Pengertian, Macam-Macam, Dan Proses Terbentuknya Barang Tambang Beserta Contohnya Lengkap

By | Desember 21, 2016

Pengertian, Macam-Macam, Dan Proses Terbentuknya Barang Tambang Beserta Contohnya Lengkap – Indonesia kaya akan sumber daya alam terutama dari hasil pertambangannya. Pertambangan pada dasarnya adalah usaha Pemanfaatan sumber daya alam berupa barang-barang galian yang terkandung di dalam dan dipermukaan bumi. Ada banyak jenis-jenis benda yang disebut barang tambang. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang barang tambang secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Barang Tambang
Barang tambang yakni suatu sumber daya alam yang berasal dari dalam perut bumi yang sifatnya tidak bisa diperbaharui karena pembentukkannya membutuhkan waktu yang lama bahkan sampai berjuta juta tahun. Pertambangan dilakukan manusia dengan menggali, mengambil, dan mengolah sumber daya alam yang terdapat di perut bumi untuk memenuhi sebagian kebutuhan manusia. Kegiatan pertambangan tidak terbatas pada upaya penggalian dan pengambilan saja, tapi juga meliputi upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar industri.
Macam-Macam Barang Tambang

Secara garis besar barang tambang bisa dikelompokkan menjadi dua yakni sebagai berikut.

1. Berdasarkan manfaat atau kegunaannya
Berdasarkan manfaat dan kegunaannya, barang tambang bisa dibedakan ke dalam tiga golongan. yaitu sebagai berikut :
Golongan A, yakni barang tambang strategis dan penting untuk perekonomian negara. Contohnya : minyak bumi, batubara, gas alam, bijih besi, tembaga, dan nikel.
Golongan B, yakni jenis barang tambang yang vital dan penting bagi kehidupan orang banyak atau penting untuk hajat hidup orang banyak. Contohnya yaitu emas, perak, belerang, fosfat, dan mangan.
Golongan C,yakni jenis barang tambang yang secara langsung dipakai untuk bahan keperluan industri. Contohnya yaitu batu gamping, kaolin, marmer, gips, dan batu apung.

2. Berdasarkan bentuknya
Berdasarkan bentuknya barang tambang dikelompokkan menjadi yaitu sebagai berikut.
Barang tambang berbentuk energi, yakni jenis barang tambang yang bisa menghasilkan tenaga atau energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya : yaitu minyak bumi, batubara, gas alam, dan uranium.
Barang tambang berbentuk mineral logam. Contohnya yaitu timah, tembaga, bijih besi, emas, perak, dan nikel.
Barang tambang berbentuk mineral bukan logam. Contohnya intan, belerang, gamping, marmer, pasir kwarsa, dan fosfat.

Selain dari pengelompokan di atas, barang tambang bisa dikelompokkan berdasarkan bahan asal pembentukannya yakni mineral organik dan mineral anorganik.
Mineral organik yakni mineral yang berasal dari sisa makhluk hidup misalnya gas alam, minyak bumi, dan batubara.
Mineral anorganik yakni mineral yang berasal dari sisa-sisa bahan anorganik misalnya kaolin, batu, pasir kwarsa, yodium.

Proses Terbentuknya Barang Tambang
Melalui Proses Konsentrasi Magma
Proses Sublimasi yakni suatu proses yang terjadi melalui penguapan langsung kemudian diikuti dengan pengendapan biji daru uap tersebut pada temperature dan uap yang rendah.
Proses Hydrothermal yakni suatu proses diferesiasi magma yang menyusup keatas menjauhi dapur magma.Perubahan temperature menyebabkan gas magma tersebut berubah menjadi air panas.
Proses Endapan sedimen yakni suatu endapan yang terbentuk dari proses pengendapan berbagai macam mineral yang sudah mengalami pelapukan dari batuan asalnya.
Proses Metamorfosis/metamorfosa yakni suatu proses yang terjadi diakibatkan oleh adanya suatu perubahan pada unsur-unsur kimia yang terjadi pada batuan.

Tinggalkan Balasan