Pengertian Teknologi Tepat Guna Fungsi Ciri Ciri Manfaat Contoh

Posted on

Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan konsep yang membawa dampak positif dalam kehidupan manusia dengan menyediakan solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara efisien dan efektif. Tujuan utama Teknologi Tepat Guna adalah menciptakan solusi yang dapat diterapkan secara tepat pada konteks masyarakat tertentu, terutama di wilayah pedesaan atau daerah dengan sumber daya terbatas.

Teknologi Tepat Guna memiliki potensi besar untuk menjembatani kesenjangan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan penerapan prinsip-prinsipnya, Teknologi Tepat Guna dapat menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat yang beragam.

Pengertian Teknologi

Bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia ataupun KBBI, kata teknologi memiliki makna tata cara ilmiah buat menggapai tujuan instan, ilmu pengetahuan terapan ataupun totalitas fasilitas buat sediakan beberapa barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan serta kenyamanan hidup manusia.

Secara etimologi, teknologi berasal dari kata technologia( bahasa Yunani) techno maksudnya‘ kemampuan’ serta logia maksudnya‘ pengetahuan’. Sedangkan secara universal, penafsiran teknologi merupakan pelaksanaan pengetahuan ilmiah buat tujuan instan dalam kehidupan manusia ataupun pada pergantian serta manipulasi area manusia.

Secara universal, penafsiran teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang di dalamnya menekuni tentang keahlian dalam membuat sesuatu perlengkapan, tata cara pengolahan serta ekstraksi sesuatu barang, supaya sanggup menuntaskan bermacam kasus tertentu serta pekerjaan tiap hari manusia pada biasanya.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi pada umumnya.

Ada beberapa kriteria agar suatu teknologi dapat dikategorikan sebagai teknologi tepat guna. Antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi tersebut dapat digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di berbagai tempat.
  2. Teknologi yang diterapkan sesuai dan cocok dengan kondisi sosial ekonomi ang berlaku.
  3. Teknologi yang digunakan bisa memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.
  4. Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, serta memelihara teknologi tepat guna tersebut.
  Pengertian Tugas : Fungsi Kelebihan Kelemahan

Prinsip-prinsip Teknologi Tepat Guna

  • Relevan dengan Kondisi Lokal: Teknologi Tepat Guna harus sesuai dengan kondisi geografis, sosial, dan budaya setempat. Solusi yang diterapkan harus dapat diintegrasikan dengan kehidupan masyarakat target.
  • Mudah Dipahami dan Dioperasikan: Teknologi tersebut harus dapat dipahami dan dioperasikan oleh masyarakat tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Kesederhanaan dalam penggunaan adalah kunci utama dari keberhasilan Teknologi Tepat Guna.
  • Berkesinambungan dan Ramah Lingkungan: Solusi yang diterapkan harus mampu berkelanjutan dari segi lingkungan dan ekonomi. Penggunaan sumber daya harus efisien, dan dampak negatif terhadap lingkungan harus diminimalkan.
  • Meningkatkan Kemandirian Masyarakat: Teknologi Tepat Guna seharusnya memberdayakan masyarakat untuk mandiri secara ekonomi dan sosial. Hal ini mencakup pemberdayaan melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan.

Fungsi Teknologi Tepat Guna

fungsi diciptakannya teknologi tepat guna bagi masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Teknologi tepat guna mampu menjawab permasalahan masyarakat dengan disesuaikan pada kebutuhan.
  • Teknologi tepat guna dapat digunakan dan dipelihara oleh masyarakat dengan baik.
  • Teknologi tepat guna dapat menghasilkan nilai tambah dalam aspek ekonomi.
  • Teknologi tepat guna dapat berdampak positif bagi lingkungan.

Dengan kata lain,menghadirkan teknologi sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan manusia menjadi tujuan utama digunakannya teknologi tepat guna.

Ciri Ciri Teknologi Tepat Guna

  • Perbaikan teknologi tradisional yang selama ini menjadi tulang punggung pertanian, industri, pengubah energi, transportasi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di suatu tempat
  • Biaya investasi cukup rendah/ relatif murah
  • Teknis cukup sederhana dan mampu untuk dipelihara dan didukung oleh keterampilan setempat.
  • Masyarakat mengenal dan mampu mengatasi lingkungannya.
  • Cara pendayagunaan sumber-sumber setempat termasuk sumber alam, energi, bahan secara lebih baik dan optimal.
  •  Alat mandiri masyarakat dan mengurangi ketergantungan kepada pihak luar.

Manfaat Teknologi Tepat Guna

Saat sebelum berdialog menimpa khasiat dari Teknologi Tepat Guna, hingga terdapat suatu proses yang wajib dikenal saat sebelum mendapatkan khasiat dari Teknologi Tepat Guna tersebut, ialah pelaksanaan teknologi pas guna tersebut. Pelaksanaan Teknologi Tepat Guna merupakan suatu usaha update. Walaupun update itu tidak mencolok serta masih dalam jangkauan warga, namun wajib diserasikan dengan kondisi sosial, ekonomi serta budaya warga setempat dan alam.

  Cara Membuat Alat Penjernih Air Dengan Bahan Alam

Jika tidak, hingga usaha update itu hendak menemukan hambatan yang bisa menggagalkan usaha update tersebut. Usaha update itu dirancang sedemikan rupa sehingga segala warga merasa kalau update merupakan prakarsa mereka sendiri. Berarti di dalam update teknologi itu, ada atensi serta semangat dalam warga tersebut.

