Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Mudah Window 7,8,10

Posted on

Password laptop adalah kode rahasia yang digunakan untuk melindungi akses ke komputer atau laptop. Password ini memastikan bahwa hanya orang yang memiliki kode tersebut yang dapat mengakses dan menggunakan komputer atau laptop tersebut. Password ini dapat digunakan untuk melindungi data dan informasi pribadi yang disimpan pada komputer atau laptop.

Melindungi komputer atau laptop dari pihak yang tidak bertanggung jawab adalah hal yang penting untuk dilakukan. Terutama jika komputer tersebut menyimpan data pribadi yang penting. Salah satu cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan password. Namun, apabila terjadi lupa password, situasi ini dapat menimbulkan panik dan kesulitan untuk mengakses komputer. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat catatan atau mengingat password dengan baik agar terhindar dari masalah seperti ini. Atau, alternatif lain adalah menggunakan metode autentikasi dua faktor atau menyimpan password pada lokasi aman seperti password manager.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop

Beruntung, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah lupa password pada komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, 8, atau 10, dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Melalui Safe Mode

Cara pertama untuk memecahkan masalah lupa password pada Windows adalah dengan menggunakan Mode Aman. Jika kamu belum familiar dengan istilah ini, Mode Aman adalah fitur bawaan dari Windows yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah sistem pada laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset password laptop pada Mode Aman:

  • Masuk ke Mode Aman: Mulai laptop atau komputer, dan tekan tombol F8 secara berulang-ulang saat booting hingga muncul menu pilihan. Pilih “Safe Mode” dan tekan enter.
  • Login sebagai administrator: Setelah masuk ke Mode Aman, coba login sebagai administrator. Jika tidak ada akun administrator, coba login dengan akun lain yang memiliki hak akses administrator.
  • Buka Control Panel: Klik Start, lalu pilih Control Panel.
  • Pilih User Accounts: Klik “User Accounts and Family Safety”, lalu pilih “User Accounts”.
  • Pilih Change a password: Pilih akun yang lupa password, klik “Change the password”.
  • Masukkan password baru: Masukkan password baru dan konfirmasikan, lalu klik “Change password”.
  • Keluar dari Mode Aman: Setelah password berhasil diubah, restart laptop atau komputer dan coba login menggunakan password baru.
  Cara Mengatasi Sinyal Hilang: Memperbaiki Masalah Koneksi Jaringan Anda

Catatan: Jika tidak memiliki akun administrator atau akun lain yang memiliki hak akses administrator, kamu tidak dapat mereset password dengan cara ini. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba metode reset password lain seperti menggunakan disk instalasi Windows atau aplikasi reset password.

Menggunakan Flashdisk

Untuk mengatasi masalah lupa password pada laptop atau komputer Windows dengan menggunakan flashdisk dan Lazesoft Recovery Suite, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Download dan install Lazesoft Recovery Suite pada komputer atau laptop yang masih dapat digunakan.
  • Buat flashdisk bootable menggunakan Lazesoft Recovery Suite.
  • Masukkan flashdisk bootable ke laptop atau komputer yang lupa password.
  • Restart komputer atau laptop dan masuk ke “Boot Menu” atau “BIOS” untuk memilih flashdisk sebagai media boot.
  • Setelah masuk ke Lazesoft Recovery Suite, pilih opsi “Reset Windows Password”.
  • Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mereset password pada sistem operasi Windows.
  • Simpan perubahan dan restart komputer atau laptop untuk memastikan bahwa password baru sudah berfungsi dengan baik.

Catatan: Langkah-langkah di atas dapat berbeda tergantung pada versi Lazesoft Recovery Suite yang digunakan. Sangat disarankan untuk membaca manual atau petunjuk aplikasi sebelum menggunakannya.

Install Ulang

Kamu dapat menggunakan metode ini jika kamu telah mencoba semua cara untuk mengatasi lupa kata sandi kamu di laptop atau komputer kamu tetapi tidak ada yang berhasil.

