Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Processor Pada Komputer Menurut para ahli

Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Processor Pada Komputer Menurut para ahli – Dalam benak pikiran anda jika anda seorang gamers tentulah anda tahu betul apa tujuan dan fungsi processor. Processor merupakan bagian terpenting dalam sebuah rangkaian komputer karena tanpa adanya processor, sebuah komputer tidak akan berjalan atau beroprasi bahkan tidak memiliki kegunaan sama sekali. Processor merupakan otak komputer, sehingga sangat penting dan harus teliti dalam memilih komputer, salah satunya dengan mengetahui processor yang digunakan dalam komputer tersebut. Kali ini kita akan sedikit mengulas tentang pengertian dan fungsi-fungsi processor itu sendiri untuk membantu teman-teman yang belum memahaminya.

Prosesor ini terletak di socket yang sudah disediakan motherboard. Processor ini disebut juga “Microprosessor”. Processor merupakan sebuah IC yakni suatu komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dls, yang juga merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai otak dari berbagai perangkat elektronik.

Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Processor Pada Komputer Menurut para ahli

 Pengertian Processor Menurut Para Ahli

  • Secara umum

pengertian processor ialah sebuah IC yang mengontrol dari keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusatnya atau otak komputer dengan menjalankan fungsinya dalam melakukan perhitungan & menjalankan tugas.

  • Juharis & Abdul Hamid

Processor merupakan pusat eksekusi setiap perintah, baik sebuah instruksi ataupun data dalam sistem komputer.

  • Lia Kuswayatno

Processor merupakan sebuah chip yang menjadi pengolah utama dan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.

  • Rahmat Putra

Processor merupakan komponen terpenting dalam komputer untuk mengendalikan segala komponen yang ada di dalam komputer, untuk mengolah data & mengeksekusi semua sistem operasi yang telah diinstalkan di dalam komputer.

  • Cambridge

bagian dari komputer yang melakukan operasi pada informasi yang dimasukkan ke dalamnya

  • Oxford

Mesin yang memproses sesuatu.

  • Jatikom

Prosesor adalah rangkaian elektronik terpadu yang melakukan perhitungan yang menjalankan komputer. Sebuah prosesor melakukan aritmatika, logis, input / output (I / O) dan instruksi dasar lainnya yang dilewatkan dari sistem operasi (OS). Sebagian besar proses lainnya bergantung pada operasi prosesor.

FUNGSI PROCESSOR

  • Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Fungsi pertama dari sebuah processor adalah menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Ya, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan penyusunan tertentu.Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuh komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah processor. Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut, maka akan dihandle oleh processor.

  • Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama

Fungsi berikutnya dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan omponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Sema komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.

  • Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap – tiap komponen komputer

Sebagai otak komputer, maka processor juga memiliiki fungsi dan juga tugas penting lainnya, yaitu mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari sebuah processor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing – masng di dalam sebuah sistem kerja komputer.

  • Menjaga performa dari sebuah komputer

Merupakan salah satu fungsi lainnya dari sebuah processor. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.Processor seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tingi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat.Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini jug harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, anda juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

  • Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah compute akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diola sedemikian rupa, hingga nantinya sang komputer bisa membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari kompuer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, untuk mendukung fungsi pengolahan algoritma ini, maka processor sudah pasti memegang peranan yang sangat penting. Processor membantu mengolah perhitungan algoritma di dalam sebuah komputer, sehingga nantinya setiap komputer bisa mendefinisikan dan juga mengeksekusi setiap perintah yang diberikan oleh masing – masing usernya.

  • Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer

Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer, seperti :

  1. Tujuan desain dan juga arsitektural (3D)
  2. Tujuan gaming (3D dan sound)
  3. Tujuan server (Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa)
  4. Tujuan khusus, seperti komputer peramal cuaca, pergerakan awan, seismograph, dan sebagainya.

