Penyebab komputer sering restart sendiri

Penyebab komputer sering restart sendiri


Penyebab komputer sering restart sendiri - Ketika komputer terus reboot pada saat startup dan akan terus menerus restart. Ini adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan yang pernah Anda hadapi. Ketika komputer terus restart sendiri, memang sangat mengesalkan. Apa penyebab komputer menjadi sering reboot sendiri? Ini adalah pertanyaan akan dibahas pada artikel #jatikom ini.

Bila PC terus reboot pada saat startup, ini bukan berarti komputer anda sudah tidak bisa lagi di perbaiki, tapi ini merupakan masalah sementara yang dapat diatasi. Mengapa komputer Anda terus reboot setelah startup mungkin karena kesalahan system atau hardware yang tidak bekerja dengan normal.

Permasalahan dan Perbaikan
Ketika komputer Anda terus reboot sendiri, bisa karena masalah mendasar yang berhubungan dengan hardware atau masalah perangkat lunak. Apa menjadi kesulitan dalam memecahkan masalah ini adalah bahwa sistem operasi komputer itu sendiri gagal di-load. Berikut ini adalah alasan mengapa PC Anda terus reboot pada saat startup.
Penyebab komputer sering restart sendiri

1. Masalah Hardware atau Overheating
Masalah pada hardisk, dimana kemungkinan terdapat banyak sektor yang rusak (Bad Sector) sehingga system gagal membaca file system dan memaksa komputer untuk restart. Untuk mengatasi atau memeriksa masalah ini gunakan CD Windows dengan mencalankan scandisk melalui perintah Dos
Masalah Overheating (Hardware Panas), mungkin sulit untuk melacak karena bisa disebabkan oleh kegagalan kipas yang menyebabkan processor panas, atau masalah karena debu yang menempel pada kipas, masalah pasokan listrik penambahan perangkat keras baru. Kecuali Anda seorang teknisi perbaikan komputer, hal ini tidak dianjurkan membuka komputer Anda dan membuka segel garansi. Membersihkan debu lengkap bagian dalam agar kipas angin bekerja dengan normal dan pemeriksaan total hardware akan memecahkan masalah Anda.
Masalah Memory, memory yang tidak tepat pemasangannya, kendur atau kotor dapat membuat komputer restart dengan sendirinya, atau bahkan komputer tidak mau reboot dengan kata lain tidak bisa dioperasikan

2. Problem Bios
Ketika komputer terus restart sendiri, kemungkinan karena BIOS (input dasar / masalah output sistem). BIOS adalah software tetap yang disimpan pada microchip pada PC Anda, yang menangani semua fungsi hardware. Sebuah masalah dengan BIOS, meskipun sangat jarang, tidak dapat dikesampingkan. Ini mungkin merupakan penyebab utama yang mengarah ke situasi dimana PC terus reboot pada startup. Dengan update BIOS dari produsen dapat memecahkan masalah.

3. Instalasi Software yang Kurang benar atau Korupt
Ada alasan lain yang dapat menyebabkan komputer restart, kemungkinan driver yang tidak cocok atau korupsi. Menginstal ulang driver dengan benar dapat mengatasi masalah ini. Untuk memperbaiki file yang rusak, Anda dapat menjalankan recovery disc untuk mengembalikan file yang rusak.

4. Masalah Virus
Virus komputer muncul dalam berbagai bentuk, dan menyebabkan reaksi yang berbeda dalam mesin. Beberapa virus yang paling umum dapat menyebabkan komputer Anda me-reboot sendiri dari waktu ke waktu. Satu-satunya cara untuk memecahkan masalah ini adalah untuk membersihkan PC dari virus sepenuhnya. Anda memerlukan sebuah perangkat lunak antivirus yang efektif untuk tujuan ini, anda harus membersihkan komputer Anda dengan perangkat lunak ini.
Ingat bahwa Anda harus meng-upgrade perangkat lunak antivirus Anda secara berkala, karena virus komputer terus mengadaptasi diri. Jika mesin telah terinfeksi sepenuhnya, Anda harus format seluruh PC, sehingga menyebabkan kehilangan data.

5. System Eror
System eror terjadi bila sebuah file system seperti dll file, file exe dll mengalami kerusakan atau corupt sehingga pada saat komputer reboot komputer tidak dapat menemukan file tersebut dan akhirnya komputer akan restart sendiri
Ada beberapa cara supaya komputer tidak restart otomatis agar dapat melakukan perbaikan
Bila komputer masih bisa dioperasikan sesaat, anda harus mesetting komputer dengan petunjuk berikut Untuk pengguna Windows, Matikan opsi restart otomatis dengan mengklik kanan pada My computer > Advanced System Settings > Hardware > Startup and Recovery dan hapus centang opsi automatic restart, sehingga sistem tidak terus reboot, sehingga anda dapat memperbaiki system.
Dengan menekan tombol F8, bila anda tidak dapat masuk ke system windows, maka yang anda lakukan adalah, pada saat komputer restart, dan setelah komputer membaca sistem bios, tekan tombol F8 sebelum komputer membaca startup windows, Setelah masuk ke pilihan menu, pilih menu Start Windows tanpa restart bila terjadi kesalahan (Disable automatic restart on system Failure)

Langkah - langkah melakukan diagnosa sendiri 

1.  Umum nya sering terjadi pada hal listrik pasukan ke power supply, untuk memastikan silahkan cek atau ganti kabel colokan listrik , atau pun anda bisa menggunakan stabilizer.


Jika tidak ada masalah lanjut kan ke pemeriksaan ke dua
2. masalah pada power supply, ini yang sering terjadi ketika komputer sering restrat sendiri, solusi nya dengan mengganti power supply.
 3. Yang terakhir pada umum nya sering terletak di processor overheating, langkah nya copot pendingin processor dan bersihkan pendingin nya dari debu, kemudian beri pasta, jangan lupa memasang nya harus benar dan kuat.



Advertisements
Back To Top