Pengertian Sistem Operasi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi Dan Jenis-Jenisnya




Pengertian Sistem Operasi Dan Jenis-Jenisnya - Pada sebuah komputer kita mengenal istilah perangkat lunak dan perangkat keras. Yang akan kita bahas ialah pengertian sistem operasi dan jenis-jenisnya yang merupakan salah satu dari perangkat lunak atau software. Berikut penjelasannya.
Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi atau operating system (OS) ialah sekumpulan beberapa program pengendalian komputer yang telah dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki. OS ini digunakan untuk mengatur semua program yang ada didalam komputer dan berfungsi untuk mengontrol penyimpanan data & mengatur seluruh program kerja dari hardware. Tanpa adanya sistem operasi ini, maka komputer tidak akan bisa digunakan karena OS ini merupakan tempat untuk menyimpan program aplikasi.
Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer
Ada beberapa jenis OS yang sering ditemukan di pasaran. Yakni antara lain :

Sistem Operasi Microsoft Windows
Sistem operasi Microsoft Windows ini sudah sangat mendunia dan hampir serluruh komputer memiliki program dari aplikasi ini. Sistem operasi jenis ini memiliki sifat multitasking & multiuser. Sehingga banyak digunakan dan digemari para pengguna komputer.
 Sistem Operasi MS-DOSSistem operasi ini dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen. Sistem operasi ini memang kurang dikenal & kurang populer, namun masih bisa kita temukan di dalam sistem operasi Microsoft Windows. MS-DOS ini bersifat single tasking. Untuk Microsoft Windows XP, MS-DOS menggunakan versi 5.1.2600.
Pengertian Sistem Operasi Dan Jenis-Jenisnya

Sistem Operasi UNIX
Sistem operasi UNIX yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan AT dan T Bell Laboratories. Sistem operasi UNIX ini digunakan untuk menjalankan jaringan pada komputer. Pada awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line interface. Namun pada kenyataannya menyulitkan para user baru. Dan untuk memudahkan user, UNIX juga menyediakan versi Graphical User Interface.

Sistem Operasi LINUX
Sistem operasi LINUX ini merupakan pengembangan dari UNIX. Pada awalny, sistem operasi ini dibuat oleh Linus Torvalds, yaitu seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX dibuat pada tahun 1991 yang kemudian dikembangkan lagi oleh programmer-programmer yang ada di dunia.

Sistem Operasi Mac OSMacintosh Operating System atau lebih singkatnya Mac OS merupakan sistem operasi berbasis GUI yang dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Pada saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling terdepan dan maju. Namun tidak dapat dipertahankan hingga saat ini. Mac OS kalah saing dengan Microsoft Windows.
Advertisements
Back To Top