Perbedaan antara WEP, WPA dan WPA2


Perbedaan antara WEP, WPA dan WPA2 – Dengan jaringan nirkabel, atau Wi-Fi, menjadi norma di kebanyakan rumah, telah menjadi target bagi banyak hacker dan kunci-logger karena jaringan keamanan yang buruk. Inilah sebabnya mengapa WEP, WPA dan WPA2 diciptakan. Jadi apa yang mereka lakukan dan apa perbedaan mereka?

WEP
Juga dikenal sebagai Wired Equivalent Privacy, WEP merupakan bagian dari standar asli 802.11 (Wireless Local Area Network) pada tahun 1997. Ini adalah algoritma keamanan dimaksudkan untuk menyediakan kerahasiaan data yang sama dengan jaringan lokal kabel, maka namanya. WEP menggunakan RC4 (Rivest Cipher 4), algoritma stream cipher yang dimaksudkan untuk mengenkripsi data.

Itu adalah ukuran keamanan yang paling sering digunakan pada satu waktu, dan itu adalah pilihan keamanan default disajikan oleh sebagian besar router di konfigurasi mereka. WEP bahkan diratifikasi sebagai standar keamanan Wi-Fi pada tahun 1999. Pada tahun 2004, bagaimanapun, WEP akhirnya ditinggalkan karena berbagai kelemahan keamanan. Ini mencakup pembatasan hanya enkripsi 64-bit (mengangkat) dan password yang mudah retak.

WPA
Juga dikenal sebagai Wi-Fi Protected Access, WPA adalah program protokol keamanan dan sertifikasi keamanan yang seharusnya jawaban untuk kelemahan utama WEP ini ditemukan oleh para peneliti. Ini menjadi tersedia pada tahun 2003, hanya setahun sebelum WEP telah dihentikan.

Kata untuk menjadi jawaban untuk kerentanan utama dari standar WEP, WPA termasuk Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) untuk meningkatkan kekuatan kriptografi dari RC4, dan juga termasuk integritas pesan memeriksa untuk menentukan apakah paket melewati jaringan telah diubah. Meskipun semua perbaikan, demonstrasi publik masih menunjukkan bahwa WPA rentan terhadap intrusi.

Meskipun dikatakan lebih baik daripada protokol keamanan sebelumnya (WEP), WPA hanya ukuran menengah sambil menunggu untuk keamanan jaringan nirkabel lebih aman dan lebih kompleks, WPA2 tersebut.

WPA2
Juga dikenal sebagai Wi-Fi Protected Access 2, WPA2 juga merupakan protokol keamanan dan penggantian dimaksudkan untuk WPA. Sertifikasi dimulai pada September 2004. Tidak seperti di WEP dan WPA, AES (Advanced Encryption Standard) algoritma dilaksanakan. Selain itu, CCMP (Counter Cipher Mode dengan Blok Chaining Message Authentication Code Protocol) juga diperkenalkan sebagai pengganti untuk TKIP (masih tersedia di WPA2 sebagai fallback).

Dengan perubahan yang signifikan, serangan cyber lebih mudah untuk membelokkan sejak penyerang harus berada di dalam jaringan Wi-Fi untuk mengakses perangkat lain dalam jaringan. Ini berarti itu aman seperti itu bisa, terutama untuk jaringan rumah.

Seperti WPA, sayangnya, kerentanan WPA2 adalah melalui Protected Setup Wi-Fi (WPS). Sementara itu mengambil minimal 2 sampai 14 jam bagi penyerang untuk masuk ke dalam sistem jaringan Anda, belum lagi kerja keras dimasukkan ke dalamnya, masih ada kekhawatiran keamanan utama. Salah satu cara untuk melawan kerentanan ini akan menonaktifkan WPS Anda.

WEP vs WPA vs WPA2
Perbedaan antara WEP, WPA dan WPA2
Apa perbedaan antara WEP, WPA dan WPA2?
Untuk memahami perbedaan-perbedaan ini, kita harus tahu bagaimana keamanan jaringan bekerja. Ini dimulai ketika Anda mengirim atau menerima data dari ujung ke ujung melalui Wi-Fi. Data yang dikirimkan kemudian akan diubah menjadi sinyal radio. Anda harus memahami bahwa sinyal-sinyal ini dapat dengan mudah ditangkap dengan gadget umum, dan kecuali data dienkripsi, dapat dibaca oleh siapa pun yang menguping pada jaringan Anda. Di sinilah WEP, WPA dan WPA2 datang. Mereka mengenkripsi data Anda untuk menyembunyikan atau melindungi dari penyadap.

Sekarang mulai dengan kekuatan keamanan masing-masing satu, tidak ada keraguan bahwa WPA2 adalah yang paling aman. Terlepas dari kemampuan WEP untuk mengenkripsi data, karakter pertama dari output yang tidak acak. Ini berarti bahwa jika Anda mendapatkan cukup paket dari transmisi, Anda dapat dengan mudah menemukan kunci WEP. WPA memang tampaknya lebih aman, tapi karena itu hanya solusi jangka pendek, lebih kelemahan terkena, sehingga WPA2 dikembangkan.

Tergantung pada tindakan Anda menggunakan keamanan, Anda mungkin tidak mendapatkan potensi penuh dari kecepatan transfer data jaringan lokal Anda. Dalam tes kinerja yang dilakukan oleh Tony Fortunato, spesialis kinerja jaringan senior, transfer rate maksimum WEP adalah empat kali lebih rendah dari itu dari WPA2-AES.
Seperti WEP, WPA mengurangi kekuatan pemrosesan dari perangkat jaringan. Selain itu, tergantung pada router Anda, kinerja dapat memperlambat oleh 30 persen atau lebih ketika mengaktifkan WEP atau WPA. WPA2 lebih aman dibandingkan dengan dua lainnya dan jauh lebih efisien dalam hal kinerja.
Singkatnya, WPA2 adalah protokol unggul keamanan untuk WPA, yang pada gilirannya keamanan unggul WEP – tidak hanya dalam mengamankan data Anda, tetapi juga dengan kecepatan transfer data. Perhatikan, namun: tergantung pada perangkat keras Anda, WPA2 juga dapat mengurangi kinerja jika usang.

Perbedaan antara WEP, WPA dan WPA2 | jati | 4.5