Pengertian Demokrasi Langsung : Ciri Ciri Contoh Keuntungan Kelemahan

Posted on

Sebelum istilah demokrasi dikenal oleh penduduk Yunani, bentuk sederhana demokrasi sudah ada sejak 4000 SM di Mesopotamia. Pada masa itu, bangsa Sumeria memiliki beberapa kota independen. Di setiap kota tersebut, rakyat sering berkumpul untuk mendiskusikan masalah dan keputusan diambil berdasarkan konsensus atau mufakat.

Baru pada tahun 508 SM, penduduk Athena di Yunani membentuk sistem pemerintahan yang menjadi cikal bakal demokrasi modern. Yunani saat itu terdiri dari 1.500 kota kecil dan independen (poleis). Setiap kota memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda, termasuk oligarki, monarki, tirani, dan juga demokrasi.

Salah satu kota yang mencoba model pemerintahan baru pada saat itu adalah Athena, yang menerapkan demokrasi langsung. Pelopor demokrasi ini pertama kali adalah Solon, seorang penyair dan negarawan. Meskipun ia menulis paket pembaruan konstitusi pada tahun 594 SM untuk mendukung demokrasi di Athena, Solon tidak berhasil melakukan perubahan tersebut.

Walaupun demokrasi sudah muncul pada zaman Sumeria di Mesopotamia, perkembangan lebih lanjut terjadi di Yunani, terutama di Athena. Pada masa itu, Yunani terbagi menjadi banyak kota kecil yang masing-masing memiliki pemerintahan yang unik. Salah satunya adalah Athena yang mencoba menerapkan demokrasi langsung.

Solon, yang merupakan seorang penyair dan negarawan, menjadi tokoh utama dalam usaha memperkenalkan demokrasi di Athena. Pada tahun 594 SM, ia menyusun paket pembaruan konstitusi dengan harapan untuk mengukuhkan demokrasi, tetapi upayanya tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Meskipun demikian, langkah ini memberikan landasan penting untuk perkembangan lebih lanjut dalam sistem pemerintahan di masa mendatang.

Dengan berbagai eksperimen sistem pemerintahan di berbagai kota Yunani, demokrasi menjadi lebih terstruktur dan matang seiring berjalannya waktu. Pada abad ke-5 SM, konsep demokrasi langsung terus berkembang di Athena, di mana warga kota secara aktif terlibat dalam pengambilan keputusan politik melalui pertemuan umum.

  Contoh Naskah Teater PERSAHABATAN

Meskipun Solon tidak berhasil menjadikan Athena sebagai model demokrasi pada masanya, kontribusinya menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan demokrasi. Ide-ide dan prinsip-prinsip yang muncul pada masa itu tetap berpengaruh dan membentuk dasar bagi sistem demokrasi modern yang kita kenal saat ini.

Pengertian Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung adalah bentuk demokrasi di mana rakyat ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan negara secara langsung.

Penerapan demokrasi langsung ini dapat dilakukan pada wilayah yang masih kecil atau sederhana, masalah yang ditangani belum begitu kompleks.

Dan juga demokrasi langsung ini sudah diterapkan sejak zaman Yunani Kuno seperti sudah diterapkan diwilayah Athena dan Sparta.

Kedua daerah tersebut membentuk negara kota atau polis untuk mengimplementasikan demokrasi langsung.

Ciri Ciri Demokrasi Langsung

  • Sering disebut dengan demokrasi murni, karena keputusan yang dihasilkan di suatu negara diputuskan oleh rakyat tanpa melalui perwakilan atau parlemen.
  • Rakyat memiliki peran penting dalamsegala bentuk atau proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, keputusan-keputusan yang diambil sangat berpengaruh oleh peran rakyat.
  • Kesempatan untuk berpartisipasi dalam dunia politik sangatlah bebas.
  • Kegiatan pemerintahan bersifat transparan karena dijalankan oleh rakyat sendiri.
  • Cakupan wilayahnya tidak luas dan jumlah warga negaranya sedikit menyebabkan mudah untuk mengumpulkan warga negara dalam suatu pertemuan yang membahas mengenai keputusan-keputusan politik.
  • Pembahasan dan penyelesaian terhadap suatu masalah diselesaikan langsung oleh rakyat melalui forum pertemuan tanpa harus diwakilkan oleh lembaga-lembaga perwakilan.
  • Rakyat dapat ikut campur dalam penyusunan rancangan undang-undang dengan syarat mendapatkan dukungan dari mayoritas warga negara melalui sistem voting atau musyawarah.
  • Hanya dapat dijalankan oleh negara yang memiliki luas wilayah kecil dan jumlah warga negara yang sedikit.
  • Pemutusan suatu perkara sering diambil keputusan yang didukung oleh mayoritas warga negara yang ikut berkumpul.
  • Amandemen konstitusi bisa diubah berdasarkan usulan dari rakyat dengan ketentuan mendapatkan dukungan yang cukup dari mayoritas warga negara.
  • Presiden dan Wakil Presiden dipilih langsung oleh rakyat dengan cara pemilihan umum.
  • Orang-orang yang menduduki jabatan di pemerintahan ditentukan oleh rakyat dengan cara pemilihan umum.
  Arti Makna lambang Pancasila Garuda serta Sejarah

