Tutorial Cara Membuat Blog Gratis dan Pengertian Blog

Posted on

Cara Buat Blog – Belajar cara membuat blog gratis di blogspot/sering disebut blogger atau yahoo sendiri (wordpress) tidaklah amat sulit, apalagi dengan menggunakan blogger ataupun wordpress, dengan beberapa langkah saja blog anda sudah bisa jadi dan langsung online. Tapi bukan cuma itu saja yang akan dijelaskan oleh #jatikom di sini, karena segala hal yang menyangkut pengaturan atau settingnya juga akan diterangkan prosesnya secara detail sehingga nantinya tampilannya bukan hanya keren dan menarik saja, tapi juga SEO Friendly (Search Engine Optimization: optimasi mesin pencari agar mudah terindeks mesin pencari). Ini penting karena yang namanya artikel baru bisa dikatakan bagus kalau bukan hanya bahan, materi dan tulisannya yang berbobot, tapi juga ia bisa ditemukan di halaman pertama Google ketika orang mengetikkan kata kunci tertentu mengenai pembahasannya.

cara membuat blog
cara membuat blog

Pengertian Blog

  • Computer Glossary of Terms

Menurut Computer Glossary of Terms, sebuah blog pada dasarnya merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet. Aktivitas yang dilakukan pada blog disebut dengan aktivitas blogging, sedangkan orang yang melakukan aktivitas blogging disebut dengan seorang blogger.

  • Anonim

Blog merupakan sebuah tipe dari website yang biasannya memuat konten berupa kronologis yang diurutkan dari kiriman terbaru di bagian halaman paling atas ke kiriman paling lama di bagian halaman paling bawah.

  • Wikipedia

Pengertian Blog merupakan singkatan dari web log yaitu sebuah situs yang memuat berbagai macam informasi yang dipublikasikan di dalam jaringan World Wide Web, yakni sebuah sistem dokumen hypertext yang saling terkait satu sama lainnya yang dapat diakses dari jaringan internet.

  • Dictionary

Sebuah situs yang terdapat seorang penulis atau sekelompok penulis

Macam-macam blog

  • Blog pribadi

Berisi segala sesuatu yang bersifat individual dari sang pemilik blog, blog pribadi serupa dengan diary, jika biasanya diary berupa sebuah buku dengan goresan tinta namun dijaman digital seperti saat ini blog bisa dikatakan sebagai diary yang berupa data online. Dan meski berupa cerita pribadi sang pemilik blog bisa membaginya kepada siapa saja atau dengan kata lain bisa dinikmati oleh siapapun

  • Blog Tutorial

Berisi tutorial tentang pembuatan atau pengoperasian sesuatu, misal tutorial blog, tutorial facebook, tutorial email, tutorial photoshop, tutorial MsOffice, Tutorial Bisnis online dan lain sebagainya.

  • Blog Bisnis

Blog yang dibuat untuk keperluan berbisnis, misal jual beli online atau hanya untuk sekedar sarana promosi.

  • Blog politik
  Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count pada Microsoft Excel

Blog yang membuat tema tentang berita politik, aktivis politik atau politikus, dan semua persoalan politik yang ditujukan untuk umum.

  • Blog kesehatan

Blog yang membahas seputar kesehatan. Isinya lebih spesifik dibidang kesehatan, misalnya tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, mengenai penyakit baru, penemuan obat terbaru, cara mengatasi suatu penyakit, cara hidup sehat dan masalah lainya yang berkaitan dengan kesehatan

  • Blog sastra/litblog (Literary blog)

Blog yang membahas seputar dunia sastra, misalnya berisi tentang prosa, puisi, sajak dan lainnya.

  • Blog perjalanan

Berisi tentang kisah petualangan atau traveling. Mungkin bisa berupa cerita tentang perjalanan/traveling dari satu tempat ketempat yang lainya.

  • Blog riset

Blog yang memuat persoalan akademis seperti berita riset terbaru, kabar penelitian masalah yang sedang buming/tenar misalnya kasus bakteri pada susu formula yang menghebohkan Indonesia.

