Pengertian Jujur Contoh Jujur sifat manfaat jujur

Posted on

Zaman yang terus menerus berubah semakin cepat, menyerahkan pengaruh positif dan negatif. Tapi sebagai manusia, evolusi tak butuh dihukumi sebab perubahan sifatnya niscaya. Itulah mengapa disebutkan bahwa perubahan ialah abadi. Apapun yang anda lakukan, evolusi tidak akan dapat dihentikan.

Perubahan tersebut juga menyerahkan pengaruh terhadap perilaku seseorang laksana gaya hidup mewah, dominasi dan kewenangan, majunya teknologi informasi dan transportasi, dan andai berada di tangan tidak jujur bakal menjadi patologi yang tidak terpuji, seperti mengerjakan KKN dan sogok- penipuan dan pungli dalam pelayanan publik dan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana telah diterangkan bahwa evolusi zaman pun membuat perilaku manusia pun ikut berubah dan menjadi lemah, bahkan terdapat yang menjadi jahat. Coba lihat rekan disekitar anda, di sekolah atau di lokasi kerja. Tidak tidak banyak kita mendatangi orang yang susah untuk dipercaya, dan bahkan bilamana ia menyuruh untuk bekerja sama, anda akan berpikir tidak sedikit hal untuk meyakini dan memahami apakah benar yang ia sampaikan ataukah tidak. Terkadang, dalam menguji perilaku manusia, kita seringkali melontarkan sekian banyak pertanyaan seputar apa yang ia tawarkan, mulai dari latar belakang, dari pekerjaan, dari kedudukan keluarga dan dari apa yang ia kenakan.

Pengertian Jujur Contoh Jujur sifat manfaat jujur

Segala hal anda amati untuk menggali kebenaran dari apa yang mereka ungkapkan. Tentu saja, bila kamu melakukan dan merasakan hal laksana ini, maka lumrah saja karena dunia yang semakin terus maju dan berubah ini, paling sulit untuk memahami watak dan karakter seseorang tersebut seperti apa. Ada yang jahat, licik, dengki, penipu dll.

Semua dapat berubah kapanpun dan dalam masa-masa apapun itu, bergantung keuntungan, kepentingan dan situasi apa yang sedang mereka hadapi. Permasalahan ini tidak melulu pada diri kamu pribadi, tetapi pun pada perusahaan dan instansi manapun. Mereka pun menyadari bahwa pentingnya orang-orang yang baik atau yang jujur pada ketika mereka bekerja.

Pengertian Jujur

pengertian jujur adalah adalah mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan.

Sinonim dari kata jujur adalah bohong yaitu berkata yang tidak sesuai dengan kebenarannya.

Uraian Arti Jujur Secara Istilah

Jujur secara istilah adalah mengatakan atau melakukan tindakan sesuai dengan kebenaran yang kita yakini, maksudnya lisan kita mengatakan apa yang kita tahu saja, jadi tidak berbohong dengan mengatakan sesuatu yang kita tidak tahu, termasuk di dalamnya adalah janji.

Baca :  Pengertian Ukuran Sejarah Teknik Bola Tangan

Begitu-pun dengan tindakan, kita hanya melakukan tindakan sesuai dengan apa yang kita niat-kan dalam hati atau-pun apa yang kita ikrarkan kepada orang lain.

Jika kita mengikrarkan bahwa saya akan memberikan uang ini kepada Budi, maka kita benar benar melakukan tindakan sesuai dengan perkataan kita tersebut, yaitu memberikan uang kepada budi.

Singkatnya, Jujur tersebut tidak bohong, dan tidak bohong disini dalam segala hal, baik ucapan, perbuatan maupun dalam janji.

Kalau terdapat pertanyaan, apa yang dimaksud dengan jujur, maka jawabnya singkat saja yakni Jujur sama dengan tidak berbohong, andai ada pertanyaan lanjutan mengenai maksudnya, maka anda jabar-kan laksana di atas.

Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

1. Mohamad Mustari

Menurut Mohamad Mustari (2011: 13-15), pengertian jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

2. Nurul Zuriah

Menurut Nurul Zuriah (2008: 49), pengertian jujur adalah suatu nilai dan prinsip yang harus ditanamkan dalam diri seseorang sejak pendidikan dasarnya. Misalnya melakukan koreksi hasil ujian secara silang di dalam kelas.

3. Dharma Kesuma dkk

Menurut Dharma Kesuma dkk (2012: 16), pengertian jujur adalah suatu keputusan yang dimiliki seseorang dalam mengungkapkan perasaannya, kata-kata, dan perbuatannya, bahwa kenyataan yang ada benar-benar terjadi dan tidak dimanipulasi dengan cara meniru atau berbohong agar mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri.

4. KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jujur adalah lurus hati, tidak curang, dan kejujuran ialah kelurusan hati, ketulusan hati.

5. Wikipedia

Jujur atau kejujuran ini merujuk kepada aspek moral, karakter, serta berkonotasi atribut positif dan juga berbudi luhur layaknya kejujuran, integritas, serta keterusterangan. Yang di dalamnya termasuk keterusterangan terhadap perilaku, dengan diikuti dengan tidak adanya kebohongan, perselingkuhan, penipuan, dan lainnya.



Tak hanya itu saja, kejujuran artinya bisa dipercaya, adil, setia, serta tulus. Kejujuran dihargai oleh banyak budaya etnis dan juga agama.

