Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown




Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown - Mengapa komputer tidak bisa shutdown? Itu pertanyaan yang sangat sering muncul baik bagi pengguna laptop maupun pengguna desktop. Dalam beberapa kasus persoalan laptop tidak bisa shutdown meninggalkan pesan kepada user. Namun dalam kasus lain, tidak ada pesan apa-apa. Yang terjadi adalah laptop tidak merespon perintah shutdown yang kita rekomendasikan. Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas hal ini dan artikel ini hanya berupa pelengkap saja. Mengapa laptop tidak bisa shutdown, inilah kemungkinan masalahnya (dalam contoh ini saya menggunakan laptop Sony VGP-BPS9);
  1. Alasan perangkat keras komputer. Tidak didukung motherboard BIOS ACPI, yang diusulkan upgrade BIOS motherboard, umumnya dapat diselesaikan.
  2. Perangkat lunak komputer penyebab. Catatan di bawah ini dapat menyebabkan komputer gagal melakukan shutdown, Anda bisa mulai mengurutkannya berdasarkan file Bootlog.txt dalam komputer di bawah direktori root ditunjukkan dalam kasus ini, untuk mengetahui alasan:
    1. Terminate = Unload Network can not load the network drivers of conflict;
    2. Terminate = RIT sound card or some of the old mouse driver and timer-related problems;
    3. Terminate = WIN32 some 32-bit applications locking up the system thread;
    4. Terminate = Query Drivers Driver problem;
    5. Terminate = Reset Display graphics card driver settings or display proble
  3.  Periksa Manajemen Power Advanced (APM). Klik [Start], dan klik lagi [Control Panel]. Dalam Control Panel, klik [Performance and Maintenance], kemudian klik [Power Options]. Klik tab [APM]. Beri tanda centang pada [Enable Advanced Power Management Support] kemudian klik [OK]. (Ini untuk windows XP)
  4. Nonaktifkan Fast Shutdown. Klik [Start] dan pada kotak start search masukkan “msconfig” dan tekan [Enter], kali ini akan muncul jendela [System Configuration Utility]. Click “Order” Page, kemudian klik [Advanced] pilihan jendela yang muncul saat ini adalah [advanced troubleshooting settings], pilih [disable fast shutdown]. Jika komputer sudah dapat dimatikan dengan benar, hal itu menunjukkan masalah yang dialami tadinya adalah fast shutdown.
  5. Periksa apakah telah menutup semua aplikasi Anda melakukan proses shutdown. Jika tidak Anda harus menutup dulu semua applications. Ini disebabka beberapa aplikasi mungkin tidak mengisinkan shotdown ketika masih terbuka, dan mengakibatkan kegagalan shutdown.
  6. Menggunakan browser IE, sumber daya intensif. Bila Anda menggunakan IE 5 atau yang lebih tua yang lebih lambat, Anda harus memperhatikan koneksi ke Internet, ketika masih jalan sering membuat sistem gagal shutdown, ini sering terjadi juga pada dell inspiron 6000. Putuskan dulu hubungan internet dengan pasti.
  7. Beberapa software tambahan mungkin akan melakukan beberapa operasi pada sistem data atau sistem file dan mempengaruhi kemudian menyebabkan shutdown tidak normal.
  8. Beberapa BUG program atau beberapa perangkat lunak 16-bit juga dapat merusak memori data sistem atau file. Memori yang digunakan perangkat lunak dapat dengan mudah menimbulkan konflik, sehingga sistem abnormal shutdown. Cari masalah perangkat lunak ini, tetapi ini tidak mudah, pilih [Start>program>Annex>System Tools>System Information], buka [Microsoft System Information] dan pilih [Tools>System Configuration Utility] dapat diatur untuk memperbolehkan atau melarang” mulai “di beberapa aplikasi program.
Ini sifatnya kasuistik dan saya coba pada Sony VGP-BPS9 dan mungkin berbeda dengan laptop Anda, tetapi paling tidak bahwa sudah ada bayangan penyebab masalahnya walaupun pada laptop yang berbeda.
Advertisements
Back To Top