cara mengatur margin ukuran kertas ms word

Posted on

Margin merupakan sisi tepi atas dan sisi tepi atas penulisan teks dengan tepi kertas. Makin besar setelan ukuran kertas yang diatur, maka makin jauh jarak antara teks dengan tepi kertas dan begitu juga sebaliknya. Pada beberapa kasus setelan margin ini memiliki sifat baku seperti pembuatan margin skripsi, makalah, ataupun karya tulis ilmiah lainnya. Contohnya saja, pada karya tulis skripsi menggunakan setelan margin kiri dan atas 4 cm sedangkan margin kanan dan bawah 3 cm. Pada kondisi umum, pengguna bisa mengatur margin sesuai dengan keinginan dan menyesuaikan dokumen itu sendiri.

Fitur ini berguna untuk mengatur batas kertas yang akan dicetak agar sesuai keinginan, fitur word sangat memudahkan pengguna dalam melakukan pengetikan. Word memiliki berbagai macam fitur yang mudah digunakan. Word merupakan produk andalan microsoft word yang sangat banyak digunakan didunia, word merupakan perangkat lunak yang terdapat ms office yakni terdiri word excel powerpoint, pubhliser dan lain sebagainya.

aplikasi word digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia untuk memudahkan pekerjaannya, word digunakan oleh banyak kalangan baik kalangan profesional maupun usaha. Penggunaan word tak cuma digunakan untuk melakukan pengetikan kata, pengguna juga bisa mengisi berbagai macam bentuk gambar, tulisan, dan lainnya. Word memiliki fitur untuk menulis kalimat-kalimat dalam berbagai bentuk. Didala kalimat-kalimat pengguna juga bisa menyematkan gambar-gambar yang dinginkan fitur ini sudah lama disediakan oleh microsoft.

Pengertian margin

Margin merupakan jarak tepi kertas / halaman yang ada di microsoft word. Biasanya jika kita ingin membuat skripsi sudah ada ukuran standar yang digunakan. Pengaturan margin dilakukan pada saat sebelum kita menuliskan skripsi sehingga hasilnya akan akan lebih baik. Untuk pembuatan skripsi dan makalah bisanya menggunakan kertas A4.

Baca :  cara mengatasi spasi berantakan hilang word 2010 ke word 2007

Pengaturan Margin Skripsi

Skripsi biasanya memerlukan pengaturan margin khusus sehingga tidak bisa disamakan dengan pembuatan artikel atau pembuatan surat menyurat. Ukuran paper yang digunakan pun harus menggunakan A4 sehingga hampir semua ukuran kertas dan margin untuk pembuatan skripsi sama.

  1. Menampilkan Garis Batas Margin

Garis batas margin adalah garis putus-putus yang mengelilingi pinggir halaman atau membatasi area pengetikan teks di dalam halaman kerja. Adapun cara menampilkan dan menyembunyikan garis pembatas margin adalah sebagau berikut:

  • Klik tab “File
  • Klik menu “Options” atau “Word Option”, sehingga muncul kotak dialog berikut.

Gambar 3.100 Menu Word Options

  • Pada gambar di atas, klik menu “Advanced”, lalu gulir scroll sampai pada grup “Show document content”. Perhatikan gambar berikut.

Gambar 3.101 Menampilkan text boundaries

  • Pada gambar di atas, ceklis kotak kecil “Show text boundarie”
  • Setelah selesai, klik tombol “OK”.
  1. Mengubah Satuan Ukuran Margin
    Satuan ukur margin halaman terdiri dari inchi, millimeter, centimeter, point, dan picas.  Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan satuan ukur margin sesuai dengan keperluan agar nantinya lebih memudahkan dalam mengatur ukuran margin halaman. Adapun cara mengubah satuan ukur margin adalah sebagai berikut:
  • Klik Tab “File
  • Klik menu “Options” atau “Word Option”, maka akan tampil kotak dialog berikut.

Gambar 3.102 Menu Word Options

  • Klik menu “Advanced, gulir scroll bar sampai pada grup “Display”, sebagai berikut.

