38 Provinsi Makanan Khas Daerah Indonesia Gambar Keterangan

Posted on

Seperti diketahui oleh masyarakat Indonesia bahwasanya daerah suku kita memiliki beragam ciri khas masakan daerah, mulai dari sabang sampai merauke, keberagaman masakan ini merupakan kekayaan leluhur yang wajib kita lestarikan agar tidak hilang atau pun di akui oleh negara lain sebagai budayanya.Begitu banyaknya dari 38 provinsi masakan khas daerah, yang kami rangkum hanya sedikit sekali. Semoga saja kawan kawan semua makin cinta dan bangga akan masakan produk Indonesia, jangan lupa menshare ke media sosial membuktikan cinta anda pada suku anda.

Daftar Isi

Makanan Khas Daerah Aceh

Mie Aceh

Makanan Khas Daerah Aceh Mie Aceh
Makanan Khas Daerah Aceh Mie Aceh

Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Makanan ini kaya bumbu dan nikmat abis!

Karee kameng

Makanan Khas Daerah Aceh Karee kameng
Makanan Khas Daerah Aceh Karee kameng

Karee kameng adalah makanan tradisional dari Aceh. Makanan ini juga merupakan sajian yang paling favorit oleh warga Aceh. Karee kameng alias kari kambing adalah lauk yang hampir selalu ada disetiap di kedai nasi maupun di berbagai perhelatan. Dibanyak keude bu (kedai nasi), kari ini terpampang didepan kedai dalam kuali atau wajan besar yang selalu dipanaskan.

Gulaie Keumamah

Makanan Khas Daerah Aceh Gulaie Keumamah
Makanan Khas Daerah Aceh Gulaie Keumamah

Keumamah Ikan kayu khas Aceh di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah atau lebih populer di sebut Eungkot Kayee. Pada dasarnya, Keumamah Ikan kayu khas Aceh adalah daging ikan tongkol yang di rebus, kemudian di keringkan dengan cara diasap, karena ikan kering menjadi keras seperti kayu. Maka di sebut juga sebagai ikan kayu ( engkot kayee ). Orang Jepang juga mengenal ikan kering seperti ini, di sebut katsubushi.biasanya di serut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah.

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara

Bika Ambon

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Bika Ambon
Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Bika Ambon

Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan adalah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget! Kadang juga dijual dengan rasa lain, seperti durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.

Ayam pinadar

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Ayam pinadar
Makanan Khas Daerah Sumatera Utara Ayam pinadar

Ayam pinadar juga lazim disebut manuk na pinadar. Masakan ini adalah ayam bakar khas Batak toba yang sungguh memukau.pedasnya pol karena memakai andaliman, tetapi juga pol karena memakai bahan yang juga pol karena memakai bahan yang sangat unik yaitu menggunakan hati ayam dan gota (darah ayam). Tentu saja, karena berbagai pertimbangan, sekarang masakan ini tidak menggunakan gota atau darah ayam lagi.

ANYANG PAKIS

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara ANYANG PAKIS
Makanan Khas Daerah Sumatera Utara ANYANG PAKIS

Di provinsi Sumatera Utara tepatnya di kabupaten Asahan, terdapat makanan khas daerah tersebut yang dinamakan dengan anyang pakis. Makanan khas Sumatera Utara ini dibuat dari tanaman pakis atau tanaman paku kemudian diberi bumbu tambahan berupa kelapa hasil penyangraian. Sekilas tampilannya mirip dengan urapan, namun penggunaan kelapa sangrai yang mirip serundeng menjadi pembeda antara keduanya. Padahal walau ditilik lebih lanjut, bumbu yang digunakan sangatlah mirip, yakni ada daun jeruk, bawang merah, ketumbar, dan serai.

