19 Aplikasi Edit Foto PC Komputer Laptop Terbaik Ringan Cepat Gratis

Posted on

19 Aplikasi Edit Foto PC Komputer Laptop Terbaik Ringan Cepat Gratis – Dikala ini, orang yang hobi dalam bidang fotografi memanglah wajib bekerjasama dengan aplikasi edit gambar Komputer. Dengan memakai aplikasi tersebut, karya yang dihasilkan hendak lebih bagus daripada gambar aslinya.
Jadi, dapat dikatakan jika aplikasi edit gambar di Komputer ini digunakan buat menyempurnakan hasil foto kamera yang kurang optimal. Kamu dapat memakai tool keren yang telah disediakan oleh tiap- tiap aplikasi.

Nah, bila Kamu lagi mencari aplikasi edit gambar Komputer terbaik, ringan, serta free, pada peluang kali ini hendak aku paparkan saran sangat pas. Supaya lebih gampang, hendak aku pisahkan bersumber pada kategorinya.

Tidak hirau apakah Kamu merupakan Photographer pendatang baru ataupun professional, proses editing memanglah jadi proses yang sangat berarti, proses yang hendak sangat memastikan hasil kerja keras Kamu nanti. Proses editing sendiri merupakan proses di mana seseorang editor memodifikasi ataupun memanipulasi gambar dengan meningkatkan bermacam filter serta dampak. Bila Kamu merupakan seseorang editor gambar ataupun seseorang yang hobi ngedit, Kamu tentu ketahui betapa berartinya aplikasi edit yang powerfull. Tanpa aplikasi yang powerfull, keahlian yang dipunyai si editor tidak dapat dituangkan ke dalam fotonya.

Tetapi mayoritas aplikasi yang powerfull mempunyai tampilan yang rumit serta susah digunakan, jadi kurang sesuai buat pendatang baru. Salah satu aplikasi bisa jadi dirasa susah digunakan merupakan Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sendiri memanglah dikhususnya buat desainer serta editor professional di mana mereka( para editor) bisa menuangkan ilham pada foto/ gambar dari nol. Dengan begitu, hasil yang mau dapat lebih optimal. Jadi, buat pendatang baru yang baru belajar edit gambar, hingga hendak memerlukan waktu buat belajar tools serta dampak yang terdapat di dalamnya.

Aplikasi Edit Gambar Komputer Terbaik

Buat seseorang handal, aplikasi edit gambar terbaik Komputer memanglah sangat dibutuhkan. Perihal ini bukan sebatas terbaik dari segi tampilan saja ya, tetapi tool pula. Tetapi tidak butuh bimbang, aplikasi berikut telah mencakup kedua aspek berarti tersebut. Tidak hanya Photoshop, Kamu banyak sekali aplikasi edit gambar yang dapat Kamu peruntukan opsi, semacam: PaintShop Pro, Affinity Photo, PhotoScape, BeFunky, Canva, serta masih banyak lagi. Sebagian aplikasi edit gambar yang penulis rekomendasikan tidak seluruhnya free, terdapat pula yang memakai mekanisme subscription, serta terdapat pula yang one- time purchase. Berikut catatan aplikasi edit gambar yang dapat Kamu peruntukan opsi.

Adobe Photoshop

Dikala ini, Photoshop masih dinobatkan selaku aplikasi edit gambar Komputer terbaik. Dibesarkan oleh industri besar bernama Adobe, Photoshop sukses menarik atensi banyak orang buat memakainya.

Memanglah opsi yang pas, Adobe Photoshop berani menyajikan tool yang sangat lengkap buat menemani Kamu menggarap project. Tidak heran sih, seluruh produk Adobe memanglah senantiasa sukses menanggapi kebutuhan user mereka.

Buat urusan fitur maupun tool, Kamu tidak butuh meragukan Adobe Photoshop sebab seluruhnya telah terdapat. Sayang, aplikasi ini terbilang kurang sesuai buat pendatang baru, spesialnya yang baru awal memakai Photoshop.

Lebih dari itu, Kamu pula wajib mempersiapkan kocek buat melaksanakan pembelian lisensi formal. Karena, Adobe Photoshop tidaklah aplikasi edit gambar Komputer yang free. Jadi buat memakainya, Kamu wajib langganan per tahun.

