Fungsi-Fungsi pada bagian microsoft word kegunaan, kelebihan, kekurangan

Fungsi-Fungsi pada bagian microsoft word kegunaan, kelebihan, kekurangan -Dalam Sejarahnya, Microsoft Word adalah produk unggulan dari microsoft Office, dan telah menjadi salah satu pilar keberhasilan Microsoft dalam kedua perangkat lunak sektor bisnis maupun non bisnis. Versi pertama perangkat lunak ini dikembangkan pada tahun 1981 dengan nama yang berbeda seperti sekarang. Merk pertama dari produk ini lahir tahun 1983 ketika Microsoft diproduksi Multi-tool Word untuk Xenix (salah satu turunan dari UNIX). pada tahun 1983, versi pertama dari Word untuk sistem operasi disk (DOS) dirilis. Dalam versi ini, program ini dibangun dengan filosofi “apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan,” menjanjikan kepada pengguna kalau apa yang muncul pada layar akan sama dengan yang muncul di media cetak. Versi baru segera dikembangkan untuk MS-DOS, Apple Macintosh dan sistem operasi yang popular pada masa itu.
Pada akhir dekade 80-an, versi grafis pertama dari Microsoft Word dirilis untuk Windows 3.0 sekaligus sebagai pembuka babak baru era perangkat lunak pengolahan kata. Waktu itu harganya cukup mahal sekitar $ 500, Versi ini jauh lebih mudah dioperasikan oleh pengguna. Hal ini membuat produk ini bisa merajai pasar dan mengalahkan pesaing utama mereke yaitu corel wordPerfect. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan corel merilis corelwordperfect untuk windows.pada tahun 1993, Word 6.0 dirilis untuk Windows dan berhasil memukul pasar. Perusahaan memilih penomoran secara urut dengan Word 6.0 sehingga akan cocok dengan urutan penomoran dari versi DOS asli. Pada tahun 1995, Microsoft menciptakan Office suite yang di dalamnya termasuk word 7.0 yang kemudian berganti nama menjadi Word 95. Dimulailah tren penamaan perangkat lunak yang awalnya menggunakan angka untuk penamaan versinya menjadi menggunakan tahun. Seperti Word 97 dan Word 2000 yang dirilis pada tahun 1997 dan 1999. Ms Word 97 dan 2000 seolah menjadi bukti kesuksesan microsoft dalam bisnis perangkar lunak pengolah kata. Pada saat itu ia tidak memiliki pesaing yang signifikan.
Sejak awal abad ke-21, aplikasi Microsoft Word telah ditingkatkan dan dirilis dalam empat versi: Word 2002 – juga dikenal sebagai Word XP karena label Office XP – Word 2003, Word 2007 dan Word 2010. Dengan diperkenalkannya Word 2007, program ini menerima facelift besar yang benar-benar mengubah user interface. Beberapa aplikasi canggih juga mulai muncul dengan Word 2007, termasuk Extensible Markup Language (XML) kemampuan mengedit dan tata bahasa dan periksa ejaan dalam bahasa asing.
Dirilis pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks, kemampuan kolaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Word 2010 memungkinkan pengguna untuk membuat eye-catching konten teks melalui beberapa efek, termasuk gradien mengisi dan refleksi. Perangkat lunak ini adalah adalah perangkat lunak pertama yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mengakses, menulis dan mengedit dokumen yang sama dari berbagai lokasi. Word 2010 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menelusuri isi dokumen itu dari satu jendela search, menghemat waktu dan usaha karena harus menyaring konten yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan.

Manfaat Microsoft word

Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:

  1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan

Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.

  1. Menghemat Kertas dan Biaya.

Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.

Kelebihan Microsoft Office Word

  • Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
  • Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  • Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar -gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
  • Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
  • Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanyauntuk menggantikan fungsi menu file.
  • Loading lebih cepat dari versi sebelumnya, Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil, Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru. Pengaturan naskah lebih mudahjika sudah menguasainya.Dan Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
  • Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan Terdapat ‘quick acces toolbar’.,Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
  • Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah, Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas. Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
  • Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog. Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document. Template yang digunakan sudah mulai beragam se hingga tampilan lebih menarik.
  • Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki, Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).dan Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan. Dan dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.

Kekurangan Microsoft Office Word

  • Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  • Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
  • Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat. Installer yang lebih besar.
  • Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
  • Minimal OS Windows XP dengan SP2.
  • Sedikit lebih sulit bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
  • File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
  • Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
  • Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
  • Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user

Menu dan ikon pada program Microsoft Word yang perlu kamu ketahui untuk tahap awal antara lain menu ikon pada Menu Bar, Standar Bar, Formatting Menu, dan Drawing Menu

Fungsi-fungsi pada microsoft word :

Menu File

1. New, Membuat Dokumen baru

2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan

3. Close, Menutup jendela dokumen aktif

4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif

5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen

yang akan disimpan

6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web

7. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak

8. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak

9.  Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer

10. Print, Mencetak dokumen

11. Send To, Mengirim dokumen

12. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif

13. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen

Menu Edit

1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan

2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo

3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data

4. Copi, Menyalin data

5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut

6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen

7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen

8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen

9. Find, Mencari data pada dokumen

10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru

11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote

12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen

13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll

Menu View

1. Normal, menampilkan dokumen dalam status normal

2. Web Layouts, menampilkan dokumen dalam layouts web

3. Print Layouts, menentukan dokumen dalam layouts cetak

4. Outline, menampilkan struktur dokumen

5. Toolbar, memunculkan toolbar words

6. Ruler, memunculkan mistar dokumen

7. Dokumen map, memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri

8. Header dan Footer, membuat header dan footer sebagai efek cetakan

9. Comments, menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen

10. Footnotes, menampilkan cetakan kaki dokumen

11. Fullscreen, menampilkan dokumen satu tayangan penuh

12. Zoom, mengubah ukuran penampilan dokumen words

Menu Insert

1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word

2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman

3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu

4. Autotext, menyisipkan text tertentu

5. Field, menyisipkan field

6. Symbol, menyisipkan symbol

7. Comments, memberikan komentar lembar kerja

8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen

9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table

10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang

11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar

12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart

13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks

14. File, menyisipkan file dokumen

15. Object, menyisipkan objek

16. Bookmark, menyisipkan bookmark

17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan

Menu Format

1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen

2. Paragraph, mengatur paragraph

3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item

4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan

5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen

6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen

7. Changecase, mengubah huruf capital

8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen

9. Theme, mengganti style dokumen

10. Frames, mengatur frames

11. Autoformat, mengatur secara otomatis

12. Style, mengatur style paragraph

Menu Tools

1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen

2. Language , mengatur penggunaan bahasa

3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph

4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen

5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer

6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online

7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion

8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge

9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label

10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word

11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro

12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word

13. Costumade Menta Toolbars, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna

14. Options, pilihan dalam pengaturan

Menu Table

Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai beriku

1. Drawtable, membuat table dengan menggambar

2. Insert, menyisipkan table

3. Delete, menghapus data

4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table

5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table

6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya

7. Sort, mengurutkan data dalam table

8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table

Menu Window

1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru

2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen

3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian

Menu Help

1. Microsoftword Help, menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help

2. What’this ?, memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars

3. Office on the web, koneksi internet pada situs office pada Web

4. Detect and Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word

5. About Microsoft, melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan

Fungsi-Fungsi pada bagian microsoft word kegunaan, kelebihan, kekurangan | jati | 4.5