Sebelum menginstal ulang laptop kamu pertama-tama lalu kembali ke data penting.

Karena ketika kita install ulang laptop biasanya data tersebut akan hilang terutama data pada drive C: lokal. Oleh karena itu pastikan kamu telah mencadangkan semua data penting pada drive C.

Dengan CMD

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi lupa password pada laptop atau komputer Windows yang kamu gunakan yaitu dengan DVD/USB installer.

Jika kamu belum mempunyainya, silahkan kamu download file ISO sesuai versi Windows yang kamu gunakan terlebih dahulu.

  1. Silahkan kamu burning file ISO tersebut ke CD/DVD dan atur boot priority pada laptop atau komputer yang kamu gunakan untuk booting melalui CD/DVD.
  2. Kamu bisa mengatur boot priority melalui menu BIOS.
  3. Jika sudah berhasil booting, silahkan kamu klik pada bagian Repair your computer yang terletak di bagian pojok kiri bawah jendela installer.
  4. Ikuti langkah – langkahnya hingga kamu mendapatkan pilihan untuk membuka Command Prompt atau CMD.
  5. Jika sudah berhasil masuk CMD, silahkan kamu ketikkan perintah copy c:\windows\system32\sethc.exe c: untuk membackup file sticky keys yang asli.
  6. Selanjutnya silahkan kamu copy file cmd.exe di atas file exe dari sticky keys seperti berikut ini copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe.
  7. Jika sudah, silahkan kamu restart komputer atau laptop kamu melalui harddisk dengan cara mengeluarkan CD/DVD installer.
  8. Setelah masuk ke login screen, silahkan kamu tekan tombol Shift 5 kali untuk membuka Command Prompt dalam mode administrator.
  9. Untuk mereset password laptop atau komputer silahkan ketikkan perintah net user geek PasswordBaru.
  10. Silahkan kamu sesuaikan PasswordBaru sesuai dengan keinginan kamu.
  Cara mengecilkan ukuran foto di HP dan Komputer

Hirent Boot

Hiren Bootable CD juga dikenal sebagai HBCD adalah CD bootable tujuan umum yang termasuk dalam diagnostik yang dapat digunakan dalam berbagai situasi seperti alat kloning sistem pengujian kinerja sistem MBR BIOS alat kloning disk dan pemulihan kata sandi.

Jika kamu kehilangan atau lupa kata sandi login atau kata sandi administrator untuk PC Windows atau laptop kamu kamu dapat membuatnya lebih mudah karena kamu akan menemukan kata sandi login untuk laptop atau laptop yang kamu gunakan. Pertimbangkan metode berikut:

  1. Langkah pertama buka situs hirensbootcd.org. Gulir ke bawah halaman dan unduh file terkompresi Hirens.BootCD.15.2.zip.
  2. Jika sudah silahkan kamu ekstrak file tersebut maka kamu akan menemukan file image .iso yang dapat di-boot: Hiren’s.BootCD.15.2.iso.
  3. Burning file ISO ke CD/DVD menggunakan aplikasi burning favorit kamu.
  4. Jika sudah, hidupkan komputer Kamu dan buat CD-ROM untuk booting terlebih dahulu. Kamu bisa mengaturnya melalui menu BIOS.
  5. Setelah komputer dijalankan dari CD/DVD, maka kamu akan masuk ke halaman startup Hiren Boot CD dengan banyak utilitas.
  6. Silahkan kamu pilih opsi Offline ‘NT / 2000 / XP / Vista / 7 Password Changer dengan menggunakan tombol panah atas dab bawah lalu tekan Enter.
  7. Kemudian tunggu Offline NT Password & Registry Editor dimuat.
  8. Selanjutnya Kamu akan melihat opsi boot kernel Linux. Cukup tekan Enter.
  9. Kemudian Kamu perlu memilih partisi yang berisi instalasi Windows yang ingin Kamu hapus kata sandinya.
  10. Tekan Enter untuk menerima jalur Registry Windows default. Pilih opsi default [1] – Password reset [sam system security] dan tekan Enter.
  11. Sekarang utilitas chntpw perlu tahu persis apa yang ingin Kamu lakukan. Pilih pilihan default [1] – Edit user data and passwords dan tekan Enter.
  12. Ketik 1 untuk memilih Clear (blank) user password dan kemudian tekan Enter. Ketik ! untuk berhenti mengedit pengguna lalu tekan Enter.
  13. Ketik q dan tekan Enter untuk keluar dari alat pengeditan registri Offline NT Password & Registry Editor. Kemudian simpan perubahan kata sandi ke disk dan ketik y untuk ya dan tekan Enter.
  14. Hapus Hiren’s Boot CD dan tekan Ctrl + Alt + Delete untuk restart ulang komputer Kamu.
  15. Setelah reboot, Kamu akan dapat masuk ke Windows tanpa memasukkan kata sandi.
  cara menyimpan video dari facebook