  17 Cara Membuat Magnet Cara Digosok Induksi Elektromagnetik Sederhana Suhu

BIHUN BEBEK

Makanan Khas Daerah Sumatera Utara BIHUN BEBEK
Makanan Khas Daerah Sumatera Utara BIHUN BEBEK

Di Medan terdapat sebuah kedai yang sederhana namun punya olahan bernama Bihun Bebek Asie yang disebut-sebut sebagai olahan bihun bebek paling mahal seantero Medan. Harga satu porsinya saja bisa mencapai 60 ribu rupiah lebih, padahal hanya berisi satu mangkuk bihun dan daging bebek saja. Tapi tunggu dulu, karena ada harga ada kualitas, pada satu mangkuknya, bihun bebek yang juga dikenal dengan nama bihun bebek kumango ini terdapat suwiran daging bebek yang melimpah bercampur kuahnya yan super enak. Belum lagi rasa bihunnya yang khas menjadikannya tidak ada duanya di dunia ini.

Makanan Khas Daerah Sumatera Barat

Rendang

Makanan Khas Daerah Sumatera Barat rendang
Makanan Khas Daerah Sumatera Barat rendang

Sumatera Barat terkenal dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyak rempahnya ini mempunyai rasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri.

KACIMUIH

KACIMUIH
KACIMUIH

Olahan khas Sumatera Barat cukup melimpah, yang pertama ada kacimuih. Walaupun dibuat dengan bahan dasar singkong yang cenderung ‘ndeso’, namun setelah jadi kacimuih maka rasanya akan berbeda. Pembuatannya dilakukan dengan bahan singkong, gula (bisa gula putih bisa gula merah), dan parutan kelapa. Bentuknya sendiri terbilang sederhana, ketela pohon tadi akan ditumpuk dengan kelapa parut maupun gula. Namun rasanya akan sangat nikmat di mulut, ada rasa gurihnya parutan kelapa maupun manisnya gula.

Makanan Khas Daerah Jambi

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin
Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.

Makanan Khas Daerah Bengkulu

Pendap

Pendap
Pendap

Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.

Makanan Khas Daerah Riau

Gulai Belacan

Gulai Belacan
Gulai Belacan

Gulai Belacan salah satu masakan khas dari Riau, gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahannya biasanya memakai udang atau ikan.

Makanan Khas Daerah Kepulauan Riau

Otak-otak

Otak-otak
Otak-otak

Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang kemudian dibakar dengan bara api. Bikin ketagihan!

Makanan Khas Daerah Sumatera Selatan

Pempek

Pempek
Pempek

Di Sumatera Selatan terkenal makanan Pempek. Pempek terbuat dari ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengan kuah coklat yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Makanan Khas Daerah Bangka Belitung

Mi Bangka

Mi Bangka
Mi Bangka

Mie atau Mi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.

Makanan Khas Daerah Lampung

Seruit

Seruit
Seruit

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga.

Makanan Khas Daerah Banten

Sate Bandeng

Sate Bandeng
Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Sate bandeng menggunakan gula coklat dan santan. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

Makanan Khas Daerah Jakarta Betawi

Kerak Telor

Kerak Telor
Kerak Telor

Kerak Telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Saya sudah pernah coba dan ini enak banget!

Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat

Serabi

Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat Serabi
Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat Serabi

Serabi Kadang biasa disebut srabi terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugah selera!

  60 Kata Kata Buat Mantan Kekasih Singkat Dalam Penuh Kenangan

NASI LENGKO

Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat NASI LENGKO
Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat NASI LENGKO

Mengenai nasi lengko, olahan tersebut merupakan perpaduan antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih.

TAPAI KETAN

Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat TAPAI KETAN
Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat TAPAI KETAN

Olahan dengan nama tapai memiliki ciri khas dibuat dengan cara difermentasi, begitu pula dengan tapai ketan yang menjadi olahan khas daerah Kuningan. Pembuatan tapai ketan tersebut, menggunakan bahan dasar beras ketan, entah itu ketan hitam maupun putih, namun kebanyakan memakai yang ketan putih.

RUJAK KANGKUNG

Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat RUJAK KANGKUNG
Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat RUJAK KANGKUNG

Semua orang sudah mengerti apabila olahan dengan nama rujak, sudah pasti identik dengan buah-buahan dengan taburan bumbu kacangnya. Namun berbeanding terbalik dengan rujak kangkung, karena yang dijadikan sebagai bahan bakunya adalah sayur kangkung, bukan buah.

Kelebihan dari penggunaan kangkung adalah untuk mendapatkannya yang lebih mudah, dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa. Selain itu, yang membuatnya unik adalah dalam bumbunya ada bahan dari asam jawa, sehingga bisa menghasilkan rasa pedas dan sensasi rasa masam.

Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Lunpia

Lunpia
Lunpia

Lunpia adalah makanan khas Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini berisi rebung, telur, dan daging udang. Setelah dibungkus bisa dimakan langsung, bisa juga digoreng. Saya suda pernah makan lunpia di Semarang dan rasanya bikin ketagihan!

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan
Tempe Mendoan

Makanan khas jawa tengah yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang sangat terkenal baik di sekitaran jawa tengah itu sendiri atau di seluruh Indonesia. Pasalnya makanan yang sangat terkenal dengan nama Tempe Mendoan ini saat ini sudah di kenal banyak orang. Sebenarnya Tempe Mendoan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kira-kira bahan utama dari makanan khas jawa tengah ini apa.

Tempe Mendoan merupakan sebuah makanan yang di buat dari tempe dengan ukuran tempe yang lebar. Langkah berikutnya adalah dengan melumuri tempe tersebut dengan tepung yang tentu saja sudah bercampur dengan bumbu khas dari Tempe Mendoan ini. Setelah itu tempat tersebut di goreng hingga mendo atau garing. Memang merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup sederhana, akan tetapi jika di campur dengan cabai atau sambal rasanya sangat lezat.

Makanan Khas Daerah D.I. Yogyakarta

Nasi Gudeg

Nasi Gudeg
Nasi Gudeg

Nasi Gudeg, makanan khas D.I. Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Mantap!

Makanan Khas Daerah Jawa Timur

Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Cingur sendiri berrati mulut. Makanan ini memang menyajikan mulut sapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran kemudian diberi bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Rsanya sedap!

Makanan Khas Daerah Bali

ayam betutu

ayam betutu
ayam betutu

Salah satu makanan khas Bali adalah ayam betutu. Ayam betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Nikmat dan mantap!

Makanan Khas Daerah Nusa Tengara Barat

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung.

Makanan Khas Daerah Nusa Tenggara Timur

Catemak Jagung

Catemak Jagung
Catemak Jagung

Catemak Jagung adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur. Catemak jagung adalah makanan penutup yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa. Rasanya asin tapi lezat!

Makanan Khas Daerah Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas

Bubur Pedas Sambas
Bubur Pedas Sambas

Bubur Pedas Sambas adalah makan khas dari wilayah sambas di Kalimantan Barat. Meski nama makanan khas tersebut berbanderol kata “pedas” yang akan membuat pencinta kuliner yang tidak suka rasa pedas bergidik ngeri, saat disuguhkan pasti akan minta tambah lagi. Karena, bubur pedas adalah bubur yang terbuat dari campuran sayur mayur dan saat diolah tidak ada dicampurkan bahan cabai sedikitpun.

Makanan Khas Daerah Kalimantan Selatan

Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Melihatnya saja sudah tidak tahan untuk mencoba. Soto banjar enak dan mantap!

  Pengertian Olahraga Angkat Besi : Sejarah Teknik Dasar Peraturan

Makanan Khas Daerah Kalimantan Tengah

Juhu Singkah

Juhu Singkah
Juhu Singkah

Juhu Singkah adalah makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, yang sangat lezat. Makanan ini bisa dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Makanan yang terbuat dari umbut rotan ini lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan diperoleh warga dengan mencarinya di sekitar hutan tempat mereka tinggal.

Makanan Khas Daerah Kalimantan Timur

Ayam Cincane

Ayam Cincane
Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah salah satu kuliner andalan di kota Samarinda. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. aging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Cincane.

Makanan Khas Daerah Sulawesi Selatan

Sup Konro

Sup Konro
Sup Konro

Sup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar. Sup ini mantap abis!

Makanan Khas Daerah Sulaweisi Tengah

Sup Ikan Jantung Pisang

Sup Ikan Jantung Pisang
Sup Ikan Jantung Pisang

Sup Ikan Jantung Pisang adalah makanan khas sulawesi tengah, Tepatnya di kota Palu. Makanan dengan cita rasa yang asam pedas yang segar ini, menggunakan ikan kakap sebagai bahan utama.

