3 Nutrisi Penting Untuk Menurunkan Diet Berat Badan


3 Nutrisi Penting Untuk Menurunkan Diet Berat Badan

3 Nutrisi Penting Untuk Menurunkan Diet Berat Badan – Nutrisi memang sangat penting bagi tubuh untuk membantu menurunkan berat badan. Banyak para pakar diet yang mengatakan bahwa jangan makan sembarangan, tapi makanlah dengan benar. Mungkin sekilas terdengar sebagai sebuah perkataan yang ringan karena setiap hari kita makan. Namun dalam prakteknya tidak sedikit orang yang gagal karena sebagian besar mereka tidak mengerti atau belum memahami bagaimana memilih makanan yang benar untuk program diet.

Untuk dapat memakan makanan yang benar memang membutuhkan perencanaan yang baik dan benar serta terdapat aturan dasar yang harus dipenuhi. Jika Anda ingin melakukan program penurunkan berat badan, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi protein. Selain itu, Anda juga harus menambah frekwensi makan. Jika biasanya atau sebelum menjalankan program penurunan berat badan Anda makan 2-3 kali sehari maka kini Anda harus makan 3-5 kali sehari. Dengan rincian, 3 kali makan utama dan 2-3 kali snack. Ini diperlukan agar metabolisme Anda tetap berjalan.

Metabolisme tubuh dapat diibaratkan sebagai sebuah api unggun, jika kita tidak rutin memasukkan kayu sebagai bahan bakar, maka api unggun tersebut akan mati, begitu juga dengan metabolisme tubuh.

Apa itu metabolisme?
Metabolisme merupakan suatu proses merubah makan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian tubuh menggunakan energi tersebut untuk perbaikan tubuh atau disimpan sebagai cadangan energi. Jika proses metabolisme tubuh Anda semakin cepat maka semakin cepat pula pembakaran kalosri sebagai salah satu sumber energi. Namun jika proses metabolisme lambat, maka penggunaan kalori tidak efeisien dan dapat meningkatkan timbunan lemak.

Bagaima cara meningkatkan metabolisme tubuh?
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan sarapan pagi, banyak para ahli yang mengatakan bahwa sarapan adalah hal terpenting sepanjang hari. Jika Anda melewatkan sarapan pagi, maka metabolisme tubuh Anda akan melambat menjelang tengah hari dan Anda akan merasakan sangat lapar hingga terjerumus ke dalam pola makan yang tak terkontrol.

Untuk bisa mendapatkan makanan yang baik dan benar, maka makanan Anda harus mengandung tiga nutrisi penting seperti protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat. Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari duniafitnes.com.

Protein
Dalam proses metabolisme tubuh, protein sangat diperlukan. Protein tidak bisa ditinggalkan jika Anda memiliki program menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat protein untuk tubuh:

    Membantu pembentukan otot, tulang, dan sel darah merah
    Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
    Menyuplai energi
    Meningkatkan fungsi otak
    Membuat kenyang lebih lama
    Menstabilkan gula darah
    Mengurangi ‘ngidam’ terhadapap makanan yang manis-manis

Karbohidrat
Karbohidrat merupaka sumber energi dalam keseharian kita. Namun sebaiknya jangan berlebihan dalam memberikan asupan karbohidrat. Karena jika terlalu banyak maka dapat meningkatkan jumlah lemak tersimpan dalam tubuh, dan tentu saja tubuh Anda akan bertambah gemuk.

Meskipun karbohidrat dapat menyebabkan gemuk, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkannya dalam program penurunan berat badan. Diet sehat tetap membutuhan karbohidrat sebagai sumber energi. Anda dapat memberikan asupan karbohidrat komplek karena terdapat energi lepas berkala. Selain itu, karbohidrat komplek juga dilengkapi vitamin dan mineral yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya.

Lemak
Mungkin jika mendengar kata lemak Anda sudah kebayang tentang obesitas, namun sebenarnya tidak semua lemak itu jahat. Karena terdapat lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk diet. Tubuh tetap membutuhkan lemak sebagai cadangan energi saat karbohidrat telah habis terkuras. Berikut ini beberapa manfaat lemak untuk tubuh kita.

    Melindungi, membangun dan mereproduksi sel-sel dalam tubuh
    Meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan persendian
    Sumber energi cadangan
    Bantalan dan pelapis organ-organ vital

Anda bisa mendapatkan lemak baik dari ikan salmon dan tuna, sedangkan lemak nabati bisa Anda peroleh dari kenari, almond, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun dan selai kacang.

Dengan memahami pentingnya mengatur pola makan dan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diharapkan Anda dapat mencapai berat badan ideal dalam waktu yang relatif singkat. Oleh sebab itu tidak heran jika cara menurunkan berat badan dengan diet tinggi protein merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang sangat efektif karena memenuhi nutrisi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Selamat mencoba 3 nutrisi penting untuk menurunkan berat badan diatas!

3 Nutrisi Penting Untuk Menurunkan Diet Berat Badan | jati | 4.5