10 Cara mempercepat ponsel anda seperti baru

Posted on

Ponsel atau smartphone adalah alat yang menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang saat ini. Namun, seringkali kita merasa tidak puas dengan performa ponsel kita yang lambat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah aplikasi yang terlalu banyak, penggunaan memori yang tidak efektif, dan adanya virus atau malware yang merusak sistem. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara mempercepat ponsel secara detail.

Cara mempercepat ponsel

1.Bersihkan Memori Internal dan Eksternal

Salah satu cara untuk mempercepat ponsel adalah dengan membersihkan memori internal dan eksternal. Memori internal pada ponsel merupakan tempat penyimpanan data yang terintegrasi dengan sistem operasi, sedangkan memori eksternal seperti kartu SD digunakan untuk menyimpan data tambahan. Jika memori internal dan eksternal ponsel kita terlalu penuh, maka performa ponsel akan menurun.

Untuk membersihkan memori internal, kita dapat menggunakan fitur bawaan ponsel yang disebut “Pengaturan Penyimpanan”. Di sini, kita dapat melihat berapa banyak ruang yang tersedia dan mana aplikasi atau data yang memakan banyak ruang. Setelah mengetahui aplikasi atau data yang perlu dihapus, kita bisa menghapusnya dengan cara masuk ke menu “Aplikasi” di Pengaturan dan memilih aplikasi yang ingin dihapus.

Sedangkan untuk membersihkan memori eksternal, kita bisa mencopot kartu SD dan menyambungkannya ke komputer atau laptop untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan.

2.Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Salah satu alasan ponsel kita menjadi lambat adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya menggunakan sumber daya sistem yang banyak seperti memori dan baterai. Oleh karena itu, sebaiknya kita membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Cara untuk membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang bervariasi tergantung pada jenis ponsel yang digunakan. Pada ponsel dengan sistem operasi Android, kita dapat mengakses “Pengaturan Aplikasi” dan memilih aplikasi mana yang diperbolehkan berjalan di latar belakang. Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat mengakses “Pengaturan Baterai” dan memilih aplikasi mana yang diperbolehkan berjalan di latar belakang.

3.Nonaktifkan Animasi

Pada ponsel yang memiliki spesifikasi rendah, animasi yang terlalu banyak bisa membuat ponsel menjadi lambat. Animasi pada ponsel seperti efek transisi, animasi ikon, dan animasi aplikasi membutuhkan sumber daya sistem yang cukup besar. Oleh karena itu, kita bisa mematikan animasi untuk mempercepat ponsel.

Baca :  cara cek kuota smartfren mudah dan praktis

Cara untuk mematikan animasi bervariasi tergantung pada jenis ponsel yang digunakan. Pada ponsel dengan sistem operasi Android, kita dapat mengaktifkan “Mode Pengembang” dengan cara masuk ke menu “Pengaturan”, kemudian pilih “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”, lalu tekan nomor versi Android beberapa kali hingga muncul notifikasi bahwa “Anda sekarang telah masuk ke Mode Pengembang”. Setelah itu, masuk ke menu “Pengaturan Pengembang” dan cari opsi “Skala Animasi”, “Durasi Animasi”, dan “Animator Durasi Skala”. Ubah setiap nilai menjadi “0,5x” atau bahkan “0x” untuk mematikan animasi.

Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat mematikan animasi dengan cara masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Aksesibilitas”. Di sini, pilih “Gerakan” dan aktifkan opsi “Mengurangi Animasi”.

4.Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang terlalu banyak juga bisa membuat ponsel menjadi lambat. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses penggunaan aplikasi di masa mendatang. Sedangkan data aplikasi adalah data yang disimpan oleh aplikasi seperti login, pengaturan, dan preferensi pengguna.

Untuk menghapus cache dan data aplikasi pada ponsel Android, kita bisa masuk ke menu “Pengaturan Aplikasi” dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan data-nya. Setelah itu, pilih “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat menghapus cache dan data aplikasi dengan cara masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Umum”. Di sini, pilih “Penyimpanan iPhone” dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan data-nya. Setelah itu, pilih “Hapus Aplikasi” untuk menghapus data dan cache-nya.

5.Perbarui Sistem Operasi

Sistem operasi yang telah diperbarui memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu memperbarui sistem operasi ponsel kita untuk mempercepat kinerjanya.

Untuk memperbarui sistem operasi pada ponsel Android, kita bisa masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Pembaruan Sistem”. Di sini, pilih opsi “Periksa Pembaruan Sistem” untuk memeriksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk untuk menginstal pembaruan tersebut.

Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat memperbarui sistem operasi dengan cara masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Umum”. Di sini, pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” dan ikuti petunjuk untuk menginstal pembaruan tersebut.

6.Gunakan Aplikasi Pembersih

Terakhir, kita dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk mempercepat ponsel. Aplikasi pembersih seperti Clean Master, CCleaner, atau AVG Cleaner dapat membersihkan file-file yang tidak diperlukan dan mempercepat performa ponsel.

Baca :  cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi

Namun, sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih aplikasi pembersih karena beberapa aplikasi pembersih bisa merusak sistem ponsel. Olehkan pilih aplikasi pembersih yang terpercaya dan telah teruji oleh pengguna lain.

