Cara Cek Info GTK dengan NUPTK Tahun Terbaru

Posted on

Baru- baru ini Kemendikbud menerbitkan program Dorongan Subsidi Upah ataupun yang disingkat dengan BSU untuk segala Tenaga Pendidik PNS serta pula Tenaga Pendidik Non- PNS sepanjang masa pandemi Covid- 19 ini.

Buat mengenali serta pula mengecek apakah Nama Tenaga Pendidik( PTK) tercantum selaku penerima BSU, hingga PTK wajib mengecek terlebih dulu Info GTK terkini.

Tetapi, metode buat mengecek Info GTK tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun- tahun yang lebih dahulu. Dimana, bila mau mengecek Info GTK, seseorang PTK cuma wajib login mengenakan akun NUPTK dan bertepatan pada lahir.

Bersamaan perkembangannya dikala ini, buat mengenali Info GTK cuma bisa dicoba dengan metode login ke Akun PTK yang telah terdaftar pada aplikasi Dapodik. Saat sebelum kita masuk kedalam ulasan, terdapat baiknya bila kita mengenali terlebih dulu apa itu Info GTK?

SIM PKB ialah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB ialah bentuk pembelajaran berkelanjutan untuk guru yang adalahmodal utama dalam upaya menyerahkan guru pada evolusi yang lebih maju, yakni pengembangan profesinya. Sebuah hasil akhir yang diinginkan sebenarnya sehubungan dengan keberhasilan siswa. Guru-guru yang mengerjakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) akan membawa pembelajarannya guna menjadikan siswa-siswanya supaya lebih memiliki pengetahuan unggul, mempunyai kemampuan lebih baik, dan mengindikasikan pemahaman yang mendalam mengenai materi ajar serta dapat memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan dapat melakukannya.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan mesti dilaksanakan menurut keperluan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud ialah kebutuhan untuk menjangkau dan/atau menambah kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya pun sekaligus berimplikasi pada pendapatan angka kredit untuk eskalasi pangkat/jabatan fungsional guru. Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 mengenai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB ialah unsur utama yang kegiatannya juga diserahkan angka kredit guna pengembangan karir guru, di samping kedua bagian utama lainnya, yakni:

  1. pendidikan
  2. pembelajaran/pembimbingan dan tugas ekstra dan/atau tugas beda yang relevan.
Baca :  Cara E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Jamsostek Terbaru

Berdasarkan keterangan dari Permennegpan tersebut telah pula diterangkan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu:

  1. pengembangan diri
  2. publikasi ilmiah
  3. karya inovatif.

Kegiatan Diklat Guru Pembelajaran (GPO) ketika ini adalahsalah satu jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru yang masuk dalam komponen Pengembangan Diri. Oleh sebab itu, mulai tahun 2017, GPO pulang menjadi SIMPKB, dengan sendirinya lama GPO pulang menjadi laman SIMPKB. Untuk bisa mengakses laman itu Anda mesti mengerjakan LOGIN SIMPKB (SIM PKB).

Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yakni diklat fungsional dan pekerjaan kolektif guru. Kegiatan pengembangan diri ini dimaksudkan supaya guru dapat mencapai dan/atau menambah kompetensi profesi guru yang merangkum kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang dipercayakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

Mengapa guru mesti LOGIN memakai SIMPKB (SIM PKB). Karena SIMPKB meluangkan laman pengembangan diri untuk guru untuk mengekor diklat fungsional. Pengembangan diri untuk guru adalahupaya-upaya yang dilaksanakan oleh seorang guru dalam rangka menambah profesionalismenya. Dengan demikian ia akan memiliki kompetensi yang cocok dengan ketentuan perundang-undangan. Ia diinginkan akhirnya bakal dapat mengemban tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan, tergolong pula dalam mengemban tugas-tugas ekstra yang relevan dengan faedah sekolah/ madrasah.

