Cara Input Data Dengan Daftar Drop Down Microsoft Excel

Cara Input Data Dengan Daftar Drop Down Microsoft Excel


Cara Input Data Dengan Daftar Drop Down Microsoft Excel - Ketika kita menginput data pada suatu sel, lalu data yang kita input memiliki kemiripan dengan data yang pernah dimasukkan, Ms. Excel akan menawarkan fasilitas AutoComplete yang dapat melengkapi secara otomatis data yang akan kita masukan.

Contohnya kita pernah menginput data bulan yaitu Januari, Februari, Maret dan seterusnya. Lalu jika kita ingin menginput data yang sama paa sel lain maka ketikkan huruf “J”. hasilnya fasilitas AutoComplete akan menawarkan secara otomatis untuk melengkapi data tersebut menjadi “Januari”.
Kita juga dapat menerapkan fasilitas AutoComplete ini pada worksheet yang masih kosong. Nantinya kita tinggal mengklik drop down pada sel yang telah dimodifikasi untuk menginput data.

 Langkah-langkahnya:

1. Blog atau selesi sel-sel yang akan dijadikanj daftar drop down.


2. Lalu klik tombol Data Validation pada ribbon Data. Pilih lagi sub menu Data Validation


3. Sselanjutnya akan muncul kotak diaog Data Validation. Pada tab Settings, klik drop down Allow dan pilih List.



4. Kemudian pada kotak Source, isikan fdaftar data yang ingin kita masukkan pada drop dwon. Gunakan koma”,” atau titik koma “;” untuk batas antara data yang satu dengan yang lain. (ini tergantung setting di komputer kita; jika Region and Language, memakai English United State, maka kita gunakan koma, tetapi jika Region Language pada control panel menggunakan Indonesian, maka kita gunakan titik koma).

5. Jika sudah, akhiri dengan mengklik OK. Jika benar, hasilnya setiap sel yang telah diseleksi sebelumnya akan memiliki drop down berisi daftar data.


Advertisements
Back To Top