Nah, bila Kamu semata- mata penasaran dengan fiturnya, Kamu dapat berupaya Photoshop secara free. Dalam masa tersebut, Kamu mempunyai waktu 7 hari saat sebelum ditagih berlangganan kala masa gratisnya habis.

PaintShop Pro

Aplikasi selanjutnya merupakan PaintShop Pro, aplikasi yang satu ini ialah aplikasi yang ditawarkan oleh Corel yang pula ialah salah satu pengembang aplikasi editor terbaik. Dengan kemampuannya dalam mengedit gambar, dan fitur serta filternya yang terbilang lengkap, PaintShop Pro ini muncul buat menolong pekerjaan para editor gambar buat menggapai hasil yang optimal.

Tidak hanya Photoshop, aplikasi edit gambar yang lain yang lumayan banyak digunakan para professional merupakan PaintShop Pro ini. Aplikasi ini pula kerap dikatakan selaku saingan dari Adobe Photoshop sendiri. Dengan keahlian serta fitur- fitur yang dimilikinya, PaintShop Pro memanglah pantas memperoleh julukan selaku rival Photoshop. Terlebih dengan harga yang relatif lebih murah dibanding Photoshop. Satu perihal ini dapat jadi aspek yang membuat orang berpaling dari Photoshop. PaintShop Pro, aplikasi yang mempunyai tampilan semacam Adobe Photoshop yang dibesarkan oleh Corel. Jadi, aplikasi ini dapat Kamu pakai selaku alternatif Photoshop sebab fiturnya lumayan mirip serta biayanya pula lebih terjangkau.

Baca :  cara registrasi kartu telkomsel

Bila Kamu masih ragu buat membeli aplikasi ini, Kamu dapat berupaya PaintShop Pro secara free lewat fitur gratis trials. Dengan menjajaki program tersebut, Kamu dapat memakai PaintShop Pro full fitur sepanjang 30 hari penuh.

Oh ya, PaintShop Pro pula tercantum aplikasi edit gambar Komputer buat pendatang baru kok sebab memanglah gampang buat dimengerti. Kamu tidak butuh takut kebimbangan kala memakainya sebab panduannya pula telah banyak tersebar.

Photo Pos Pro

Bila Kamu mencari photo editor yang ringan serta free, hingga aplikasi yang satu ini dapat jadi opsi buat Kamu coba. Photo Pos Pro ialah aplikasi edit gambar free serta ringan yang recommended buat Kamu coba. Salah satu kelebihan yang dipunyai Photo Pos Pro ini merupakan fiturnya di mana Kamu dapat memilah, tingkatan kerumitan cocok dengan keahlian Kamu. Novice buat pendatang baru, serta Expert buat pensiunan.

Tidak hanya dari itu, Photo Pos Pro ini pula mempunyai bermacam tools yang mirip dengan Photoshop, semacam selection tool, special tool, script tool, serta berbagi tools yang lain. Dengan memakai Photo Pos Pro ini, Kamu tidak cuma dapat mencerna gambar, tetapi pula mendesain grafis, menghaluskan gambar, serta lain- lain.

Affinity Photo

Aplikasi selanjutnya merupakan Affinity Photo, sama dengan aplikasi edit gambar lainya, Affinity Photo ini pula mempunyai bermacam tools yang menunjang pengolahan gambar. Dengan bermacam fiturnya, semacam Full HDR Merge, 360- Degree Image Editing, Tone Mapping, serta fitur yang lain menjadikan aplikasi yang satu ini lumayan banyak digunakan oleh para desainer serta Photographer Professional.

Walaupun banyak digunakan oleh para handal, Affinity Photo ini senantiasa sangat dapat digunakan para pendatang baru. Dengan sedikit waktu, pendatang baru hendak dapat menguasainya dengan gampang, terlebih pihak Affinity Photo pula sediakan bimbingan buat penggunanya, buat memahami serta menguasai metode kerja dari tiap tools yang ada.

DxO Photolab

Masih dengan rekomendasi software photo editor, di urutan kelima ini ada software yang dikembangkan oleh DxO. Photolab yang juga software edit foto lain yang banyak digunakan Photographer Profesional untuk membantu pekerjaan mereka. DxO Photolab ini memiliki berbagai fitur unggulan yang pastinya tidak akan mengecewakan penggunanya.

