Contoh cover Makalah Cara Membuat

Posted on

Contoh cover Makalah Cara Membuat – akan jatikom share pada artikel ini bisa dijadikan pilihan bagi anda dan siapa saja yang sedang membuat makalah atau paling tidak dapat menambah inspirasi dalam mendesain cover makalah yang anda buat. Jika anda mendesain sendiri dalam membuat cover makalah tidak ada salahnya simak tips berikut mengenai cara membuat cover makalah.

Cover makalah biasanya format yang sering di gunakan adalah sebagai berikut

  1. Makalah disusun dengan cover dengan bentuk cover terlampir
  2. Isi makalah diketik dengan format font : Times New Roman, Regular, 12
  3. Di Print di atas kertas HVS kuwarto A4
  4. Pada tepi atas 4 cm, kiri 3,5 cm, kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm
  5. Orientasi : Potrait spasi 1,5 Lines

Judul Makalah

Dalam penciptaan cover makalah yang kesatu diperhatikan ialah judul di taruh pada tengah cover. Serta simaklah terhadap judul yang inginkan Kamu tulis, sebab judul akan menyerahkan informasi, secara singkat tentang isi makalah yang Kamu buat.

Jadi buatlah judul yang baik, menarik, dan jelas guna langsung dipahami.

Serta dalam pemakaian huruf pada judul, pakai font standart yang gampang untuk dibaca laksana Arial, Times New Roman atau Calibri. Jangan tak sempat untuk memakai huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, serta peletakan judul Kamu taruh pada unsur tengan atas cover makalah.

Tujuan Makalah

Tujuan makalah dapat Kamu letakan pada bagian sesudah judul atau pada unsur sub judul, Kamu dapat menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada sub judul. Contoh andai Kamu tadi pada judul memakai huruf ukuran font 14, maka pada penulisan destinasi makalah, Kamu dapat gunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital.

Contohnya dapat Kamu lihat pada artikel bagian bawah di gambar atas.

  Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Indonesia

Logo atau Gambar Makalah

Pemberian gambar atau logo pada suatu makalah di taruh pada posisi tengah cover sampul, dengan ukuran panjang dan lebar kalau dapat sama, tidak terlampau kecil dan pun tidak terlampau besar. Dalam pemberian logo pada sampul makalah mesti dicocokkan dengan ukuran kertas yang bakal digunakan.

Data Penyusun Makalah

Informasi dalam penulisan dan penyusunan suatu makalah, mesti cocok dengan proses penciptaan makalah tersebut sendiri, andai dalam pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang terkaitdalam merangkai makalah tersebut.

Nama Fakultas dan Jurusan

Kamu dapat menulis mengenai keterangan, mulai dari nama fakultas dan jurusan yang sedang dijalani pada ketika ini. Kamu dapat menulisnya pada unsur bawah cover makalah. Bagi menulisnya, Kamu mesti memakai huruf kapital seluruhnya, serupa seperti saat menulis unsur judul. Jika pengarang sedang kuliah di suatu Universitas atau perguruan tinggi, maka pada unsur ini, dapat Kamu tulis menurut dengan jurusan yang dimiliki.

Seandainya pengarang masih bersekolah dibangku SMP atau SMA , maka dapat mencantumkan nama sekolah saja. Sedangkan guna SMK, dapat seperti mahasiswa, pun ditulis jurusannya.

Tahun Pembuatan

Nah ini ialah bagian terbawah dari cover makalah yakni tahun pembuatan. Pemberian data tahun tersebut bermanfaat untuk mempermudah pembaca tahun kapan makalah itu dibuat.

Cover makalah

Membuat cover makalah adalah langkah penting dalam menyajikan tugas atau karya tulis. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat cover makalah yang baik:

