cara mengaktifkan dark mode di whatsapp

Posted on

Dark mode atau mode gelap menjadi salah satu fitur yang banyak dicari oleh pengguna aplikasi seluler saat ini. Tidak hanya membuat tampilan layar lebih keren, tetapi mode gelap juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata pengguna saat menggunakannya di malam hari atau di lingkungan yang minim cahaya. Selain itu, mode gelap juga dapat membantu menghemat daya baterai pada ponsel Anda. WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi seluler paling populer di dunia, tidak ingin ketinggalan dalam tren ini dan menyediakan fitur dark mode bagi para penggunanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp pada perangkat Android dan iOS Anda. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang keuntungan penggunaan mode gelap di WhatsApp serta cara mengaktifkan opsi mode gelap secara otomatis di WhatsApp.

cara mengaktifkan dark mode di whatsapp

1.Apa itu Dark Mode di WhatsApp?

Dark mode atau mode gelap adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan layar menjadi lebih gelap atau lebih hitam dari biasanya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kecerahan layar dan mengurangi ketegangan pada mata pengguna saat menggunakannya di lingkungan yang minim cahaya. Mode gelap juga membantu menghemat daya baterai pada perangkat pengguna, karena layar yang lebih gelap membutuhkan daya baterai yang lebih sedikit daripada layar yang cerah.

2.Keuntungan Menggunakan Dark Mode di WhatsApp

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan dark mode di WhatsApp:

  • Menjaga kesehatan mata: Pengguna dapat menghindari ketegangan mata dan kelelahan mata akibat layar yang terlalu cerah.
  • Menjaga kualitas tidur: Pengguna dapat menghindari paparan cahaya biru yang dapat mengganggu kualitas tidur mereka.
  • Memperpanjang daya baterai: Mode gelap dapat membantu menghemat daya baterai pada perangkat pengguna.
  • Tampilan layar yang lebih keren: Mode gelap memberikan tampilan yang lebih keren dan lebih modern pada layar perangkat Anda.
  Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren Panduan Lengkap

3.Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp untuk Perangkat Android

Untuk mengaktifkan dark mode di WhatsApp pada perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Settings” atau “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  • Ketuk “Chats” atau “Obrolan”.
  • Pilih “Theme” atau “Tema”.
  • Pilih opsi “Dark” atau “Gelap” untuk mengaktifkan mode gelap.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, tampilan WhatsApp Anda akan berubah menjadi mode gelap.

4.Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp untuk Perangkat iOS

Untuk mengaktifkan dark mode di WhatsApp pada perangkat iOS Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Ketuk ikons Settings yang terletak di pojok kanan bawah layar. 3. Pilih “Chats” atau “Obrolan” dari menu yang muncul.
  • Ketuk “Theme” atau “Tema”.
  • Pilih opsi “Dark” atau “Gelap” untuk mengaktifkan mode gelap.
  • Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, tampilan WhatsApp Anda akan berubah menjadi mode gelap.

5.Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Secara Otomatis

Anda juga dapat mengaktifkan dark mode di WhatsApp secara otomatis pada perangkat Android dan iOS Anda. Dalam mode otomatis, WhatsApp akan mengikuti tema default sistem operasi perangkat Anda, yang berarti jika tema default sistem operasi Anda adalah mode gelap, maka WhatsApp juga akan berubah menjadi mode gelap secara otomatis.

Untuk mengaktifkan opsi mode gelap secara otomatis di WhatsApp pada perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Settings” atau “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  • Ketuk “Chats” atau “Obrolan”.
  • Pilih “Theme” atau “Tema”.
  • Pilih opsi “System default” atau “Default sistem” untuk mengaktifkan mode gelap secara otomatis.
  8 Contoh Undangan Rapat di Grup Whatsapp WA Santun dan Baik

Untuk mengaktifkan opsi mode gelap secara otomatis di WhatsApp pada perangkat iOS Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon Settings yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  • Pilih “Chats” atau “Obrolan” dari menu yang muncul.
  • Ketuk “Theme” atau “Tema”.
  • Pilih opsi “System default” atau “Default sistem” untuk mengaktifkan mode gelap secara otomatis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara detail tentang cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp pada perangkat Android dan iOS. Mode gelap merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menghindari ketegangan mata dan memperpanjang daya baterai pada perangkat mereka. Selain itu, WhatsApp juga menyediakan opsi mode gelap secara otomatis, yang dapat diaktifkan dengan mudah melalui pengaturan aplikasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat mengaktifkan mode gelap di WhatsApp dan menjaga mata Anda tetap nyaman ketika menggunakannya di malam hari atau di lingkungan yang minim cahaya. Selain itu, mode gelap juga memberikan tampilan yang lebih keren dan lebih modern pada layar perangkat Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Aktifkan mode gelap di WhatsApp Anda sekarang juga!

Terakhir, jangan lupa bahwa penggunaan mode gelap di WhatsApp juga dapat membantu mengurangi konsumsi daya baterai pada perangkat Anda. Pada layar dengan mode gelap, pixel layar perangkat Anda tidak memerlukan daya yang terlalu banyak untuk menghasilkan warna hitam, karena pada layar OLED atau AMOLED, pixel hitam sebenarnya dimatikan. Hal ini berarti bahwa semakin banyak Anda menggunakan mode gelap di WhatsApp, semakin sedikit daya baterai yang dibutuhkan oleh layar perangkat Anda, dan ini tentu saja bisa meningkatkan umur baterai perangkat Anda secara keseluruhan.

  Sejarah Internet Pengertian Internet menurut para ahli

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat ketika menggunakan mode gelap di WhatsApp. Pertama, mode gelap mungkin tidak cocok untuk semua orang, dan beberapa pengguna mungkin masih merasa lebih nyaman dengan mode tampilan standar. Kedua, penggunaan mode gelap tidak sepenuhnya menghilangkan ketegangan mata, dan Anda tetap harus memperhatikan waktu yang Anda habiskan di depan layar perangkat Anda. Ketiga, mode gelap mungkin tidak berfungsi dengan baik pada perangkat lama atau yang memiliki layar yang kurang baik.

Dalam kesimpulannya, penggunaan mode gelap di WhatsApp dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan memperpanjang daya baterai pada perangkat Anda, sementara juga memberikan tampilan yang lebih modern dan keren pada layar perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkan mode gelap dengan mudah melalui pengaturan aplikasi WhatsApp, atau dengan memilih opsi mode gelap secara otomatis yang akan mengikuti tema default sistem operasi perangkat Anda. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal yang telah dijelaskan di atas sebelum mengaktifkan mode gelap di WhatsApp Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!