Pengertian Gagasan Pokok Tujuan Fungsi Jenis Macam Contoh

Posted on

Gagasan pokok (main idea) merupakan inti dari suatu teks atau paragraf. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan membaca dengan cermat dan mengidentifikasi tema utama yang disampaikan oleh penulis. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang definisi, tujuan, fungsi, manfaat, jenis, macam-macam, dan contoh dari gagasan pokok.

Pengertian Gagasan Pokok

Gagasan pokok merupakan inti dari suatu teks atau paragraf yang mengungkapkan ide utama dari penulis. Gagasan pokok dapat berupa kalimat tunggal atau gabungan beberapa kalimat yang menekankan pada suatu ide yang ingin disampaikan oleh penulis.

Tujuan Gagasan Pokok

Tujuan dari gagasan pokok adalah untuk membantu pembaca dalam memahami ide utama dari teks atau paragraf. Gagasan pokok membantu pembaca dalam mengidentifikasi tema utama dan memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Fungsi Gagasan Pokok

Fungsi dari gagasan pokok adalah sebagai berikut:

  1. Mempermudah Pembaca dalam Memahami Teks Gagasan pokok membantu pembaca dalam mengidentifikasi ide utama dan memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Dengan memahami gagasan pokok, pembaca dapat dengan mudah memahami teks secara keseluruhan.
  2. Menjaga Fokus Penulisan Dengan menentukan gagasan pokok, penulis dapat mempertahankan fokus penulisan dan memastikan bahwa tulisannya tidak keluar dari topik yang sedang dibahas.
  3. Memperjelas Komunikasi Gagasan pokok membantu penulis dalam mengkomunikasikan ide-ide mereka secara jelas dan terstruktur. Hal ini membantu pembaca dalam memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Manfaat Gagasan Pokok

Manfaat dari gagasan pokok adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan Pembaca dalam Memahami Teks Gagasan pokok membantu pembaca dalam memahami ide utama dari teks atau paragraf. Hal ini membuat pembaca lebih mudah untuk mengikuti arah pembahasan yang disampaikan oleh penulis.
  2. Meningkatkan Efektivitas Penulisan Dengan menentukan gagasan pokok, penulis dapat memastikan bahwa tulisannya memiliki fokus yang jelas dan terstruktur. Hal ini meningkatkan efektivitas penulisan dan memudahkan pembaca dalam memahami pesan yang ingin disampaikan.
  3. Meningkatkan Kualitas Teks Gagasan pokok membantu penulis dalam menyampaikan ide-ide mereka dengan cara yang jelas dan terstruktur. Hal ini meningkatkan kualitas teks dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Jenis-Jenis Gagasan Pokok

Jenis-jenis gagasan pokok adalah sebagai berikut:

  • Gagasan Pokok Implisit Gagasan pokok implisit adalah gagasan pokok yang tidak dinyatakan secara langsung oleh penulis. Pembaca harus membaca antara baris untuk mengidentifikasi gagasan pokok ini. Gagasan pokok implisit biasanya dapat ditemukan dalam kalimat-kalimat yang merujuk pada tema utama secara tidak langsung.
  Pengertian Kode Etik Profesi : Pelanggaran Fungsi Tujuan Manfaat

Contoh: “Setelah menghabiskan musim panas di kamp, Johnny kembali ke sekolah dengan semangat yang baru.” Gagasan pokok implisit dari kalimat ini adalah bahwa kamp telah memberikan pengaruh positif pada semangat Johnny untuk belajar di sekolah.

  • Gagasan Pokok Eksplisit Gagasan pokok eksplisit adalah gagasan pokok yang dinyatakan secara langsung oleh penulis dalam sebuah teks atau paragraf. Gagasan pokok eksplisit biasanya dapat ditemukan pada kalimat pembuka atau kalimat penutup dari sebuah paragraf.

Contoh: “Pendidikan adalah kunci untuk meraih sukses dalam hidup.” Gagasan pokok eksplisit dari kalimat ini adalah bahwa pendidikan memainkan peran penting dalam keberhasilan hidup seseorang.

