Cara Melihat Siapa yang Sudah Membaca Chat di Grup WA

Posted on

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan multifungsi yang sangat populer. Selain dapat digunakan untuk mengirim berbagai pesan singkat berupa teks, foto, video, file, kontak, audio, dan berbagi lokasi, WhatsApp juga menyediakan fitur grup yang memungkinkan ratusan orang berinteraksi dalam satu wadah.

Salah satu fitur utama yang sering digunakan oleh pengguna WhatsApp adalah fitur Grup. Keberadaan Grup WhatsApp sangat membantu banyak kelompok yang ingin bertukar pikiran tanpa harus bertemu secara langsung.

Dalam Grup WhatsApp, anggota dapat mengirim berbagai jenis pesan yang dapat dibaca oleh seluruh anggota grup. Ketika mengirim sesuatu di grup, seringkali muncul rasa penasaran apakah pesan tersebut sudah dibaca oleh semua anggota grup WhatsApp.

Atau mungkin Anda ingin tahu siapa saja yang telah melihat pesan yang dikirim di grup WhatsApp tersebut. Selain itu, jika pesan tersebut membutuhkan respons dari anggota grup yang lain, Anda juga dapat melihat siapa saja yang menjadi silent reader, yaitu anggota grup yang hanya menyaksikan pesan tanpa memberikan komentar.

Pada aplikasi WhatsApp, sebenarnya sudah tersedia fitur-fitur yang dapat membantu Anda melihat siapa saja yang telah melihat pesan di grup WhatsApp. Biasanya, jika pesan telah dibaca oleh semua anggota grup, akan muncul tanda dua centang biru pada pesan tersebut. Namun, jika ada satu anggota yang belum membaca pesan tersebut, tanda tersebut tidak akan berubah.

Untuk memudahkan pemantauan anggota grup WhatsApp yang aktif, tersedia fitur-fitur spesifik yang dapat digunakan. Sehingga, Anda dapat dengan mudah melacak aktivitas anggota grup dan mengetahui siapa saja yang aktif atau hanya menjadi silent reader.

  6 Cara mudah Menonaktifkan Whatsapp WA sementara

Selain fitur tanda dua centang biru yang menandakan bahwa pesan telah dibaca oleh seluruh anggota grup, WhatsApp juga menyediakan metode lebih spesifik untuk memonitor aktivitas anggota grup. Misalnya, terdapat fitur “Info Baca” yang memungkinkan Anda melihat daftar anggota yang telah membaca pesan tersebut.

Untuk menggunakan fitur “Info Baca” ini, Anda dapat membuka pesan di grup, kemudian ketuk tanda centang biru di bawah pesan. Setelah itu, pilih opsi “Info Baca” untuk melihat daftar anggota grup beserta waktu kapan mereka membaca pesan tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan lebih rinci siapa saja yang telah melihat pesan dan kapan hal tersebut terjadi.

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan status “Online” yang menunjukkan apakah anggota grup sedang aktif atau tidak. Jika statusnya “Online,” berarti anggota tersebut sedang menggunakan WhatsApp pada saat itu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang menyukai penggunaan fitur ini karena dianggap mengganggu privasi.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Anda dapat lebih mudah memonitor dan mengelola aktivitas anggota grup WhatsApp. Ini membantu meningkatkan interaksi dan komunikasi antar anggota grup tanpa harus bertemu secara langsung. WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dan menjadikan pengalaman berkomunikasi lebih baik.

Cara Melihat Siapa yang Sudah Membaca Chat di Grup WA

Saat kita mengirim sebuah pesan pada whatsApp, status-statusnya berdasarkan symbol adalah:

  • Ikon Jam: Pesan sedang dalam proses mengiriman.
  • Satu buah checklis abu-abu: Pesan telah berhasil dikirim namun belum sampai kepada penerima.
  • Dua buah checklis abu-abu: Pesan telah berhasil sampai kepada penerima.
  • Dua buah checklis Biru: pesan telah dibaca oleh penerima.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah langkah – langkah untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan kita pada group WhatsApp baik untuk iOS maupun Android:

  Cara Transfer Pulsa AXIS Tutorial Lengkap dan Mudah

Pertama

Buka Aplikasi WhatsApp

Kedua

Masuk ke salah satu group yang diinginkan

Ketiga

Kirim pesan baru di group jika kita ingin melakukan percobaan yang benar – benar dari awal, namun bila tidak pun kita bisa menggunakan pesan yang telah dikirim oleh kita sebelumnya dalam group tersebut.

Keempat

Tekan dan tahan pada pesan yang telah kita kirim tersebut sampai Menu pilihan (Pop up) muncul seperti dibawah ini kemudian pilih Info:

Contoh pada smartphone berbasis iOS (iPhone)

Contoh pada smartphone berbasis Android

Kelima

Setelah memilih Info jendela baru akan muncul yang memberikan detail informasi yang berkaitan dengan pesan tersebut seperti kepada siapa saja pesan telah terkirim (Delivered to), oleh siapa saja pesan telah dibaca (Read by), dan kepada siapa saja pesan belum terkirim seperti pada gambar dibawah ini.

Itulah teknik mudah untuk menyaksikan atau memahami siapa saja anggota grup WA yang sudah menyimak pesan yang kamu buat. Dengan kata lain, kamu bisa memahami siapa saja anggota grup yang aktif. Tapi, teknik ini tidak bakal bekerja andai ternyata terdapat anggota grup yang memakai cara supaya bisa memperhatikan pembahasan grup secara diam-diam tanpa ketahuan. Karena, nama anggota grup itu tidak akan hadir pada susunan Seen by meskipun pesan kamu sudah dibaca.