Pengertian Ikhtisar : Tujuan Contoh Fungsi Menurut Para Ahli

Posted on

Dalam era informasi yang semakin cepat dan berlimpah, kemampuan untuk memahami dan mengelola informasi dengan efisien menjadi keterampilan yang sangat berharga. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui penggunaan ikhtisar. Ikhtisar adalah suatu rangkuman singkat dan padat dari suatu teks, laporan, atau informasi lainnya yang bertujuan untuk menggali inti informasi tanpa harus membaca seluruh teks asli. Artikel ini akan membahas pengertian ikhtisar, tujuan, fungsi, macam, bentuk, ciri, dan memberikan beberapa contoh penggunaannya.

Pengertian Ikhtisar

Ikhtisar merupakan hasil pemilihan informasi penting dari suatu teks atau dokumen untuk kemudian disusun secara singkat, jelas, dan padat. Tujuan utama dari ikhtisar adalah untuk memberikan gambaran umum yang komprehensif tentang isi teks asli tanpa harus membaca seluruhnya.

pengertian ikhtisar menurut para ahli

Pengertian ikhtisar atau ringkasan dapat bervariasi tergantung pada pandangan dan konsep yang dipegang oleh para ahli dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa pengertian ikhtisar menurut beberapa para ahli:

  • Rohman Nurcahyo (2012) dalam bukunya “Metode Penelitian Skripsi dan Tesis”: Menurut Nurcahyo, ikhtisar adalah ringkasan singkat dari suatu teks, tulisan, atau naskah yang mencakup inti dari isi dan pesan yang ingin disampaikan tanpa harus membaca keseluruhan teks.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Menurut KBBI, ikhtisar adalah ringkasan, gambaran, atau uraian singkat mengenai suatu hal atau peristiwa.
  • Sumadyo Hadi, dkk. (2009) dalam buku “Metode Penelitian Kualitatif”: Para penulis ini mengartikan ikhtisar sebagai suatu bentuk penyajian informasi yang memperhatikan aspek-aspek penting dan menekankan pada inti pesan tanpa harus membaca teks asli.
  • Ahmad Jatmika (2015) dalam artikel “Pentingnya Ikhtisar”: Menurut Jatmika, ikhtisar adalah rangkuman singkat dari suatu bahan bacaan yang dibuat untuk memberikan pemahaman cepat tentang isi bacaan tersebut.
  • Wina Sanjaya (2018) dalam bukunya “Panduan Lengkap Keterampilan Berbahasa Indonesia”: Menurut Sanjaya, ikhtisar adalah penyajian kembali isi teks asli dalam bentuk yang lebih singkat dan padat, tetapi tetap mencakup informasi pokok dan pesan utama.
  • Djoko Purwanto (2005) dalam bukunya “Metodologi Penelitian Kualitatif”: Purwanto mengartikan ikhtisar sebagai rangkuman singkat dari informasi-informasi penting yang terdapat dalam teks asli.
  Cerita Rakyat Malin Kundang Singkat

Pengertian-pengertian di atas mencerminkan konsensus bahwa ikhtisar adalah bentuk penyajian singkat dari informasi penting yang terdapat dalam suatu teks asli. Ikhtisar bertujuan untuk memberikan gambaran umum tanpa harus membaca teks lengkap, memudahkan pemahaman, dan memungkinkan akses cepat terhadap inti pesan yang ingin disampaikan.

 

Tujuan Ikhtisar

  • Efisiensi: Ikhtisar memungkinkan pembaca untuk mendapatkan informasi penting dalam waktu yang lebih singkat daripada membaca seluruh teks asli.
  • Pemahaman: Dengan fokus pada inti informasi, ikhtisar membantu pembaca memahami konsep dan pesan utama tanpa terjebak dalam detail yang kurang relevan.
  • Seleksi: Ikhtisar membantu pembaca dalam memilih teks yang benar-benar relevan dengan kebutuhan mereka.
  • Komunikasi: Ikhtisar memungkinkan untuk berbagi informasi dengan orang lain secara efektif tanpa harus memberikan seluruh konten.
  • Referensi Cepat: Ikhtisar bisa berfungsi sebagai referensi cepat untuk kembali pada informasi penting dari teks asli.

Fungsi Ikhtisar

  • Menyoroti Informasi Penting: Ikhtisar membantu dalam mengidentifikasi dan menyoroti informasi kunci.
  • Mengabaikan Detail Tidak Penting: Ikhtisar menghilangkan informasi yang kurang relevan atau terlalu mendetail.
  • Meringkas dengan Kekuatan Kata: Dalam ikhtisar, setiap kata memiliki bobot yang besar, sehingga setiap kata digunakan dengan cermat.
  • Membantu Pengambilan Keputusan: Ikhtisar membantu pembaca dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dengan menyajikan informasi yang relevan.
  • Memudahkan Pemahaman: Pembaca yang tidak memiliki latar belakang yang mendalam dalam suatu bidang dapat lebih mudah memahami topik melalui ikhtisar.

