Indentasi Isi Sel Pada Microsoft Excel

Indentasi Isi Sel Pada Microsoft Excel




Indentasi Isi Sel Pada Microsoft Excel - Pengaturan indentasi atau penggeseran paragraf baik ke kiri, atau ke kanan maupun di tengah dapat dilakukan juga pada isi sebuah sel pada Microsoft Excel

Secara default indentasi pada isi sel di Excel yaitu untuk data angka rata kanan dan untuk teks adalah rata kiri.

Pada contoh data berikut untuk setiap angka adalah rata kanan sedangkan untuk data teks rata kiri dan biasanya data tersebut akan berada pada tepi garis sehingga tidak memberi ruang gerak untuk membacanya.

Salah satu solusinya adalah mengubah perataan pada kolom Nama, namun jika Anda tidak ingin rata tengah tetapi tetap menjauh jaraknya dari garis, maka Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

Indentasi Isi Sel Pada Microsoft Excel

Buatlah data seperti contoh berikut:


Lalu pada data Nama blok atau pilih range yang akan diberi jarak indentasinya

Setelah itu klik tooltip pada grup Alignment pada ribbon Home atau tekan Ctrl+1


Setelah muncul kotak dialog Format Cells, pada menu text alignment Horizontal pilihlah Left (Indent), dan Indent nya pilih angka 1 (satu).


Lalu OK

Maka teks pada kolom nama akan menjauh dari garis disebelah kirinya, sehingga data yang Anda buat akan mudah dibaca dan ada kesan ruang gerak dalam membaca sebuah data yang dibuat.


Cara lain yang mudah dan praktis adalah dengan cara:
Setelah memilih atau menyeleksi range, maka langkah selanjutnya Anda klik Comma Style pada grup Number pada ribbon Home



Langkah ini jika datanya teks maka datanya akan sedikit kedepan dalam sel, namun jika datanya adalah angka ribuan, maka angka tersebut akan dipisahkan dengan koma atau titik, tergantung pengaturan regional and language setting di komputer Anda.

Jika settingnya adalah English (United State), maka angka ribuan tersebut akan dipisahkan dengan koma contohnya 5,500.00, sedangkan jika regional settingnya menggunakan bahasa Indonesia, maka angka ribuan tersebut akan dipisahkan dengan titik contohnya 5.500,00

Selamat mencoba....
Advertisements
Back To Top