Untuk mendukung berbagai tujuan spesifik dari komputer tersebut, maka sebuah processor tentu saja memegang fungsi dan juga epranan yang sangat penting. Setiap processor memilki kemampuan dan juga spesifikasi tersendiri, yang tentu saja sengaja diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.

  • Memastikan agar komputer dapat bekerja denan baik

Processor juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Ya, hal ini berhubungan erat dengan fungsi dar processor sebagai media integrasi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer pun nantinya akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.

  • Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

Processor juga memilki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabiitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen – komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Selain itu, processor juga tidak dapat sembarangan dipasangkan dengan komponen komputer lainnya. Processor haruslah dipasangkan dengan motherboard, RAM komputer, VGA, dan komponen lainnya yang memiliki seri yang sama, sehingga seluruh komponen tersebut dapat bekerja dengan baik, dan tidak mengalami kendala tertentu.

  • Menyalakan komputer

Power supply mungkin memang merupakan sebuah komponen dari komputer yang bertugas untuk memberikan suplai dan juga arus listrik bagi sebuah komputer. Namun demikian, ternyata, yang berperan penting untuk menyalakan sebuah komputer tidaklah hanya power supply. Processor juga memiliki peran dan juga fungsi yang penting untuk membantu menyalakan sebuah komputer. Arus listrik yang disuplai oleh power supply akan menyalakan processor, sehingga processor memiliki tenaga yang cukup untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen komputer.

  • Sebagai otak dan juga pusat dari sebuah komputer

Fungsi terakhir, dan merupakan kesimpulan dari keseluruhan fungsi yang dimilki oleh sebuah processor adalah sebagai otak dan juga pusat kehidupan dari sebuah komputer. Ya, apabila diibaratkan sebagai manusia, processor adalah otak dari manusia. Processor membantu komputer dalam berpikir, menjalankan perintah, mengolah informasi, dan juga melakukan setiap pekerjaan yang harus dilakukan.

Jenis-jenis prosesor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih jenis prosesor yang pas sangatlah penting. Jadi, sudah sewajarnya kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa kerja dari komponen ini. Untuk memahami jenis serta cara kerja prosesor, yang perlu kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu komponen penyusunnya.

  1. Chipset

Chipset adalah tempat dimana prosesor ditempatkan. Hubungan komunikasi antara prosesor terhadap berbagai komponen lainnya dipengaruhi oleh chipset. Secara singkatnya, chipset berfungsi untuk mengatur aliran data pada smartphone kamu.

  1. Core

Core merupakan inti dari prosesor. Pada awalnya, prosesor muncul dengan support dari satu core (inti) saja. Namun, setelah munculnya popularitas multitasking, maka developer gadget pun mulai menambahkan jumlah core.

Sekarang, kamu bisa menikmati mulusnya performa dengan Dualcore (dilengkapi dengan dua core), Quadcore (dilengkapi dengan empat core), Hexacore (dilengkapi dengan enam core), hingga Octacore (dilengkapi dengan delapan core).

  1. Clock Speed

Clock speed adalah ukuran frekuensi maksimun yang bisa dijalankan oleh sebuah core dalam satu detik. Biasanya kamu akan melihat tambahan tulisan 1 GHz hingga 2 GHz, inilah satuan dari kecepatan frekuensi ini.

GHz sendiri merupakan singkatan dari Giga Hertz. Jadi, jika kamu memiliki prosesor Quadcore (memiliki empat core) dengan kecepatan 1.2 GHz, artinya setiap core memiliki frekuensi maksimum 1.2 GHz.

Bisa dikatakan bahwa komponen satu ini juga akan mempengaruhi tingkat ke-lemot-an _gadget yang kamu gunakan.

  1. GPU

GPU, alias Graphic Processing Unit, berperan dalam menentukan kualitas grafis dari gadget yang kamu gunakan. Tapi, komponen satu ini sangat bergantung pada core dan clock speed untuk bisa bekerja secara maksimal.