Default Folder Penyimpanan di Word

Default Folder Penyimpanan di Word




Default Folder Penyimpanan di Word - Ketika kita membuat suatu document tentu akhirnya document tersebut akan kita simpan untuk digunakan dikemudian hari. Pada saat menyimpan file tersebut, baik dengan menggunakan perintah file > save atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+S pada keyboard, maka secara otomatis atau default akan diarahkan pada folder My Documents atau Documents.
Folder My Documents atau Documents ini terletak pada Directory dimana operating system terinstall, biasanya pada C:\MyDocuments. Nah jika saja windows mengalami crash atau kerusakan yang mengharuskan melakukan install ulang, maka file yang tersimpan di MyDocuments tersebut juga akan ikut hilang.

Agar document yang tersimpan tidak ikut hilang saat install ulang windows, maka sebaiknya file disimpan pada folder lain selain di partisi dimana operating system terinstal. Jika OS berada di C, maka sebaiknya file disimpan di partisi D, E, F, atau selanjutnya. Untuk mengatur agar file selalu tersimpan di partisi D atau E, ikutilah langkah-langkah berikut :

1. Buka program MS Word 2007 atau 2010
2. Klik office button kemudian pilih word options pada Word 2007
(klik File kemudian pilih Options pada Word 2010)

3. Pada jendela Word Options yang muncul pilih Save.
Ubah value data C:\Documents and settings\user\My Documents\ pada default file location dengan klik browse diisebelah kanannya

Cari partisi D, E, atau F dan pilih folder penyimpanannya, jika perlu buat folder baru dan namailah sesuka anda.
Klik OK



Mulai sekarang saat anda menyimpan document baru akan langsung diarahkan pada drive dan folder yang baru saja anda buat.
Advertisements
Back To Top