Pengertian Cara Kerja Cara Membuat Elektroskop Sederhana

Posted on

Pengertian Cara Kerja Cara Membuat Elektroskop Sederhana – Elektroskop adalah merupakan suatu perlengkapan yang digunakan buat mengenali muatan listrik suatu barang. Elektroskop ini pula bisa ataupun dapat digunakan buat memastikan tipe muatan sesuatu barang. Elektroskop bekerja dengan bersumber pada prinsip induksi listrik. Elektroskop terdiri dari bagian dalam dan bagian luar. Pada bagian dalam, ada 2 buah batang ataupun keping yang bisa ataupun dapat bergerak leluasa dan umumnya dibuat dari emas. Pada bagian luarnya, itu ada suatu konduktor yang dipisahkan dengan bagian yang lain oleh bahan isolator. Apabila suatu barang bermuatan didekatkan pada kepala elektroskop, hingga keping emas itu setelah itu hendak mekar.

Elektroskop ini merupakan suatu perlengkapan yang digunakan buat bisa mengenali muatan listrik pada suatu barang. Tidak cuma itu saja, elektroskop ini sendiri pula dapat ataupun bisa digunakan buat mengenali tipe muatan disuatu barang. Elektroskop bekerja dengan bersumber pada prinsip induksi listrik.

Dengan menyikat, sesuatu barang hingga setelah itu hendak mendapatkan muatan listrik. Tidak hanya dari itu muatan listrik pula itu dapat ataupun bisa diperoleh dengan metode menyentuhkan barang yang Non bermuatan itu dengan barang yang bermuatan.

Pengertian Elektroskop

Elektroskop merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya muatan listrik pada suatu benda. Dan kemudian, bukan hanya itu, elektroskop juga bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan listrik pada benda tersebut. Jika benda yang didekatkan pada elektroskop mempunyai muatan, maka daun elektroskop akan mengembang. Sebaliknya, jika benda itu tidak bermuatan atau netral maka daun elektroskop tidak mengembang.

Fungsi Elektroskop

  • Mendeteksi adanya muatan pada suatu benda
  • Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda
  • Memisahkan muatan
  • Mengetahui jumlah muatan pada suatu benda
Baca :  Contoh proposal usaha kecil

Bagian-Bagian Elektroskop

Lalu bagaimanakah bagian bagtian elektroskop ini dan apa aja sih fungsinya?

Elektroskop tersusun atas dua bagian penting, yaitu bola logam dan daun-daun elektroskop. Sementara bagian lainnya adalah tabung kaca dan insulator.

Kedua daun elektroskop tersebut ditaruh dalam tabung kaca serta terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca tersebut. Benda yang menghubungkan bola logam dengan kedua daun elektroskop tersebut adalah konduktor

Cara Kerja Elektroskop

Seperti penjelasan yang telas disinggung sediki di awal, bahwa cara kerja elektroskop ini dibedakan menjadi 2 yakni induksi serta konduksi.

Memberi Muatan Elektroskop Dengan Induksi

Metode berikan muatan litrik dielektroskop dengan induksi dicoba di suatu elektroskop netral. Elektroskop netral yang

setelah itu didekati oleh suatu barang bermuatan negatif tersebut hendak menarik muatan positif dari daun itu ke bola logam yang terletak di atas.

Muatan negatif dibola logam itu sehabis itu hendak tolak- menolak itu dengan muatan barang yang didekati dan pula mengarah daun elektroskop. Sehingga kedua daun elektroskop ini mempunyai kelebihan elektron( bermuatan negatif) dan pula silih menghindar diakibatkan karna bersama bermuatan negatif.

Terus menjadi besar muatannya, hingga hendak terus menjadi jauh jarak antar kedua daun kaki elektroskop. Keadaan tersebut seragam pula hendak terjalin dikala barang bermuatan positif diinduksi pada elektroskop.

Metode kerja elektroskop itu secara induksi tidak bisa ataupun dapat digunakan buat memastikan tipe muatan sesuatu barang. Buat memastikan muatan sesuatu barang itu dapat ataupun bisa dicoba dengan metode konduksi.

Proses dari cara kerja elektroskop ini bisa atau dapat dilihat pada proses di bawah.

  • Elektroskop Netral didekati benda bermuatan negatif

  • Elektroskop Netral tersebutdidekati benda bermuatan positif

Memberi Muatan Elektroskop Dengan Konduksi

Metode kerja elektroskop dengan secara konduksi dicoba pada elektroskop yang tidak netral. Dengan kata lain, bola logam dan daun- daun elektroskop memiliki sesuatu tipe muatan.

Baca :  Pengertian Tujuan, Proses, Contoh Sublimasi

Muatan pada bola logam itu diperoleh dengan caraProses metode kerja elektroskop bisa dilihat pada proses di dasar. konduksi oleh konduktor logam.

