hakim alias Okin.

  • Ria Ricis

Predikat selebgram Indonesia terkaya 2018 dipegang oleh Ria Ricis yang tak lain ialah adik dari artis Oki Setiana Dewi. Ricis diperkirakan dapat mengantongi penghasilan sampai Rp 175 juta masing-masing bulannya. Ricis yang mempunyai jumlah followers sejumlah 9,2 juta ini mematok harga endorse di akun Instagramnya @riaricis1795 yang berbeda-beda, tergantung dari jenis produk dan kontennya, apakah potret atau video. Untuk potret produk makanan dihargai sebesar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta sedangkan potret produk kecantikan dapat mencapai Rp 7 juta. Nah, bila video berdurasi 30 sampai 60 detik harganya dapat lebih mahal lagi. Di samping itu, Ricis pun memiliki sejumlah bisnis yang menciptakan uangnya menggunung. Jadi, lumrah aja bila setiap bulannya, ia dapat mendapatkan duit sampai ratusan juta rupiah. Itu dia lima selebgram Indonesia terkaya 2018 yang punya tidak sedikit duit bahkan sampai ratusan juta rupiah. Tertarik menjadi selebgram?

Namun, menjadi seorang selebgram itu butuh pengorbanan yang enggak sedikit, lho.Pengorbanan yang dilakukan mereka pun enggak terlepas dari uang, uang, dan uang.Yap, enggak sedikit modal yang harus dikeluarkan demi bisa tampil kece di Instagram.Kira-kira modal financial apa saja yang harus dikeluarkan?

MODAL SELEBGRAM

1.Modal beli peralatan foto dan video

Namanya juga mau memamerkan foto dan video yang indah pastinya dibutuhkan peralatan yang mendukung untuk itu semua.Nah, untuk menjadi seorang selebgram, kamu harus siap membeli peralatan tersebut.

Kalau pun enggak mau beli kamera, setidaknya handphone yang kamu punya harus memiliki kualitas kamera yang mumpuni.Tentunya harga sebuah handphone yang dilengkapi dengan kamera yang canggih dan jernih tidaklah murah.Tetap saja kamu harus mengeluarkan uang untuk hal ini.

Biasanya, para influncer di Instagram menggunakan kamera tipe Canon dan Sony untuk mengambil gambar dan video.Harga kedua tipe kamera tersebut dibanderol mulai dari Rp 5 jutaan.



Belum lagi kalau kamu pengin jadi beauty selebgram, dibutuhkan lighting berupa ring light yang harganya juga enggak murah.Kalau ingin hasil maksimal, jangan lupa beli tripod yang berkualitas.

2. Modal pulsa untuk isi paket data

Tugas seorang selebgram adalah update media sosial. Nah, supaya bias online setiap saat, kamu harus rajin membeli pulsa provider apa saja, misalnya telkomsel dan isi paket internet bulanan. Memang, sih, biayanya enggak begitu mahal tapi pastikan kamu mengisi paket internet dengan jumlah kuota yang banyak.

Sebagai informasi, media social seperti Instagram akan menyita banyak data internet setiap harinya, apalagi kalau kamu terus-terusan mengaktifkannya. Untuk itu, siapkan bujet untuk membeli pulsa setiap bulannya.

3. Investasi property foto

Foto tanpa peralatan pendukung tentu rasanya hambar, dong.Nah, biar hasil fotonya stand out, kamu butuh properti yang bisa mendukung hasil akhir fotomu.Misalnya, nih, buat kamu yang mau jadi fashion selebgram, kamu membutuhkan modal buat beli pakaian-pakaian yang kece dan tentunya fashionable. Untuk kamu yang ingin dikenal sebagai food selebgram, kamu harus punya peralatan makanan yang mempermanis foto makananmu.

Beda hal nya dengan kamu yang ingin menjadi traveler, dibutuhkan property pendukung seperti baju yang keren, topi, selendang, dan sebagainya agar hasil foto terlihat maksimal.Minimal siapkan bujet sekitar ratusan ribu untuk membeli perlengkapan ini.

4. Modal untuk review restoran dan liburan

Setelah menjadi selebgram, semuanya memang akan terasa lebih enak dan mudah. Namun, saat belum menjadi siapa-siapa, kamu harus keluar modal.Misalnya saja, untuk kamu yang kepengin menjadi tukang review makanan tentunya harus keluar uang untuk mencoba satu restoran dan tempat makan lainnya.Begitu pun dengan mereka yang ingin jadi traveler harus merogoh kocek lebih dalam untuk traveling.

5. Mengeluarkan uang buat iklan

beberapa selebgram agar cepat terdongkrak popularitasnya rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk kegiatan promosinya.Apalagi, Instagram punya tools yang bisa mempromosikan akun kamu agar meraih lebih banyak followers dan likes. Poin ini memang optional, tapi kamu bias memanfaatkannya bila pengin jadi selebgram dalam waktu singkat.

CARA MENJADI SELEBGRAM

1. Tentukan nilai menarik dari persona kamu

Perhatikan artikel kamu, anda harus punya feeds atau konten artikel yang anda banget, maksudnya tentukan nilai apa yang hendak kamu tonjolkan di sosial media kamu.

Nilai ini dapat kamu angkat menurut profesi anda saat ini atau andai kamu model, kamu dapat menonjolkan sisi unik anda didepan kamera dengan pose-pose yang menjadi signature kamu.

