Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh – Bunga turi biasa dijadikan tanaman hias, mengapa demikian ?? karena kembang turi dianggap sebagai tanaman bunga. Selain berguna sebagai tanaman hias, kembang turi berkhasiat sebagai tanaman obat tradisional. Hal ini karena bunga turi mengandung saponin, tanin glikoside, perioksidase vitamin A serta vitamin B.

Bunga kembang turi mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A serta vitamin B yang mempunyai manfaat untuk melembutkan kulit, pencahar dan penyejuk.Berikut Manfaat Bunga Turi:

1. Mengobati Sariawan
Yang terserang sariawan biasanya orang yang kekurangan vitamin C, obati saja menggunakan kulit batang bunga turi. Ambil kulit batang pohon bunga turi lalu remas dalam air. Kemudian airnya pakai untuk berkumur, bisa dengan merebus kulit batang pohon turi dan air rebusan dimuinum


2. Sakit Tenggorokan
Untuk mengobati sakit tenggorokan. Ambil segenggam daun turi dan remas di dalam air matang, Gunakan air untuk berkumur.


3. Disentri dan berak darah
Ambil kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari, rebus dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum dan Lakukan 2 kali sehari.


4. Mengobati Batuk Biasa
Ambil segenggam daun turi merah dan daun inggu. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus, tambah perasan air jeruk nipis dan aduk hingga rata.


5. Batuk Berdahak
Selain daunnya, akar turi juga berkhasiat mengobati batuk berdahak. Caranya ambil akar turi dan tumbuk sampai halus, tambah dengan ½ air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, serta peras airnya.


6. Demam Nifas
 Daun turi tumbuk halus dan tambah ¾  cangkir air matang dan sedikit garam, setelah itu air disaring.


7. Hidung berair dan Sakit Kepala
Ambil daun dan bunga turi kemudian tumbuk sampai halus serta tambah setengah gelas air matang, saring dan minum airnya.


8. Cacar air dan demam
Jika anak Anda mengalami demam karena cacar air. Caranya, ambil kulit batang bunga turi sebesar ibu jari, kemudian rebus dengan air. Setelah dingin air disaring.


9. Badan Pegal Linu
Bagi anda yang sering pegal linu coba saja obati menggunakan akar turi. Caranya, ambil akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya dan giling sampai halus serta tambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, gosok ramuan ke bagian badan yang sakit.


10. Menambah dan Melancarkan ASI
Bagi ibu menyusui yang susah keluar ASI atau keluarnya sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsi kembang turi. Caranya menggunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti makan lalapan biasa.

Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh | jati | 4.5