  • Gagasan Pokok Tersirat Gagasan pokok tersirat adalah gagasan pokok yang tidak secara langsung dinyatakan oleh penulis dalam teks atau paragraf. Gagasan pokok tersirat dapat ditemukan dalam pemilihan kata dan penggunaan gaya bahasa oleh penulis.

Contoh: “Mobil itu terlihat berantakan dan kotor, tapi begitu Anda memasukinya, Anda merasakan kenyamanan dan kebersihan.” Gagasan pokok tersirat dari kalimat ini adalah bahwa penampilan luar mobil tidak selalu mencerminkan keadaan di dalam mobil.

  • Gagasan Pokok Fakta Gagasan pokok fakta adalah gagasan pokok yang didasarkan pada informasi yang bersifat objektif dan dapat dibuktikan secara empiris. Gagasan pokok fakta biasanya ditemukan dalam teks non-fiksi dan berisi informasi tentang suatu kejadian atau fenomena.

Contoh: “Suhu rata-rata di Bumi meningkat sebesar 1 derajat Celsius dalam 100 tahun terakhir.” Gagasan pokok fakta dari kalimat ini adalah bahwa suhu rata-rata di Bumi meningkat sebesar 1 derajat Celsius dalam 100 tahun terakhir.

  • Gagasan Pokok Opini Gagasan pokok opini adalah gagasan pokok yang didasarkan pada pandangan atau pendapat seseorang tentang suatu topik. Gagasan pokok opini biasanya ditemukan dalam teks opini atau editorial dan berisi pendapat atau argumen tentang suatu topik.

Contoh: “Pendidikan seks seharusnya diajarkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kurikulum.” Gagasan pokok opini dari kalimat ini adalah bahwa pendidikan seks seharusnya diajarkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kurikulum.

  • Gagasan Pokok Konseptual Gagasan pokok konseptual adalah gagasan pokok yang berfokus pada konsep atau ide yang lebih abstrak atau kompleks. Gagasan pokok konseptual biasanya ditemukan dalam teks yang membahas konsep atau teori.
  50 Cabang Ilmu Kimia Pengertian Menurut Para Ahli

Contoh: “Teori evolusi adalah konsep yang menjelaskan bagaimana makhluk hidup berevolusi dari satu bentuk ke bentuk yang lain selama jutaan tahun.” Gagasan pokok konseptual dari kalimat ini adalah bahwa teori evolusi adalah konsep yang menjelaskan bagaimana makhluk hidup berevolusi dari satu bentuk ke bentuk yang lain selama jutaan tahun.

  • Gagasan Pokok Naratif Gagasan pokok naratif adalah gagasan pokok yang berfokus pada cerita atau narasi. Gagasan pokok naratif biasanya ditemukan dalam teks yang berupa cerita atau narasi.

Contoh: “Pada suatu hari, seorang pria berjalan-jalan di hutan dan bertemu dengan seekor beruang. Beruang itu menyerangnya dan pria itu berhasil melarikan diri.” Gagasan pokok naratif dari kalimat ini adalah bahwa seorang pria bertemu dengan seekor beruang dan berhasil melarikan diri.

Macam-Macam Gagasan Pokok

Macam-macam gagasan pokok adalah sebagai berikut:

  • Gagasan Pokok Utama Gagasan pokok utama adalah ide utama yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah teks atau paragraf. Gagasan pokok utama dapat ditemukan pada kalimat pembuka atau kalimat penutup dari sebuah paragraf.

Contoh: “Masyarakat harus melakukan upaya yang lebih besar dalam memerangi perubahan iklim.” Gagasan pokok utama dari kalimat ini adalah bahwa masyarakat harus melakukan upaya yang lebih besar dalam memerangi perubahan iklim.

  • Gagasan Pokok Pendukung Gagasan pokok pendukung adalah ide-ide yang mendukung gagasan pokok utama dalam sebuah teks atau paragraf. Gagasan pokok pendukung dapat ditemukan pada paragraf yang berisi argumen, bukti, dan penjelasan yang menjelaskan gagasan pokok utama.