Cara Mengganti Password Laptop Windows

Password pada laptop atau komputer memegang peran penting dalam menjaga privasi dan melindungi data. Namun, ada kalanya password tersebut sudah diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti password agar tetap menjaga keamanan perangkat. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara mengganti password pada laptop atau komputer.

Karena setiap versi Windows memiliki pengaturan yang berbeda-beda, membuat proses mengganti password juga berbeda. Sebaiknya password terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan karakter atau tanda baca.

Untuk membantu Anda dalam mengganti password pada laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, berikut ini adalah tutorial bagaimana mengganti password pada Windows 7, 8/8.1, dan 10.

Mengganti Password Windows 7

Cara mengganti password yang pertama akan kita lakukan pada laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows 7. Sebenarnya cara mengganti password pada Windows 7 ini sama dengan cara mengganti password pada Windows XP. Langsung saja simak caranya berikut ini.

  1. Langkah pertama buka Start Menu dan masuk ke Control Panel.
  2. Jika sudah masuk ke Control Panel, silahkan kamu pilih opsi User Account.
  3. Apabila terdapat banyak akun, silahkan kamu pilih akun yang kamu gunakan.
  4. Kemudian klik Change Password untuk mengganti kata sandi.
  5. Silahkan kamu masukkan password lama dan password baru kamu.
  6. Jangan lupa isi password hint sebagai petunjuk jika suatu saat kamu lupa password.
  7. Jika sudah selesai, klik Change Password untuk menyimpan perubahan.

Mengganti Password Windows 8/8.1

Untuk mengganti password pada Windows 8 atau Windows 8.1, pengguna dapat menggunakan akun lokal atau akun Microsoft. Namun, akun lokal lebih banyak dipilih karena lebih familiar. Cara mengganti password pada Windows 8/8.1 sangat sederhana, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Start Screen dan klik pada akun yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih Change account picture.
  • Kemudian, Anda akan masuk ke menu Users atau langsung menu Account jika menggunakan Windows 8.1.
  • Pada menu tersebut, pilih Sign-in options.
  • Klik Change your password untuk mengganti password.
  • Masukkan password lama dan atur password baru.
  • Jangan lupa untuk mengisi password hint sebagai petunjuk jika Anda lupa password.

Mengganti Password Windows 10

Windows 10 memiliki cara yang hampir sama dengan versi sebelumnya untuk mengganti password, meski terdapat pengembangan yang membuat langkah-langkahnya berbeda. Walaupun hampir sama dengan cara pada Windows 8.1, masih banyak orang yang bingung. Inilah langkah-langkah menggantinya:

  • Tekan tombol Windows+I untuk masuk ke menu Settings.
  • Pilih menu Accounts.
  • Pilih opsi Sign-in options.
  • Pilih opsi Password dan klik Change.
  • Masukkan password lama, klik Next, dan atur password baru.
  • Isi password hint sebagai petunjuk jika lupa password.
  • Password laptop atau komputer berhasil diganti.