Komplikasi Jangka Panjang Diabetes


 Komplikasi Jangka Panjang Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah salah satu penyakit mematikan yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya secara medis. Banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes adalah penyakit orang tua atau penyakit keturunan. Padahal, setiap orang, siapapun itu, dapat terserang penyakit diabetes, baik itu orang tua maupun anak-anak. Sebenarnya, bukan penyakit diabetes yang menyebabkan kematian, tetapi justru komplikasi-komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes itulah yang dapat menyebabkan kematian.

Gejala-gejala Diabetes

Pada awalnya, penyakit diabetes tidak menunjukkan gejala-gejala yang dapat dilihat secara nyata. Namun, semakin lama penyakit diabetes akan semakin berkembang dan menunjukkan gejala-gejala seperti berikut ini:

Sering buang air seni, terutama pada malam hari
Ginjal tidak dapat menoleransi kadar gula yang tinggi di dalam darah. Supaya air seni yang keluar dari tubuh tidak  terlalu pekat, maka ginjal harus menyerap air yang banyak dari tubuh.

Terkadang merasa haus
Ini disebabkan oleh banyaknya cairan yang diserap oleh tubuh.

Terkadang merasa lemas
Cepat lelah dan lemas akan sering dirasakan oleh penderita diabetes. Karena kurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas sehingga daya serap tubuh terhadap gula berkurang. Alhasil, tubuh seperti kekurangan energy dan menimbulkan rasa lapar. 

Terkadang merasa lapar
Karena daya serap tubuh akan gula menurun maka rasa lapar muncul.

Berat badan mengalami penurunan drastis
walaupun sering sekali merasakan lapar dan menimbulkan keinginan untuk makan ternyata akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Karena hormon insulin yang dihasilkan tidak cukup dan banyak zat-zat dari makanan yang disantap terbuang bersamaan air seni

Gangguan penglihatan
Hal ini dikarenakan pembuluh darah kecil menyerang retina mata sehingga menyebabkan gangguan penglihatan bahkan bisa memicu kebutaan.

Luka tidak kunjung sembuh
Bahkan luka lecet sekalipun akan lama sembuhnya pada penderita diabetes.

Adanya gangguan seksual
Seperti pada penderita diabetes laki-laki akan memicu disfungsi ereksi.

Komplikasi Diabetes

Penyakit diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi, baik itu komplikasi jangka pendek maupun komplikasi jangka panjang. Komplikasi jangka panjang ini munculnya bisa bertahun-tahun dan tidak secara tiba-tiba. Komplikasi jangka panjang diabetes antara lain :

Mikroaingopatia
Yaitu kelainan pada pembuluh darah kecil dan halus yang dapat menyebabkan kelainan pada mata dan ginjal. Tingginya glukosa darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang ada di retina mata
Keadaan ini akan mengakibatkan terganggunya penglihatan yang dapat memicu kebutaan. Sedangkan pada ginjal terdapat pembuluh darah halus yang secara selektif menahan zat-zat berguna bagi tubuh dan meloloskan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh dengan mengumpulkannya dalam urin. Jika terjadi kelainan pada pembuluh darah ini, maka akan terjadi kebocoran sehingga zat-zat berguna pun ikut terbuang bersama urin.

Neuropatia
Yaitu gangguan saraf.

Makroaingopatia
Yaitu kelainan pada pembuluh darah besar yang menyebabkan timbulnya kelainan pada jantung dan otak.

Komplikasi gabungan
seperti impotensi, keguguran berulang, diabetic foot, dan lain sebagainya.

Komplikasi Jangka Panjang Diabetes | jati | 4.5