cara mengirim aplikasi lewat bluetooth

Posted on

Teknologi Bluetooth telah hadir sejak 1994 dan telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita. Bluetooth memungkinkan kita untuk menghubungkan berbagai perangkat nirkabel, seperti headset, speaker, dan printer, ke smartphone dan laptop kita. Selain itu, Bluetooth juga dapat digunakan untuk mengirim file antara perangkat yang kompatibel.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth, langkah demi langkah. Namun sebelum kita masuk ke dalam topik utama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan bahwa perangkat yang akan mengirim aplikasi dan perangkat yang akan menerima aplikasi memiliki fitur Bluetooth yang sudah diaktifkan. Jika perangkat Anda tidak memiliki fitur Bluetooth, maka Anda tidak akan bisa mengirim aplikasi melalui Bluetooth.

Kedua, pastikan bahwa kedua perangkat sudah terhubung satu sama lain melalui Bluetooth. Untuk menghubungkan perangkat melalui Bluetooth, pastikan kedua perangkat sudah dalam keadaan visible atau terlihat pada daftar perangkat yang bisa dihubungkan.

Ketiga, pastikan bahwa aplikasi yang akan dikirimkan melalui Bluetooth sudah dalam bentuk file APK. APK adalah format file yang digunakan oleh Android untuk menginstal aplikasi. Jika aplikasi yang akan dikirimkan belum dalam bentuk file APK, maka Anda harus mengonversinya terlebih dahulu.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, berikut adalah langkah-langkah untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth.

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth

  • Langkah 1: Pastikan perangkat Anda sudah terhubung melalui Bluetooth Sebelum Anda bisa mengirim aplikasi melalui Bluetooth, pastikan bahwa kedua perangkat sudah terhubung melalui Bluetooth. Untuk memeriksa apakah perangkat Anda sudah terhubung, pergi ke Pengaturan > Bluetooth pada perangkat Anda. Pastikan bahwa Bluetooth sudah diaktifkan dan perangkat yang ingin Anda hubungkan sudah terlihat pada daftar perangkat yang bisa dihubungkan. Jika belum, aktifkan opsi visible pada perangkat yang ingin Anda hubungkan.
  • Langkah 2: Siapkan file APK Pastikan aplikasi yang ingin Anda kirimkan sudah dalam bentuk file APK. Jika belum, Anda bisa mengonversinya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi konversi file APK seperti APK Extractor.
  • Langkah 3: Pilih aplikasi yang ingin Anda kirimkan Pergi ke aplikasi manager pada perangkat Anda dan pilih aplikasi yang ingin Anda kirimkan melalui Bluetooth.
  • Langkah 4: Pilih opsi “Bagikan” Setelah memilih aplikasi yang ingin Anda kirimkan, pilih opsi “Bagikan”. Anda akan melihat daftar aplikasi yang tersedia untuk membagikan aplikasi tersebut.
  • Langkah 5: Pilih opsi “Bluetooth” Pilih opsi “Bluetooth” dari daftar aplikasi yang tersedia. Aplikasi akan mulai mencari perangkat Bluetooth terdekat.
  • Langkah 6: Pilih perangkat yang ingin Anda kirimkan aplikasi ke Setelah perangkat Anda menemukan perangkat Bluetooth terdekat, pilih perangkat tersebut dan mulailah proses pengiriman aplikasi.
  • Langkah 7: Terima aplikasi Setelah Anda mengirim aplikasi, perangkat penerima akan menerima notifikasi bahwa ada file yang akan dikirim melalui Bluetooth. Terima notifikasi tersebut dan pilih opsi “Terima” untuk memulai proses pengiriman.
  • Langkah 8: Tunggu hingga proses pengiriman selesai Setelah proses pengiriman dimulai, tunggu hingga proses selesai. Proses pengiriman akan berlangsung beberapa menit tergantung pada ukuran file aplikasi yang dikirim.
  • Langkah 9: Instal aplikasi Setelah proses pengiriman selesai, aplikasi akan tersimpan di perangkat penerima. Untuk menginstal aplikasi, buka aplikasi manager pada perangkat penerima dan cari aplikasi yang telah diterima melalui Bluetooth. Klik pada aplikasi dan pilih opsi “Instal” untuk menginstal aplikasi.
  Cara Transfer Pulsa Indosat Panduan Lengkap

Metode Lain

Selain itu, ada beberapa alternatif lain untuk mengirim aplikasi ke perangkat lain. Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat dipertimbangkan:

  1. Menggunakan kabel USB Mengirim aplikasi melalui kabel USB adalah salah satu alternatif yang lebih cepat dan lebih stabil daripada menggunakan Bluetooth. Caranya cukup mudah, cukup sambungkan perangkat pengirim dan penerima menggunakan kabel USB, lalu salin file aplikasi ke perangkat penerima. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus memiliki kabel USB yang kompatibel dengan kedua perangkat.
  2. Menggunakan aplikasi pengiriman file Ada banyak aplikasi pengiriman file yang dapat digunakan untuk mengirim aplikasi ke perangkat lain, seperti SHAREit, Xender, dan lain-lain. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim file apa saja melalui jaringan Wi-Fi tanpa perlu menggunakan koneksi internet atau Bluetooth. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi pengiriman file ini juga dapat memakan banyak daya baterai dan memori perangkat Anda.
  3. Menggunakan email Jika ukuran file aplikasi tidak terlalu besar, maka Anda dapat mengirimkannya melalui email. Caranya cukup mudah, cukup buat email baru dan lampirkan file aplikasi ke dalam email tersebut, lalu kirimkan ke alamat email penerima. Namun, perlu diingat bahwa ukuran file aplikasi yang dapat dikirimkan melalui email terbatas, sehingga cara ini tidak cocok untuk mengirim aplikasi dengan ukuran yang besar.
  4. Menggunakan cloud storage Anda juga dapat mengunggah file aplikasi ke layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox, lalu berikan akses kepada penerima untuk mengunduh file tersebut. Caranya cukup mudah, cukup buka layanan cloud storage yang Anda gunakan, lalu unggah file aplikasi ke dalamnya. Setelah itu, berikan akses kepada penerima untuk mengunduh file tersebut melalui tautan yang Anda bagikan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cloud storage memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat.
  Cara Cek Tagihan Indihome Panduan Lengkap

Demikianlah langkah-langkah untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth. Namun, perlu diingat bahwa proses ini memerlukan waktu yang cukup lama terutama untuk aplikasi dengan ukuran yang besar. Selain itu, proses pengiriman aplikasi melalui Bluetooth juga dapat memakan banyak daya baterai perangkat Anda.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Pertama, pastikan bahwa perangkat yang akan menerima aplikasi memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menampung aplikasi yang akan dikirimkan. Kedua, pastikan bahwa aplikasi yang akan dikirimkan adalah aplikasi resmi yang diunduh dari Google Play Store atau sumber resmi lainnya. Jangan mengirimkan aplikasi bajakan atau aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Dalam kesimpulannya, mengirim aplikasi melalui Bluetooth dapat menjadi alternatif bagi mereka yang tidak ingin menggunakan jaringan internet atau sumber daya data seluler. Namun, perlu diingat bahwa proses ini memerlukan waktu dan dapat memakan banyak daya baterai perangkat Anda. Pastikan bahwa Anda memperhatikan semua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim aplikasi melalui Bluetooth, dan jangan lupa untuk menginstal aplikasi yang diterima melalui Bluetooth hanya dari sumber resmi dan terpercaya.