Contoh Pidato Singkat Perpisahan SD SMP SMU Ind-Ingg-Sunda-Jawa

Posted on

Contoh Pidato Singkat Perpisahan SD SMP SMU Ind-Ingg-Sunda-Jawa –  Perpisahan adalah momen dimana seluruh emosi bercampur padu. Senang sekaligus sedih. Dalam dunia pendidikan, perpisahan seringkali diisi dengan acara dimana seluruh orang berkumpul dan saling berbagi hal-hal yang telah dilalui bersama. Salah satu urusan yang tak pernah terlewatkan dari acara perpisahan ialah pidato. Ia memegang peranan yang urgen dalam acara tersebut.

Oleh karena itu, naskah pidato tidak sembarangan. Masalahnya, tidak seluruh orang pandai merangkai pidato perpisahan. Untuk Anda yang didaulat merangkai naskah perpisahan, berikut sejumlah contoh manuskrip pidato mengenai perpisahan yang dapat menjadi ilham Anda. Pidato itu kami kutip dari sekian banyak  sumber. Berikut contohnya

Contoh Pidato Tentang Perpisahan Sekolah Dasar

Assalamualaikum wr. Wb

Asshaduallailahaillalah waashaduanna muhamadar rosulullah. Ama badu

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat amin ya robbal ‘alamin.Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan kepada kita selaku umatnya.Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini..

Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini. Tak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau-beliau, kami bukan apa-apa.Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien. Dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Tentang Perpisahan Sekolah Dasar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SDN 05 Bapak Mulyo

Yang saya hormati Wali Kelas kami Ibu Dina

Yang saya hormati Orang tua para undangan

Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.
Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah kelas 6 SD

Yang terhormat, Bapak Kepala SD Taruna Melati, yang saya hormati, Ibu/Bapak Guru dan Karyawan SD Taruna Melati, yang saya hormati, wali murid siswa kelas 6 SD Taruna Melati, dan yang saya sayangi serta saya banggakan teman-teman murid kelas 6 SD Taruna Melati.
Assalamualaikum wr.wb.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat yang diberikanNya kepada kita, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul untuk mengikuti acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 6 SD Taruna Melati.

Tak lupa pula shalawat dan salam juga kita sampaikan pada Rasulullah SAW, semoga syafaatnya akan mengalir pada kita di hari akhir.
Bapak Kepala dan Bapak Ibu Guru SD Taruna Melati, serta para hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya atas nama Amelia mewakili teman-teman murid kelas 6 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada kesempatan ini.

Tidak terasa, waktu sangat cepat berlalu. Kemarin rasanya saya baru pertama masuk di kelas 1, berebut kursi duduk bersama teman-teman, bercanda, tertawa, berkenalan dengan Bapak dan Ibu Guru yang tidak pernah lelah mendidik dan mengajar kami.

Kedatangan kami yang membuat Bapak dan Ibu Guru berpikir keras bagaimana cara membuat kami mandiri pun tidak akan kami lupakan. Masih teringat jelas bagaimana murid-murid di SD Taruna Melati datang dengan diantar orang tua, menangis karena ingin ditemani, bahkan sampai ditunggu di dalam kelas karena berjuang beradaptasi.
Namun, ada pula diantara kami yang sudah mandiri, sehingga tidak perlu ditemani orang tua lagi. Terima kasih banyak untuk Bapak dan Ibu guru kelas 1 atas perjuangannya berkomunikasi dengan kami, anak-anak kecil dengan segala tingkah polah kami.

Saya menyadari bahwa ketegasan Bapak dan Ibu Guru tidak lain dan tidak bukan untuk mengajarkan kami kemandirian dan membuat kami benar-benar belajar di sekolah. Mulanya, kami yang tidak bisa membaca dan belum lancar menulis diajarkan dengan sabar oleh Bapak dan Ibu Guru, sehingga kami pun bisa belajar dengan lancar.

Bahkan, beberapa dari kami mendapatkan nilai sempurna di Ujian Nasional. Oleh karena itu, izinkanlah saya mewakili teman-teman untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Bapak dan Ibu Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Saya dan teman-teman juga memohon maaf apabila dalam menempuh studi di SD Taruna Melati banyak melakukan kesalahan, bahkan tidak jarang menyakiti hati Bapak dan Ibu Guru. Untuk teman-teman yang sudah lulus, mari kita berjuang melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Pertama atau sederajat demi menggapai mimpi masing-masing.

Akhir kata, saya memohon doa restu kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta saudara semua agar setelah meninggalkan sekolah ini, kami tetap bisa membawa nama baik sekolah. Saya akhiri, wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat Bapak Kepala SD Negeri Tunas Bangsa
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru SD Negeri Tunas Bangsa
Serta teman-teman SD Negeri Tunas Bangsa yang saya sayangi
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmatNya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulillah.

Izinkanlah saya selaku perwakilan siswa kelas 6 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara perpisahan sekolah. Tidak terasa saya dan teman-teman telah menempuh studi selama 6 tahun. Suka dan duka  sudah kami alami bersama-sama di Sekolah Dasar kita yang tercinta.
Saya mewakili teman-teman kelas 6 SD Negeri Tunas Bangsa mengucapkan terima kasih pada Bapak dan Ibu Guru yang sebesar-besarnya karena telah memberikan kami kesempatan belajar di sini. Berbagai macam ilmu pengetahuan dan hal penting lainnya telah kami dapatkan selama 6 tahun.

Bapak dan Ibu guru sudah berjuang sekuat tenaga membimbing dan menuntun kami, sehingga kami semua bisa membanggakan nama SD Negeri Tunas Bangsa.

Saya atas nama teman-teman juga memohon maaf apabila selama menempuh studi memberikan kesan yang kurang menyenangkan serta membuat banyak kesalahan. Kenakalan kami tentu tidak bermasud untuk membuat Bapak dan Ibu marah. Terima kasih untuk tidak pernah lelah menasihati dan mengingatkan kami.

Sekian pidato dari saya. Mohon doanya agar kami bisa lancar dalam meneruskan studi selepas lulus dari SD Negeri Tunas Bangsa ini.
Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Kepada bapak/ibu kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang terhormat, juga teman-teman dan adik-adik kelas saya.

Kami berterima kasih kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas berkahnya dan perlindungan pagi ini sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka acara perpisahan. Saya di sini untuk mewakili teman-teman kelas 6 ingin berterima kasih kepada kepala sekolah, guru dan orang tua untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah mengajarkan saya dan teman-teman selama selama enam tahun. Mohon maaf bila selama enam tahun ini saya dan teman-teman pernah mengecewakan  bapak dan ibu guru. Terima kasih atas kesabarannya selama ini.