Atau andai kamu mempunyai passion ataupun hobi, kamu dapat menonjolkan sisi artistiknya dengan teknik kamu mengambil potret terhadap objekmu. Agar konten feed anda mudah di ingat oleh user lain anda harus konsisten dengan gaya potret dari konten anda karena semakin anda konsisten mengambil potret dengan gaya pemotretan yang sama maka signature konten anda akan gampang diingat.

Misalnya saja khas feeds kamu ialah black and white, jadi usahakan seluruh postingan anda dengan tema black and white, supaya semua artikel Instagram anda terlihat relevan dan konsisten serta enak di pandang.

2. Atur jadwal posting akun sosial media kamu

Taukah Kamu, Cepat tidaknya perkembangan followersmu tergantung dari masa-masa postingmu di instagram. Bagi menjadi selebgram terkenal, anda harus tau jam-jam terbaik anda harus posting konten instagram akunmu.

Jika tidak anda mungkin tidak akan mencapai feed followers anda di beranda mereka sebab selisih waktu anda upload konten dengan masa-masa mereka membuka software instagram.

Maka dari tersebut kamu wajib mengupayakan survey kecil-kecilan. Cobalah unggah atau posting pada masa-masa pagi, siang, sore, dan malam. Lihatlah pada pukul berapa potret yang anda unggah tidak sedikit di-like, nah dengan demikian kamu dapat tahu deh followers anda aktif pada jam berapa dan silahkan unggah potret pada pukul yang udah anda survey. Selamat mencoba!

3. Buatlah Personal Brandingmu Sendiri

Personal Branding adalah hal utama yang mesti anda perhatikan andai memang kamu hendak menjadi selebgram familiar yang profesional. Personal branding dapat di diciptakan dengan teknik membuat niche positif tentang diri kamu.

Caranya ialah membuat situs personal guna kamu, sehingga andai nanti terdapat orang yang mencari anda di penelusuran google maka mereka bakal mudah mengejar portofolio anda dan langsung mengarah ke website kamu.

Cara ini terbukti paling efektif guna mendirect penelusuran organik yang mengarah ke ke situs kamu. Ada tidak sedikit manfaat dari situs untuk membina niche positif mu dan bakal menjadikanmu selebgram yang profesional.

Jika anda membuat website, pastikan anda menggunakan platform wordpress, sebab di samping mudah menciptakan website memakai wordpress cuma-cuma dan selain tersebut wordpress mempunyai lebih dari 500,000 template dan plugin yang bakal mempermudahmu dalam menciptakan website.

4. Gunakan Gambar Konten Dengan Resolusi Tinggi!

Gambar yang jelas dan teknik pengambilan potret yang berkualitas ialah salah satu kriteria utama andai kamu hendak menjadi selebgram terkenal.

Maka dari tersebut kamu mesti tidak jarang sering belajar teknik untuk memotret yang baik dan benar andai kamu hendak menjadi selebgram familiar yang profesional.

Apapun potret dan gadget yang anda pakai sebetulnya tidak akan mempersoalkan kualitas dari gambar mu, selama anda mengetahui cara-cara memfoto object dengan benar.

Alternatif lainnya ialah kamu dapat menyewa fotografer profesional guna mengabadikan object ataupun object yang anda foto, namun anda harus menjadwalkan dan melist konsep potret yang akan anda abadikan sebelum anda menyewa fotografer profesional stuning image selebgram.

Setelah tersebut pastikan gambar anda mempunyai kualitas tinggi, barangkali kamu dapat mengedit potret tersebut dengan tool-toll yang terdapat untuk mengedit konten potret kamu.

Dengan pertolongan kamera yang ketika ini sudah tidak sedikit yang modern serta software edit potret seperti VSCO, Snapseed, analog film dan sebagainya, akan menyokong potret yang anda unggah menjadi eye catching. Jangan sampai anda mengunggah Instagram dengan gambar yang tidak enak dipandang.

Karna andai gambar anda tidak berbobot | berbobot | berkualitas tinggi, otomatis anda tidak bakal mendapatkan engagement dari followers instagram kamu.

Jangan sampai karena kamu mengupload potret yang tidak cukup sempurna malah membuat followers anda pergi dan unfollow kamu.

5. Pikirkan Tentang Caption Kontenmu!

Instagram sudah menjadi platform guna bercerita visual, jadi andai kamu hendak menjadi selebgram familiar pastikan gambar anda disertai dengan judul yang unik atau mempunyai sebuah kisah yang akan menciptakan pengikut anda untuk ikut terlibat.

Nah, nyatanya guna menjadi seorang selebgram dapat juga lo didukung dengan tidak sedikit media. Salah satunya yakni website guna portofolio diri anda sendiri.

Bisa pun dengan blog individu yang kamu pakai untuk personal brandingmu. Website bermanfaat untuk membranding diri. Terlebih menjadikan lokasi sebagai portofolio onlinemu. Ya, sejumlah selebgram juga mempunyai blog individu mereka sendiri. Isinya juga bermacam-macam, mulai dari daily routine, tutorial make up, tips travelling hingga review lokasi wisata

Bagaimana, sudah siap menjadi selebgram?Jangan langsung cuit gitu, dong, karena kalau sudah passion apa pun pasti akan kamu lakukan. Tenang saja, kalau sudah jadi selebgram, kamu bakal balik modal, kok!

Share