Cara Update Driver di Windows 10 Mudah

Posted on

Jika kamu mengalami masalah dengan perangkat keras di komputer Windows 10, seperti printer yang tidak terdeteksi atau suara yang tidak keluar, kemungkinan besar masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan update driver. Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat keras yang terpasang. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail cara melakukan update driver di Windows 10.

Mengapa Harus Update Driver? Update driver adalah proses memperbarui perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras di komputer kamu. Update driver sangat penting karena dapat membantu meningkatkan kinerja dan keamanan perangkat keras yang kamu gunakan. Driver yang diperbarui dapat membantu meningkatkan kecepatan transfer data, mengurangi kesalahan, dan memperbaiki masalah keamanan yang ditemukan di versi sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengecek Versi Driver yang Digunakan? Sebelum melakukan update driver, kamu perlu mengetahui versi driver yang digunakan saat ini. Kamu dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Klik kanan pada ikon Start di pojok kiri bawah layar, kemudian pilih Device Manager.
  2. Cari perangkat yang ingin kamu cek driver-nya, klik kanan pada perangkat tersebut, dan pilih Properties.
  3. Di jendela Properties, pilih tab Driver, lalu perhatikan versi driver yang tertera.

Cara Update Driver di Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan update driver di Windows 10:

Langkah 1:

Melalui Windows Update Windows Update adalah cara termudah untuk memperbarui driver di Windows 10. Windows Update akan secara otomatis men-download dan menginstal driver terbaru untuk perangkat keras yang terpasang di komputer kamu. Berikut cara menggunakan Windows Update untuk melakukan update driver:

  1. Klik kanan pada ikon Start, kemudian pilih Settings.
  2. Pilih Update & Security.
  3. Pilih tab Windows Update.
  4. Klik Check for updates.
  5. Windows akan melakukan pemindaian dan menemukan driver terbaru untuk perangkat keras yang terpasang di komputer kamu. Jika ada driver yang perlu diperbarui, klik Install now.
  Tutorial Cara Mudah upload foto instagram lewat PC Komputer

Langkah 2:

Melalui Device Manager Device Manager adalah alat bawaan Windows 10 yang memungkinkan kamu untuk mengelola perangkat keras yang terpasang di komputer kamu. Device Manager juga dapat digunakan untuk melakukan update driver secara manual. Berikut cara menggunakan Device Manager untuk melakukan update driver:

  1. Klik kanan pada ikon Start, kemudian pilih Device Manager.
  2. Cari perangkat yang ingin kamu update driver-nya, klik kanan pada perangkat tersebut, dan pilih Update driver.
  3. Pilih opsi Search automatically for updated driver software untuk membiarkan Windows mencari driver terbaru secara otomatis.
  4. Jika Windows menemukan driver terbaru, ikuti instruksi untuk menginstalnya. Jika tidak ada driver terbaru yang ditemukan, kamu dapat mencoba mencari driver terbaru di situs web produsen perangkat keras yang kamu gunakan.

Langkah 3:

Mengunduh Driver dari Situs Web Produsen Perangkat Keras Jika kamu tidak dapat menemukan driver terbaru melalui Windows Update atau Device Manager, kamu dapat mencari driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras yang kamu gunakan. Berikut cara untuk mengunduh dan menginstal driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras:

  1. Cari nama dan model perangkat keras yang ingin kamu update driver-nya.
  2. Kunjungi situs web produsen perangkat keras dan cari bagian download driver.
  3. Cari driver terbaru untuk perangkat keras kamu dan pastikan untuk memilih driver yang cocok dengan versi Windows yang kamu gunakan (32-bit atau 64-bit).
  4. Unduh driver terbaru dan simpan di folder yang mudah diakses, seperti desktop atau folder Downloads.
  5. Buka Device Manager dan cari perangkat yang ingin kamu update driver-nya.
  6. Klik kanan pada perangkat tersebut dan pilih Update driver.
  7. Pilih opsi Browse my computer for driver software.
  8. Pilih folder tempat kamu menyimpan driver terbaru yang telah kamu unduh dan klik Next.
  9. Ikuti instruksi untuk menginstal driver terbaru.
  Cara Memasukkan Kode Voucher Indosat Secara Detail: Panduan Lengkap