Untuk adik-adik kelas, saya berharap kalian bisa belajar lebih rajin. Ambil hal baik dari kami dan buang contoh yang kurang baik. Saya mohon doa kepada para guru untuk saya dan teman-teman bisa mengejar pendidikan lebih tinggi dan juga mencapai cita-cita yang diinginkan.

Sekian hanya itu yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila salah kata dan perbuatan. Terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta jajaran SD Jaya Kusuma

Yang Kami hormati seluruh tamu undangan serta tak lupa yang kami banggakan seluruh teman dan juga adik – adik kelas SD Jaya Kusuma

Untuk pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SAW yang memberikan karunia tiada terkira untuk kita semua. Lalu sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan Nabi kita Muhammad SAW.

Hadirin yang kami hormati, saya berdiri disini untuk mewakili teman – teman kelas 6 yang mana pada hari ini akan segera mengakhiri belajar di sekolah tercinta ini untuk memberikan pidato singkat.

Sebetulnya hal ini sangat berat untuk kami dalam merangkai kata – kata yang tepat di hadapan para hadirin semua.

Teruntuk Bapak Kepala Sekolah dan juga dewan guru yang tercinta, izinkanlah kami guna mengucapkan permintaan maaf atas seluruh perbuatan dan juga perkataan yang tidak pantas untuk dilakukan.

Tanpa ridho dari Bapak Ibu guru kami takut ilmu yang sudah kami peroleh tidak memperoleh berkah dari Allah SWT, semoga Bapak Ibu guru meridhoinya.

Doakan kami supaya mampu untuk menjadi pribadi yang mempunyai budi pekerti yang baik, serta dapat membawa nama baik sekolah tercinta.

Untuk kedua orang tua kami, di hari ini kami juga turut mengucapkan terimakasih atas semua pengorbanan yang sudah diberikan pada kami dan juga tela maafkanlah jika belum maksimal dalam memanfaatkan kesempatan yang ada.

Doakanlah anak – anakmu supaya menjadi semakin dewasa serta dapat menjadi kebanggaan kalian.

Untuk adik – adik kelas yang kami sayangi, masih banyak kesempatan untuk kalian dalam membuktikan jika kalian bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi.

Jika dalam memberikan contoh kami belum sempurna, kami turut mengucapkan permohonan maaf yang sedalam -dalamnya.

Hadirin yang berbahagia, akhirnya hanya ridho serta doa yang kami harapkan dari para hadirin semua, semoga kami dapat memperoleh kesuksesan dimanapun berada. Aamiin.

Akhir kata saya ucapkan, wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Kepala Sekolah, guru, serta orang tua siswa yang terhormat, dan juga tak lupa teman – teman serta adik – adik kelas saya.

Pertama – tama, kami ucapkan terimakasih pada Tuhan Yang Mahakuasa yang telah memberikan keberkahan untuk kita semua serta atas perlindungan pagi sehingga kita dapat berkumpul guna mengucapkan salam perpisahan.

Saya berdiri disini untuk mewakili teman – teman kelas 6 serta ingin mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah, guru serta orang tua yang sudah datang menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami juga ingin mengucapkan terima kasih terhadap bapak kepala sekolah serta para guru yang sudah mengajar kami selama sekitar enam tahun.

Tentu saja, para guru yang sudah mendidik serta mengembangkan potensi kita selama enam tahun kerap kali kecewa dengan sikap yang kami lakukan.

Tetapi, para guru tetap sabar serta tanpa lelah dalam mengajar kami, sehingga saya ucapkan terima kasih lagi.

Pada kesempatan satu ini, kami juga meminta maaf apabila dalam waktu enam tahun, banyak sekali tindakan kami maupun ucapan kami yang tidak diterima di hati para guru. Maka hari ini kami meminta bapak serta ibu guru untuk membuka pintu hati untuk kami sebanyak mungkin.

Kami juga turut berpesan untuk adik kelas, kami berharap kalian akan tetap rajin belajar dengan tekun. Ambil contoh yang baik dari kami serta buang contoh yang kurang baik dari kami.

Juga dalam kesempatan ini, kami meminta doa restu dari para guru, sehingga kami bisa pergi ke sekolah menengah yang sudah kami pilih. Kami berjanji jika kami akan rajin belajar di sekolah menengah agar bisa membawa nama baik sekolah kami tercinta ini.

Bagaimanapun, hanya itu yang dapat saya katakan serta mohon maaf yang sebesar – besarnya apabila ada kata – kata yang kurang berkenan di hati Kepala Sekolah, para Guru serta seluruh hadirin yang ada di aula ini.

Baca :  Pengertian Interaksi Sosial,Contoh, Ciri-ciri, Syarat, Faktor, Bentuk Interaksi Sosial

Terimakasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami hormati,
Bapak / Ibu Kepala Sekolah (Sebut namanya)
Para guru (nama sekolah)
Orangtua / wali murid yang terhormat
Teman serta adik kelas yang saya cintai

Puji dan puji syukur atas kehadiran Allah SWT, yang telah memberi kita semua rahmat-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Pertama – tama, saya ucapkan terimakasih pada para guru yang sudah mengajar, membimbing, serta mengajarkan ilmunya dalam waktu 6 tahun terakhir. Semoga Allah selalu menghargai seluruh jasa bapak serta ibu guru sekalian.

Pada kesempatan kali ini, saya juga mewakili teman – teman kelas 6 untuk meminta maaf atas seluruh kesalahan yang sudah kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang bisa mengganggu maupun menyinggung perasaan bapak dan juga ibu guru. Saya harap bapak serta ibu guru, selalu memberikan maaf untuk seluruh kesalahan kami.

Untuk adik kelas, teruslah belajar dengan giat dan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus mencari ilmu serta selalu menghormati orang tua dan guru kita di sekolah ini.

Dan akhirnya, pada orang tua kita yang tercinta, terimakasih juga sudah sudah mencintai kami, terima kasih atas kesediaannya dalam mengirim kami di Sekolah Wijaya Pelita tercinta ini serta terima kasih atas pendidikan yang sudah diberikan kepada kami.

Sekian yang dapat saya sampaikan.

Terimakasih, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah serta Bapak / Ibu Guru beserta tamu undangan yang hadir;
Dan juga kawan – kawanku Yang berbahagia.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang sudah melimpahkan rahmat dan karunia-nya kepada kita semua.

Pada kesempatan kali ini, kita bisa berkumpul dalam perayaan Perpisahan kelas 6. Guru – guru serta teman – teman, sungguh tak terasa waktu berlalu sangat cepat. Sudah enam tahun kami semua belajar serta menimba ilmu di Sekolah tercinta ini. Kami memperoleh ilmu yang tidak terhingga. Semuanya berkat jasa dari guru – guru yang sudah senantiasa sabar mengajari kami.

Sekarang, akhirnya hari kelulusan itu pun tiba. Selepas enam tahun kami belajar bersama Bapak / Ibu Guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam turut mengucapkan terimakasih serta ingin meminta maaf atas perbuatan salah yang telah kami lakukan sebelumnya.

