Pengertian Dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe

Pengertian Dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe



Pengertian Dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe - Berikut akan dijelaskan secara lugas mengenai apa itu Komputer Mainframe dan apa saja yang menjadi ciri-ciri dari Komputer Mainframe itu sendiri. Serta dijelaskan apa yang menjadi perbedaan antara Komputer Mainframe dengan Super Komputer.

PENGERTIAN MAINFRAME

Mainframe dalam bahasa inggris merupakan istilah dari Teknologi Informasi yang mengacu pada kelas tertinggi dari suatu komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam jangka waktu yang sangat singkat. Mainframe pada umumnya banyak digunakan pengguna yang terkoneksi langsung dengan menggunakan terminal.

PENGERTIAN SUPERKOMPUTER

Yang dimaksud dengan superkomputer ialah sebuah perangkat komputer yang menjadi pemimpin di dunia dalam kapasitas proses, terlebih utama kecepatan dalam penghitungan pada awal perkenalannya. Superkomputer diluncurkan atau dikenalkan sekitar tahun 1960an, yang telah selesai didesain oleh Seymour Cray di CDC (Control Data Corporation). Crey pada saat itu menjadi pemimpin superkomputer sekitar kurang lebih 25 tahun (1965-1990). Pada saat itu juga para pesaing kecil sudah mulai bermunculan dan memasuki pasar sekitar tahun 1980an. Dan kini, pasar superkomputer dipegang oleh HP dan IBM. Salah satu pengguna utama superkomputer yaitu militer dan agensi sains. 


Ciri-ciri Komputer Mainframe

Adapun ciri-ciri komputer mainframe antara lain :
  1. Processor yang dimiliki lebih dari satu, sehingga kecepatan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mini komputer
  2. Kecepatan kerja yang diimiliki mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik
  3. Mampu mengakses dalam satu komputer pada saat yang bersamaan, yang dikenal dengan timesharing.
  4. Contoh mainframe komputer : IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.

PERBANDINGAN MAINFRAME DAN SUPERKOMPUTER

Mainframe merupakan komputer besar yang digunakan untuk memproses sebuah data dan aplikasi dalam jumlah yang besar. Umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti transaksi finansial, sensus, riset penelitian dan keperluan militer. Mainframe ini mampu menangani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan. Komputer jenis ini sangat mahal dan biasanya hanya  perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Sedangkan Superkomputer hanya dapat digunakan untuk penghitungan intensif seperti riset iklim yaitu pemanasan global dan pemodelan molekul, analisikrip dan simulasi fisik.

Advertisements
Back To Top