Gambar 3.103 Mengatur satuan ukur margin

  • Pada gambar di atas, gunakan menu “Show measurements in unit of”, untuk memilih satuan ukur, misalnya: “Centimeters”.
  • Setelah selesai, klik tombol “OK”.
  1. Mengatur Margins, Ukuran Kertas, dan Bingkai Halaman
    Adapun cara mengatur margins, ukuran kertas, dan bingkai (borders) sebuah halaman Microsoft Word adalah sebagai berikut:
  • Klik tab “Layout
  • Klik ikon panah “Page Setup” sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut.
Baca :  Cara Mengunci Aplikasi WA Whatsapp Mudah

Gambar 3.104 Menu Page Setup

  • maka akan tampil menu Page Setup yang menampilkan tiga menu pengaturan, yaitu: MarginsPaperdan Layout. Adapun fungsi dan cara mengatur ketiga menu tersebut adalah sebagai berikut.
  • Menu Margins
    • Margins adalah jarak antara area pengetikan teks dengan tepi kertas bagian kiri, atas, kanan, dan bawah. Dengan begitu, semakin besar ukuran margin, maka akan semakin jauh pula jarak antara teks dengan tepi kertas.



Gambar 3.105 Halaman Margin pada kotak dialog Page Setup

    • Cara mengatur ukuran margin adalah sebagai berikut: 1) ubah angka yang berada pada kolom Left untuk menentukan ukuran margin kiri, 2) ubah angka yang berada pada kolom Top untuk menentukan ukuran margin atas, 3) ubah angka yang berada pada kolom Right untuk mengubah ukuran margin kanan, 4) dan ubah angka yang berada pada kolom Bottom untuk menentukan ukuran margin bawah.
    • Menu Orientation digunakan untuk menentukan rotasi teks pada kertas apakah memanjang ke bawah (Potrait) atau memanjang ke samping (Landscape).
  • Menu Paper
    • Menu ini digunakan untuk mengatur jenis kertas. Adapun tampilan halaman menu ini adalah sebagai berikut.

Gambar 3.106 Halaman Paper pada kotak dialog Page Setup

    • Pada gambar di atas, klik kolom Paper size untuk memilih jenis ukuran halaman yang tersedia, misalnya: A4, Letter, Legal, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengetikkan langsung nilai ukuran kertas pada kolom Width dan Height.
    • Setelah selesai melakukan pengaturan, klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan, atau tekan tombol “Set As Default”untuk menjadikan pengaturan tersebut menjadi setelan standar.
  • Menu Layout
    • Menu ini digunakan untuk melakukan pengaturan layout dan bingkai halaman. Adapun tampilan halaman menu ini adalah sebagai berikut.
Baca :  Pengertian Komputer, fungsi manfaat Menurut Para Ahli

Gambar 3.107 Menu Layout pada kotak dialog Page Setup

    • Pada menu jendela layout tersebut, klik tombol Borders….untuk menyisipkan bingkai halaman melalui jendela “Border and Shading”sebagai berikut.

Gambar 3.108 Menu Page Border pada kotak dialog Borders and Shading

  • Pada menu di atas, klik ikon ‘Box’ untuk menambahkan bingkai pada halaman atau klik ikon ‘None’ untuk menghilangkan bingkai dari halaman. Adapun jenis-jenis pilihan bingkai halaman dapat Anda pilih pada menu Style atau Art.
  • Selanjutnya, Anda juga dapat mengatur tingkat kerapatan antara bingkai halaman dengan teks. Caranya adalah: klik tombol Options…, maka akan muncul jendela menu Border and Shading Options sebagai berikut.

Gambar 3.109 Kotak dialog Borders and Shadings Options

  • Pada menu tersebut, klik ikon panah “Measure From” untuk memilih posisi bingkai, pilihannya ialah: Text berarti bingkai mendekati teks, Edge of Pageberarti bingkai mendekati batas tepi kertas. Setelah selesai, klik tombol ‘OK’untuk menyimpan pengaturan.

Bagikan di Sosial Media