Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Penjelasan

Posted on

Safe mode adalah sebuah mode pada Windows yang berguna untuk menyelesaikan masalah pada sistem. Pada mode ini, hanya program-program dasar yang akan berjalan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi dan memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem. Untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara-cara masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10:

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

1.Menggunakan tombol F8 saat booting

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol F8 saat booting. Caranya adalah dengan menyalakan komputer atau laptop, lalu tekan tombol F8 secara berulang-ulang saat logo Windows muncul. Tombol F8 harus ditekan sebelum logo Windows menghilang. Jika berhasil, maka akan muncul layar Advanced Boot Options, dan Anda dapat memilih opsi Safe mode.

Namun, sayangnya cara ini tidak selalu berhasil pada Windows 10. Hal ini karena pada Windows 10, proses booting terjadi terlalu cepat, sehingga tombol F8 tidak terdeteksi oleh sistem. Oleh karena itu, jika cara ini tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba cara lainnya.

2.Menggunakan tombol Shift saat restart

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol Shift saat restart. Caranya adalah dengan menekan tombol Start pada taskbar, lalu tekan tombol Power dan tahan tombol Shift, lalu klik Restart. Setelah itu, sistem akan restart dan muncul layar Choose an option. Pilih Troubleshoot, lalu Advanced options, dan Safe mode.

  Cara Root HP Android Mudah Tanpa PC Komputer Semua Merk

3.Melalui menu Settings

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan menu Settings. Caranya adalah dengan membuka menu Settings dengan menekan tombol Windows + I, lalu klik Update & Security, dan Recovery. Pada bagian Advanced startup, klik Restart now. Setelah itu, sistem akan restart dan muncul layar Choose an option. Pilih Troubleshoot, lalu Advanced options, dan Safe mode.

4.Melalui menu Sign-in

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan menu Sign-in. Caranya adalah dengan menekan tombol Shift saat memilih tombol Power pada menu Sign-in. Setelah itu, pilih Restart. Sistem akan restart dan muncul layar Choose an option. Pilih Troubleshoot, lalu Advanced options, dan Safe mode.

5.Menggunakan perintah Command Prompt

Cara kelima yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan perintah Command Prompt. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih Command Prompt (Admin) atau PowerShell (Admin). Setelah itu, ketik perintah “bcdedit /set {default} safeboot minimal” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Setelah itu, restart komputer atau laptop. Setelah sistem restart, maka akan masuk ke dalam Safe mode.

Demikianlah cara-cara masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10. Namun, perlu diingat bahwa masuk ke dalam Safe mode hanya dianjurkan untuk mengatasi masalah pada sistem. Jika ingin menggunakan Safe mode untuk menginstal program atau driver, sebaiknya jangan dilakukan di Safe mode, karena mode ini hanya memuat driver dan program dasar yang diperlukan untuk menjalankan sistem, sehingga beberapa program atau driver tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

  cara menggunakan psiphon pro

Selain itu, perlu diingat bahwa jika komputer atau laptop Anda tidak dapat masuk ke dalam Safe mode, maka kemungkinan besar terdapat masalah yang lebih serius pada sistem. Dalam hal ini, sebaiknya Anda menghubungi teknisi atau menginstal ulang sistem operasi Windows 10.

Untuk keluar dari Safe mode pada Windows 10, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu restart komputer atau laptop, dan sistem akan kembali ke mode normal.

Secara keseluruhan, masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 dapat dilakukan dengan berbagai cara yang telah dijelaskan di atas. Namun, cara yang paling mudah dan terpercaya adalah melalui menu Settings atau tombol Shift saat restart. Selain itu, perlu diingat bahwa Safe mode hanya digunakan untuk mengatasi masalah pada sistem, dan sebaiknya tidak digunakan untuk menginstal program atau driver. Jika Anda mengalami kesulitan dalam masuk ke dalam Safe mode atau mengatasi masalah pada sistem, sebaiknya konsultasikan pada teknisi atau menginstal ulang sistem operasi Windows 10.

Selain itu, perlu juga diketahui bahwa beberapa program keamanan atau antivirus mungkin tidak berfungsi dengan baik saat sistem berada dalam mode Safe mode. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menonaktifkan program keamanan atau antivirus sebelum masuk ke dalam Safe mode.

Dalam beberapa kasus, masalah pada sistem dapat diselesaikan dengan melakukan pemulihan sistem pada Windows 10. Pemulihan sistem akan mengembalikan sistem ke titik waktu tertentu sebelum masalah terjadi, sehingga dapat membantu memperbaiki masalah yang ada pada sistem. Namun, pemulihan sistem tidak selalu berhasil dan ada kemungkinan data penting Anda hilang, oleh karena itu pastikan untuk membackup data penting Anda sebelum melakukan pemulihan sistem.

  cara menambahkan bot di discord tutorial lengkap

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, terdapat juga cara-cara lain untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10, seperti menggunakan media instalasi Windows 10 atau menggunakan perintah msconfig. Namun, cara-cara tersebut lebih kompleks dan mungkin tidak cocok bagi pengguna yang kurang berpengalaman dalam mengoperasikan sistem.

Dalam kesimpulannya, masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10 merupakan langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada sistem. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk masuk ke dalam Safe mode pada Windows 10, seperti menggunakan tombol F8 saat booting, tombol Shift saat restart, menu Settings, menu Sign-in, atau perintah Command Prompt. Namun, sebaiknya pengguna tidak menggunakan Safe mode untuk menginstal program atau driver. Selain itu, jika masalah pada sistem tidak dapat diselesaikan dengan Safe mode, sebaiknya konsultasikan pada teknisi atau melakukan pemulihan sistem.