26 Contoh Alat Musik Modern Gambar Penjelasan Cara Memainkannya

Posted on

26 Contoh Alat Musik Modern Gambar Penjelasan Cara Memainkannya -Kali ini hendak mangulas perlengkapan musik modern serta keterangannya, lebih dahulu kita butuh mengenali penafsiran perlengkapan musik modern sehingga lebih perinci. Perlengkapan musik modern merupakan perlengkapan musik yang telah memperoleh sentuhan teknologi pada pembuatannya. Berbeda dengan perlengkapan musik tradisional yang pembuatannya dicoba manual dengan bahan alam, pada perlengkapan musik modern bahan serta tehnik pembuatan terus menjadi lama terus menjadi canggih. Perlengkapan musik modern terus tumbuh serta menciptakan sebagian aliran musik modern semacam Rock, Pop, Jazz. Tidak hanya itu musik modern pula gampang di pahami oleh siapa saja.

Biasanya, musik modern merupakan tipe musk yang mendapatkan sesuatu sentuhan instrumen serta teknologi. Yang tidak berasal dari musik warga yang terdapat. Tipe musik ini muncul setelah era musik klasik, serta senantiasa hadapi pertumbuhan hingga saat ini ini.

Musik modern berbeda dengan musik tradisional. Musik modern memiliki syarat komposisi semacam tangga nada, notasi, instrumen musik serta lain sebagainya.

Tidak saja itu, musik modern pula memiliki watak keterbukaan. Oleh karena itu, musik modern bisa terus hadapi pertumbuhan. Musik modern sifatnya umum serta merata menjadikan seluruh orang bisa saja paham, menguasai, serta menikmati musik modern itu.

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang musik modern, antara lain:

Camus (1988)

Pengertian musik modern menurut Camus adalah musik yang terlahir karena adanya budaya modern contohnya band, marching band, orkestra simponi dan konser, yang pada umumnya berorientasi pada kebudayaan populer.

Subiyakto (2006)

Pengertian musik modern menurut Subiyakto adalah musik yang sudah menggunakan instrumen yang berkembang atau telah terkena sentuhan teknologi.

Wikipedia

Dalam wikipedia musik modern/musik popuper adalah merujuk kepada salah satu dari sejumlah genre musik yang memiliki daya tarik yang luas dan biasanya didistribusikan ke publik/khalayak yang besar melalui industri musik.

Fungsi Musik

Musik modern memiliki guna yang utama merupakan selaku hiburan ataupun suatu media penyaluran ekspresi diri. Meski semacam itu, musik modern nyatanya pula memiliki guna yang banyak. Ada pula guna dari musik modern merupakan selaku berikut:

  • Selaku Media Hiburan

Sebagaimana yang sudah disinggung diatas, musik modern memiliki guna utama selaku media menghibur buat pendengarnya.

  • Selaku Media Promosi

Musik modern pula bisa dimanfaatkan buat ajang promosi suatu. Kerapkali perihal ini nampak dari isi lirik lagu, ataupun mengenakan musik yang temanya disesuaikan dengan objek tertentu yang mau dipromosikan oleh pemusik.

  • Selaku Media Pertunjukan

Musik modern pula bisa dimanfaatkan selaku media pertunjukan. Misalnya pada kegiatan konser musik. Pertunjukan semacam ini kerapkali menarik atensi warga menjadikan banyak dihadiri oleh pemirsa.

  • Selaku Fasilitas Ekonomi

Disisi selaku media menghibur orang, musik modern pula bisa dipakai selaku fasilitas ekonomi. Artinya, sang pemusik bisa pula mengkomersilkan musik tersebut, dengan metode menjual rekaman ataupun mengadakan pertunjukan musik yang menetapkan harga tiket masuk.

  • Selaku Media Pendidikan

Serta tidak hanya dari yang sudah dibahas diatas, musik modern pula bisa dijadikan selaku media pembelajaran. Sebab, sesuatu ilmu pengetahuan bisa lebih gampang disalurkan apabila menggunakan musik modern selaku medianya.

Contoh Alat Musik Modern

Alat Musik Gitar

Alat musik Gitar adalah salah satu jenis alat musik dawai. Gitar juga memiliki pengertian lain, yaitu merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya alat musik satu ini dimainkan atau dipetik menggunakan jari atau bisa juga dengan plektrum.