Tidak lupa kami juga kami sampaikan terimakasih untuk orang tua kita semua yang sudah memberi motivasi kepada kami semua.Untuk teman – teman, walaupun kita sudah lulus namun kita harus lebih giat lagi untuk belajar sebab perjalanan kita masih panjang agar bisa meraih cita – cita.

Akhir kata, saya beserta teman – teman ingin mengucapkan Selamat tinggal, kami tak akan melupakan sekolah tercinta ini.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu kepala SD Negeri/Swasta

Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru SD Negeri/Swasta

Yang terhormat, Bapak/Ibu Wali Murid SD Negeri/Swasta

Beserta teman-teman seperjuangan dari kelas 1 sampai kelas 6 yang saya banggakan;

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan yang sejuk ini dalam rangka kegiatan pelepasan siswa kelas 6 SD Negeri/Swasta.

Shalawat berbingkai salam, mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya mengucapkan ‘allahumma sholli ala muhammad wa ala ali muhammad’ kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, kami kelas 6 telah mencapai puncak dari jenjang sekolah dasar. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu.

Rasanya dulu kami siswa kelas 6 baru saja duduk di bangku kelas satu. Belajar membaca A, I, U, E, O, belajar perkalian 1×1 hingga 10×10, belajar bercerita di depan kelas, dan belajar banyak hal lain yang tidak bisa terhitung lagi.

Seketika kami hadir di acara pelepasan siswa kelas 6, seketika itu pula kami tersadar tentang betapa besarnya jasa guru.

Guru di SD Negeri/Swasta ini sangatlah hebat. Bapak/Ibu guru begitu peduli dengan kami, menyayangi kami, memperhatikan kami, bahkan selalu berusaha memahami kami hingga hal-hal yang mendetail.

Dulu, saya pribadi bahkan sangat takut untuk berbicara dan tampil di depan kelas. Teman-teman pula demikian. Tapi seiring dengan bertambahnya waktu, kita semua pun menjadi lebih berani tampil di depan.

Semuanya berkat jasa guru yang menata mental kami, menyemangati kami, serta menularkan motivasi pantang menyerah dan pantang patah arang.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Sepanjang hampir tiga tahun terakhir, sekolah kita benar-benar berada di masa yang sulit. Tidak hanya di sini melainkan di seluruh dunia. Kita dibuat ketar-ketir dengan hadirnya pandemi corona.

Gara-gara pandemi, kegiatan pembelajaran menemui tantangan terbesarnya. Kami yang kelas 6 ini semakin sulit untuk bertatap muka, bahkan beberapa kali sekolah terpaksa digelar secara daring demi kesehatan.

Di sanalah kami kembali menyadari tentang betapa penting dan krusialnya perjuangan para guru agar tetap bisa mendidik kami walau dalam keadaan apa pun.

Bapak dan Ibu guru yang kami sayangi. Dari lubuk hati terdalam, kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala ilmu, pengetahuan, keterampilan, serta teladan yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.

Sungguh, Bapak dan Ibu guru laksana lilin yang rela membakar dirinya sendiri demi bisa menyinari kami, menerangi kami dengan ilmu pengetahuan serta pentingnya cita-cita.

Kami terutama kelas 6 pula meminta maaf yang sebesar-besarnya atas khilaf dan salah baik secara disengaja maupun tidak disengaja.

Dulu kami pernah membentak Ibu Guru, mengabaikan pesan penting dari Bapak Guru, malas mengerjakan tugas, bahkan lari dari tanggung jawab.

Sekali lagi, saya mewakili teman-teman kelas 6 memohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga Bapak/Ibu guru tidak pernah bosan dalam mendidik, mengajar, dan mendoakan kami serta segenap siswa di SD Negeri/Swasta.

Doa dan semangat dari Bapak/Ibu guru adalah bekal bagi kami untuk mengarungi dunia pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Apalah artinya ilmu tanpa adab, karena di dunia ini adab lebih tinggi daripada ilmu. Kepada Bapak/Ibu, semoga Allah berikan pahala yang tiada putus-putusnya.

Semoga Bapak/Ibu guru selalu bersemangat dalam mengajar, diberi kesehatan, kelancaran rezeki, dan juga keselamatan di manapun Bapak/Ibu berada.

Bapak/Ibu, serta teman-teman yang saya banggakan;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan dalam rangka pelepasan siswa kelas 6 SD Negeri/Swasta ini, mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Bahasa Inggris 

Good Morning
The honorable Mr. Samira as the principal of SD Taruna Melati
The honorable Mrs. Diandra as the vice principal
The Honorable the teachers
And all of my beloved friend

First of all, let us pray praise and gratitude to God, Allah SWT because he has given his grace, guidance and health to us so that we could gather together this morning in this occasion of farewell day ceremony of 6th grade student.

Let’s convey blessings and greetings to the Prophet Muhammad, hopefully we can get his intercession later in akhirah. Thanks for the opportunity, and let me deliver a speech for representing all sixth grade students today.

Ladies and Gentlemen,

Time passed by so quickly. We had studied for six-year at this school, our beloved SD Taruna Melati. Lots precious memories that we made here will never be forgotten. Sad moments also happy moments, we have experienced together made us a family. Those memories are wrapped into our soul that we will  always remember.

Ladies and Gentlemen,

Finally, we are facing our graduation day. I feel both happy and sad at the same time because we will leave this school. I will say congratulation to all 6th grade students and teachers for their effort, so this time we can graduate. Enormous gratitude to our beloved teachers for all they have given to us. Only prayer that we can give to our teacher may you always be given health by God amen.

To all my friends, graduation is not the end of our life. We have to continue our study. We also apologize to teachers because I am sure we made a lot of mistakes. I hope this occasion is not the end of everything and we can meet again. If there were mistakes I made when delivering this speech, please apologize me.

Wabilahitaufik walhidayah Wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Bahasa Jawa

Assalamu’alaikum wr. Wb

Ingkang kinurmatan Bapak Kepala Sekolah ugi Bapak – Ibu Guru SD Taruna Melati ingkang satuhu luhuring budi,

Rencang-rencang kelas 6 SD Taruna Melati ingkang kula tresnani.
Monggo kita ngaturaken puji syukur dhumateng Allah SWT ingkang maringaken nikmat lan nikmat bagas waras dumateng kito sedoyo dumugi sakmeniko. Mula kito sedaya saged kempal wonten ing adicara perpisahan sak manika.

Kula, wakil rencang – rencang kelas 6 SD Taruna Melati ngaturaken sembah nuwun kagem Bapak / Ibu Guru SD Taruna Melati ingkang sampun nggulawanthah kulo lan rencang dateng pawiyatan ingkang dangunipun enem warsa.