Makanan Khas Daerah Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa

Lapa-Lapa
Lapa-Lapa

Lapa-Lapa adalah makanan khas sulawesi tenggara, lapa-lapa mempunyai rasa yang guri dan enak, apalagi dikonsumsi dengan ikan kaholeonarore (ikan asin) semakin menambah selerah makan.

Makanan Khas Daerah Gorontalo

Binte Biluhuta

Binte Biluhuta
Binte Biluhuta

Binte Biluhuta adalah makanan khas Gorontalo. Makanan ini biasa juga disebut dengan milu siram, karena terbuat dari milu (bahasa setempat berarti jajung). Makanan ini terbuat dari jagung, udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis.

Makanan Khas Daerah Sulawesi Utara

Tinutuan

Tinutuan
Tinutuan

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, ibukota Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.

woku

woku
woku

Seperti kita kenal woku ada dua jenis yaitu woku daun dan woku blanga. Bumbu-bumbu dan bahan-bahannya pun juga sama. Namun, yang membuatnya beda adalah pada eksekusi akhirnya. Woku daun yang dimasakan kemudian dipanggang atau dibakar hampir mirip dengan pepes, brengkes, atau pais. tetapi, bumbu dan bahan yang sama dan diberikan sedikit air dan kemudian dimasak kembali kedalam belanga atau panci, sehingga menjadi sajian yang berkuah

Makanan Khas Daerah Maluku

Ikan Asar

Ikan Asar
Ikan Asar

Ikan Asar adalah ikan cakalang atau tongkol yang dipanggang dengan asap. Karena proses pembuatannya diasap, terkadang disebut juga ikan asap.

Makanan Khas Daerah Maluku Utara

Gohu Ikan

Gohu Ikan
Gohu Ikan

Gohu Ikan adalah Salah satu masakan khas Ternate. Penyebutannya harus lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Makanan Khas Daerah Papua Barat

Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas Manokwari, Papua. Tidak seperti ikan bakar yang biasa kita temui di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini memiliki rasa khas yang bisa membuat lidah bergoyang karena tambahan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol.

Makanan Khas Daerah Papua Timur

Bubur Sagu

Bubur Sagu
Bubur Sagu

Papeda atau Bubur Sagu, merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah di Maluku dan Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Makanan Khas Daerah Papua Tengah

Kue Sagu

Kue Sagu
Kue Sagu

Kue Sagu atau Bagea adalah kue yang berasal dari papua, bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung sagu. Kue sagu ini agak keras saat digigit tetapi kalau sudah ada di dalam mulut atau di celup ke air akan cepat lunak/ lembek.

Makanan Khas Daerah Kalimantan Utara

Kepiting Soka

Kepiting Soka
Kepiting Soka

Di Kalimantan Utara khususnya kota Tarakan, terkenal dengan hidangan laut. Salah satu yang patut dicoba adalah Kepiting Soka. Kepiting ini bisa kita makan keseluruh bagian tubuhnya. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga bisa di buat camilan atau kerupuk.

Makanan Khas Provinsi Papua Selatan

Ikan Bakar Kuah Kuning

Ikan Bakar Kuah Kuning adalah ikan bakar yang disajikan dengan kuah kuning yang terbuat dari bumbu rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan cabai. Ikan yang digunakan bisa beragam, seperti ikan kuwe (ikan kerapu), ikan tongkol, atau ikan tuna.

Makanan Khas Provinsi Papua Tengah

Ayam Lihing

Ayam Lihing adalah ayam panggang yang disajikan dengan bumbu lihing yang terbuat dari fermentasi sagu. Bumbu lihing biasanya terdiri dari ragi dan sagu yang diaduk dengan air dan dibiarkan selama beberapa hari hingga menjadi fermentasi. Setelah itu, ayam dipanggang dan dioles dengan bumbu lihing sebelum disajikan.

Makanan Khas Provinsi Papua Pegunungan

Babi Bakar

Babi Bakar adalah daging babi panggang yang disajikan dengan bumbu rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan cabai. Daging babi biasanya diiris tipis dan dipanggang hingga matang sebelum disajikan.

Makanan Khas Papua Barat Daya

Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah makanan ringan khas Papua yang terbuat dari sagu yang dipipihkan dan dipanggang hingga kering. Sagu lempeng biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau gula aren.