Catatan Penting:

Sebelum melakukan update driver, pastikan untuk membuat cadangan atau backup terlebih dahulu. Jika terjadi kesalahan saat melakukan update driver, kamu dapat mengembalikan sistem ke titik pemulihan sebelumnya atau menginstal ulang driver lama.

Update driver adalah langkah penting yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah pada perangkat keras di Windows 10. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan update driver, seperti melalui Windows Update, Device Manager, atau mengunduh driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras. Pastikan untuk memilih driver yang sesuai dengan versi Windows yang kamu gunakan dan selalu membuat backup sebelum melakukan update driver.

Setelah mengetahui cara update driver di Windows 10, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk memastikan proses update berjalan lancar dan efektif.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu saat melakukan update driver:

  1. Selalu gunakan driver yang terbaru Pastikan selalu menginstal driver terbaru yang dirilis oleh produsen perangkat keras. Driver terbaru tidak hanya memperbaiki bug dan masalah, tapi juga menambahkan fitur baru dan meningkatkan performa perangkat keras.
  2. Unduh driver dari situs web resmi produsen perangkat keras Hindari mengunduh driver dari situs web pihak ketiga yang tidak dapat dipercaya. Situs web resmi produsen perangkat keras menyediakan driver yang terpercaya dan aman untuk diinstal.
  3. Buat backup sebelum melakukan update driver Sebelum melakukan update driver, pastikan untuk membuat backup atau cadangan terlebih dahulu. Jika terjadi masalah saat melakukan update, kamu dapat mengembalikan sistem ke titik pemulihan sebelumnya atau menginstal ulang driver lama.
  4. Hapus driver lama sebelum menginstal driver baru Saat menginstal driver baru, pastikan untuk menghapus driver lama terlebih dahulu. Hal ini dapat menghindari konflik antara driver lama dan driver baru yang mengakibatkan masalah pada perangkat keras.
  5. Jangan menginstal driver yang tidak diperlukan Hindari menginstal driver yang tidak diperlukan atau tidak cocok dengan perangkat keras kamu. Driver yang tidak diperlukan dapat mengakibatkan masalah dan menyebabkan performa perangkat keras menurun.
  6. Restart komputer setelah menginstal driver baru Setelah menginstal driver baru, pastikan untuk merestart komputer kamu. Hal ini membantu sistem mengenali driver baru dan mengaktifkannya dengan benar.
  7. Perbarui semua driver secara berkala Perbarui semua driver secara berkala untuk menjaga performa perangkat keras kamu tetap optimal. Setidaknya lakukan update driver setiap 6 bulan sekali atau setiap kali kamu mengalami masalah pada perangkat keras.
  Kode cheats GTA San Andreas Indonesia Naufal Irfan

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu dapat melakukan update driver dengan lebih aman dan efektif. Selain itu, kamu juga dapat menghindari masalah dan meningkatkan performa perangkat keras kamu.

Kesimpulan

Update driver adalah proses penting yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah pada perangkat keras di Windows 10. Kamu dapat melakukan update driver melalui Windows Update, Device Manager, atau mengunduh driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras. Selalu gunakan driver terbaru, unduh driver dari situs web resmi produsen perangkat keras, buat backup sebelum melakukan update, hapus driver lama sebelum menginstal driver baru, jangan menginstal driver yang tidak diperlukan, restart komputer setelah menginstal driver baru, dan perbarui semua driver secara berkala. Semoga artikel ini membantu kamu melakukan update driver dengan lebih efektif dan mengatasi masalah pada perangkat keras di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu mengatasi masalah perangkat keras di Windows 10.