Kula lan rencang sebrayat sampun ngangsu kawruh wonten ing pawiyatan mriki. Wonten ing adicara menika, kulo piyambak saha rencang – rencang nyuwun agenging pangapunten saking Bapak / Ibu menawi gadhah kalepatan ingkang dipun sengojo utawi mboten disengojo. Mugi – mugi Bapak / Ibu guru kerso ngapuntenaken sedoyo kelepatan kulo lan rencang-rencang.

Sampun cekap anggenipun kulo matur. Bilih menawi wonten kalepatan, kulo nyuwun agenging pangapunten saking Bapak / Ibu guru.
Wasslamu’alaikum wr. Wb

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Bahasa Sunda

Ka bapak/ibu hulu sakola,guru,sarta sepuh siswa anu dipihormat,oge rerencangan-rerencangan sarta adi-adi kelas abdi.

Urang berterima kaasih ka Pangeran Anu Mahakuasa luhur pangesto na sarta panangtayungan isuk ieu ku kituna urang tiasa ngariung dina raraga acara pipisahan. Abdi di dieu kanggo ngawakilan rerencangan-rerencangan kelas 6 hoyong berterima kaasih ka hulu sakola,guru sarta sepuh kanggo ngahadiran acara pipisahan ieu.

Sacara husus,abdi hoyong ngedalkeun hatur nuhun ka bapa hulu sakola sarta para guru anu atos ngajarkeun abdi sarta rerencangan-rerencangan salila salila genep warsih. Menta hapunten lamun salila genep warsih ieu abdi sarta rerencangan-rerencangan kantos nguciwakeun bapa sarta indung guru. hatur nuhun luhur kesabarannya salila ieu.

Kanggo adi-adi kelas,abdi ngaharepkeun maraneh tiasa diajar langkung kersaan. Bantun perkawis sae ti urang sarta piceun conto anu kirang sae. Abdi menta dua ka para guru kanggo abdi sarta rerencangan-rerencangan tiasa ngudag atikan langkung luhur sarta oge ngahontal cipta-cipta anu dipikahayang

Sakitu ngan eta anu tiasa abdi sampaikeun. Menta hapunten lamun lepat sanggem sarta gawena. hatur nuhun.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 49 Depok.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru beserta staff SMP Negeri 9 Depok.

Dan yang kawan-kawanku seperjuanganku tercinta yang hadir pada pagi hari ini.

Pada kesempatan kali ini, mari bersama-sama kita mengucap puji syukur atas Rahmat Allah yang telah memberi nikmat-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih bisa berkumpul bersama dalam acara Perpisahan Kelas 9 tahun ajaran 2020/2021.

Saya sebagai perwakilan segenap siswa kelas 9 dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 49 Depok. Kami sadar bahwa selama ini kami banyak membuat Bapak/Ibu guru kecewa, marah dan kesal. Untuk itu, dengan segenap hati kami memohon maaf apabila selama menjadi siswa di SMP Negeri 49 Depok kami banyak membuat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak kepada Bapak/Ibu guru sekalian.

Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak/Ibu guru yang dengan sabar dan ikhlas mengajar dan mendidik kami hingga kami menjadi siswa yang berprestasi. Bapak/Ibu guru, terkhusus untuk wali kelas kami selama menempuh pendidikan di SMP 49 Depok, terima kasih telah mendidik kami dengan baik selama 3 tahun ini. Atas jasa kalian lah kami menjadi siswa siswi yang berprestasi dan bermanfaat untuk orang lain pada umumnya, dan bermanfaat bagi sekolah tercinta ini.

Teman-temanku yang selalu berbahagia, mungkin dalam waktu 3 tahun yang kita lalui banyak perselisihan dan pertengkaran yang terjadi antara sesama teman dan berperilaku tidak baik kepada adik kelas. Namun semua itu merupakan kenangan terindah yang bisa kita kenang kelak. Untuk adik kelas kami, lanjutkanlah perjuangan kalian dan raih prestasi sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan sekolah kita yang tercinta.

Demikianlah sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9. Selamat berpisah. Jangan berhenti disini, mari melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 15 Bandung.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru dan tamu undangan, serta teman-temanku yang selalu dalam kebahagiaan.

Puji syukur senantiasa kita persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Bandung.

Pertama-tama, saya selaku perwakilan dari siswa kelas 9 dan tanpa mengurangi rasa hormat, kami mengucapkan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu guru serta tamu undangan apabila dalam penyambutan terdapat kesalahan yang kurang berkenan di hari Bapak/Ibu sekalian.

Ungkapan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendidik, mengajar, dan dengan sabar menuangkan perhatian dan ilmu kepada kami rasanya tidak akan dapat diukur dengan apapun. Atas jasa Bapa/Ibu guru lah kami menjadi manusia yang cerdas dalam berfikir dengan ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.

Ukiran jasa dan pengorbanan yang Bapak/Ibu torehkan di atas kehidupan kami selama menjadi siswa di SMP Negeri 15 Bandung tidak dapat kami balas hanya dengan ucapan terima kasih. Namun semua itu memberikan bekas yang indah dalam perjalanan kami dimana kami menjadi pribadi yang cerdas berkat ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan. Untuk adik-adik kelas kami yang tercinta, teruslah belajar dan lampaui kami. Jadilah siswa yang membawa nama baik sekolah kita tercinta.

Baca :  Pengertian, Bentuk, Penyebab Disintegrasi Sosial Contoh

Segala kenangan yang kita ukir bersama di sekolah ini menjadi rangkaian cerita dalam kehidupan kami yang ditulis dengan tinta permanen yang akan menjadi pelajaran yang amat berharga dan abadi dalam perjalanan kami.

Demikian sepatah kata yang saya sampaikan sebagai perwakilan siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Bandung. Perkenankan saya untuk memohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penyampaian saya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 94 Palangkaraya.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru beserta staf.

Tamu undangan serta teman-temanku yang tercinta.

Pada pagi yang cerah ini, mari kita mempersembahkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat yang berbahagia ini dalam acara perpisahan siswa kelas 9 SMP Negeri 94 Palangkaraya.

Sehubungan dengan hal tersebut, mewakili siswa kelas 9, saya mengucapkan permohonan maaf serta ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak/Ibu guru tercinta. Kami menyadari bahwa selama menempuh pendidikan 3 tahun di SMP Negeri 94 Palangkaraya, ada banyak kesalahan yang kami perbuat yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu guru sekalian.

Segala tindakan yang membuat Bapak/Ibu marah, sedih, kecewa, dan kesal membuat kami sadar bahwa kami memang pantas diberi hukuman. Kami sadar bahwa hukuman tersebut merupakan bentuk kasih dari Bapak/Ibu guru untuk menjadikan kami sebagai pribadi yang disiplin dan pengetahuan. Maka dari itu, kami dengan segenap hati memohon maaf atas tindakan yang membuat Bapak/Ibu guru tidak senang.

Rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kamu ucapkan kepada Bapak/Ibu guru beserta staf yang telah mendidik dan mengajari kami dengan ikhlas dan sabar. Atas jasa Bapak/Ibu guru tersebutlah kami tumbuh menjadi manusia yang bertanggung jawab, cerdas, disiplin dan menguasai mata pelajaran dengan baik. Terima kasih kepada seluruh staff di SMP Negeri 94 Palangkaraya yang selalu memberikan kami fasilitas dan pelayanan terbaik.

Melalui acara ini, kami memohon doa dan restu sekaligus berpamitan kepada Bapak/Ibu guru agar kami bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Doakan kami agar menjadi siswa yang membanggakan orang tua, membanggakan nama sekolah dan membanggakan negara. Untuk adik-adik, teruslah tingkatkan prestasi dan banggakan nama sekolah kita tercinta.

Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kekurangan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 9 Bahasa Sunda

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anu dipihormat Indung Hulu Sakola SMP Nagari 94 Palangkaraya.

Anu urang hormati Bapak/Ibu guru bareng staf.

Tatamu ondangan sarta rerencangan-rerencangan kuring anu tercinta.

Dina isuk anu cerah ieu,hayu urang mempersembahkeun puji sukur ka Allah SWT anu atos mikeun rahmat sarta karunia-Na ku kituna dina poe ieu urang dibere keneh kasempetan kanggo nyondong di tempat anu berbahagia ieu dina acara pipisahan siswa kelas 9 SMP Nagari 94 Palangkaraya.

Sehubungan kalawan perkawis kasebat,ngawakilan siswa kelas 9,abdi ngedalkeun permohonan hapunten sarta omongan hatur nuhun anu saloba-lobana ka Bapak/Ibu guru tercinta. Urang nyadar yen salila menempuh atikan 3 warsih di SMP Nagari 94 Palangkaraya,aya seueur kalepatan anu urang perbuat anu henteu ngawidian di hate Bapak/Ibu guru sakantenan.

Saniskanten tindakan anu midamel Bapak/Ibu ambek,hanjelu,kuciwa,sarta kaluman midamel urang sadar yen urang saleresna pantes dibere hukuman. Urang sadar yen hukuman kasebat mangrupa wangun kaasih ti Bapak/Ibu guru kanggo ngajadikeun urang minangka pribadi anu disiplin sarta kauninga. Mangka ti eta,urang kalawan sakabeh hate memohon hapunten luhur tindakan anu midamel Bapak/Ibu guru henteu gumbira.

Rasa hatur nuhun anu sagede-badagna anjeun ucapkan ka Bapak/Ibu guru bareng staf anu atos ngatik sarta ngawurukan urang kalawan cios sarta sabar. Luhur jasa Bapak/Ibu guru tersebutlah urang tumuwuh barobah kaayaan jalmi anu tanggel walon,calakan,disiplin sarta ngawasa panon palajaran kalawan sae. hatur nuhun ka sakumna staff di SMP Nagari 94 Palangkaraya anu sok mikeun urang fasilitas sarta pangladen nyongcolang.

Ngaliwatan acara ieu,urang memohon dua sarta restu sakaligus pamitan ka Bapak/Ibu guru supados urang tiasa neruskeun atikan ka jenjang selanjutnya . Doakan urang supados barobah kaayaan siswa anu membanggakeun sepuh,membanggakeun wasta sakola sarta membanggakeun nagara. Kanggo adi-adi,teruslah ronjatkeun prestasi sarta banggakan wasta sakola urang tercinta.

Sakitu biantara anu abdi sampaikeun,lamun aya kakurangan menta dihapuntenkeun.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 9 Bahasa Jawa

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ingkang terhormat ibu sirah[MUSTAKA] sekolah smp nagari 94 palangkaraya. ingkang kita hormati bapak/ibu guru kalih[kaliyan] staf. dhayoh ulem-uleman[ATUR-ATURAN] saha kanca-kanca kula ingkang tercinta. ing enjing ingkang cerah puniki[MENIKA], mangga[sumangga] kita[KULA LAN PANJENENGAN] mersembahaken puji syukur kalih[dhateng] allah swt ingkang sampun nyukani[MARINGAKEN] rahmat lan karunia-ipun mila ing dinten puniki[MENIKA] kita[KULA LAN PANJENENGAN] taksih dipunsukani[DIPUNPARINGI] kesempatan kangge[KAGEM] dugi[RAWUH] wonten papan ingkang bingah puniki[MENIKA] lebeting acara perpisahan siswa kelas 9 smp nagari 94 palangkaraya. sesambetan kalih[kaliyan] bab kasebat , makili siswa kelas 9, kula sanjangaken[NGATURAKEN] panedha[PANYUWUN] pangapunten[nuwun sewu] saha gineman[NGENDIKAN] matur nuwun ingkang sakathah-kathahipun kalih[dhateng] bapak/ibu guru tercinta. kita rumaosi menawi salami[SADANGU] nempah pendidikan 3 warsa wonten smp nagari 94 palangkaraya, wonten kathah kelepatan ingkang kita lampahaken[TINDAKAKEN] ingkang mboten kajeng[KERSA] wonten manah[PANGGALIH] bapak/ibu guru sami . sedaya lampahan[TINDAKAN] ingkang ndamel bapak/ibu srengen[DUKA], sedhih, kecewa, lan kesal ndamel kita sadar menawi kita estu patut dipunsukani[DIPUNPARINGI] hukuman. kita sadar menawi hukuman kasebat inggih punika[MENIKA] bentuk asih saking bapak/ibu guru kangge[KAGEM] ndadosaken kita dados pribadi ingkang disiplin lan kawruh . pramila, kita kalih[kaliyan] segenap manah[PANGGALIH] nedha[NYUWUN] pangapunten[nuwun sewu] inggiling lampahan[TINDAKAN] ingkang ndamel bapak/ibu guru mboten remen . raos matur nuwun ingkang saageng-agengipun sampeyan[PANJENENGAN] sanjangaken[ATURAKEN] kalih[dhateng] bapak/ibu guru kalih[kaliyan] staf ingkang sampun mucal[NGASTA] lan mucalaken[NGASTAKAKEN] kita kalih[kaliyan] ikhlas lan kantos. inggil jasa bapak/ibu guru tersebutlah kita thukul dados manungsa ingkang tanggel jawab , pinter, disiplin lan nguwaosi mata wucalan kalih[kaliyan] sae . matur nuwun kalih[dhateng] sedaya staff wonten smp nagari 94 palangkaraya ingkang tansah nyukani[MARINGAKEN] kita fasilitas lan pelayanan paling sae. medal acara puniki[MENIKA], kita nedha[NYUWUN] donga lan restu ngiras berpamitan kalih[dhateng] bapak/ibu guru supados kita saged nglajengaken pendidikan dhateng jenjang salajengipun . dongakaken kita supados dados siswa ingkang mbingahaken tiyang sepuh, mbingahaken namaning[ASMANING] sekolah lan mbingahaken nagari. kangge[KAGEM] adik-adik, teruslah tingkataken prestasi lan bingahaken namaning[ASMANING] sekolah kita[KULA LAN PANJENENGAN] tercinta. semanten pidato ingkang kula sanjangaken[ATURAKEN], bilih wonten kekirangan nedha[NYUWUN] dipun-apuntenaken. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 9 Bahasa Inggris

Peace be upon you, and Allah’s mercy and blessings.