  • Blog hukum/blawgs (Blog Laws)

Blog yang membahas mengenai persoalan tentang hukum atau urusan hukum.

  • Blog media

Blog yang berfokus pada pemberitaan semacam media massa seperti Koran atau telesi. Karena berisifat online biasa disebut cybernews.

  • Blog agama

Blog yang membahas mengenai suatu agama, mungkin membahas soal agama Islam, bisa juga agama Kristen, Katolik, Hindu atau mungkin Budha. Hal-hal yang dimuat bermaksud untuk mempermudah bagi para pemeluk agama tersebut untuk memperdalam masalah ilmu agama.

  • Blog pendidikan

Blog yang membahas seputar dunia pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru yang biasanya berisi tentang mata pelajaran tertentu, berisi tentang soal dan pemecahanya.

  • Blog kebersamaan

Blog yang ditulis oleh kelompok tertentu untuk kepentingan kelompok tersebut.

  • Blog petunjuk (directory)

Blog yang berisi ratusan link halaman website. Blog ini bisa membantu orang-orang yang mencari informasi diinternet dengan kata kunci yang merajuk ke blog petunjuk dan kemudian baru menuju ke blog yang membahas tema yang dicari.

  • Blog pengganggu (spam)

Blog  yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog), kenapa di sebut pengganggu karena keberadaan mereka bisa saja sebagai penipu.

Tutorial Cara Membuat Blog

Terdapat dua penyedia layanan Blog gratisan terkenal, dan keduanya akan kita bahas yaitu wordpress dan blogger.

Cara Buat Blog di Blogger

1. Anda diwajibkan mempunyai email terlebih dahulu, jika blogger maka anda di haruskan membuat email di gmail, jika wordpress maka anda diwajibkan mempunyai email di yahoo.(maka pastikan anda membuat email gmail dahulu)

2.setelah anda loggin ke gmail anda maka anda dapat mengetik di google blogger

atau anda langsung saja menuju https://www.blogger.com

3. Setelah itu buat Blog

4. Isikan judul dan alamat blog anda ( alamat blog anda merupakan calon nama web anda). Misal saya ingin jualan Rumah / broker rumah , maka saya akan membuat judul yang ada kata rumah nya hal ini digunakan untuk menang dalam SEO ( menang dalam mesin pencari). Dan begitu pula untuk alamat blog nya usahakan ada kata kunci rumah nya :

  Cara Live Streaming di YouTube Pada Ponsel dan Laptop

sehingga nanti akan nama blog saya akan seperti ini :

rumahdijualjati.blogspot.com dengan judul rumah dijual dan disewakan

5. Sampai sini blog saya telah jadi, namun diperlukan settingan lebih detail lagi agar lebih seo (search engine optimization ).

Pilih Setelan

Setelah itu pilih https ya, dan isi  kan deksripsi blog anda (lihat gambar dibawah ini)

Setelah itu simpan perubahan, mungkin anda bertanya tanya apasih kegunaan https dan deskripsi pada blogger :

untuk https

  • Lebih aman

Nah, seperti yang telah dijelaskan pada postingan pembukaan tentunya blog dengan https lebih aman karena dengan adanya ssl(secure socket layer) maka koneksi data yang dilakukan akan dienkripsi. Kalau kata orang-orang sih “kalau udah ada kata aman, maka akan tercipta sebuah kenyamanan #loh
Yang penting intinya blog akan lebih aman karena koneksi datanya terenkripsi.

  • Lebih dipercaya

Dengan tersedianya https pada url blog kita, tentunya kepercayaan pengunjung akan bertambah, terlebih bagi mereka yang mengetahui fungsi dan arti dari https itu sendiri (internet surfer).
Dan juga tentunya bagi pembaca sobat BBA Online yang blognya mempromosikan berbagai barang produk ataupun jasa tentunya harus mencoba fitur gratis https yang disediakan oleh blogger. (terlebih lagi yang makai domain sendiri). Karena dengan adanya https, maka blog agan juga akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pengunjungnya.
Tapi tentunya tidak disarankan bagi blog scam/penipu seperti blog penipuan undian berhadiah bank dan leain sebagainya.