Hanya saja, karena software ini ditujukan untuk professional, Photolab ini memiliki fitur yang cukup memusingkan, tidak seperti Photo Editor lain, Photolab ini memiliki fitur yang lebih rumit. Untuk Anda yang masih pemula, penulis tidak merekomendasikan untuk menggunakan software yang satu ini.

PhotoScape

Di urutan keenam ini hadir software photo editor yang sangat cocok untuk digunakan pemula. PhotoScape, mungkin Anda tidak asing dengan nama ini. Software yang satu ini memang sudah cukup tua, meskipun begitu PhotoScape ini masih sangat bisa untuk digunakan. Terutama untuk pemula yang baru belajar atau orang yang hanya membutuhkan fitur-fitur dasar editing saja.

Dengan tampilannya yang sederhana, dan pengoperasian yang mudah. PhotoScape ini memang pantas dikatakan sebagai software editing foto untuk pemula. Selain mudah digunakan, PhotoScape juga ditawarkan dengan gratis, penggunaannya pun sangat ringan.

Luminar

Walaupun bersama sesuai digunakan pendatang baru, tetapi aplikasi yang ketujuh ini unggul dibidang yang berbeda. Luminar ialah aplikasi photo editor yang bisa digunakan para pendatang baru hingga Handal sekalipun. Dengan memakai aplikasi ini Kamu hendak memperoleh bermacam fitur menarik yang bekerja secara otomatis, sebagian di antara lain merupakan fitur membetulkan warna, lens distortion, tone, chromatic, serta automatic correction. Tidak cuma itu, Luminar ini pula mempunyai 45 filter yang bisa Kamu pakai secara leluasa. Untuk Kamu yang sempat memakai Adobe Lightroom, bisa jadi masih terdapat sedikit rasa kecewa yang tersisa ya kala Adobe tidak lagi menjual lisensi secara lifetime, melainkan mengubahnya jadi sistem berbasis langganan.

Untungnya, saat ini telah terdapat alternatif Adobe Lightroom bila Kamu memanglah lagi mencarinya. Aplikasi tersebut merupakan Luminar, suatu aplikasi edit gambar Komputer handal yang betul- betul didesain spesial buat edit gambar.

Baca :  Tutorial Cara Merakit Komputer yang benar + Gambar

Apalagi, Skylum sebagai pengembangnya telah mengumumkan peluncuran Luminar AI, aplikasi edit gambar Komputer terkini yang telah dilengkapi fitur serta tool berbasis kecerdasan buatan buat menyempurnakan hasil editing Kamu.

Tujuan utama dari AI ataupun Artificial Intelligence merupakan mengotomatisasi proses edit gambar kepunyaan Kamu. Dengan begitu, Kamu hendak dapat mengirit waktu serta tidak butuh takut dengan hasil sebab seluruhnya hendak dikerjakan dengan sempurna.

Bila tertarik memakai Luminar, Kamu dapat langsung mendatangi web Skylum serta melaksanakan pembelian lisensi. Tenang, Kamu lumayan membayar sekali saja serta siap memakai aplikasi Luminar selamanya.

GIMP

GIMP merupakan software editing foto gratis dan juga powerfull. Selain gratis, GIMP juga merupakan software yang bersifat open source. Tidak hanya itu, GIMP juga memiliki kelebihan lain, seperti: penambahan plugin, dan juga tampilan interface yang bisa di customizes sesuai keinginan. Untuk kelengkapan tools sendiri, Anda tidak perlu meragukan software yang satu ini, GIMP bahkan memiliki fitur-fitur yang dimiliki software edit foto berbayar.

Pixlr Online

Berbeda dengan software-software yang penulis sebutkan sebelumnya, Pixlr Online ini merupakan software yang dapat Anda akses dengan bebas di situs resminya. Anda tidak perlu mengunduh atau memasangnya di komputer atau laptop Anda. Jika Anda tahu aplikasi edit foto android yang bernama Pixlr, maka software ini merupakan versi untuk pengguna desktop / komputer. Namun penggunaan Pixlr Online ini tetap untuk proses pengeditan sederhana, jadi software ini kurang cocok untuk professional yang ingin membuat desain / edit foto yang rumit.

Adobe Lightroom

Di Indonesia, angka pengguna Adobe Lightroom tertinggal cukup jauh dari pengguna Adobe Photoshop. Mungkin, hal ini dikarenakan pola pikir kalau aplikasi edit foto PC terbaik ya tetap Adobe Photoshop.