Contoh Perilaku Jujur

Sebetulnya ada banyak sekali contoh perilaku jujur yang ada pada kehidupan sehari – hari. Baik itu yang terjadi di lingkungan keluarga dan juga masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa contohnya, antara lain:

Baca :  Cara Menghitung, Fungsi, Bagian, Pengertian, Jangka Sorong

1. Di Lingkungan Sekolah

  • Mengerjakan ujian dengan jujur tanpa mencontek.
  • Mengembalikan buku yang sudah dipinjam dari perpustakaan tepat dengan tanggal pengembalian.
  • Berkata jujur terhadap guru serta teman – teman.

2. Di Lingkungan Keluarga

  • Berterus terang terhadap orang tua pada saat melakukan suatu kesalahan.
  • Mengembalikan kelebihan uang belanja terhadap orang tua.
  • Mengatakan nominal SPP atau uang gedung sekolah atau semacamnya sesuai dengan nominal yang ditentukan sekolah.
  • Memberitahukan hasil ujian sekolah terhadap orang tua dengan jujur.
  • Bermain dengan izin yang sesuai.

3. Di Lingkungan Masyarakat

  • Mematuhi peraturan rambu – rambu lalu lintas ketika sedang berkendara.
  • Tidak berusaha untuk menyuap petugas polisi pada saat ditilang.
  • Memberikan informasi yang sebetulnya terhadap orang lain di lingkungan masyarakat.
  • Tidak mengikuti kegiatan gotong royong dengan izin yang mengada ngada.

4. Di lingkungan kerja

  • Melaksanakan tugas sebaik mungkin.
  • Tidak bermalas – malasan, dan giat cuma pada saat atasan datang.
  • Tidak memfitnah orang lain.
  • Tidak menerima suap menyuap.

Manfaat jujur

Setelah definisi jujur dalam Islam, berikutnya ialah manfaat sikap yang selalu mengkhususkan kebenaran ini. Muslim yang jujur bakal memperoleh guna berikut:

1. Bisa Meraih Kesuksesan

Bisa berpegang teguh pada kejujuran ialah hal yang luar biasa. Tak jarang orang yang jujur pun dapat menjadi sukses.

Tidak hanya dapat sukses dalam pekerjaan, tetapi salah satu guna perilaku jujur ialah mendapatkan kesuksesan dalam sekian banyak hal di dunia.



2. Dipercaya Banyak Orang

Salah satu guna perilaku jujur saat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ialah mendapatkan keyakinan dari tidak sedikit orang.

Ketika diandalkan seseorang, urusan ini juga dapat menjadi suatu keuntungan guna kita. Katakanlah sebab kita jujur terdapat seseorang yang lantas mempekerjakan kita.

Dari situ kita dapat mendapatkan kegiatan dan rezeki. Hal yang paling positif bukan?

3. Terhindar dari Fitnah

Salah satu guna perilaku jujur dapat membuat anda terhindar dari fitnah. Ketika saya dan anda selalu jujur dalam menuliskan sesuatu, orang-orang akan membubuhkan percaya pada diri kita.

Lalu, saat ada seseorang yang mengupayakan berperilaku buruk dengan memfitnah kita, orang beda pun takkan gampang terpengaruh sebab sudah mengetahui kejujuran kita.

4. Merasakan Hidup yang Damai dan Bahagia

Manfaat perilaku jujur lainnya ialah kita dapat mendapatkan keyakinan orang beda dengan mudah. Ketika anda terbiasa berkata serta berperilaku jujur, maka hidup anda akan lebih bahagia serta damai.

Baca :  Penemu Sejarah Macam Macam Lampu

Ketika anda tidak mempunyai hal yang disembunyikan, maka hati juga terasa damai. Kita tidak butuh menutupi sesuatu urusan yang telah terjadi.

Tak hingga sana, perilaku jujur juga akan menyerahkan kita energi positif. Energi positif yang menyelimuti anda akan menyerahkan efek bahagia.



Jadi, bila hendak bahagia dan merasa tenang, kita dapat memulainya dengan jujur ya! Bukan melulu jujur pada orang lain, kita pun perlu guna jujur pada diri sendiri.

5. Pergaulan yang kian luas

Bersaudara dengan orang jujur ingin menyenangkan dan tidak memunculkan rasa khawatir. Tidak heran andai persaudaraan muslim yang jujur paling luas.

6. Hidup damai dan tentram



Terbiasa jujur bakal menumbuhkan sikap saling percaya, peduli, dan menghargai. Hasilnya hidup tidak jarang kali terasa damai dan tentram.

7. Memperoleh ridho Allah SWT

Perilaku jujur cocok dengan perintah Allah SWT dalam Al Quran. Tak heran andai muslim jujur tidak jauh dari ridho Allah SWT.

Ciri-ciri jujur

Berikut kami jelaskan ciri-ciri jujur adalah:

  • Berkata benar
  • Bertindak sesuai dengan yang dipikirkan
  • Kesesuaian perkataan dan perbuatan
  • Memberikan kesaksian dengan adil
  • Mempercayai dan membenarkan ajaran Allah SWT dan rasulNya
  • Taat perintah dan larangan Allah
  • Tidak ingkar janji

Dalil Perilaku Jujur dalam Islam

Dalil tentang perilaku jujur tidak hanya dituliskan dalam Al-Quran, namun juga terdapat dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah beberapa dalil tentang perintah untuk berperilaku jujur.

Perilaku jujur merupakan sifat dari orang-orang mukmin, hal ini tertera dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 23-24 yang berbunyi,

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Dan di antara mereka ada yang gugur, dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya),”

Di dalam surat Al-Ahzab ayat 35 dijelaskan, orang-orang muslim yang berperilaku jujur akan diberikan pahala yang besar , ayat tersebut berbunyi

“Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”


Bagikan di Sosial Media