Baca :  Pengertian Sejarah Teknik Ukuran Sepak Takraw

Gitar dalam bahasa Inggris dituliskan dengan kata guitar, awal mulanya nama gitar satu ini diambil dari nama alat musik kuno yang berasal daro wilayah Persia. Alat musik yang ditemukan pada tahun 1500 sebelum masehi ini, awal mulanya dikenal dengan nama citar atau sehtar.

Nah, kemudian alat musik petik ini mulai berkembang menjadi berbagai macam model dan juga bentuk dan dinamakan tanbur. Kemudian bangsa Yunani sukses mengembangkan alat musik tanbur, pada tahun 300 sebelum masehi.

Selain itu bangsa Romawi juga turut andil dalam mengembangkan alat musik satu ini dengan segala perubahan yang dilakukan.

Baru setelah itu, pada tahun 476 Masehi alat musik dawai satu ini, dibawa ke Spanyol oleh bangsa Romawi. Dari sinilah awal mula perubahan nama tanbur menjadi guitarra morisca. Kemudian alat ini difungsikan sebagai alat musik yang melantunkan melodi pada musik, selain itu juga digunakan untuk bermain akor.

300 tahun lamanya akhirnya alat musik satu ini sampai di tanah timur tengah yaitu Arab. Namun bangsa Arab memperkenalkan nya dengan nama gitar gambus, dengan sebutan al ud pada masyarakat Spanyol. Seolah tak mau kalah bangsa Spanyol juga menciptakan alat musik sendiri dengan nama vihuela.

Diluar dugaan ternyata alat musik hasil buatan tangan bangsa Spanyol ini, menjadi sangat populer. Bahkan sangking terkenal nya vihuela saat itu, membuat alat musik tradisional khas daerah tersebut, mulai terlupakan.

Cara Memainkan :

Setelah anda sudah hafal chord-chord dasar pada gitar. Sekarang lah waktunya anda mengaplikasikan nya dalam memetik gitar. Cara pertama yaitu anda perlu menghafal dan tahu penempatan jari-jari pada setiap chord. Jika satu jari anda menekan senar yang salah, dapat dipastikan hasil suara yang keluar akan fals.

Setelah anda sudah cukup yakin dengan posisi jari anda pada senar yang sesuai dengan chord. Maka coba petik satu per satu senar gitar yang sudah anda tekan, tepat pada bagian tengah gitar yang terdapat lubang suara. Jika anda dapati suara tidak keluar pada gitar, itu artinya anda salah tekan senar, atau bisa jadi kurang tekanan pada senar.

Alat Musik Biola

Alat musik biola adalah sebuah instrumen musik senar atau dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Seperti yang sudah dikatakan biola merupakan alat musik dawai dan mempunyai 4 senar yaitu G D A E. Kemudian disetel secara berbeda satu sama lain dengan interval (sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya, baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah) sempurna kelima. Nada rendah yang dimiliki biola adalah G.

Alat musik satu ini disebut-sebut sebagai musik yang elegan. Karena memang harga alat musik dawai ini relatif mahal. Orang yang memainkan musik biola disebut dengan violinis ( berasal dari bahasa Inggris ). Sedangkan dalam bahasa Indonesia orang yang memainkan biola disebut pemain biola.

Cara Memainkan :

Alat musik biola dimainkan dengan cara digesek.

  1. Kencangkan bow/busur (alat penggesek senar biola)

Rambut (bulu) pada bow biasanya dibiarkan lemas jika tidak dipakai. Hal tersebut dikarenakan kamu harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum dipakai.

Jangan gunakan jari kelingking kamu untuk mengukur, karena minyak alami pada kulit jari dapat berpindah ke rambut bow.

  1. Gosok rambut bow dengan rosin (damar)

Rosin biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna gelap dan cerah. Menggosok rambut bow dengan rosin dapat membuat rambut bow menjadi sedikit lengket dan dapat mencengkeram senar biola ketika digesekan.

Gosok rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung.

  1. Menyetem senar biola
Baca :  34 Provinsi Pahlawan Nasional Indonesia Gambar Keterangan

Kamu perlu menyetem senar biola untuk menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi adalah G-D-A-E.

