cara cepat menghafal perkalian , lakukan ini !!!

Posted on

Menghafal perkalian merupakan keterampilan matematika dasar yang penting. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali harus melakukan operasi perkalian untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan, bisnis, atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, menguasai keterampilan menghafal perkalian dapat sangat berguna. Berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk menghafal perkalian secara efektif.

cara cepat menghafal perkalian

  1. Gunakan tabel perkalian Tabel perkalian adalah cara cepat untuk memperoleh gambaran umum tentang hasil perkalian dari dua bilangan. Tabel perkalian biasanya digunakan dalam pendidikan dasar dan menampilkan hasil perkalian dari 1 hingga 10. Dengan menguasai tabel perkalian, kita dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghitung hasil perkalian.
  2. Menggunakan metode “finger multiplication” Metode “finger multiplication” adalah teknik yang digunakan untuk menghitung perkalian dengan cepat menggunakan jari-jari tangan. Teknik ini sangat berguna saat menghitung perkalian yang melibatkan angka-angka yang relatif kecil, seperti 2 atau 3. Dalam metode ini, jari-jari tangan digunakan sebagai pengganti bilangan yang sedang dikalikan. Misalnya, untuk menghitung 2 x 3, kita dapat menempatkan dua jari tangan kanan (misalnya, jari telunjuk dan jari tengah) pada meja dan menempatkan tiga jari tangan kiri (misalnya, jari telunjuk, jari tengah, dan jari kelingking) di sampingnya. Hasil perkalian akan diperoleh dengan menghitung jumlah jari yang tumpang tindih, yaitu 6.
  3. Menggunakan mnemonic Mnemonic adalah teknik yang digunakan untuk mengingat informasi dengan cara mengaitkan informasi tersebut dengan kata-kata atau frasa yang mudah diingat. Dalam konteks perkalian, mnemonic dapat digunakan untuk mengingat hasil perkalian yang sering muncul, seperti 6 x 7 atau 8 x 9. Misalnya, untuk mengingat hasil perkalian 6 x 7, kita dapat menggunakan frasa “satu setengah lusin”. Kata “setengah lusin” memiliki arti enam, sehingga dapat dihubungkan dengan angka 6. Dalam hal ini, hasil perkalian 6 x 7 adalah 42.
  4. Latihan secara berkala Menghafal perkalian memerlukan latihan yang konsisten dan berkelanjutan. Latihan secara berkala dapat membantu kita meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam menghitung perkalian. Latihan dapat dilakukan dengan menggunakan buku latihan atau aplikasi matematika.
  5. Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika Menghafal perkalian juga memerlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar matematika, seperti sifat-sifat operasi perkalian, seperti komutatif, asosiatif, dan distributif. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar ini, kita dapat menghindari kesalahan yang sering terjadi saat menghitung perkalian.
  6. Pelajari pola-pola perkalian Ada banyak pola perkalian yang muncul secara konsisten dalam operasi perkalian. Misalnya, hasil perkalian dari bilangan genap dan ganjil selalu menghasilkan bilangan genap, hasil perkalian dari bilangan ganjil dan ganjil selalu menghasilkan bilangan ganjil, dan hasil perkalian dari bilangan yang sama selalu menghasilkan bilangan kuadrat. Dengan mempelajari pola-pola perkalian ini, kita dapat mempercepat proses menghitung perkalian dan mengurangi kesalahan.
  7. Gunakan teknik visualisasi Teknik visualisasi melibatkan penggunaan gambar atau diagram untuk membantu memvisualisasikan proses menghitung perkalian. Misalnya, untuk menghitung 4 x 3, kita dapat membayangkan empat kotak yang berjejer, masing-masing berisi tiga titik. Kemudian kita dapat menghitung jumlah total titik-titik ini untuk mendapatkan hasil perkalian. Teknik visualisasi ini dapat membantu kita memahami konsep perkalian dan mempercepat proses menghitung perkalian.
  8. Menciptakan lagu atau melodi Menciptakan lagu atau melodi yang berhubungan dengan tabel perkalian atau hasil perkalian tertentu dapat membantu mempercepat proses menghafal perkalian. Dalam metode ini, lagu atau melodi dibuat dengan menggunakan kata-kata yang mudah diingat dan dihubungkan dengan hasil perkalian tertentu. Misalnya, untuk mengingat hasil perkalian 9 x 7, kita dapat membuat lagu dengan lirik “sembilan tujuh puluh tiga, hasil perkalian yang cepat dan mudah”. Lagu atau melodi ini dapat membantu kita mengingat hasil perkalian dengan cara yang menyenangkan dan kreatif.
  9. Mengajarkan perkalian kepada orang lain Mengajarkan perkalian kepada orang lain dapat membantu kita menguasai keterampilan ini dengan lebih baik. Dalam proses mengajarkan, kita harus memahami konsep perkalian secara mendalam dan menjelaskan konsep ini dengan jelas dan sistematis. Mengajarkan perkalian kepada orang lain juga dapat membantu kita meningkatkan kemampuan verbal dan interpersonal kita.
  10. Memperbaiki kesalahan Menghafal perkalian juga melibatkan kesalahan dan kesalahan merupakan bagian dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut. Kita dapat mencatat kesalahan yang kita buat dan mencoba memperbaiki kesalahan tersebut di masa depan. Dengan cara ini, kita dapat memperbaiki kemampuan menghafal perkalian dan meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam menghitung perkalian.
  Pengertian Sosiologi Tujuan Fungsi Manfaat Menurut Para Ahli

Menghafal perkalian dapat menjadi tugas yang menantang dan memerlukan waktu dan usaha. Namun, dengan menggunakan teknik-teknik di atas dan berlatih secara teratur, kita dapat menguasai keterampilan ini dengan cepat dan efektif. Sebagai hasilnya, kita dapat menghemat waktu dan meningkatkan kemampuan matematika kita dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Menghafal perkalian merupakan keterampilan penting dalam matematika yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita telah membahas sepuluh teknik yang dapat membantu kita menghafal perkalian dengan lebih cepat dan mudah. Beberapa teknik tersebut antara lain mempelajari tabel perkalian, berlatih secara teratur, mengurangi gangguan, menggunakan teknik kalkulasi mental, memahami konsep dasar perkalian, mempelajari pola-pola perkalian, menggunakan teknik visualisasi, menciptakan lagu atau melodi, mengajarkan perkalian kepada orang lain, dan memperbaiki kesalahan.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan teknik-teknik yang berhasil untuk seseorang mungkin tidak cocok untuk orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mencoba beberapa teknik yang berbeda dan menemukan yang terbaik untuk kita. Dengan latihan yang konsisten dan tekun, kita dapat menguasai keterampilan menghafal perkalian dan meningkatkan kemampuan matematika kita secara signifikan.