Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan

Posted on

Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan – Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

jaringan komputer
jaringan komputer

Fungsi jaringan komputer

Fungsi jaringan komputer adalah supaya dapat tercapainya suatu tujuan, setiap bagian-bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut dengan klien (client) sedangkan yang memberikan atau mengirim layanan disebut dengan server. Desain ini disebut dengan sistem client-server, digunakan pada hampir seluruh aplikasi pada jaringan komputer.

Manfaat jaringan komputer

Manfaat Jaringan komputer itu sendiri antara lain sebagai berikut ini:

  1. Menjadikan sistem komputer lebih mudah dioperasikan danlebih fleksibel.
  2. Banyaknya aplikasi pendukung yang dapat dijalankan atau dioprasikan di berbagai macam komputer.
  3. Tak menjadikan ketergantungan terhadap satu jenis komputer (sehingga jenis komputer yang lain bisa dikoordinasikan secara bersamaan).
  4. Reabilitas tinggi serta dapat membagi sumber daya (pertukaran data/file, memakai perinter bersama-sama dll.).
  5. Memperluas pendayagunaan sistem operasi komputer.
  6. Memperluas kemudahan berkomunikasi antar komputer.
  7. Dan memudahkan kecepatan mengakses informasi.

 

Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan
Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan

Cara Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP LAN Jaringan
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. sekarang #jatikom mau share cara memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP atau kabel jaringan.

Baca :  Fungsi-Fungsi bagian microsoft word kegunaan, kelebihan, kekurangan

Alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan LAN

1.Pengertian Crimping Tool :

Crimping Tool
Crimping Tool

Crimp tool / Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 / RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimp RJ-45 atau RJ-11 saja.
Fungsi Crimping Tool :

  • Memotong kabel
  • Melepas pembungkus kabel
  • Memasang konektor

2. conektor Rj45

conektor Rj45
conektor Rj45

RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.

3. Kabel UTP

Kabel UTP
Kabel UTP

Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin.

4. LAN Card (bisa Onboard)

LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.

5. Tester



Tester
Tester

Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.Jika berhasil maka Lampu Indikator akan menyala berurutan dan berpasangan.

6. Switch / Hub

Switch Hub
Switch Hub

Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 – 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain sebenarnya tutorial seperti ini uda sangat banyak dibahas, namun terkadang buat pemula (newbie) susah untuk memahami isi tutorialnya. Disini saya akan membantu anda terutama newbie untuk memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP dengan muda, cukup melakukan langkah2 dibawah ini :

Baca :  Tutorial Cara Gampang Main Instagram Lewat Komputer Tanpa Aplikasi

Cara Pemasangan Kabel jaringan

1) Kupas kulit kabel UTP dengan Tang Krimping, hati2 cara mengupasnya jangan sampe kena kabel yg ada didalam kulit kabel.

Setelah Kulit kabel dikupas hasilnya akan seperti gambar dibawah :

2) Susun warna kabel seprti gambar dibawah ini :

kalau masi bingung ni saya tuliskan susunan warnanya, susun dari kiri ke kanan yahh…!!!

  • Putih Orange
  • Orange
  • Putih Hijau
  • Biru
  • Putih Biru
  • Hijau
  • Putih Coklat
  • Coklat

3) kalau warnanya uda sesuai gambar diatas maka anda tinggal luruskan saja kabelnya lalu ratakan ujungnya dengan tang krimping.

4) kalau ujung kabel sudah diratakan sperti gambar diatas, tinngal memasang konektornya saja.

ambil konektor RJ-45, lihat gambar dibawah cara memegang konektor :

Perhatikan konektornya, pengunci konektor berada dibelakang.
bila pengunci konektor berada didepan segera sesuaikan seperti gambar diatas..!!!

5) Masukkan kabel ke dalam konektor. bila kabel uda masuk tekan2 sedikit agar ujung kabel menyentuh dengan pin yg ada di konektor

6) Bila konektor sudah terpasang pada kabel, press konektor pake crimping, tekan sampai anda mndengar bunyi klik dan pemasangan pun selesai.

7) Anda tinggal mengulangi langkah2 di atas untuk pemasangan konektor ujung kabel yang satunya.

8) Setelah ke 2 ujung kabel sudah terpasang konektor saatnya anda melakukan tes signal dengan kabel tester, masukkan masing2 ujung kabel ke port yang ada di tester lalu nyalakan testernya dengan menggeser tombol on/off.

bila lampu indikatornya menyala berurutan dari 1 sampai 8, berarti anda telah berhasil membuat kabel straight tapi bila lampu indikator menyala tidak berurutan atau tidak menyala sama sekali berarti terjadi suatu kesalahan, cobalah ulangi lagi.

Kabel Straight biasanya digunakan saat komputer ingin disambungkan ke hub, hub ke modem, modem ke router mikrotik dll.

Baca :  Macam-macam Jaringan Komputer Keuntungan Kerugian Tujuan

Sedangkan kabel Cross biasanya digunakan untuk menyambungkan komputer ke komputer.

berikut urutan warna kabel pada kabel Cross :

Semoga Bermanfaat untuk semua

Share