  • Lebih SEO Friendly

Nah, sebenarnya point yang nomor 4 ini cukup penting, dan sengaja di taruh sebagai point terakhir karena mungkin sifatnya ‘pemaungkas’. Dengan adanya kata SEO Friendly, maka tentunya para admin blog/webmaster akan lebih fokus. Nah, kenapa menggunakan https pada blog dapat menambah nilai seo friendly?

Kegunaan deskripsi pada blogger : Judul dan Deskripsi akan ditampilkan dalam hasil pencarian & ketika membuka halaman pada hasil penelusuran, maka judul dan Deskripsi akan tampil pada tab peramban. (karena itu begitu pula dengan deskripsi haru ada kata kunci nya dalam hal ini rumah)

5. kemudian pilih pos dan komentar, pilih lah selalu dimoderasikan dengan bertujuan agar tidak spam blog anda oleh tangan tangan jahil, setelah itu Simpan setelan

6. Kemudian pilih Preferensi penelusuran disamping / dibawah setelan (lihat gambar dibawah ini)

  Cara Mendapatkan Internet Gratis semua Operator

Aktif kan Deskripsi isi dengan deskripsi blog anda, simpan perubahan

Sampai sini sudah selesai, mungkin yang ada dibenak anda menginginkan blog dengan tampilan yang keren dan ciamik.Maka diperlukan template blogger untuk tampilan lebih keren, ketik saja di google template blogger gratis setelah didapat pilih lah template tersebut dan download, setelah di download anda dapat melihat XML di hasil downloadan nya,jika bingung lihat (lihat gambar contoh xml dibawah)


kemudian bukalah dengan notepad, nah itulah kode yang akan kita pastekan di template , jika ingin gampang lihat url ini http://pastebin.com/8heVzwSf dan copy kode nya dan pastekan di EDIT HTML (lihat gambar dibawah ini)

Untuk Seluler / gambar gerigi dibawah pilih lah tidak
Kemudian edit HTML: , hapus semua kode bawaan blogger sampai kosong, dan pastekan kode baru tersebut.

Setelah itu simpan template

Sampai sini anda telah selesai mengubah tampilan blog anda, mungkin jika ada yang bertanya menginginkan logo atau di blog anda atau favicon, anda bisa memilih di tata letak, jangan lupa untuk mengubah nya dahulu gambar logo anda menjadi favicon, dapat menggunakan favicon generator di google.

hasil nya akan seperti ini :

7.Lanjut jikalau ada yang bertanya bagaimana cara nya memposting suatu kata kata, berikut langkah nya, pilih post dan klik tulisan pinsil diatas (lihat gambar dibawah ini)

8. Isikan judul sesuai yang anda mau, label juga isikan, begitu pula Deskripsi penelurusan


Kemudian publikasikan. Selesai

Cara buat Blog di WordPress

1. Anda diwajibkan mempunyai email terlebih dahulu, jika blogger maka anda di haruskan membuat email di gmail, jika wordpress maka anda diwajibkan mempunyai email di yahoo.

2. Ketikan wordpress pada google atau langsung saja ke alamat ini https://id.wordpress.com

2. Kemudian klik buat situs

3. Kemudian pilih template wordpress

4.Masukan nama blog anda misal jatirumahdijual (tidak boleh ada spasi atau karakter #@$%% dll)

5. Pilih yang gratis sehingga nama blog saya menjadi jatirumahdijual.wordpress.com

6.Kemudian mereka meminta pilihan paket anda

7. Mereka meminta alamat email (isikan), Pilih nama pengguna (diamkan saja jgn diubah),Pilih kata sandi, setelah selesai buat akun saya.

8.Jangan lupa menuju email anda untuk mengkonfirmasi wordpress anda

9. Setelah mengkonfirmasi , anda baru bisa melakukan post blog

10. Untuk melakukan posting blog / menulis blog anda bisa mengklik tanda pensil di atas, setelah anda kelar menulis maka terbitkan.(lihat gambar dibawah)

Sampai saat ini telah selesai cara membuat blog wordpress.