Menurut survey di Amerika, 90% fotografer profesional menggunakan Lightroom untuk mengedit foto, hanya 10% saja yang menggunakan Photoshop. Sedangkan di Indonesia adalah kebalikannya, sebagian besar editor masih menggunakan Photoshop.

Secara fungsi, aplikasi ini masih sama dengan Photoshop, yaitu untuk mengedit foto. Namun, untuk tool yang disediakan, sepertinya sudah cukup berbeda. Anda bisa melihat langsung lembar kerjanya, pasti sudah sangat berbeda dengan Photoshop.

Aplikasi ini bisa dikatakan lebih efisien dibandingkan Photoshop karena mampu membuka banyak foto sekaligus, memilih foto, kemudian mengeditnya. Tentu, ini sangat cocok untuk fotografer yang memiliki puluhan hingga ratusan hasil lensa kamera.

Namun, semuanya tetap kembali pada kebutuhan masing-masing. Silahkan sesuaikan saja apakah pekerjaan Anda lebih cepat selesai dengan Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Monggo, dipertimbangkan dengan matang.

PicMonkey

Berikutnya adalah PicMonkey, software yang satu ini merupakan salah satu program photo editor web app yang bisa Anda akses dengan bebas.

Dengan menggunakan PicMonkey, anda akan bisa melakukan pengeditan foto, pembuatan desain, dan touch up portrait. PicMonkey  juga menyediakan berbagai tools yang bisa anda gunakan. Selain itu, disini anda juga akan mendapatkan berbagai efek, skin touch up, template, dll.

BeFunky

Sama dengan software sebelumnya, software yang satu ini juga merupakan software yang dapat ada anda akses hanya dengan membuka situsnya saja. Anda tidak perlu mengunduh ataupun menginstalnya.

BeFunky adalah program web app lain yang dapat anda gunakan untuk mengedit gambar. Tidak hanya itu, BeFunky juga memiliki layanan lain berupa Collage Maker, dan Graphic Designer.

Dengan menggunakan layanan photo editor BeFunky, Anda akan mendapatkan berbagai tools berguna. Anda juga akan mendapatkan berbagai template yang bisa anda gunakan untuk memperindah gambar. Selain itu, anda juga akan mendapatkan fitur seperti touch up, effect, frame, dll.

Fotor

Masih dengan tipe program yang sama, di urutan kali ini ada program web app yang bernama Fotor. Layaknya program Web App sebelumnya, Fotor juga memiliki kemampuan untuk memanipulasi gambar.

Di Fotor, Anda tidak hanya akan bisa mengedit gambar, tapi juga bisa membuat collage, ataupun membuat design. Dengan menggunakan Fotor anda bisa membuat gambar anda menjadi lebih indah lagi dengan tools touch up-nya.

Anda juga akan mendapatkan berbagai tools dan fitur yang luar biasa untuk membuat desain yang luar biasa. Tidak hanya itu, Fotor juga menyediakan guide dan tutorial untuk Anda yang kesulitan menggunakan Fotor.

Canva

Software berikutnya adalah Canva. Software yang satu ini merupakan program web app lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar.

Baca :  Keyboard Shortcut di Microsoft Office Word dan Fungsi Tombol

Dengan menggunakan Canva, Anda akan bisa memanipulasi gambar yang Anda miliki menjadi lebih indah lagi. Anda juga bisa membuat desain Anda sendiri, Canva menyediakan berbagai template untuk Anda yang ribet.

Mulai dari Poster, Logo, Presentasi, Kiriman Instagram, dll. Anda bisa mendapatkan berbagai template itu hanya dengan menggunakan Canva.

Tidak hanya itu, Canva juga menyediakan berbagai foto menarik yang bisa Anda gunakan untuk keperluan Anda. Foto-foto ini disediakan untuk membantu Anda membuat desain yang luar biasa. Hanya saja tidak semuanya dapat Anda gunakan, beberapa foto hanya dapat Anda gunakan bila Anda menggunakan Canva Premium.

iPiccy

Ke 5 belas merupakan program website app yang bisa kamu pakai buat mengedit foto, membuat collage, serta membuat design. Ia merupakan iPiccy.

iPiccy, ialah program website app yang bisa digunakan siapa saja dengan leluasa. Kamu cuma butuh masuk ke web resminya, serta memakainya di situ. Kamu tidak butuh mengunduh ataupun menginstalnya terlebih dulu.