The honorable Mrs. Principal of SMP Negeri 94 Palangkaraya.

We respect Mr / Ms teachers and staff.

Dear invited guests and friends.

On this sunny morning, let’s give thanks to Allah SWT who has given His mercy and grace so that today we are still given the opportunity to be present in this happy place in the farewell ceremony for the 9th grade students of SMP Negeri 94 Palangkaraya.

In this regard, on behalf of the 9th graders, I would like to apologize and express my deepest gratitude to my beloved teacher. We realize that during our 3 years of education at SMP Negeri 94 Palangkaraya, we have made many mistakes that are not pleasing to the hearts of all teachers.

All actions that make you angry, sad, disappointed, and upset make us realize that we deserve to be punished. We are aware that the punishment is a form of love from the teacher to make us individuals who are disciplined and knowledgeable. Therefore, we sincerely apologize for the actions that made the teacher unhappy.

Your greatest gratitude goes to the teachers and staff who have educated and taught us sincerely and patiently. It is for the services of the teachers that we have grown into responsible, intelligent, disciplined human beings and master the subjects well. Thank you to all the staff at SMP Negeri 94 Palangkaraya who always provide us with the best facilities and services.

Through this event, we ask for prayers and blessings as well as say goodbye to the teachers so that we can continue our education to the next level. Pray for us to become students who make their parents proud, their school name proud and their country proud. For brothers and sisters, continue to improve achievements and be proud of the name of our beloved school.

That’s the speech that I delivered, if there are shortcomings, please forgive me.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Perpisahan SMP Dalam Bahasa Inggris

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Honorable:
Kepala SMP Negeri 1 Tikung
Bapak & Ibu guru SMPN 1 Tikung
Bapak & Ibu Staf TU SMPN 1 Tikung
Bapak/Ibu Wali Kelas IX

All my friends in grade IX and also in grade VIII and VII
First of all, let us praise to the Almighty Allah SWT, because of His Blessing we are able to come here, to attend a farewell ceremony for the students of SMPN 1 Tikung grade IX in the academic year 2009–2010.
Secondly, may shalawat and salam be upon the Prophet Muhammad SAW who has guided us from the darkness into the brightness.

Ladies and Gentlemen, Brothers and Sisters…
In this good opportunity, I stand here to represent all the students of SMPN 1 Tikung Grade IX to give a valedictory speech.
On the behalf of all students grade IX ….

Firstly, we would like to say thank you very much for all the teachers of SMPN 1 Tikung who have taught, educated, and guided us so that we can pass the national exam (UN) successfully. Thank you very much for your dedication. We know that your advice, guidance, and motivations have made us better not only in thinking but also in attitudes. My teachers… we realize that we cannot give you reward. We can only give you gratitude and pray. May God repay your kindness. May God always bless you all…
Secondly, we would like to apologize to all of the teachers, administration staffs and all the elements of SMPN 1 Tikung. Please, forgive our mistakes… forgive all the bad things that we have done… and hopefully we can make our attitudes better than before.

Thirdly, especially to our younger brothers and sisters in grade VIII and VII, we would like to remind you, please keep studying hard, obey your teachers’ advices, try to be better than us. And, please pray for us to be able to continue our study… so that someday we will become successful and useful persons for this country and our society.

Ladies and Gentlemen, Brothers and Sisters…
I think that’s all my valedictory speech. I am so sorry for all my wrong words.

The last, on the behalf of students grade IX, once again, I would like to say: forgive us… remember us… pray for us, for the students of SMPN 1 Tikung grade IX academic year 2009-2010. Thank you very much.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yth, Bpk Kepala Sekolah SMA…

Yang kami hormati, bapak ibu guru dan staf SMA…

Yang kami hormati pula bapak dan ibu wali murid dan teman-teman yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan karena dengan rahmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMA … dalam sehat walafiat.

Shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi Besar Agung Muhammad SAW.

Bapak/Ibu serta hadirin yang kami hormati. Tiga tahun sudah, bapak/ibu guru membimbing kami dengan penuh ketulusan dan kesabaran.

Meskipun tak jarang kami sering menyakiti perasaan Bapak/Ibu guru semua, kami kelas 12 ingin memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan dan kekhilafan kami.

Dari sekolah inilah mimpi dan harapan kami muncul. Dari sinilah, tempat dimana kenangan putih abu-abu kami tercipta, kebersamaan, kekompakan dan semua cerita indah disini hanya menjadi sepenggal kenangan.

Sebelum sambutan saya berakhir, izinkan kami menyampaikan pesan bahwa kami bangga pernah menjadi bagian dari sekolah ini. Pesan bapak/ibu guru akan selalu kami ingat dan semoga guru-guru diberikan kesejahteraan, kesehatan, dan umur panjang.

Jasamu akan selalu kami kenang. Demikian salam perpisahan dari kelas 12, sekali lagi kami sampaikan mohon maaf. Bersama kita datang bersama kita pergi, SMA … selalu di hati. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 2

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yth, Bpk Kepala Sekolah SMA…

Yang kami hormati, bapak ibu guru dan staf administrasi SMA…

Dan yang saya sayangi dan saya banggakan, teman-teman SMA…

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada kehadirat Allah atas nikma-Nya yang telah diberikan kepada kita sehingga saat ini kita berkumpul di acara pelepasan kelas 12.

Tak lupa shalawat kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW.  Semoga syafaatnya mengalir pada kita sampai akhir zaman.

Bapak/Ibu guru serta hadirin yang berbahagia, perkenalkan saya … mewakili kelas 12 menyampaikan sepatah-dua patah kata kepada hadirin sekalian untuk acara pelepasan siswa kelas 12 SMA..

Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Kemarin rasanya saya baru menginjakkan kaki di sekolah ini, belajar, dan berkenalan dengan teman semua. Sekarang kami sudah harus berpisah dari sekolah ini untuk menuntut ilmu.

Maafkan kesalahan kami yang membuat guru susah. Semoga kesabaran guru-guru sekalian menjadi amal kebaikan dan memperoleh pahala dari Allah SWT. Kami juga memohon restu kepada bapak/ibu guru untuk menuntut ilmu di jenjang yang lebih tinggi.

