cara mengembalikan password windows 10

Posted on

Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Namun, terkadang kita bisa lupa dengan password Windows 10 yang kita gunakan. Hal ini tentu akan sangat merepotkan jika kita ingin mengakses data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop tersebut. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa.

cara mengembalikan password windows 10

Cara Pertama: Menggunakan Password Reset Disk Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa adalah dengan menggunakan password reset disk. Password reset disk ini sebenarnya sudah disediakan oleh sistem operasi Windows 10 untuk membantu pengguna dalam mengembalikan password yang lupa. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan password reset disk ke dalam komputer atau laptop Windows 10 yang sedang digunakan.
  2. Ketika muncul pesan “Password yang dimasukkan salah”, klik tombol “Reset Password”.
  3. Setelah itu, pilih drive tempat password reset disk disimpan.
  4. Masukkan password reset disk ke dalam drive tersebut dan klik tombol “Next”.
  5. Masukkan password baru yang ingin Anda gunakan dan konfirmasi password tersebut dengan memasukkannya kembali pada kolom yang tersedia.
  6. Setelah selesai, klik tombol “Finish” untuk menyelesaikan proses pengembalian password.

Cara Kedua: Menggunakan Akun Microsoft Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa adalah dengan menggunakan akun Microsoft. Jika Anda memiliki akun Microsoft yang terhubung dengan Windows 10, maka Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk mengembalikan password. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman login Windows 10 dan ketikkan password yang salah.
  2. Ketika muncul pesan “Password yang dimasukkan salah”, klik tombol “Lupa Password”.
  3. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun Microsoft Anda.
  4. Ikuti petunjuk yang terdapat pada layar untuk mengubah password.
  5. Setelah itu, buka halaman login Windows 10 dan masukkan password baru yang telah Anda buat.
Baca :  Cara aktivasi microsoft office 2016 Permanen Mudah

Cara Ketiga: Menggunakan Command Prompt Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa adalah dengan menggunakan Command Prompt. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki akses ke akun Administrator pada komputer atau laptop yang sedang digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + X pada keyboard dan pilih opsi “Command Prompt (Admin)”.
  2. Ketikkan perintah “net user [username] *” (tanpa tanda kutip).
  3. Ganti “[username]” dengan nama pengguna yang ingin Anda ubah passwordnya.
  4. Setelah itu, ketikkan password baru yang ingin Anda gunakan dan tekan Enter.
  5. Ketikkan kembali password yang baru Anda buat dan tekan Enter.
  6. Setelah itu, tutup Command Prompt dan buka halaman login Windows 10.
  7. Masukkan password baru yang telah Anda buat untuk masuk ke dalam akun tersebut.

Cara Keempat: Menggunakan Software Pihak Ketiga Cara keempat yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa adalah dengan menggunakan software pihak ketiga. Namun, cara ini lebih kompleks dan membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih dalam dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya hanya dilakukan oleh pengguna yang sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan Command Prompt.

Cara Kelima: Reinstall Sistem Operasi Cara kelima yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa adalah dengan melakukan reinstall sistem operasi. Namun, cara ini tentu akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop tersebut, sehingga sebaiknya dilakukan sebagai pilihan terakhir jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan DVD instalasi sistem operasi Windows 10 atau media USB bootable.
  2. Masukkan DVD instalasi sistem operasi atau media USB bootable ke dalam komputer atau laptop yang sedang digunakan.
  3. Boot komputer atau laptop menggunakan DVD instalasi sistem operasi atau media USB bootable tersebut.
  4. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk melakukan proses reinstall sistem operasi.
  5. Setelah proses reinstall selesai, buka halaman login Windows 10 dan masukkan password baru yang ingin Anda gunakan.
Baca :  Cara Mengatasi Batasan Limit Google Drive

Kesimpulan Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan password Windows 10 yang lupa. Sebaiknya gunakan cara-cara yang lebih mudah dan tidak merusak sistem operasi sebelum mencoba cara yang lebih kompleks seperti menggunakan Command Prompt atau melakukan reinstall sistem operasi. Selain itu, penting juga untuk mengingat password dengan baik dan membuat password yang kuat dan mudah diingat untuk menghindari kesulitan yang sama di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan password Windows 10.

Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk membuat password yang kuat dan mudah diingat. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  1. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol pada password Anda. Hal ini akan membuat password Anda lebih kuat dan sulit ditebak.
  2. Buat password yang panjang, minimal 8 karakter. Semakin panjang password Anda, semakin sulit untuk ditebak.
  3. Jangan gunakan kata-kata umum seperti nama atau tanggal lahir sebagai password Anda. Hal ini akan membuat password Anda mudah ditebak oleh orang lain.
  4. Gunakan kalimat yang mudah diingat sebagai dasar untuk password Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan kalimat seperti “saya suka makan nasi goreng” dan mengubahnya menjadi “S4y4$uk4M4k4nN4s1G0r3ng!”.
  5. Gunakan password manager untuk menyimpan password Anda. Dengan menggunakan password manager, Anda tidak perlu mengingat semua password Anda secara manual dan dapat dengan mudah mengelola password Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat password yang kuat dan mudah diingat sehingga dapat menghindari masalah dengan password di masa depan.