Kamu dapat menggunakan tuner listrik ataupun peluit nada untuk membantuk menyetem senar biola.

  1. Cara memegang bow (tongkat gesek)

Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan, sedangkan posisi jari tengah hingga kelilingking sejajarkan dengan jari telunjuk dan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.

Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola.

  1. Cara memegang biola

Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu dan menempel ke leher kamu.

Jepit biola dengan tulang rahang kamu (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola dapat stabil dan tidak melesek.

Alat Musik Akordion

Akordion merupakan alat musik yang berasal dari Jerman dan ditemukan oleh C.F.L Buschmann.

Alat musik ini tergolong musik aerofon yang mengeluarkan suara melalui udara dengan tangan kanan menekan tuts dan kiri memainkan melodi.

Alat Musik Banjo

Banjo merupakan alat musik yang memiliki model seperti gitar dengan bentuk bulat pada badannya.

Alat ini berasal dari Amerika Serikat yang dibawa langsung oleh orang Afrika dan merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Alat Musik Bongo

Bongo merupakan alat musik perkusi idiofon yang berasal dari daerah Cuba.

Bongo yang mirip dengan alat musik tradisional kendang ini juga sama-sama dimainkan dengan cara dipukul.

Alat Musik Cello

Cello merupakan alat musik yang biasanya ditemukan bersamaan dengan permainan biola.

Alat ini mirip seperti biola namun berukuran lebih besar sehingga dimainkan dengan cara diberdirikan dan sama-sama digesek menggunakan alat khusus.

Alat Musik Drum

Drum merupakan alat musik yang berasal dari Tiongkok dan berisi susunan-susunan alat musik perkusi yang dipukul sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang selaras.

Alat musik ini dipukul menggunakan 2 batang yang diletakan di tangan kanan dan kiri serta 1 pemukul yang diinjak di kaki sebelah kanan.

Alat Musik Harmonika

Harmonika adalah alat musik modern berbentuk persegi panjang dengan beberapa lubang tiup di sisinya.

Alat ini masuk ke dalam alat musik jenis aerofon yang menghasilkan suara dengan cara ditiup dan berasal dari Cina.

Alat Musik Harpa

Harpa merupakan alat musik yang berasal dari Mesir Kuno dan dimainkan dengan cara dipetik dawainya.

Ukurannya besar dan tinggi serta memiliki suara khas yang indah. Saking indahnya, seringkali harpa diibaratkan alat musik yang dibawa oleh para malaikat.

Alat Musik Kastanyet

Kastanyet merupakan jenis alat musik idiofon dan golongan alat musik perkusi yang berasal dari Spanyol.

Alat ini dimainkan dengan cara diletakan pada tangan kiri dan ditekan permukaan atasnya menggunakan tangan kanan hingga menghasilkan bunyi.

Alat Musik Keyboard

Keyboard merupakan alat musik modern yang mirip seperti piano dan dimainkan dengan cara ditekan tuts-tutsnya.

Bedanya dari piano adalah alat musik ini mampu menghasilkan suara lainnya seperti suara terompet, drum, gitar, dll hanya dengan menekan beberapa tombol yang ada.

Sehingga dengan cukup bermain keyboard saja sudah mampu menghasilkan musik ansambel.

Alat Musik Klarinet

Klarinet merupakan alat musik menyerupai terompet namun dengan ukuran lebih kecil dan kurus.

Alat musik ini berasal dari Jerman dan menghasilkan suara dengan cara ditiup.

Alat Musik Marakas

Markas merupakan jenis alat musik yang berasal dari Amerika Selatan.

Alat ini menghasilkan bunyi dengan cara digoyang-goyangkan sehingga isi bagian dalamnya akan saling beradu dan menimbulkan suara.

Alat Musik Piano

Piano merupakan alat musik ciptaan Bartolomeo Cristofori di awal abad 18.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditekan tuts-tutsnya sehingga menhasilkan bunyi-bunyian indah yang berbeda-beda.

Baca :  Penjelasan 10 Anatomi Tubuh Manusia serta Gambar

Alat Musik Saksofon

Saksofon merupakan alat musik sejenis klarinet yang bentuknya lebih unik dan tebuat dari logam.

Alat musik ini berasal dari Belgia dan menghasilkan suara dari tiupan pemainnya.

