Pengertian, Fungsi, Unsur, Dan Cara Membaca Denah Beserta Contohnya Lengkap


Pengertian, Fungsi, Unsur, Dan Cara Membaca Denah Beserta Contohnya Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan denah ??? Mungkin mendengar kata denah tidak asing lagi, tapi tahukah anda dengan pengertian denah, unsur-unsur denah, fungsi denah, dan cara membaca denah beserta contohnya ?? Jika belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena disini akan mengulas secara lengkap, oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Denah : Denah merupakan suatu gambaran mengenai letak tempat. Dengan denah akan mempermudah kita untuk menemukan berbagai macam tempat-tempat tertentu, tanpa harus bertanya pada orang lain. Kita juga bisa memanfaatkan kemampuan membaca denah untuk membantu orang lain bila ada yang bertanya kepada kita.

Atau definisi denah lainnya yakni tampak atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal minimal berjarak 1M dari ketinggian 0.00, dimana suatu bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan denah juga sebagai penunjuk atau untuk memisahkan antar ruangan yang satu dengan yang lainnya.
Fungsi Denah
Sedangkan Fungsi denah antara lain untuk menunjukan yaitu :
Fungsi ruang.
Susunan ruang.
Sirkulasi ruang.
Dimensi ruang.
Letak pintu dan bukaan.
Isi ruang.

Fungsi utilitas ruang (seperti: listrik, AC, air dan lain-lain.) pada denah-denah tertentu.Saat membaca denah, hal utama yang harus kita perhatikan yakni arah mata angin sebagai patokannya, yang dimana setiap denah biasanya mata angin menunjukkan arah utara. Pada denah biasanya dicantumkan nama-nama jalan dan juga tempat-tempat umum yang memudahkan kita untuk mencapai tempat tertentu.
Unsur-Unsur Denah
Adapun unsur-unsur denah yang paling utama yaitu sebagai berikut :
adanya sebuah judul denah
adanya gambaran umum sebuah lokasi
adanya arah utara
adanya penyebutan nama-nama dari setiap tempat pada gambar denah.

Cara Membaca Denah

Berikut dibawah ini langkah – langkah atau cara membaca denah, yaitu sebagai berikut :
Bacalah terlebih dahulu judul denah tersebut, biasanya letaknya di bagian tengah atas.
Terus Perhatikan suatu keterangan-keterangan atau legenda yang menjelaskan simbol pada denah yang ada.
Lalu Baca juga hubungan antara bagian denah, baik yang berupa jalan maupun berupa bangunan-bangunannya.
Ajukan segala hal yang ingin kita ketahui dari denah tersebut.
Baca juga keseluruhan isi dari denah untuk mencari sebuah jawaban atas berbagai pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajukan.

Advertsiment
Pengertian, Fungsi, Unsur, Dan Cara Membaca Denah Beserta Contohnya Lengkap | jati | 4.5