Cara mengembalikan akun Facebook fb yang dibajak

Posted on

Cara mengembalikan akun Facebook fb yang dibajak – Di era internet ini, memiliki akun Facebook telah menjadi suatu kebutuhan yang tak terhindarkan. Facebook tidak hanya mempermudah komunikasi, tetapi juga memungkinkan kita untuk memahami berita dan menjadi wadah untuk memamerkan diri.

Popularitas Facebook sudah terbukti dengan data terbaru dari Statistika, dimana pada kuartal I-2019, jumlah pengguna aktif Facebook mencapai 2,7 miliar akun. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna aktif mencapai 120 juta, menjadikannya sebagai yang terbesar keempat di dunia.

Namun, seiring dengan popularitasnya sebagai media sosial, Facebook juga menjadi target bagi individu yang tidak bertanggung jawab, seperti peretas. Semakin sering para peretas berusaha untuk mengakses dan meretas akun Facebook.

Cara mengembalikan akun Facebook fb yang dibajak
Cara mengembalikan akun Facebook fb yang dibajak

Jika akun Facebook diretas masalah dapat  panjang. Sebab beberapa software  lain yang memakai  login facebook laksana  Tinder, Instagram dan Spotifypun  akan dapat  diambil alih.  Untuk dapat  membobol akun facebook, pelaku tindak durjana  perlu memahami  alamat email dan nama akun facebook Anda.

Berikut sejumlah  metode menjebol dan membajak akun facebook.

  • Teknik phising

Metode yang paling sering digunakan adalah teknik phising. Biasanya peretas terlebih dahulu menjadi teman Anda di Facebook. Setelahnya penipu ini akan berperan seolah-olah dari perusahaan terkenal atau berpura-pura menjadi orang yang Anda kenal agar mendapat akses informasi pribadi seperti kata sandi atau nomor kartu kredit, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (18/7/2019).

  • Software keylogger

Untuk cara ini, hacker memasang software keylogger para laptop atau PC milik korban. Software ini nanti dengan sendirinya akan mereka semua yang diketik korban dan dikirimkan kepada pelaku kejahatan.

  Cara mengecilkan ukuran foto di HP dan Komputer
  • Melalui ponsel

Untuk cara ini, hacker akan menyusupkan spyware ke ponsel agar bisa mengambilalih ponsel. Begitu ponsel bisa diambilalih maka akun facebook juga bisa diambilalih. Maklum, banyak pengguna Facebook mengakses faceook melalui ponsel.

Untuk mengetahui akun facebook dibajak atau dibobol orang, Anda tinggal mengunjungi menu Where You’re Logged In. Caranya:setting-> security -> Where You’re Logged In.

Dalam menu tersebut, akan terlihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik Anda telah diakses. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, langsung tekan tombol End All Activity. Dengan menekan tombol itu, si peretas akan langsung log-out dari akun milik Anda.

Cara mengembalikan akun Facebook

Ada tidak sedikit  ancaman yang dapat  menyebabkankita  kehilangan akun Facebook, salah satunyaialah  pembobolan oleh oknum atau istilah umunya, dihack. Tentu Andapun tak menginginkan tersebut terjadi, tapi andai  tak dapat  dielakkan, maka initeknik  mengembalikan akun Facebook yang dibajak atau dihack.

  • Pertama-tama, amankan akun email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Ubah sandinya dan pastikan tidak ada yang tahu. Ini krusial karena akan jadi salah satu celah bagi Anda untuk memulihkan akun FB yang dibajak. Berdoa saja moga-moga peretas belum sempat mengubah email utama Anda.
  • Kalau sudah, sekarang silahkan menuju https://id-id.facebook.com/hacked disitu tertulis Laporkan Akun yang Dibobol
  • Klik tombol Akun Saya Dibobol.

  • Kemudian isikan alamat email atau nomor ponsel yang Anda gunakan untuk daftar.

  • Jika akun Anda yang dibajak ditemukan, ini pertanda bagus. Artinya pembobol belum sempat mengganti email atau nomor ponsel Anda. Kemungkinan akun kembali sangat besar, asalkan prosedur ini cepat dilakukan.
  • Tapi di tahapan ini, saya sangat yakin Anda akan gagal untuk login karena biasanya data pertama yang diubah oleh peretas adalah sandi. Tapi, jangan takut, coba saja dulu.
  Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Meningkatkan Kemudahan Berbelanja

  • Jika gagal, Anda akan melihat tiga opsi untuk mengembalikan kembali akun Facebook yang dihack. Opsi pertama bisa masuk langsung menggunakan email yang terhubung. Biasanya asalkan Anda berhasil login pakai Gmail, maka akan otomatis masuk. Opsi kedua, mengirimkan link ganti password melalui email. Cek dulu, apakah emailnya sudah benar atau tidak. Jika yakin benar, gunakan opsi ini saja. Jika ragu, gunakan opsi terakhir dengan nomor ponsel.

  • Klik Lanjutkan, nantinya Facebook akan mengirimkan link ke email atau kode jika Anda menggunakan nomor ponsel. Gunakan kode itu untuk mengganti sandi dengan yang baru.
  • Akan tetapi jika seluruh data sudah diganti oleh peretas, maka klik link Tidak punya akses ke sini lagi?
  • Isikan data-data yang diminta, yaitu nomor ponsel atau email yang baru dan klik lanjutkan.

Nantinya, Facebook bakal  menghubungi kita  untukmengerjakan  proses verifikasi. Bagaimana prosesnya tergantung standar mereka. Biasanya, Anda bakal dimintai potret  identitas baik KTP atau SIM. Tunggu saja kabar dari mereka. Apabila sudah sukses  dikembalikan, tidak boleh lupa pakai software  manajer password supaya  akunkian  aman, dan kita  terbebas dari tak sempat password.

Kesimpulannya, jika Anda kehilangan akses ke akun Facebook, langkah-langkah pertama yang dapat diambil adalah mencoba mereset kata sandi melalui opsi “Lupa Kata Sandi” pada halaman login. Jika tidak berhasil, periksa apakah ada opsi verifikasi identitas yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali akses. Jika masih mengalami kesulitan, coba gunakan opsi “Kontak Darurat” atau hubungi dukungan pelanggan Facebook. Selain itu, periksa aktivitas terbaru di akun Anda dan pastikan tidak ada aktivitas mencurigakan. Penting untuk memberikan informasi yang akurat dan mematuhi petunjuk yang diberikan oleh Facebook selama proses pemulihan. Jika semua langkah ini tidak berhasil, pertimbangkan untuk mencari bantuan lebih lanjut melalui sumber resmi dari Facebook.

  cara instal ulang windows 10