7.Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur-fitur pada ponsel yang tidak diperlukan seperti GPS, Bluetooth, atau NFC dapat menguras daya baterai dan memperlambat performa ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya kita mematikan fitur yang tidak diperlukan saat tidak digunakan.

Untuk mematikan fitur GPS pada ponsel Android, kita bisa masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Lokasi”. Di sini, pilih opsi “Matikan Lokasi” untuk mematikan fitur GPS.

Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat mematikan fitur GPS dengan cara masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih “Privasi”. Di sini, pilih “Lokasi” dan matikan opsi “Lokasi”.

8.Kurangi Widget pada Layar Beranda

Widget yang terlalu banyak pada layar beranda juga dapat memperlambat performa ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi widget pada layar beranda.

Untuk mengurangi widget pada ponsel Android, kita bisa tahan layar beranda dan pilih opsi “Widget”. Setelah itu, pilih widget yang ingin dihapus dan seret ke ikon “Hapus” di bagian atas layar.

Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat mengurangi widget dengan cara swipe ke kanan pada layar beranda hingga muncul menu “Edit”. Di sini, pilih widget yang ingin dihapus dan pilih opsi “Hapus”.

9.Gunakan Aplikasi yang Ringan

Aplikasi yang terlalu berat dan kompleks juga dapat memperlambat performa ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan aplikasi yang ringan dan sederhana.

Untuk mencari aplikasi yang ringan pada ponsel Android, kita bisa mencari di Google Play Store dengan kata kunci “aplikasi ringan”. Sedangkan pada ponsel iPhone, kita dapat mencari aplikasi ringan dengan cara membuka App Store dan pilih opsi “Aplikasi Terbaik & Terbaru” kemudian pilih opsi “Kategori” dan pilih kategori aplikasi yang diinginkan seperti “Produktivitas” atau “Hiburan”.

10.Gunakan Ponsel Secara Bijak

Terakhir, cara terbaik untuk mempercepat ponsel adalah dengan menggunakan ponsel secara bijak. Hindari penggunaan ponsel secara berlebihan, jangan menginstal aplikasi yang tidak diperlukan, dan jangan memainkan game terlalu lama.

Dengan menggunakan ponsel secara bijak, kita dapat memperpanjang umur baterai dan mempertahankan performa ponsel yang optimal.

Baca :  8 Contoh Undangan Rapat di Grup Whatsapp WA Santun dan Baik

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk mempercepat ponsel. Sebagian besar cara tersebut mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan ponsel kita dapat bekerja lebih cepat dan optimal. Namun, meskipun ponsel sudah dipercepat, kita tetap harus menggunakan ponsel secara bijak agar tidak merusak kinerja ponsel dan mempertahankan performa ponsel yang optimal.

Dalam mempercepat ponsel, sebaiknya kita tidak terlalu terburu-buru dan mengambil langkah yang terburu-buru, karena dapat memperburuk situasi. Sebaiknya kita melakukan satu langkah per satu langkah dengan teliti dan sabar. Jika setelah melakukan beberapa cara tersebut, performa ponsel kita masih belum membaik, mungkin ada masalah lain yang harus diatasi oleh teknisi ponsel atau oleh produsen ponsel tersebut.

Namun, sebaiknya kita tidak menginstal aplikasi pembersih ponsel atau aplikasi semacamnya yang tidak dikenal, karena dapat merusak sistem ponsel. Selain itu, kita juga tidak perlu melakukan root atau jailbreak pada ponsel, karena dapat merusak sistem ponsel dan membuat garansi ponsel menjadi tidak berlaku.

Dalam penggunaan ponsel, sebaiknya kita juga memperhatikan kapasitas penyimpanan ponsel. Jangan terlalu memenuhi kapasitas penyimpanan dengan berbagai aplikasi dan file-file yang tidak diperlukan, karena dapat memperlambat performa ponsel. Sebaiknya kita menghapus file-file yang tidak diperlukan dan menyimpan file penting pada cloud atau memori eksternal.

Dalam penggunaan ponsel, kita juga harus memperhatikan kondisi baterai. Jangan membiarkan baterai kosong terlalu lama atau terlalu sering mengisi ulang baterai dengan charger yang tidak original. Hal ini dapat merusak baterai dan memperburuk performa ponsel.

Terakhir, kita juga harus memperhatikan keamanan ponsel. Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, gunakan password yang kuat, dan aktifkan fitur keamanan seperti fingerprint atau face recognition. Hal ini dapat mencegah pencurian data atau serangan virus pada ponsel kita.

Demikianlah beberapa tips untuk mempercepat ponsel. Meskipun ponsel sudah dipercepat, sebaiknya kita tetap menggunakan ponsel secara bijak dan tidak terlalu bergantung pada ponsel. Sebaiknya kita juga memperhatikan kesehatan mental dan fisik dengan tidak terlalu sering menggunakan ponsel dan meluangkan waktu untuk beraktivitas fisik atau sosial. Dengan begitu, kita dapat menjaga keseimbangan antara penggunaan ponsel dan kehidupan sosial kita.


Advertsiment