Cara Melamar Kerja Lewat Email Panduan Lengkap Agar diterima

Posted on

Cara Melamar Kerja Lewat Email Panduan Lengkap Agar diterima – Melamar kerja lewat email telah menjadi salah satu cara yang umum digunakan dalam proses rekrutmen di era digital saat ini. Dalam mengirimkan lamaran kerja melalui email, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda ikuti agar pesan Anda terlihat profesional dan menarik perhatian calon employer. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melamar kerja lewat email:

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Langkah 1: Siapkan Berkas Lamaran

Sebelum mengirim email lamaran kerja, pastikan Anda telah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Biasanya, berkas lamaran kerja terdiri dari surat lamaran, CV (Curriculum Vitae), dan portofolio (jika diperlukan). Pastikan semua berkas telah diperbarui dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Langkah 2: Tulis Subjek Email yang Menarik

Pilih subjek email yang mencerminkan tujuan utama Anda, yaitu melamar pekerjaan. Hindari menggunakan subjek yang terlalu umum seperti “Lamaran Kerja” atau “CV Saya”. Gunakan subjek yang lebih spesifik dan menarik perhatian, seperti “Lamaran Pekerjaan: [Nama Posisi] – [Nama Anda]” atau “Pengalaman dan Keahlian: [Nama Posisi] – [Nama Anda]”.

Langkah 3: Salam Pembuka

Mulailah email dengan salam yang sopan, seperti “Halo [Nama Penerima]/Bapak/Ibu”. Jika Anda tahu nama penerima, lebih baik gunakan nama tersebut agar terlihat lebih personal. Jika tidak, Anda dapat menggunakan salam umum seperti “Halo Tim HRD”.

Langkah 4: Perkenalkan Diri Anda

Setelah salam pembuka, perkenalkan diri Anda secara singkat. Sebutkan nama lengkap Anda, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada) yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Gunakan kalimat singkat dan langsung ke inti.

  Pengertian Takabur Fungsi Tujuan Macam Dampak Contoh

Langkah 5: Sampaikan Alasan Anda Melamar

Jelaskan alasan Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Berikan penjelasan singkat tentang bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tunjukkan semangat dan antusiasme Anda dalam bergabung dengan tim mereka.

Langkah 6: Lampirkan Berkas Lamaran

Lampirkan berkas lamaran Anda, yaitu surat lamaran, CV, dan portofolio (jika diperlukan). Pastikan file-file tersebut sesuai format yang diinginkan oleh penerima, misalnya dalam bentuk PDF atau dokumen Word. Pastikan pula bahwa ukuran file tidak terlalu besar agar tidak sulit diunduh.

Langkah 7: Tutup dengan Kalimat Penuh Semangat

Tutup email dengan kalimat penuh semangat, seperti “Saya sangat berharap mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Anda dan menjelaskan lebih lanjut tentang kontribusi yang dapat saya berikan untuk perusahaan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu/Tim HRD.”

Langkah 8: Periksa Kembali Email

Sebelum mengirim email lamaran, pastikan Anda sudah memeriksa kembali keseluruhan isi email. Pastikan tidak ada kesalahan ketik, format yang salah, atau informasi yang terlewat. Periksa juga alamat email penerima agar tidak salah kirim.

Langkah 9: Kirim Email Lamaran

Setelah yakin semuanya telah benar, kirimkan email lamaran Anda dengan menekan tombol “Kirim”. Pastikan untuk menyimpan email tersebut sebagai referensi dan cek kotak masuk Anda secara rutin untuk melihat tanggapan dari perusahaan.

Tips Tambahan:

  • Pastikan format email Anda rapi dan mudah dibaca.
  • Hindari menggunakan emoji atau tulisan dengan warna-warna terang yang dapat mengganggu profesionalitas pesan.
  • Sertakan informasi kontak Anda yang dapat dihubungi oleh perusahaan.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan lampiran berkas lamaran Anda dan pastikan semua lampiran terbuka dengan baik.
  • Pada email, Anda juga dapat menyertakan link ke profil LinkedIn atau situs web pribadi Anda jika relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  Pengertian Kompas : Fungsi Jenis Bagian Penemu Manfaat

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mengirimkan lamaran kerja melalui email dengan efektif dan terlihat profesional. Selalu perhatikan etika dalam berkomunikasi melalui email dan tunjukkan kesungguhan Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda!

