Cara Mengunci Aplikasi WA Whatsapp Mudah

Posted on

Cara Mengunci Aplikasi WA Whatsapp Mudah – Perkembangan teknologi sudah membawa tidak sedikit kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam hal paparan informasi. Dahulu untuk mengucapkan informasi baik tersebut berupa informasi individu maupun informasi kerjaan me sti melewati surat pos yang memakan masa-masa semingguan dalam pengirimannya. Kemudian hadir telepon genggam yang dengannya pasti dapat mengucapkan informasi lebih cepat lagi.

Cara Mengunci Aplikasi WA Whatsapp
Cara Mengunci Aplikasi WA Whatsapp

Kini dengan adanya koneksi internet dan teknologi ponsel pintar, pelbagai informasi bisa tersebar dengan demikian cepat melulu dalam hitungan detik saja. Nah, tuntunya dari pelbagai informasi yang terdapat tentunya tentu ada informasi yang mempunyai sifat rahasia, urgen dan privat. Artinya informasi tersebut melulu ditujukan guna orang-orang tertentu saja. Informasi itu tentunya dapat bermacam-macam bentuknya, baik berupa file dokumen, audio, gambar, maupun history chat.



Salah satu software yang paling sering dipakai untuk bertukar informasi ialah whatsapp. Whatsapp merupakan software layanan pesan instan guna ponsel pintar. Secara faedah whatsapp serupa dengan layanan SMS pada HP-HP terdahulu, melulu saja untuk ekspedisi pesan whatsapp tidak langsung menggunakan pulsa, tetapi whatsapp memakai koneksi internet. Whatsapp jauh lebih unggul dikomparasikan dengan SMS sebab bukan hanya dapat mengirim karakter tetapi juga dapat mengirim gambar foto, video, lokasi, dan file dokumen.

Bagi anda yang tidak jarang memanfaatkan whatsapp guna bertukar informasi yang mempunyai sifat pribadi atau rahasia tentunya butuh menambahkan proteksi tambahan. Dengan proteksi ekstra ini akan memastikan kerahasiaan informasi yang ada dalam whatsapp kamu. Salah satu caranya ialah dengan mengunci software whatsapp. Lalu, bagaimana teknik mengunci software whatsapp ini?

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

HP ASUS

HP ASUS biasanya terkenal dengan sebutan Zenfone. HP ini terkenal memiliki kestabilan sistem dan menampilkan fitur yang beragam.

Baca :  Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count pada Microsoft Excel

Untuk cara mengunci whatsapp di HP Zenfone kita perlu menerapkan langkah berikut ini, yaitu pada layar utama menekan beranda, lalu buka menu kelola rumah, membuka app lock, kemudian mengatur kuncinya dan pemulihan bila lupa kunci, pilih apk whatsapp.

HP Oppo

Oppo merupakan salah satu brand smartphone yang sangat banyak peminatnya, khususnya di Indonesia. Sistem ColorOS (sistem oppo) selalu dikembangkan untuk menunjang para penggunanya.

Di HP Oppo, cara mengunci WhatsApp ialah dengan membuka pengaturan, kemudian memilih layar kunci dan kata sandi, ekripsi asli, membuat pengaturan kunci, kemudian aktifkan.

Untuk jenis kunci yang ada di HP Oppo yaitu jenis kunci pola dan juga dapat menggunakan PIN atau dapat juga menggunakan kunci dasar geser ke atas.

HP Vivo

Bila Anda pengguna aplikasi HP Vivo, berikut cara yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp di hp Anda.

Caranya tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan pula, yaitu dengan membuka pengaturan, memilih menu keamanan, pilih privasi dan enkripsi aplikasi.

Selanjutnya mengatur kunci pola atau PIN, mengatur aturan tambahan, kemudian mengaktifkannya.

HP Xiaomi

Kita juga dapat mengunci aplikasi WhatsApp di HP Xiaomi dengan cara; pertama-tama dengan membuka pilihan setelan, kemudian masuk ke kunci aplikasi dan menyetting kunci sesuai yang diperlukan.

Lalu cari aplikasi WhatsApp kemudian aktifkan penguncian. Jika sudah, ketuk tombol kembali dan memeriksa apakah kunci sudah terpasang sesuai kode yang kita butuhkan.

Dari situ, secara otomatis WhatsApp akan menampilkan halaman pola terlebih dahulu sebelum bisa dibuka. Cara atau langkah mengatur kunci seperti ini bisa diterapkan di HP Xiaomi segala tipe, dari yang terbaru sampai yang keluaran lama.

HP Samsung

Hp samsung keluaran terbaru sangat diminati dengan fiturnya yang mudah dikenali dan menarik. Salah satunya adalah fitur applock.

Fitur ini dapat digunakan untuk mengunci aplikasi dengan cara membuka pilihan setelan, advanced features, pilih opsi App Lock, aktifkan on.

Lalu masuk menu pengatur penguncian, kemudian pilih aplikasi WhatsApp dan aktifkan.

Baca :  Cara Menyimpan Status Whatsapp WA Termudah Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci WA Memakai Aplikasi

Menggunakan GB WhatsApp

Meskipun hanya sebuah aplikasi modifikasi, tetapi ternyata aplikasi ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah fungsi kunci whatsapp yang bisa menghindarkan obrolan terbaru. Ada 3 cara yang bisa dilakukan GB WhatsApp dalam melindungi obrolan dari orang-orang kepo.

Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan GB WhatsApp

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengganti aplikasi WhatsApp milikmu menjadi aplikasi GB WhatsApp. Hanya dengan cara ini kamu bisa menggunakan fitur kunci aplikasi.

  • Unduh aplikasi GB WhatsApp di situs yang menyediakan unduhan aplikasi MOD
  • Install aplikasi hasil unduhan. Jika ada muncul kotak perizinan, klik izinkan agar aplikasi bisa terinstall.
  • Buka GB WhatsApp dan login terlebih dahulu. Caranya sama dengan login ke aplikasi WhatsApp biasa.
  • Masuk ke menu dan tekan titik tiga yang berada di kanan atas layar.

  • Klik GB Settings

  • Pilih Lock kemudian pilih Enable Passcode

  • Atur Password seperti yang kamu inginkan. Dan sekarang aplikasi WhatsApp yang kamu miliki telah terkunci rapat.

Mengunci Beberapa Percakapan Tertentu

Selain bisa mengunci aplikasi, GB WhatsApp juga bisa mengunci percakapan tertentu saja, loh. Jadi, semisal Anda tidak ingin ribet mengunci aplikasi, sekaligus ingin beberapa percakapan dibaca orang lain, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini.

  • Buka obrolan yang ingin dikunci percakapannya
  • Setelah terbuka, klik tombol titik tiga yang berada di sisi kanan bagian atas.
  • Pilih Lock Chat

  • Kemudian pilih Enable Passcode
  • Atur Password seperti yang kamu inginkan. Dan sekarang percakapan WhatsApp yang Anda pilih telah terkunci rapat.
  • Ulangi langkah yang sama pada setiap percakapan yang ingin dikunci

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Lock

Jika tidak ingin mengganti aplikasi yang sudah kamu miliki karena takut datanya tidak terback-up, maka jangan khawatir. Anda bisa memakai aplikasi dari pihak ketiga untuk mengunci aplikasi WhatsApp Anda. Salah satunya adalah WhatsApp Lock.

Mengunci Aplikasi WhatsApp

  • Unduh aplikasi Lock fir Apps (WhatsLock) di Google Play
  • Seletah selesai diunduh dan diinstall, silahkan buka aplikasinya dan buka Pattern Lock
  • Aktifkan opsi Enabled Pattern Lock
  • Setelah opsinya diaktifkan, Anda bisa mengatur pola ataupun sandi untuk aplikasi WhatsApp Anda.
Baca :  Fungsi-Fungsi bagian microsoft word kegunaan, kelebihan, kekurangan

Menggunakan Aplikasi Chatlock

Secara umum, penggunaan aplikasi ChatLock tidak jauh berbeda dari penggunaan aplikasi WhatsApp Lock. Yang membedakan hanyalah aplikasi ini bisa mengunci aplikasi chatting lainnya selain whatsApp. Jadi, seandainya Anda ingin mengunci aplikasi lainnya selain WA, ada baiknya untuk mengunduh yang satu ini saja.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Chatlock+

Berikut tutorial mengunci aplikasi WhatsApp dengan ChatLock:

  • Unduh aplikasi Messenger and Chat Lock di Google Playstore
  • Setelah terinstall, silahkan buka aplikasinya
  • Anda akan diarahkan untuk mengatur PIN. Ini memang selalu terjadi apabila Anda baru pertama kali menggunakan ChatLock. Tidak apa-apa, atur saja PIN yang Anda inginkan..
  • Setelah PIN selesai diatur, Anda akan masuk ke halaman pertama. Nah, di halaman utama ini ada beberapa aplikasi dalam ponsel Anda yang bisa dikunci. Pilih bagian aplikasi WhatsApp menjadi On
  • Penguncian aplikasi selesai. PIN yang Anda atur tadi adalah kunci untuk membuka aplikasi WA yang sudah dilock.

Manfaat Mengunci Aplikasi

Dengan adanya software pengunci ini tentunya bisa menghadirkan tidak sedikit manfaat.

  • Menjaga Privasi

Adanya software pengunci ini pastinya akan mengawal privasi history chat whatsapp. Tidak bakal ada yang dapat melihat history chat whatsapp kamu, kecuali mereka memahami kombinasi angka dari AppLock yang telah anda buat.

  • Menjaga Kerahasiaan File-File Dokumen

Bagi anda yang mempunyai data file-file dokumen, gambar, foto, atau juga video kepunyaan perusahaan pastinya dengan adanya software ini bakal terjaga dari orang-orang yang hendak mengetahuinya.

  • Menjaga Setting Aplikasi

Selain mengawal privasi dan ketenteraman data, adanya software AppLock akan menyelamatkan settingan ponsel anda dari orang-orang yang meminjam ponsel kamu. Terutama andai ponsel anda sering dimainkan anak-anak yang masih belum memahami tentang ponsel. Seringkali sesudah dipinjam anak-anak beberapa software sering berlangsung tidak normal sebab mungkin tak sengaja sudah diutak-atik oleh anak-anak.