  1. Header (Bagian Atas)
  • Judul Makalah: Letakkan judul makalah di bagian tengah halaman. Gunakan huruf besar untuk menonjolkan judul.
  • Nama Institusi: Tuliskan nama sekolah, universitas, atau lembaga pendidikan Anda di bawah judul. Letakkan ini di bawah judul makalah dan gunakan huruf yang lebih kecil dari judul.
  1. Teks Pembuat (Bagian Tengah)
  • Nama Anda: Tuliskan nama Anda di bawah nama institusi, gunakan huruf yang lebih kecil dari nama institusi.
  • Kelas atau Jurusan: Jika diperlukan, tambahkan kelas atau jurusan di bawah nama Anda.
  • Tanggal: Cantumkan tanggal penulisan atau pengumpulan makalah.
  1. Gaya dan Format
  • Font dan Ukuran: Pilih font yang mudah dibaca seperti Arial atau Times New Roman. Ukuran font untuk judul bisa lebih besar, misalnya, 14 atau 16, sementara teks pembuat dan informasi lainnya bisa menggunakan ukuran 12.
  • Warna dan Gaya Teks: Pilih warna dan gaya teks yang sesuai dengan tata letak dan desain keseluruhan dokumen.
  1. Elemen Desain Tambahan (Opsional)
  • Logo Institusi: Jika memungkinkan, tambahkan logo institusi di atas atau di sebelah nama institusi.
  • Garis Pemisah atau Garis Hiasan: Gunakan garis untuk memisahkan elemen-elemen di cover dan memberikan sentuhan estetis.
  • Ilustrasi atau Gambar (jika relevan): Jika ada gambar atau ilustrasi yang sesuai dengan makalah, tambahkan di bagian cover.
  1. Informasi Tambahan (Opsional)
  • Nama Pengajar: Jika diminta, sertakan nama pengajar di bawah informasi Anda.
  • Kata Pengantar atau Abstrak Singkat: Jika disarankan atau diperlukan, tambahkan kata pengantar atau abstrak singkat di bagian bawah cover.
  1. Format Kertas
  • Pastikan cover makalah sesuai dengan format kertas yang Anda gunakan (A4, letter, dsb.).
  Pengertian Contoh Sumber Energi Alternatif Gambar Keterangan

Fungsi cover makalah

Cover makalah memiliki beberapa fungsi penting dalam menyajikan tugas atau karya tulis. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari cover makalah:

1.Identifikasi Diri:

  • Nama Penulis: Memuat nama penulis atau penulis bersama untuk mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab atas makalah tersebut.

2.Informasi Institusi atau Sekolah:

  • Nama Institusi: Menyebutkan nama sekolah, universitas, atau lembaga pendidikan tempat penulis berada, memberikan konteks mengenai sumber dan lingkungan akademis makalah.

3.Judul Makalah:

  • Penjelasan Singkat Isi: Menyajikan judul makalah yang memberikan gambaran singkat mengenai isi atau topik yang akan dibahas dalam makalah.

4.Kelas atau Jurusan:

  • Konteks Akademis: Jika diperlukan, menyebutkan kelas atau jurusan penulis, memberikan informasi lebih lanjut mengenai lingkup dan tujuan penulisan.

5.Tanggal Penulisan atau Pengumpulan:

  • Waktu Penulisan: Menunjukkan kapan makalah itu ditulis atau dikumpulkan, memberikan gambaran tentang relevansi atau waktu konteks makalah.

6.Profesionalisme dan Presentasi:

  • Tampilan Menarik: Memberikan kesan pertama yang baik kepada pembaca dengan tampilan yang rapi, profesional, dan terstruktur.

7.Pemberian Identitas pada Dokumen:

  • Pembeda Dokumen: Menjadikan dokumen mudah diidentifikasi dan dibedakan dari karya tulis lainnya.

8.Aturan Institusi atau Pengajar:

  • Kepatuhan Aturan: Menunjukkan kepatuhan terhadap aturan penulisan dan format yang ditentukan oleh institusi atau pengajar.

9.Promosi dan Pemasaran (dalam konteks publikasi):

  • Peningkatan Daya Tarik: Dalam konteks publikasi atau pameran, cover dapat berfungsi sebagai alat pemasaran yang meningkatkan daya tarik dan minat pembaca atau audiens potensial.

10.Informasi Tambahan (jika diperlukan):

  • Data Tambahan: Menyediakan ruang untuk informasi tambahan seperti logo institusi, nama pengajar, atau kata pengantar.

Cara Membuat Cover Makalah

Untuk membuat atau mendesain cover makalah, anda dapat menggunakan aplikasi MS Word yang caranya sebagai berikut :

  38 Rumah Adat Tradisional Provinsi Indonesia Gambar Penjelasan
1. Buka Ms. Word pada komputer kalian
2. Ketikan judul laporan kalian, kemudian tekan enter agar kebawah, untuk gambar logo anda dapat memasukan dengan cara di insert pada tengah tengah halaman, pilihlah logo dimana anda menaruh file nya pada komputer anda.
Tetapi jika anda ingin praktis, langsung saja lihat contoh-contoh cover makalah di bawah ini
Faktor utama penilaian bagus tidaknya makalah tentu saja content atau isi dari makalah tersebut akan tetapi desain cover makalah yang menarik dan rapi juga memberikan pengaruh minat bagi pembaca untuk membaca makalah yang anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.