Contoh: “Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk memerangi perubahan iklim, seperti mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, menggunakan energi terbarukan, dan mengurangi limbah plastik.” Gagasan pokok pendukung dari kalimat ini adalah bahwa ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk memerangi perubahan iklim.

  • Gagasan Pokok Terkait Gagasan pokok terkait adalah ide-ide yang terkait dengan gagasan pokok utama, tetapi tidak secara langsung mendukungnya. Gagasan pokok terkait dapat ditemukan dalam paragraph yang berisi informasi tambahan yang berkaitan dengan gagasan pokok utama.

Contoh: “Saat ini, banyak negara sedang mengadopsi kebijakan untuk memerangi perubahan iklim. Namun, masih banyak yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampaknya, seperti mempromosikan teknologi hijau dan mengurangi deforestasi.” Gagasan pokok terkait dari kalimat ini adalah bahwa ada banyak negara yang sedang mengadopsi kebijakan untuk memerangi perubahan iklim, tetapi masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampaknya.

  4 Contoh Naskah Drama Komedi Berbagai Tema

Kesimpulan Gagasan pokok

sebuah teks atau percakapan yang merangkum topik atau isu yang dibahas. Ada empat jenis gagasan pokok yang berbeda, yaitu gagasan pokok faktual, gagasan pokok konseptual, gagasan pokok naratif, dan gagasan pokok argumentatif. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda.

Gagasan pokok faktual berkaitan dengan informasi atau fakta yang diberikan dalam teks. Gagasan pokok konseptual berkaitan dengan konsep atau ide yang lebih abstrak atau kompleks. Gagasan pokok naratif berkaitan dengan cerita atau narasi. Sementara, gagasan pokok argumentatif berkaitan dengan argumen atau pendapat yang dikemukakan dalam teks.

Penting untuk dapat mengidentifikasi gagasan pokok dalam teks karena dapat membantu kita memahami topik atau isu yang dibahas secara lebih efektif. Selain itu, gagasan pokok juga dapat membantu kita menyusun ringkasan atau menyampaikan informasi secara singkat dan jelas.

Dalam menyusun teks, baik itu esai, artikel, atau laporan, kita harus dapat menyajikan gagasan pokok dengan jelas dan terstruktur. Gagasan pokok utama harus diungkapkan pada awal atau akhir teks dan didukung oleh gagasan pokok pendukung yang relevan. Hal ini dapat membuat teks lebih mudah dipahami dan mengarah pada pesan atau tujuan yang ingin disampaikan.

Secara umum, gagasan pokok memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Membantu kita memahami topik atau isu yang dibahas dalam teks secara lebih efektif.
  2. Membantu kita menyusun ringkasan atau menyampaikan informasi secara singkat dan jelas.
  3. Membantu kita mengorganisir teks secara terstruktur dan teratur.
  4. Membantu kita menyampaikan pesan atau tujuan dengan lebih jelas dan terfokus.

Dalam penggunaannya, gagasan pokok dapat diterapkan dalam berbagai macam jenis teks, seperti artikel, esai, laporan, atau bahkan presentasi. Penting untuk diingat bahwa gagasan pokok harus selalu terkait dengan topik atau isu yang dibahas dan harus diungkapkan dengan jelas dan terstruktur.

Contoh penggunaan gagasan pokok

Teks: “Kesehatan mental menjadi isu penting dalam pandemi COVID-19. Banyak orang mengalami stres, kecemasan, dan depresi karena situasi yang tidak pasti dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari.”

Gagasan pokok utama: Kesehatan mental menjadi isu penting dalam pandemi COVID-19. Gagasan pokok pendukung: Banyak orang mengalami stres, kecemasan, dan depresi karena situasi yang tidak pasti dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menggunakan gagasan pokok, teks tersebut dapat lebih mudah dipahami dan ringkasan dari teks tersebut dapat disusun dengan lebih efektif. Selain itu, gagasan pokok juga membantu memastikan bahwa pesan atau tujuan dari teks tersebut disampaikan dengan jelas dan terfokus.