Kami akan selalu mengingat dengan apa yang kau ajarkan pada kami. Tidak ada harta yang bisa kami berikan tapi kami yakin bahwa Allah SWT telah menyiapkan keberkahan karena sudah mengajar kami dengan ikhlas.

Baca :  Pengertian Entrepreneurship, Ciri ,faktor, Kegagalan, kesuksesan

Begitu pula pada teman-temanku terima kasih sudah saling memberikan support dalam belajar. Semoga cita-cita kalian bisa tercapai.

Cukup itu yang saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yth, Bpk Kepala Sekolah SMA…

Yang kami hormati, bapak ibu guru dan karyawan SMA…

Yang kami hormati, Bapak/Ibu tamu undangan

Dan yang saya sayangi dan saya banggakan, teman-teman SMA..

Marilah kita haturkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita bisa berkumpul di acara perpisahan kelas 12 SMA.. dalam keadaan sehat.

Shalawat serta salam tak bosan-bosannya kita limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Tiga tahun sudah bapak/ibu telah memberikan ilmunya dan sabar mengajari kami. Kami memohon maaf apabila ada kesalahan dan kehilafan kami. Dari sinilah mimpi dan kenangan kami muncul.

Untuk itu, izinkan saya mengucapkan pesan dari teman kelas 12 bahwa kami bangga menjadi bagian dari sekolah ini dan bangga pernah dididik oleh bapak/guru semua.

Kepada adik-adik kelas 10 dan 11, teruslah berprestasi dan buatlah bapak/ibu guru bangga. Untuk pengurus OSIS kami ucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Akhirnya, kami sekali lagi meminta maaf dan berterimakasih pada guru semua.

Tetaplah mencetak generasi bangsa yang berpendidikan dan bermoral. Jasamu akan selalu kami kenang. Demikian saya ucapkan mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam perilaku dan ucapan saya yang kurang berkenan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yth, Bpk Kepala Sekolah SMA…

Yang kami hormati, bapak ibu guru dan karyawan SMA…

Beserta teman-teman semua yang berbahagia.

Pertama-tama kita panjatkan syukur kepada Allah SWT yang memberikan kita nikmat sehat dan waktu luang sehingga bisa berkumpul di acara perpisahan kelas 12 SMA..

Yang kedua, tak lupa kita ucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW karena sudah membawa nikmat Islam dan iman kepada umatnya.

Saya… akan menyampaikan beberapa hal mengenai pelepasan kelas 12 SMA.. Bapak/Ibu guru yang saya hormati, tengoklah ke belakang, putra dan putrimu kini sudah besar dan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Semua berkat dari ilmu yang kalian berikan, berkat segala pengetahuan yang kalian berikan pada kami. Dari bekal yang guru berikan, kini kami sudah siap untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Jutaan kata terima kasih tidak akan mampu membalas semua jasa yang telah diberikan kepada guru. Bapak/Ibu guru sekalian mohon maaf apabila ada perlakuan kami yang sangat buruk di mata kalian, yang sering membuat marah, kesal, bahkan sakit hati.

Kami tidak akan pernah mengucapkan selamat tinggal karena tidak akan kami lupakan jasa kalian jadi kami ucapkan semoga kita bisa berjumpa lagi di lain waktu. Demikian pidato singkat ini, mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu’alaikum Wr Wb

YTH..

Pembukaan (puji syukur kepada Allah dan Shalawat)

Izinkan saya mewakili kelas 12 SMA.. yang masih semangat di tengah pandemi yang melanda negeri ini. Alam sedang menguji ketangguhan kita agar lebih mudah beradaptasi dalam situasi apapun.

Mari kita renungkan, yang awalnya kita masih anak-anak, sejak masuk SMA… kita tumbuh menjadi orang yang berilmu, lebih tertata dan santun bertutur kata. Dari yang awalnya tidak mengetahui talaentanya akhirnya dapat kita temukan di sekolah ini.

Atas bimbingan bapak/ibu guru, kita bisa melakukannya. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih dan mohon maaf atas perkataan dan tindakan yang dapat menyakiti guru semua. Itu saja yang saya haturkan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Sunda

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yth,Bpk Hulu Sakola SMA…

Anu urang hormati,bapa indung guru sarta pagawe SMA…

Bareng rerencangan-rerencangan sadaya anu berbahagia.

Kahiji-tama urang panjatkan sukur ka Allah SWT anu mikeun urang nikmat damang sarta wanci lowong ku kituna tiasa ngariung di acara pipisahan kelas 12 SMA..

Anu kadua,tak hilap urang ucapkan shalawat ka Nabi Muhammad SAW margi atos ngabantun nikmat Islam sarta iman ka umat na.

Saya… bade nepikeun sababaraha perkawis ngeunaan pelepasan kelas 12 SMA.. Bapak/Ibu guru anu abdi hormati,tengoklah ka pungkur,putra sarta putri anjeun kiwari atos ageung sarta ngasupan jenjang atikan anu langkung luhur deui.

Sadaya berkat ti elmu anu maraneh bikeun,berkat saniskanten kauninga anu maraneh bikeun dina urang. Ti bekel anu guru bikeun,kiwari urang atos siap kanggo nyanghareupan pikahareupeun anu caos tangtangan.

Jutaan sanggem hatur nuhun moal sanggem ngabales sadaya jasa anu atos dibikeun ka guru. Bapak/Ibu guru sakantenan menta hapunten lamun aya perlakuan urang anu awon pisan di panon maraneh,anu sering midamel ambek,kaluman,sumawonten nyeri hate.

Urang moal kantos ngedalkeun wilujeng kantun margi moal urang lupakan jasa maraneh janten urang ucapkan mugi-mugi urang tiasa papanggih deui di sanes wanci. Kitu biantara singget ieu,menta hapunten lamun aya lepat sanggem. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Jawa

