Cara Menampilkan Garis Bantu Dengan Grid Pada CorelDraw X3

Cara Menampilkan Garis Bantu Dengan Grid Pada CorelDraw X3



Cara Menampilkan Garis Bantu Dengan Grid Pada CorelDraw X3 - Garis bantu dapat juga menggunakan Grid yang terdapat pada CorelDRAW X3 sebagai acuan dan membantu Anda dalam menentukan besarnya objek, posisi dan perataan objek dengan tepat.

Grid juga membantu Anda saat menggambar objek dengan posisi dan perataan terhadap objek lain sehingga akan lebih efesien dalam bekerja.

Sebelum menampilkan garis bantu, terlebih dahulu Anda tentukan dahulu menentukan drawing unitnya, karena secara default CorelDraw menentukan unit dengan Inches, jika Anda terbiasa dengan centimeters atau milimeters, maka harus diganti dengan satuan yang biasa Anda lakukan.


Dalam contoh berikut saya menggunakan centimeters, caranya dengan mengubah drawing unit dengan centimeters.


Lalu setelah itu aktifkan Grid pada tool View



Aktifkan juga Snap to Grid (Ctrl+Y), agar setiap objek yang dibuat atau diletakkan akan dibantu untuk selalu dekat atau menempel pada garis bantu yang dibuat.

Kemudian klik View lagi dan klik Grid and Ruler Setup, dan akan tampil Options tentang pengaturan Grid.



Pada Options yang tampil klik Grid pada Horizontal ketik angka 2,0 dan pada Vertical ketik juga angka 2,0, jika Anda menginginkan setiap satu grid nilainya sama dengan 0,5 cm, artinya setiap satu centimeter persegi terdapat empat kotak grid dan akhiri dengan OK.


Maka akan tampil garis bantu sebagai panduan untuk membuat dan meletakkan objek sesuai dengan garis bantu yang Anda buat.

Advertisements
Back To Top