Macam-Macam Ikhtisar

  • Ikhtisar Ringkas: Merupakan rangkuman singkat dari informasi utama.
  • Ikhtisar Menengah: Lebih rinci daripada ringkasan, tetapi tetap menjaga fokus pada informasi utama.
  • Ikhtisar Lengkap: Lebih detail dan komprehensif, mencakup beberapa aspek penting dari teks asli.
  • Ikhtisar Berbasis Poin: Menyajikan informasi dalam bentuk poin-poin penting.
  Kode Transfer Bank BNI BCA MANDIRI BRI DLL Semua Bank Indonesia

Bentuk dan Ciri Ikhtisar

  • Singkat dan Padat: Ikhtisar harus menghilangkan detail yang tidak perlu dan menyajikan informasi dengan cara yang singkat dan padat.
  • Tidak Bias: Ikhtisar seharusnya tidak menyisipkan pandangan atau opini pribadi.
  • Mencerminkan Isi Asli: Meskipun lebih singkat, ikhtisar harus mencerminkan pesan dan gagasan utama dari teks asli.
  • Tidak Mengandung Introduksi dan Penutup: Ikhtisar umumnya tidak memerlukan bagian pengantar atau penutup yang panjang.

Contoh Penggunaan Ikhtisar

  • Materi Pelajaran: Mahasiswa dapat membuat ikhtisar dari teks pelajaran yang kompleks untuk membantu memahami konsep penting.
  • Berita: Media sering menggunakan ikhtisar dalam artikel berita singkat untuk memberikan informasi penting kepada pembaca.
  • Laporan Bisnis: Pemimpin bisnis dapat menggunakan ikhtisar untuk menyajikan hasil laporan kepada tim manajemen.
  • Resensi Buku: Seorang resensi buku dapat menyajikan ikhtisar dari buku yang diulas untuk memberikan gambaran umum tentang isi buku.

Dalam dunia yang terus berkembang ini, kemampuan untuk mengelola informasi dengan efisien sangat penting. Ikhtisar adalah alat yang kuat untuk merangkum dan menggali inti informasi dari berbagai teks dan dokumen. Dengan tujuan untuk efisiensi, pemahaman, dan komunikasi yang lebih baik, ikhtisar memberikan cara yang efektif untuk mengakses informasi penting dalam waktu singkat. Dengan memahami konsep, fungsi, macam, bentuk, dan ciri ikhtisar, individu dapat mengoptimalkan penggunaannya dalam berbagai konteks.

Pentingnya Keahlian dalam Membuat Ikhtisar

Dalam menguasai seni membuat ikhtisar, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin kunci yang dapat membantu dalam mengembangkan keahlian dalam membuat ikhtisar:

  • Pemahaman Mendalam: Sebelum membuat ikhtisar, penting untuk memahami sepenuhnya isi teks asli. Tanpa pemahaman yang baik, akan sulit untuk menentukan informasi mana yang penting dan relevan untuk dimasukkan dalam ikhtisar.
  • Identifikasi Pokok-Pokok Utama: Setelah memahami teks asli, identifikasilah pokok-pokok utama, konsep kunci, dan pesan sentral yang ingin disampaikan. Ini akan membantu dalam merangkum informasi dengan akurat.
  • Pilih Informasi Penting: Salah satu tantangan dalam membuat ikhtisar adalah memilih informasi yang paling penting dan relevan. Hindari menyertakan detail yang terlalu mendalam atau tidak terlalu relevan dengan pesan utama.
  • Gunakan Bahasa yang Padat: Dalam membuat ikhtisar, setiap kata memiliki bobot yang signifikan. Gunakan bahasa yang padat dan efisien untuk menyampaikan informasi dengan jelas tanpa banyak perulangan atau penjelasan yang berlebihan.
  • Prioritaskan Fokus: Jaga fokus pada informasi yang paling relevan dengan tujuan ikhtisar. Hindari mencantumkan informasi sampingan yang dapat memecah perhatian dari pesan utama.
  • Gaya dan Struktur: Pilih gaya dan struktur yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan ikhtisar. Beberapa ikhtisar mungkin lebih cocok dengan gaya berbasis poin, sementara yang lain lebih cocok dengan gaya naratif singkat.
  • Tetap Netral: Ikhtisar harus netral dan tidak mencantumkan pandangan pribadi atau penilaian. Ini penting untuk menjaga integritas informasi.
  • Edit dan Revisi: Setelah membuat ikhtisar pertama, lakukanlah edit dan revisi. Pastikan bahwa setiap kata dan frase memiliki dampak dan bahwa ikhtisar secara keseluruhan tetap setia pada pesan asli.
  Pengertian Pengetahuan : Jenis Fungsi Macam Tujuan Menurut Para Ahli

Inovasi dalam Ikhtisar

Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan metode komunikasi, ikhtisar telah mengalami inovasi dalam berbagai bentuk. Salah satu inovasi yang mencolok adalah penggunaan algoritma otomatis untuk menghasilkan ikhtisar dari teks secara instan. Meskipun algoritma ini dapat membantu dalam merangkum teks dalam waktu singkat, penting untuk tetap memahami bahwa mereka mungkin tidak selalu mampu menggantikan pemahaman manusia yang mendalam.

Ikhtisar adalah alat penting dalam mengatasi hiruk-pikuk informasi yang berlimpah di dunia modern. Dengan kemampuannya untuk merangkum informasi penting secara singkat dan efisien, ikhtisar membantu individu dalam memahami, mengelola, dan berbagi informasi dengan lebih baik. Melalui pemahaman tentang konsep ikhtisar, tujuan, fungsi, macam, bentuk, dan ciri, seseorang dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan ikhtisar yang efektif dan bermanfaat dalam berbagai situasi. Dengan terus mengasah keterampilan ini, individu dapat tetap relevan dan produktif di tengah arus informasi yang terus berubah.