assalamu’alaikum wr wb yth, bpk sirah[MUSTAKA] sekolah sma… ingkang kita hormati, bapak ibu guru lan karyawan sma… kalih[kaliyan] kanca-kanca sedaya ingkang bingah . pertami-tami kita[KULA LAN PANJENENGAN] panjataken syukur kalih[dhateng] allah swt ingkang nyukani[MARINGAKEN] kita[KULA LAN PANJENENGAN] nikmat saras[SENGGANG] lan wekdal luang mila saged kempal wonten acara perpisahan kelas 12 sma.. ingkang kaping kalih, mboten kesupen kita[KULA LAN PANJENENGAN] sanjangaken[ATURAKEN] shalawat kalih[dhateng] nabi muhammad saw amargi sampun mbekta[NGASTA] nikmat islam lan iman kalih[dhateng] umatipun . saya… ajeng[badhe] sanjangaken[NGATURAKEN] pinten-pinten bab ngengingi pelepasan kelas 12 sma.. bapak/ibu guru ingkang kula hormati, tengoklah dhateng wingking, putra lan putrinipun sampeyan[PANJENENGAN] sapunika[SAMENIKA] sampun ageng lan mlebeti jenjang pendidikan ingkang langkung[MIYOS] inggil malih. sedaya berkat saking elmi ingkang sampeyan-sampeyan[PANJENENGAN-PANJENENGAN] sukakaken[PARINGAKEN], berkat sedaya kawruh ingkang sampeyan-sampeyan[PANJENENGAN-PANJENENGAN] sukakaken[PARINGAKEN] ing kita. saking sangu ingkang guru sukakaken[PARINGAKEN], sapunika[SAMENIKA] kita sampun siap kangge[KAGEM] ngajengi masa ngajeng ingkang kebak tantangan. jutaan tembung matur nuwun mboten ajeng[badhe] kuwawi mangsuli sedaya jasa ingkang sampun dipunsukakaken[DIPUNPARINGAKEN] kalih[dhateng] guru. bapak/ibu guru sami nedha[NYUWUN] pangapunten[nuwun sewu] menawi wonten perlakuan kita ingkang awon sanget wonten mripat[SOCA] sampeyan-sampeyan[PANJENENGAN-PANJENENGAN], ingkang asring ndamel srengen[DUKA], kesal, malah sakit[GERAH] manah[PANGGALIH]. kita mboten ajeng[badhe] nate sanjangaken[NGATURAKEN] wilujeng[SUGENG] tilar amargi mboten ajeng[badhe] kita nyupekaken jasa sampeyan-sampeyan[PANJENENGAN-PANJENENGAN] dados kita sanjangaken[ATURAKEN] mugi-mugi kita[KULA LAN PANJENENGAN] saged kepanggih saweg wonten benten wekdal. mekaten pidato enggal puniki[MENIKA], nedha[NYUWUN] pangapunten[nuwun sewu] menawi wonten lepat tembung. wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Inggris

Peace be upon you, and Allah mercy and blessings

Dear Mr. Principal of the High School…

The ones we respect, ladies and gentlemen, teachers and high school employees…

With all my happy friends.

First of all, we would like to thank Allah SWT who has given us healthy blessings and free time so that we can gather at the farewell party for 12th grade high school.

Second, don’t forget to say sholawat to Prophet Muhammad SAW for bringing the blessings of Islam and faith to his people.

I… will tell you a few things about the release of the 12th grade of high school.. Dear teachers, look back, your sons and daughters are now grown up and entering a higher level of education.

All thanks to the knowledge that you gave, thanks to all the knowledge that you gave us. From the provision that the teacher gave, we are now ready to face a future full of challenges.

Millions of words of gratitude will not be able to repay all the services that have been given to teachers. Ladies and gentlemen, we apologize if our treatment is very bad in your eyes, which often makes you angry, annoyed, even hurt.

We will never say goodbye because we will never forget your services so we say that we hope to see you again another time. Thus this short speech, sorry if there are wrong words. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Menengah Atas

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang selalu memberikan rahmat-Nya pada hari ini sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah. Shalawat serta salam saya berikan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, Dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita.

Dan yang terhormat bapak/ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung yang selalu memberikan Motivasi kepada kita Beserta Guru dan Staf T.U

Dan yang saya cintai teman-teman di 12 kelas pada tahun 2012, khususnya teman-teman 12 IPA 3 I love U forever banget.
Dan tidak lupa terima kasih kepada panitia yang telah membuat acara ini meriah dan pula yang memungkinkan saya untuk berdiri di sini dalam pidato yang disampaikan di depan audiens sekarang.Saya hanya ingin berucap kepada teman-teman semua yakniselamat untuk kita semua! Kami berhasil lulus akhir .. Ya Allah, Alhamdulillah .. Hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini telah berakhir .. Kita lulus! Kami tidak anak SMA lagi! Kami akan meninggalkan sekolah ini .. dan terpisah ..Perpisahan .. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan kita pasti bertemu baru dan sudah akrab di sekolah di sini. Atau mungkin sudah ada sejak SMP, sejak SD, atau bahkan sejak lima.

Pertemanan kebahagiaan akan ada ketika kita rumit ini selama tiga tahun dapat bertahan selamanya. Seakan-akan tidak tergoyahkan oleh apapun. Tetapi kita tidak dapat menyangkal bahwa sengan berjalan selama hidup kita, bersama dengan kedatangan sesuatu yang baru seperti kuliah, ngekos, kerja, perkawinan, dan juga sejalan dengan kedatangan orang-orang yang baru, teman baru, pacar baru, baru guy , pemisahan biasa terjadi. Diantara kita mungkin merasa bahwa perpisahan pengecut karena dia sedang menunggu untuk melihat hal-hal baru yang lebih menyenangkan daripada hal-hal berikut adalah sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena ia memiliki banyak hal yang menyenangkan di sini dan berapa banyak kenangan telah dibuat ..Kenangan .. Teman-teman yang saya kasih, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena uang sekolah yang tinggi tanpa kita memiliki segala sesuatu yang berharga. Kemudian membuat banyak kenangan! Melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Katakanlah apa yang ingin Anda katakan.

Katakanlah kepada guru dalam mengajar terlalu kaku menjadi lebih santai. Katakanlah kepada bising cewe-cewe yang sok ngerasa cantik dan populer tuh jika otak lebih penting dari tampilan! Katakanlah kepada cowo d cupu sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang anda cintai bahwa Anda mencintainya! It’s SEKARANG atau NEVER, teman! Come On! Seperti waktu berjalan oleh, memori tetap. Seiring waktu, satu-satunya yang tersisa kenanganlah ..Terakhir .. Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, tidak pernah tidak adil dalam mengajar, sabar, sangat lelah dan tidak tahu ke dalam panduan kami. Terima kasih atas jerih payah semua guru, kami dapat lulus dari SMP. Mudah-mudahan semua guru yang bertugas untuk mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu diberikan.

Ada sebuah kutipan dari film Cinta Pertama dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Joshua Benjamin bahwa pertemuan tidak ada yang kekal. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupa hal-hal yang berharga kami telah berpengalaman selama tiga tahun sekolah di sini. Menyimpan kenangan di hati kita semuaaa ..Selamat dipisahkan! Selamat adalah karena menjadi non-anak-sekolah lagi. Jauhkan diri Anda jauh dari orang tua kuliah.

Itulah bebapa kata dalam Pidato yang saya sampaikan. Semoga apa yang anda cita-citakan dibangku perkuliahan terwujud….amien..
Akhir kata Kami minta maaf jika ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

CONTOH PIDATO PERPISAHAN SMP/SMU

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh….

Bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya, yang insya Allah akan selalu taat pada ajarannya.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.

Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok.
Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Tak lupa juga kami sangat berterima kasih mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang ini untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya mereka membimbing kami.

Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.
Kejarlah cita-citamu teman !! agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.

Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb

 

Bagikan di Sosial Media

Leave a Reply