Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta dan Download

Posted on

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta dan Download – Contoh Slip Gaji Karyawan dalam bentuk Word dan Contoh Slip Gaji Karyawan Exel.Ini adalah Informasi buat anda semua yang sedang mencari-cari artikel tentang Download Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta.

Gaji merupakan suatu upah yang diberikan oleh perusahaan/atasan kepada karyawan sesuai dengan kontrak yang sudah menjadi kesepakatan antar keduanya.

sesuai dengan konstribusi dan kinerjanya kepada perusahaan, karyawan pun berkah untuk mendapatkan upah yang sesuai maka dari itu percincian slip gaji sangatlah penting agar kedua belah pihak saling diuntungkan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Bank – Dalam slip gaji sendiri terdapat hal-hal yang harus dicantumkan, tujuannya adalah agar hak-hak yang diberikan ke karyawan menjadi transparan. dengan begitu diharapkan perusahaan menghargai apa yang telah dikerjakan oleh para karyawannya atas jerih payah yang selama ini dilakukan.

selain itu penggunaan slip gaji juga dapat meminimalisir kesalahan pembayaran, yang nantinya dapat merugikan karyawan ataupun perusahaan.

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko – Berbicara soal slip gaji, memang banyak sekali para pekerja yang mendapatkan hak tersebut misalnya saja para pegawai honorer, PNS,Dokter, Direktur, Pegawai Bank, dan lain-lain. untuk membuat slip gaji inipun sangat mudah, anda semua bisa mencobanya dengan bantuan aplikasi Microsoft Word ataupun Microsoft Exel tergantung kebutuhan anda.

Struktur Penulisan Slip Gaji

Jika kamu perhatikan, pada setiap slip gaji mengandung komponen-komponen berikut ini:

  Pengertian Referensi : Tujuan Fungsi Bentuk Contoh Menurut Para Ahli

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan terletak pada bagian paling atas dari slip gaji. Ini sebagai penegasan bahwa slip gaji adalah salah satu bagian dari dokumen resmi perusahaan.

2. Kerahasiaan Gaji

Setelah nama perusahaan, selanjutnya kamu akan mendapati bagain ini. Kerahasaiaan ini termaktub secara Confidential dan Private.

3. Tanggal, Subdepartemen dan Data Karyawan

Tanggal diisi dengan tanggal pebayaran gaji. Subdepartemen diisi dengan nama dan alamat subdepartemen. Sedangkan data karyawan diisi dengan nama, nomor pegawai dan NPWP.

4. Penghasilan dan Potongan  

Pada bagian ini berisi rincian mulai dari gaji pokok, intensif dan tunjangan lainnya. Dan pada bagian potongan biasanya berisi potongan kesehatan (jamsostek), saving plan karyawan dan iuran koperasi perusahaan.

5. Rincian Pembayaran Gaji

Pada bagian ini berisi detail pembayaran gaji. Di bagian ini berisi beberapa bagaian, yaitu:

  • Pajak bulanan
  • Penghasilan sebelum dipotong pajak
  • Penghasilan setelah dipotong pajak
  • Jumlah gaji bersih yang diterima
  • Nama bank yang melakukan pembayaran

Kegunaan Fungsi Slip Gaji

1. Buat Perusahaan :

  • Slip bayaran berguna sebagai realita resmi kalau perusahaan udah kerjakan kewajibannya terhadap karyawan yg terkait menyangkut dgn banyak nominal khusus yg jadi hak karyawan.
  • Slip bayaran berguna pula sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran bayaran atau pendapatan atas pengeluaran dana perusahaan.

2. Buat Karyawan :

  • Slip pendapatan berguna sebagai realita kejelasan komponen sistem penggajian buat Petugas.
  • Realita sah bikin berita potongan pajak & penyetoran pajak pendapatan.
  • Rekomendasi buat penyelenggara pembiayaan atau pinjeman kredit atas basic permintaan Petugas sbg kebenaran otentik.

Nah, bila anda ingin melihat contoh-contoh slip gaji yang baik dan benar ? berikut akan admin berikan dalam bentuk download dan file yang bisa langsung diedit

  Pengertian Tujuan dan Isi Trikora Tri Komando Rakyat

https://drive.google.com/file/d/1PKceIaThsjJjJuHlKAOqKIUb9rX9nVLr/view

https://drive.google.com/file/d/1oAwE7DMF5SsBwt_3Cb9yPbdw4tSSNhsi/view

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta :

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan SwastaContoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan SwastaContoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan SwastaContoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan SwastaContoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Bulanan Karyawan Swasta

Fungsi Slip Gaji Bulanan

Slip gaji bulanan, juga dikenal sebagai slip gaji atau paystub, adalah dokumen yang diberikan kepada karyawan oleh majikan setiap bulan untuk memberikan rincian tentang penghasilan dan potongan yang terkait dengan pekerjaan mereka. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari slip gaji bulanan:

1.Rincian Penghasilan:

  • Menyajikan informasi tentang penghasilan kotor karyawan selama periode waktu tertentu.
  • Menunjukkan komponen-komponen pendapatan, seperti gaji pokok, tunjangan, bonus, atau komisi.

2.Potongan:

  • Memberikan rincian tentang potongan gaji, termasuk pajak penghasilan, kontribusi ke program pensiun, asuransi kesehatan, dan potongan lainnya.
  • Menyajikan total potongan untuk memberikan gambaran lengkap tentang penghasilan bersih yang diterima karyawan.

3.Pajak:

  • Menunjukkan jumlah pajak yang dipotong dari penghasilan karyawan selama periode tersebut.
  • Memberikan rincian tentang pemotongan pajak federal, pajak negara bagian (jika berlaku), dan potongan pajak lainnya.

4.Informasi Identitas:

  • Menyertakan informasi identitas karyawan, termasuk nama lengkap, nomor identifikasi karyawan, dan informasi pekerjaan lainnya.
  • Mungkin mencakup detail posisi pekerjaan, departemen, dan status karyawan (penuh waktu, paruh waktu, kontraktor, dll.).

5.Periode Pembayaran:

  • Menyajikan rentang waktu atau periode kerja yang dicakup oleh slip gaji tersebut (biasanya satu bulan).
  • Memastikan bahwa karyawan dapat melihat transparansi dalam perhitungan penghasilan mereka untuk periode waktu tertentu.

6.Rincian Lainnya:

  • Mungkin mencakup informasi tambahan, seperti saldo cuti yang tersisa, jumlah jam kerja, atau detail lain yang berkaitan dengan kondisi kerja atau kebijakan perusahaan.
  Pengertian Geomorfologi Tujuan Manfaat Penjelasan Lengkap

7.Basis Dokumentasi:

  • Dapat digunakan sebagai dokumen referensi atau bukti untuk keperluan keuangan pribadi karyawan, seperti pengajuan pinjaman, sewa, atau aplikasi keuangan lainnya.

8.Penting untuk Perpajakan:

  • Slip gaji adalah dokumen penting untuk keperluan perpajakan. Pajak penghasilan karyawan dihitung berdasarkan informasi yang terdapat pada slip gaji.

9.Transparansi dan Kepuasan Karyawan:

  • Memberikan transparansi kepada karyawan mengenai komponen-komponen penghasilan dan potongan, yang dapat meningkatkan kepuasan karyawan.

10.Rekam Historis:

  • Menciptakan rekam historis tentang penghasilan dan potongan, yang dapat bermanfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan untuk keperluan audit atau perencanaan keuangan.

Slip gaji bulanan sangat penting dalam hubungan antara majikan dan karyawan karena memberikan gambaran yang jelas tentang aspek keuangan dari hubungan kerja tersebut.