Seperti aplikasi yang lain, di iPiccy Kamu dapat memanipulasi foto dengan bermacam fitur serta filter yang disediakan. Dengan memakai fitur- fitur itu Kamu hendak dapat membuat foto yang Kamu miliki jadi lebih indah lagi.

CorelDraw

CorelDraw ialah aplikasi editor grafik vector yang dibesarkan oleh Corel, industri fitur lunak yang bermarkas di Canada. Aplikasi ini mempunyai sebagian tipe mulai dari tipe 1 sampai CorelDraw Graphic Suite 2020 ataupun X10.

Memanglah benar, aplikasi ini lebih dikhususkan buat mengedit grafik vector. Tetapi, bukan berarti CorelDraw tidak dapat digunakan buat mengedit gambar. Apalagi, Kamu dapat menjadikan gambar Kamu lebih keren semacam misalnya WPAP, Smudge, serta semacamnya.

CorelDraw pula dapat dikatakan selaku aplikasi Komputer edit gambar keren sebab tool yang disediakan dapat menghasilkan karya yang pula keren. Pasti, perihal tersebut pula bergantung dari penggunanya, apakah telah mahir ataupun belum.

Sama halnya dengan Photoshop, CorelDraw pula masih kurang sesuai buat pendatang baru. Tetapi tenang, bila Kamu memanglah ngebet memakai CorelDraw, Kamu dapat mencari panduan yang telah banyak tersebar di Google ataupun YouTube.

Buat memakai CorelDraw sendiri, Kamu wajib membeli lisensi formal, baik lisensi anually maupun lifetime. Tetapi, bila mau berupaya terlebih dulu, Kamu dapat berupaya gratis trials sepanjang 15 hari tanpa memakai kartu kredit.

Affinity Photo

Bila Kamu lagi mencari aplikasi edit gambar Komputer ringan serta lengkap, hingga Affinity Photo dapat jadi jawaban buat Kamu. Dengan fitur RAM 4GB saja, Kamu telah dapat melaksanakan Affinity Photo dengan sangat mudah.

Aplikasi ini ada buat fitur mobile serta desktop. Jadi, Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah hendak memakai Komputer ataupun HP. Buat fitur desktop, Affinity Photo dapat digunakan pada OS Windows serta macOS.

Terpaut fitur, kayaknya Kamu tidak butuh mengkhawatirkan aplikasi buatan Serif ini. Alasannya, telah banyak juru foto serta desain populer yang memakai Affinity Photo. Bila tertarik memakainya, Kamu dapat mendatangi web Affinity Photo.

Artweaver

Secara universal, guna dari Artweaver nyaris mirip dengan GIMP. Kamu dapat mengganti gambar jadi foto lukisan, sketsa, ataupun kartun. Tidak sebatas itu, Kamu pula dapat menjadikan gambar Kamu terus menjadi artistik dengan tool yang disediakan.

Artweaver sendiri dirilis awal kali pada 30 September 2009 oleh Boris Eyrich. Memandang aplikasi ini masih jaya hingga saat ini, menunjukkan jika Artweaver memanglah bermutu sehingga masih banyak yang memakainya.

Terpaut license, Kamu dapat memakai aplikasi edit gambar Komputer ini secara free, tetapi dengan fitur terbatas. Supaya seluruh fitur Artweaver terbuka, Kamu wajib membeli lisensi aplikasi ini lewat web resminya.

Inkscape

Buat Kamu yang telah akrab dengan aplikasi CorelDraw, Inkscape merupakan aplikasi alternatif yang dapat digunakan secara free. Bila CorelDraw membutuhkan lisensi buat memperoleh fitur lengkapnya, hingga Inkscape tidak membutuhkan itu seluruh.

Aplikasi edit gambar Komputer free ini sangat terkenal di golongan pengguna Linux. Terlepas dari aspek gratisnya, Inkscape banyak digunakan sebab memanglah mempunyai mutu yang bagus, sanggup diajak kerjasama buat membuat karya.

Nah, bila dikala ini Kamu masih bimbang mencari aplikasi edit gambar yang betul- betul free, Inkscape sangat layak buat dicoba. Aplikasi ini dapat dijalankan di OS Windows, macOS, ataupun Linux

Bagikan di Sosial Media

Leave a Reply