Menonjolkan Diri dalam Email Lamaran

Selain langkah-langkah utama dalam mengirimkan email lamaran kerja, ada beberapa tips lanjutan yang dapat Anda terapkan untuk menonjolkan diri dan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan perhatian dari calon employer:

  1. Personalisasi Email: Jika memungkinkan, carilah informasi tentang perusahaan dan orang yang akan menerima lamaran Anda. Gunakan informasi tersebut untuk personalisasi email Anda dengan menyebutkan nama perusahaan atau orang tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset dan menunjukkan minat khusus terhadap perusahaan.
  2. Tunjukkan Nilai Tambah: Jangan hanya menjelaskan pengalaman Anda, tetapi fokuskan juga pada nilai tambah yang dapat Anda berikan kepada perusahaan. Sebutkan keahlian khusus, prestasi, atau proyek yang telah Anda kerjakan dan bagaimana hal tersebut dapat berkontribusi positif untuk perusahaan.
  3. Tampilkan Kemampuan Komunikasi yang Baik: Email lamaran adalah kesempatan pertama Anda untuk berkomunikasi dengan perusahaan. Pastikan bahasa dan tata bahasa Anda jelas dan profesional. Hindari penggunaan kata-kata informal atau slank yang tidak pantas dalam konteks profesional.
  4. Jaga Fokus dan Singkat: Perusahaan mungkin menerima banyak email lamaran, jadi usahakan untuk membuat email Anda singkat dan jelas. Jaga fokus pada informasi yang relevan dan hindari informasi yang terlalu banyak.
  5. Ikuti Petunjuk Lamaran: Beberapa perusahaan mungkin meminta calon pelamar untuk menyertakan informasi tertentu atau menuliskan subjek email tertentu. Pastikan Anda membaca dan mengikuti semua petunjuk tersebut agar lamaran Anda dipertimbangkan dengan baik.
  6. Jaga Etika dalam Penulisan: Hindari mengkritik perusahaan sebelumnya atau mantan atasan dalam email lamaran. Fokuskan pada hal-hal positif tentang diri Anda dan motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar.
  7. Jangan Paksakan Informasi: Jika Anda tidak memiliki pengalaman atau keahlian yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar, jangan paksakan untuk menyebutkannya. Fokuskan pada hal-hal yang relevan dan menonjolkan potensi Anda untuk belajar dan berkembang dalam perusahaan.
  8. Lampirkan Portofolio atau Contoh Karya: Jika pekerjaan Anda terkait dengan bidang kreatif atau memiliki portofolio, pertimbangkan untuk menyertakan contoh karya atau link ke portofolio Anda. Hal ini dapat membantu employer melihat kualitas dan kemampuan Anda lebih lanjut.
  9. Tunjukkan Kesediaan untuk Wawancara: Sampaikan bahwa Anda sangat antusias untuk menghadiri wawancara lebih lanjut jika diberikan kesempatan. Berikan informasi kontak yang jelas dan pastikan Anda selalu siap untuk dihubungi oleh employer.
  10. Lakukan Follow-Up: Setelah mengirimkan email lamaran, beri waktu beberapa hari untuk menunggu tanggapan. Jika Anda tidak menerima balasan, pertimbangkan untuk melakukan follow-up secara sopan melalui email atau telepon. Namun, jangan terlalu mendesak dan hormati waktu employer.
  Pengertian Unsur Manfaat Tujuan kebugaran jasmani

Dengan mengikuti panduan dan tips di atas, Anda dapat menyusun email lamaran yang efektif dan menonjolkan diri sebagai calon yang potensial. Ingatlah untuk tetap percaya diri dan jujur dalam menggambarkan diri Anda. Semoga berhasil dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda!