Cara melihat insight Instagram

Posted on

Instagram Insight adalah fitur analitik yang disediakan oleh Instagram untuk akun bisnis atau profesional. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat statistik terkait postingan dan pengikut mereka. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara melihat Insight Instagram dan menginterpretasikan data yang diberikan.

cara melihat insight instagram

Langkah 1: Konversi ke Akun Bisnis

Untuk menggunakan Insight Instagram, Anda harus memiliki akun bisnis atau profesional. Jika Anda masih menggunakan akun pribadi, konversi ke akun bisnis dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Pergi ke profil Anda
  • Klik tombol menu tiga garis di sudut kanan atas
  • Klik “Settings” di bagian bawah
  • Pilih “Account”
  • Klik “Switch to Professional Account”

Anda akan diminta untuk memilih kategori bisnis Anda. Setelah memilih kategori, Anda dapat memasukkan informasi tambahan tentang bisnis Anda, seperti alamat email, nomor telepon, dan alamat.

Langkah 2: Mengakses Insight Instagram

Setelah mengonversi ke akun bisnis, Anda dapat mengakses Insight Instagram dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Pergi ke profil Anda
  • Klik tombol menu tiga garis di sudut kanan atas
  • Klik “Insights” di bagian bawah

Anda akan dibawa ke halaman Insight Instagram, di mana Anda dapat melihat statistik terkait postingan dan pengikut Anda.

Langkah 3: Memahami Data Insight Instagram

Setelah mengakses Insight Instagram, Anda akan melihat beberapa tab, termasuk Aktivitas, Konten, dan Pengikut. Mari kita bahas setiap tab secara lebih detail.

  • Aktivitas

Tab Aktivitas memberikan informasi tentang interaksi pengguna dengan akun Anda, termasuk jumlah tayangan, kesan, klik, dan pengikut baru dalam rentang waktu tertentu. Anda dapat memilih rentang waktu yang berbeda, termasuk 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, atau waktu khusus yang Anda tentukan.

  • Konten
  Cara Melihat Password Email Saya Tutorial Lengkap

Tab Konten memberikan informasi tentang kinerja postingan Anda, termasuk jumlah tayangan, kesan, dan interaksi dengan setiap postingan. Anda dapat melihat statistik untuk semua postingan Anda atau postingan individu dalam rentang waktu tertentu. Anda juga dapat memilih untuk melihat statistik untuk jenis konten tertentu, seperti foto atau video.

  • Pengikut

Tab Pengikut memberikan informasi tentang pengikut Anda, termasuk jumlah pengikut, jenis kelamin, usia, dan lokasi geografis. Anda dapat melihat pengikut baru dan hilang, serta interaksi pengikut dengan postingan Anda.

Langkah 4: Menggunakan Data Insight Instagram

Setelah memahami data Insight Instagram, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kinerja akun Instagram Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan data Insight Instagram:

  • Menganalisis postingan terbaik Anda: Dengan melihat statistik di tab Konten, Anda dapat mengidentifikasi postingan yang paling populer dan mengetahui jenis konten yang paling disukai oleh pengikut Anda.
  • Mengidentifikasi waktu terbaik untuk berposting: Dengan melihat statistik di tab Aktivitas, Anda dapat mengetahui waktu yang paling efektif untuk berposting agar postingan Anda lebih banyak dilihat dan diinteraksi oleh pengikut Anda.
  • Meningkatkan interaksi dengan pengikut: Dengan memperhatikan statistik di tab Pengikut, Anda dapat mengetahui jenis konten yang paling disukai oleh pengikut Anda dan memperbaiki strategi pemasaran Anda di Instagram. Anda juga dapat mengetahui bagaimana pengikut Anda berinteraksi dengan akun Anda dan memberikan respons yang lebih baik kepada pengikut Anda.
  • Memperoleh informasi tentang pengikut baru: Dengan memperhatikan statistik di tab Pengikut, Anda dapat mengetahui jenis kelamin, usia, dan lokasi geografis pengikut Anda. Informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki strategi pemasaran Anda dan memperluas audiens Anda.
  • Memperbaiki strategi promosi: Dengan memperhatikan statistik di tab Aktivitas dan Konten, Anda dapat memperbaiki strategi promosi Anda dan meningkatkan keterlibatan pengikut Anda.
  • Mengukur kesuksesan kampanye pemasaran: Dengan memperhatikan statistik di tab Aktivitas, Konten, dan Pengikut, Anda dapat mengetahui efektivitas kampanye pemasaran Anda di Instagram. Anda dapat mengukur kinerja postingan, mengetahui jenis konten yang paling sukses, dan mengetahui bagaimana pengikut Anda bereaksi terhadap kampanye pemasaran Anda.
  cara mencari Nilai Rata Rata Rumus Contoh Excel

Kesimpulan

Instagram Insight adalah fitur analitik yang sangat berguna bagi pengguna Instagram bisnis dan profesional. Dengan menggunakan Insight Instagram, pengguna dapat mengetahui lebih banyak tentang pengikut mereka dan cara pengikut mereka berinteraksi dengan akun Instagram mereka. Dengan memahami dan menggunakan data Insight Instagram dengan benar, pengguna dapat memperbaiki strategi pemasaran mereka dan meningkatkan keterlibatan pengikut mereka. Selalu perhatikan statistik akun Instagram Anda dan teruslah belajar untuk meningkatkan kinerja akun Instagram Anda.