Pengertian Mikoriza dan Manfaat nya


Pengertian Mikoriza dan Manfaat nya – Mikoriza adalah bentuk simbiosis antara cendawan (fungi) dengan tumbuhan tingkat tinggi (tumbuhan berpembuluh, Tracheophyta), khususnya pada sistem perakaran.jamur mikoriza telah ada sejak tanaman pertama kali muncul di tanah kering lebih dari 450 juta tahun yang lalu. Mereka membentuk hubungan simbiosis dekat dengan akar tanaman. Mereka disebut mikoriza dari bahasa Yunani “mukés”, yang berarti jamur, dan “rhiza,” yang berarti akar.

Pengertian Mikoriza dan Manfaat nya

Mikoriza membentuk jaringan filamen yang mengasosiasikan dengan akar tanaman dan menarik nutrisi dari tanah bahwa sistem akar tidak akan dapat mengakses sebaliknya. aliansi jamur tanaman ini merangsang pertumbuhan tanaman dan mempercepat perkembangan akar.

Satu kilometer dari hypae (filamen halus) dapat dikaitkan dengan tanaman yang tumbuh di pot satu-liter dan dapat mengakses air dan nutrisi dalam pori-pori terkecil dalam tanah. Hal ini juga membuat tanaman kurang rentan terhadap patogen tanah-ditanggung dan tekanan lingkungan lainnya seperti kekeringan dan salinity.

kembali tanaman menyediakan karbohidrat dan nutrisi lain untuk jamur. Mereka memanfaatkan karbohidrat ini untuk pertumbuhan dan untuk mensintesis dan mengeluarkan molekul seperti glomalin (glikoprotein). Pelepasan glomalin di lingkungan tanah menghasilkan struktur tanah yang lebih baik dan kandungan bahan organik tinggi.

Namun, di tanah yang telah terganggu oleh aktivitas manusia, kuantitas mikoriza menurun drastis sehingga tidak ada cukup dari mereka untuk menghasilkan manfaat yang signifikan pada pertumbuhan tanaman dan kesehatan, maka penting untuk mengkompensasi kekurangan ini.
jamur mikoriza

jamur mikoriza menjajah sistem akar tanaman dan mengembangkan hubungan simbiosis disebut “mikoriza”

Mereka membentuk jaringan filamen halus yang mengaitkan dengan akar tanaman dan menarik nutrisi dan air dari tanah yang sistem akar tidak akan dapat mengakses sebaliknya.

Mikoriza terbentuk dengan lebih dari 90% dari spesies tanaman
Manfaat Mikoriza

jamur mikoriza memungkinkan tanaman untuk menarik lebih banyak nutrisi dan air dari tanah. Mereka juga meningkatkan toleransi tanaman terhadap perubahan lingkungan yang berbeda. Selain itu, jamur ini memainkan peran utama dalam proses agregasi tanah dan merangsang aktivitas mikroba. Menurut spesies tanaman dan praktek-praktek dan kondisi pertumbuhan, mikoriza memberikan manfaat yang berbeda untuk tanaman dan lingkungan:

Menghasilkan tanaman lebih kuat dan sehat
Meningkatkan pembentukan tanaman dan kelangsungan hidup di pembibitan atau tanam
Meningkatkan hasil dan kualitas tanaman

Meningkatkan toleransi kekeringan, memungkinkan pengurangan penyiraman
Meningkatkan berbunga dan berbuah
Optimalkan pupuk digunakan, terutama fosfor

Meningkatkan toleransi terhadap salinitas tanah
Mengurangi terjadinya penyakit
Berkontribusi untuk menjaga kualitas tanah dan siklus hara
Berkontribusi untuk mengendalikan erosi tanah


Pengertian Mikoriza dan Manfaat nya | jati | 4.5