Contoh Demokrasi Langsung

  • Pemilihan Umum

Pemilihan umum atau dapat kita singkat menjadi pemilu ialah salah satu pesta demokrasi terbesar bagai setiap negara yang ada di negara ini. Terdapat jenis-jenis pemilu yang berbeda, bergantung pada siapa yang dipilih di dalam pemilu tersebut. Entah presiden dan wakil nya atau angota legislatif. Pemilu ialah bentuk domokkrasi langsung karena semua rakyat mempunyai hak yang sama untuk memilih calon yang dikehendaki.

  • Demonstasi Atau Unjuk Rasa

Salah satu cara mengemukakan pendapat di muka umum ialah dengan melakukan demonstrasi atau unjuk rasa. Unjuk rasa sendiri merupakan pernyataan pendapat secara massal yang di lakukan oleh sekelompok orang dalam jumlah besar. Salah satu contoh demonstrasi yang paling besar pengaruhnya di indonesia ialah saat rakyat dan para mahasiswa menduduki gedung MPR dan DPR menuntut turunnya presiden soeharto pada tahun 1998.

  • Pemilihan Kepala Desa

Seperti halnya pemiliha umum presiden dan anggota legislatif, pemilihan kepada desa juga adalah salah satu contoh pelaksanaan demokrasi langsung dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pada tingkatan organisasi pemerintah yang kecil seperti desa pun rakyat bisa menyalurkan suara dalam pemilihan kepala desa untuk memilih calon yang dikehendakinya.

Keuntungan Demokrasi Langsung

  1. Semua masyarakat negeri wajib berkumpul di tempat tertentu buat pertemuan massa.
  2. Masalah langsung dibahas serta diperdebatkan.
  3. Setiap orang setelah itu langsung memutuskan sesuatu masalah.
  4. Isu yang didukung kebanyakan dikira keluar selaku pemenang.
  5. Pertemuan masyarakat pula bertugas menunjuk pejabat pemerintah yang memegang pos administrasi.
  6. Memungkinkan masyarakat mengajukan rancangan perundangan buat divoting asal menemukan lumayan sokongan dari warga.
  7. Warga pula diperbolehkan menganjurkan amandemen konstitusi asal memperoleh lumayan sokongan dari warga.

Kelemahan Sistem Demokrasi Langsung

  1. Waktu serta bayaran anggaran yang membesar perihal ini terjalin sebab dalam pemilihan langsung memerukan bayaran buat percetakan, pendapatan pengawas pemilu, pendapatan KPU serta lain- lain ini lah yang jadi alibi buat di ambil kembali oleh DPRD.
  2. Politik duit ialah perihal yang hendak senantiasa terdapat kala seorang yang haus kekuasaan sehingga memunculkan korupsi alias mau balik modal.
  3. Kerap terbentuknya konflik sosial horizontal yang terjalin di warga disebabkan elit politik yang tidak memperdulikan pendukungnya sehingga merangsang aksi silih serbu.
  4. Susah diterapkan pada penduduk yang jumlah polulasinya banyak sebab hendak banyak menghabiskan waktu serta tenaga.
  Virus Corona : Pengertian Penemu Gejala Pencegahan Sejarah

Kelebihan Sistem Domokrasi Langsung

  1. Rakyat ikut merasakan memajukan daerahnya dengan cara memilih ketua daerahnya masing  masing.
  2. Rakyat mempunyai kontribusi langsung terhadap kekuasaannya
  3. Meningkatkan kesadaran politik sehingga rakya berpikir rasional dan kritis dengan masalah yang  dihadapi di daerahnya

Perbedaan Demokras Langsung dan Tidak Langsung

  • Kebijakan

Pada demokrasi langsung, rakyat langsung ikut serta untuk mengambil keputusan terkait kebijakan pemerintah.

Sementara itu, dalam demokrasi tidak langsung, rakyat memilih wakil rakyat untuk mengambil keputusan terkait kebijakan negara.

  • Legislatif

Di dalam sistem demokrasi langsung, seluruh komunitas akan membentuk badan legislatif.

Hal tersebut tentu berbeda dengan demokrasi tidak langsung, hanya wakil rakyat yang akan duduk di legislatif.

  • Cakupan Wilayah

Demokrasi langsung dapat diterapkan di negara-negara kecil dengan jumlah penduduk sedikit dan masalah tidak begitu kompleks.

Sedangkan untuk negara-negara besar dengan jumlah rakyat yang banyak, sistem demokrasi tidak langsung lebih cocok untuk diterapkan.