Mulai tahun 2017 bapak/Ibu guru wajib tercatat dalam SIM PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB. Semua guru dan tenaga kependidikan mesti mengikutsertakan diri kumpulan kerja melewati sistem informasi yang bisa diakses melewati alamat http://simpkb.id

Bahkan guna akses Info GTK, mulai tanggal 1 Juli 2017 info GTK melulu akan dapat diakses oleh guru dan tenaga kependidikan andai sudah tercatat disalah satu kumpulan kerja guru/Kepala sekolah/pengawas.

Pengertian Info GTK

Info GTK ialah suatu data berupa elektronik yang dipakai oleh para guru yang telah memiliki sertifikasi selaku guru buat mengecek, apakah SKTP telah keluar ataupun belum.

Tidak cuma itu saja, dalam Info tersebut, seseorang GTK pula bisa mengenali apakah ada hal- hal yang musti diperbaiki sehingga penerbitan SK tunjangan profesi hadapi hambatan.



Oleh karena itu, para Tenaga Pendidik PNS serta Tenaga Pendidik Non- PNS wajib sering- sering memantau serta mengecek Info GTK memakai cara- cara yang telah diberikan oleh pihak Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan( Kemendikbud).

Ada 2 semester buat menerbitkan SK tunjangan profesi, ialah sesi awal diawali pada bulan Juli sampai Desember. Setelah itu sesi ke 2 diawali pada bulan Januari sampai Juni, sehingga tiap- tiap dari Info GTK hendak diperbaharui secara bertahap pada masing- masing semesternya.

Cara Login SIM PKB

Cek Info GTK,Cara Login,Aneka Tunjangan Guru

  1. Silahkan menuju alamat ini https://paspor.simpkb.id/casgpo/login
  2. Isi kolom email dengan Nomor Peserta UKG 2015
  3. Isi kata Sandi atau Password dengan kata Sandi atau Password akun Anda (bisa berupa kata sandi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas atau MGMP masing-masing dan dapat pula berupa kata sandi yang sudah anda buat atau modifikasi setelah Anda melalukan ubah password
  4. Pilih Login.

Cara Registrasi SIM PKB

Bagiamana Cara Registrasi Akun di SIM PKB (Bagi yang belum pernah Registrasi).

  1. Silahkan kunjungi alamat url https://app.simpkb.id/akun/registrasi
  2. Masukkan Nomor Peserta UKG 2015 dan Tanggal Lahir Anda
  3. Pilih kotak kecil Saya bukan robot
  4. Pilih Register

Cek Info GTK

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang harus kalian lakukan, diantaranya yaitu :

  • Untuk melakukan pengecekan terhadap Info GTK kalian bisa langsung mengakses link resmi dari Info GTK Kemendikbud berikut ini : https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Setelah itu kalian bisa langsung memilih menu “Login Langsung ke GTK“. Kemudian, kalian akan dibawa kehalaman yang terdapat kolom untuk mengisikan “Account PTK pada Dapodik” dan juga “Password PTK pada Dapodik“.
  • Jika Anda sudah mengisi Account PTK Anda yang terdaftar pada aplikasi Dapodik, maka tahap selanjutnya adalah mengisikan semester berapa kalian ingin mengecek Info GTK masukkan kode captca yang tersedia.
  • Apabila tahap-tahap tersebut sudah kalian ikuti dengan benar, maka selanjutnya tekan tombol “Login” yang terdapat dibagian bawah.
Baca :  6 Cara Cek Status E-KTP Online Mudah dan Aman

  • Silahkan tuggu sampai proses loading selesai, dan jika berhasil tampilannya akan seperti dibawah ini.

Catatan : Apabila info.gtk.kemendikbud mengalami eror atau masih dalam proses pengambilan data, maka kalian bisa langsung mengecek Info GTK melalui manajemen Sekolah kalian masing-masing.


Bagikan di Sosial Media