Banyak orang galat dalam berkomentar jika orang bawa pompa bambu, biogas, pengering dengan tenaga radiasi matahari simpel kedesa, hingga orang itu sudah mempraktikkan Teknologi Tepat Guna. Bawa paket- paket teknologi simpel tersebut kesebuah desa belum bisa dikatakan selaku pelaksanaan Teknologi Tepat Guna, apalagi bisa menjerumuskan, apabila tidak diiringi pembelajaran kepada warga desa tersebut, gimana metode membuat serta membetulkan perlengkapan tersebut.

Sangat sempurna pelaksanaan teknologi pas guna merupakan teknologi yang sudah terdapat pada sesuatu warga serta revisi itu diperuntukan buat penuhi kebutuhan warga yang terus menjadi bertambah. Pelaksanaan Teknologi Tepat Guna pula wajib memikirkan kondisi alam dekat. Bisa dimaksud kalau akibat area yang diakibatkan pelaksanaan Teknologi Tepat Guna wajib lebih kecil dibanding konsumsi teknologi tradisional ataupun teknologi maju. Dengan demikian khasiat dari teknologi pas guna itu bisa dialami oleh warga tersebut.

1.Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin hari makin meningkat, tentu hal itu di barengi dengan kemampuan masyarakatnya yang mampu mengoperasionalkan dan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna tersebut.

2.Teknologi tepat guna mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhannya, pemecahan masalahnya dan penambahan hasil produksi yang makin meningkat dari biasanya. Teknologi tersebut relatif mudah dipahami mekanismenya, mudah dipelihara dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Masuknya teknologi baru tidak akan membebani masyarakat baik mental (ketidakmampuan skill) maupun materiil (dapat menimbulkan beban biaya yang tidak mampu dipenuhi masyarakat).

3.Teknologi tepat guna dapat mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan tenaga kesehatan dan klien.

4.Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, memelihara teknologi tepat guna tersebut.

5.Masyarakat / klien bisa lebih cepat ditangani oleh tenaga kesehatan.

6.Hasil diagnosa akan lebih akurat, cepat, dan tepat

Contoh Teknologi Tepat Guna

  • Traktor

Contoh teknologi Tepat Guna adalah traktor. Teknologi ini sangat tepat jika digunakan dan dikembangkan di daerah pedesaan, khususnya didaerah yang mayoritas masyarakatnya mengandalkan hasil bertani atau berkebun.

  Pengertian sistem penyimpanan Arsip : Jenis Kendala Prosedur Lengkap

Dengan memanfaatkan teknologi traktor, para petani tidak perlu lagi menggunakan tenaga hewan ternak seperti kerbau untuk membajak sawah, atau tenaga petani itu sendiri untuk mencangkul. Jadi selain lebih efektif dan efisien, tentu saja penggunaan traktor ini juga menguntungkan.

  • Pompa Hydraulic Ram

Pompa Hydraulic Ram merupakan salah satu teknologi tepat guna yang saat ini banyak dikembangkan di pedesaan dengan memanfatkan air. Teknologi pompa ini bisa ditemui di beberapa kawasan pegunungan atau pedesaan yang memiliki tekstur tanah berbukit. Contohnya daerah Puncak, Jawa Barat.

Pompa ini bekerja sebagai transformator air hidrolik, di mana ketika air masuk ke bagian dalam pompa yang memiliki bagian ‘Hydraulic Head’ dan jumlah debit tertentu, maka air yang dihasilkan akan lebih tinggi dengan debit yang cenderung lebih kecil.

Teknologi ini juga merupakan teknologi yang cukup ramah lingkungan karena tidak menggunakan minyak ataupun gas sebagai bahan bakarnya.

  • Mesin Penebar Pupuk

Masyarakat di pedesaan sudah semakin sadar akan manfaat teknologi. Namun sayangnya belum semua warga pedesaan di Indonesia memiliki kesadaran yang sama.

Terbukti dengan ditemukannya salah satu Teknologi Tepat Guna yang sudah banyak dimanfaatkan ini, yaitu mesin penebar pupuk. Mesin ini akan memudahkan petani untuk menabur pupuk dengan lebih cepat dan merata.

  • Pompa Air Menggunakan Tenaga Sepeda

Pompa air yang memanfaatkan tenaga sepeda pompa ini merupakan penemuan dari seorang insinyur Inggris bernama John Leary. Pada awalnya, teknologi pompa air ini digunakan untuk irigasi serta distribusi air di daerah Guatemala.

Berbeda dengan pompa air yang kebanyakan menggunakan mesin diesel atau tenaga listrik, teknologi yang satu ini hanya memanfaatkan tenaga manusia.

Kesimpulan Teknolgi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna merupakan teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat setempat. Sebelum menggunakan Teknologi Tepat Guna, terlebih dahulu kita lakukan penerapan dari Teknologi Tepat Guna tersebut kepada masyarakat. Dengan adanya penerapan ini di harapkan masyarakatnya berubah dan mengerti tentang manfaat Teknologi Tepat Guna dan mampu menggunakan Teknologi Tepat Guna tersebut dengan sebaik mungki. Sehingga penggunaa dari Teknologi Tepat Guna tersebut bermanfaat bagi masyarakat, yaitu dapat memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat karena kebutuhan masyarakat semakin hari semakin meningkat