Ilustrai metode kerja elektroskop dengan secara konduksi itu dapat ataupun bisa ditafsirkan pada suatu permasalahan. Misalkan keadaan dini bola logam dan elektroskop memiliki muatan negatif ataupun positif yang didekati barang bermuatan. Buat lebih jelasnya perhatikan penjelasan di dasar.

Suatu elektroskop dikonduksi sehingga setelah itu bermuatan negatif. Keadaan yang dapat ataupun bisa terjalin dikala barang bermuatan didekatkan pada bola logam yakni selaku berikut.

  1. Apabila barang bermuatan negatif didekatkan pada logam: elektron tersebut hendak turun mengarah daun kaki sehingga kedua daun kaki tersebut hendak terus menjadi silih menghindar.
  2. Apabila barang bermuatan positif itu didekatkan pada bola logam: elektron ini hendak tertarik dari daun kaki mengarah bola logam sehingga kedua daun elektroskop itu hendak silih mendekat.
  3. Begitu pula buat keadaan kebalikannya.

Amati pula uraian metode kerja elektrokop pada foto di dasar buat menaikkan uraian menimpa elektrokop, diantaranya

1. Elektroskop Awal Bermuatan Negatif

2. Elektroskop Awal Bermuatan Positif

Induksi Listrik

Induksi listrik ini adalah sebuah peristiwa pemisahan muatan listrik pada suatu benda yang netral, apabila benda tersebut didekati dengan benda yang mempunyai muatan listrik. Maka pada daun elektroskop tersebut bisa akan berubah mengembang (apabila benda itu mempunyai muatan listrik) serta begitu pula sebaliknya (tidak berubah).

Cara Membuat Elektroskop Sederhana

  • Bagaimana cara mengetahui jenis muatan listrik? Apakah ada alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi jenis muatan listrik? Agar dapat memahaminya, lakukan kegiatan berikut.
  • Siapkan kertas aluminium (aluminium foil), paku besar, dan toples plastik atau kaca (dapat diganti de ngan botol plastik bekas) beserta tutupnya.
  • Potonglah kertas aluminium membentuk persegi panjang 5 cm × 15 cm dan persegi 15 cm × 15 cm.
  • Bentuk kertas aluminium persegi panjang menjadi jarum dan kertas aluminium persegimenjadi bola aluminium. Kemudian, sambung rangkaian menjadi satu.
  • Lubangi tutup toples dengan menggunakan paku, kemudian masukkan rangkaian bola dan jarum aluminium seperti pada gambar.
  • Gunakan sebuah gunting untuk memotong aluminium dengan ukuran 2 cm × 10 cm, selanjutnya bengkokkan hingga menyerupai daun elektroskop.
  • Bengkokkan ujung jarum seperti pada gambar.
  • Letakkan daun elektroskop pada ujung jarum yang telah dibengkokkan, seperti pada gambar.
  • Tutup toples. Elektroskop siap digunakan.
Baca :  Proses Pembekuan Darah, Fungsi, Penyebab

Menguji Elektroskop

  • Lekatkan elektroskop pada sebuah generator Van de Graff yang mempunyai muatan listrik.
  • Amati gerak membuka atau menutupnya daun elektroskop
  • Rangkaianmu akan menjadi sebuah elektroskop yang baik apabila daun elektroskopnya mudah menutup dan membuka bila didekatkan dengan benda-benda yang bermuatan, misalnya penggaris atau balon yang telah digosokkan pada rambut kering.

Bagaimana interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya?

Semakin besar jarak kedua balon, maka gaya tolaknya semakin kecil, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon kecil.

Sebaliknya, semakin kecil jarak kedua balon, maka gaya tolaknya semakin besar, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon besar.

Semakin lama waktu yang digunakan untuk menggosok balon, maka muatan listrik menjadi semakin besar. Hal ini yang memengaruhi besarnya gaya tolak kedua balon yang ditunjukkan dengan besarnya simpangan kedua balon tersebut saat didekatkan.

Kesimpulan:

Terus menjadi besar jarak 2 barang yang bermuatan, style tolak- menolak ataupun style tarik- menariknya terus menjadi kecil. Kebalikannya, terus menjadi kecil jarak 2 barang yang bermuatan, style tolak- menolak ataupun style tarik menariknya terus menjadi besar.

Terus menjadi besar muatan yang dipunyai sesuatu barang, style tolak- menolak ataupun style tarik- menariknya terus menjadi besar. Terus menjadi kecil muatan yang dipunyai sesuatu barang, style tolak- menolak ataupun style tarik menariknya pula terus menjadi kecil.

Bagikan di Sosial Media

Leave a Reply