Alat Musik Simbal

Simbal merupakan alat musik yang terbuat dari logam dan berkembang sejak jaman kuno hingga kini.

Simbal dimainkan dengan cara diadu kepingan logamnya hingga menimbulkan bunyi.

Alat ini bisa juga dimainkan dengan cara diletakan pada tiang penyangga dan dipukul dengan alat pemukul khusus seperti pada permainan drum.

Alat Musik Sitar

Sitar merupakan alat musik yang berasal dari daerah Asia bagian selatan.

Alat ini mirip seperti gitar dengan cara dipetik dawai atau senarnya sehingga menghasilkan suara yang unik seperti bentuknya.

Alat Musik Tamborin

Tamborin merupakan alat musik golongan perkusi yang dimainkan dengan cara digoyangkan.

Alat musik ini termasuk ke dalam jenis idiofon yang dapat menghasilkan suara dari gemerincing kepingan logam di sekelilingnya serta jenis membranofon yang juga menghasilkan suara dengan dipukul di bagian kulitnya.

Alat Musik Terompet

Terompet merupakan alat musik logam jenis aerofon yang menghasilkan bunyi dari tiupan dan penekanan pada tiga tombolnya agar bunyi-bunyian tersebut berbeda satu dengan yang lainnya.

Ada berbagai macam jenis terompet yaitu terompet B, C, D, E, F dan G. Namun yang paling sering digunakan adalah terompet jenis B.

Alat Musik Timpani

Timpani merupakan alat musik seperti kendang namun memiliki penyangga seperti rongga di bagian bawahnya.

Alat ini masuk ke dalam golongan perkusi jenis membranofon yang dimainkan dengan cara dipukul bagian permukaan kulitnya.

Alat Musik Triangle

Triangle merupakan alat musik perkusi berbahan logam dan berbentuk segitiga.

Alat ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan batang logam sehingga menghasilkan suara dari getarannya.

Alat musik ritmis ini berasal dari Belanda sekitar abad ke 16.

Alat Musik Trombon

Trombon merupakan alat musik aerofon yang berasal dari Italia.

Alat musik modern ini mirip seperti terompet namun berukuran besar.

Tak hanya dimainkan dengan cara ditiup, trombon juga memiliki gagang panjang di bagian depan untuk ditarik maju dan mundur sehingga menghasilkan bunyi-bunyiannya yang berbeda dan unik.

Alat Musik Ukulele

Ukulele merupakan alat musik sejenis gitar namun berukuran kecil yang berasal dari Hawai.

Alat musik ini ditemukan sekitar tahun 1879 dan dimainkan dengan cara dipetik senarnya sehingga menghasilkan suara yang unik, biasanya dimainkan bersamaan dengan seni tari khas Hawai.

Alat Musik French horn

French horn adalah alat musik tiup dalam keluarga alat musik tiup logam yang umumnya dimainkan sebagai salah satu bagian dari alat-alat musik tiup dalam sebuah pertunjukan marching band. French Horn umum digunakan dalam konser-konser musik klasik. Berasal dari negara perancis dan cara memaikannya dengan cara ditiup

Alat Musik Vibrafon

Vibraphone juga disebut dengan Vibraharp atau Vibes. Memang jika diperhatikan sekilas, maka kamu akan setuju bahwa bentuk dari alat musik satu ini seripa dengan Xylophone. Tetapi, alat musik satu ini tidak terbuat dari kayu melainkan terbuat dari batang-batang alumunium yang mempunyai pedal layaknya piano.

Ketika pedal yang dimiliki Vibraphone ini naik, maka batang aluminum tadi akan tertahan dan kemudian menghasilkan suara yang pendek. Dan sebaliknya, ketika pedal tersebut turun maka suara yang keluar akan menjadi tinggi. Umumnya alat musik satu ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan musik jazz. Cara memaikannya dengan cara dipukul.

Alat Musik Glockenspiel

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul satu ini terdiri dari satu set kunci yang disusun secara rapi dalam mode keyboard piano. Jika diperhatikan, maka kamu akan menemukan bahwa alat musik satu ini serupa dengan Gambang. Yang membedakan adalah, Gambang terbuat dari kayu sedangkan Glockenspiel ini terbuat dari logam.

Bagikan di Sosial Media

Leave a Reply