pengertian artikel menurut para ahli,ciri,fungsi,jenis,contoh,manfaat

Posted on

Artikel – Artikel merupakan suatu karya tulis yang mempunyai sifat faktual serta terdapat pendapat atau ide seseorang mengenai masalah tertentu. Artikel memiliki tujuan untuk mendidik, mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan, atau dapat menghibur dengan cara mempublikasikannya. Berita terdapat di surat kabar atau majalah merupakan salah satu dari bentuk penulisan artikel yang dibuat guna menyampaikan berita.

pengertian artikel menurut para ahli,ciri,fungsi,jenis,contoh,manfaat
pengertian artikel menurut para ahli,ciri,fungsi,jenis,contoh,manfaat

Begitu juga dengan berbagai tulisan yang terdapat di internet baik itu blog ataupun website yang merupakan salah satu dari bentuk penulisan artikel. Namun, tidak semua dari bentuk penulisan yang terdapat dalam berita merupakan artikel. Terdapat ciri-ciri artikel dan hal ini karena, bentuk tulisan dari artikel itu mudah serta memakai gaya bahasa sederhana sehingga akan membentuk suatu tulisan yang disebut sebagai artikel.

Penulisan artikel dilakukan oleh individu yang akan mengarang tulisan, menggabungkan kata-kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga dapat membuat pembaca mengetahui serta merasakan apa yang sebelumnya tidak para pembaca ketahui sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian artikel menurut para ahli.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Secara tidak langsung, bahwa hampir setiap hari kita selalu membaca sebuah artikel. Artikel ialah suatu karangan faktual dan mempunyai tujuan guna menyampaikan gagasan atau fakta yang dapat meyakinkan, menghibur, dan mendidik. Artikel dapat ditemukan melalui berbagai media seperti majalah, koran, dan sebagainya. Agar dapat menambah pengetahuan tentang pengertian artikel, berikut pengertian artikel menurut para ahli.

  • KBBI

Artikel merupakan karya tulis secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.

  • Sumandiria

Artikel ialah karya tulis lepas yang isinya berupa opini yang membahas tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembaca.

  • Al-‘Aqli

Artikel adalah karya tulis yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu serta setiap pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sari dari karya tulis tersebut.

Ciri-Ciri Artikel

Berikut ciri-ciri artikel, antara lain :

  • Mempunyai isi yang bersumber pada fakta serta bukan hanya sekedar realita.
  • Artikel berisi karya tulis yang padat, tuntas, singkat, dan jelas.
  • Merupakan hasil tulisan yang original.
  • Bersifat faktual dengan mengungkapkan dengan berbagai data yang diketahui oleh penulis artikel tersebut.
  • Isi karangannya sesuai dengan fakta yang diperoleh dari objek atau narasumber, jadi bukan hanya merupakan hasil pemikiran dari penulis.
  • Isi artikel tersebut dapat berupa pemaparan tentang biografi seorang tokoh, suatu peristiwa, hasil riset, dan lain sebagainya.
  • Artikel merupakan sebuah gagasan yang menyangkut tentang kebutuhan para pembaca.
Baca :  Tata Cara Membuat Makalah

Cara Penulisan Artikel

Dalam menulis sebuah artikel, terdapat berbagai jenis serta cara penulisannya, antara lain :

  • Argumentasi

Karya tulis ini memiliki tujuan guna membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan fakta sebagai alasan atau bukti. Penulis mengharapkan adanya kebenaran berpendapat dari para pembaca yang terdiri dari unsur data, opini, dan fakta.

Contoh:

Kepahlawanan harus selalu dipupuk dan dikembangkan sebagai heroik. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan kepribadian luhur, berjiwa, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan kasih kepada sesama. Semua sifat ini diperlukan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

  • Deskripsi

Karangan ini mengandung gambaran mengenai sebuah hal sehingga pembaca seolah-olah mendengar, merasakan, atau melihat keadaan tersebut yang berupa fakta dan fiksi.

Contoh deskripsi berisi fakta:

Hampir seluruh pelosok Mentawai indah. Ada empat kabupaten di padang pasir. Hutan-hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan berbagai jenis anggrek dan fauna yang ditemukan hanya di Mentawai. Kerdil siamang, dan Mentawai lutung monyet primata Simakobu adalah contoh menarik untuk bahan penelitian dan atraksi.

Contoh deskripsi berupa fiksi:

salju, rumput tipis, berkilau diseling putih orange; bayangan matahari terbenam memantul. Angin awal musim dingin berhembus dingin, bermain sisa daun gugur dan bulu coklat melompat menderaikan dari satu cabang ke cabang lain.

  • Eksposisi

Karya tulis eksposisi berisi tentang penjelasan mengenai topik yang bertujuan guna memberi pengetahuan tambahan untuk para pembaca yang dilengkapi dengan adanya gambar, grafik, dan sebagainya.

Contoh: Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang utama, yaitu akuntansi dan auditing. Di bidang akuntansi, retensi pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, akuntansi perencanaan sistem informasi juga digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.

Pekerjaan audit di bidang akuntansi dalam bentuk pemeriksaan objektif laporan keuangan untuk menilai kewajaran informasi yang terkandung dalam laporan.



  • Persuasi

Karya tulis persuasi memiliki tujuan guna mempengaruhi para pembaca untuk berbuat sesuatu. Pengarang mengharapkan sikap motorik yang berupa perbuatan yang dapat dilakukan oleh para pembaca sesuai dengan adanya anjuran dari penulis dalam karya tulisnya.

  • Narasi
Baca :  Pengertian Kode Etik Profesi Pelanggaran Kode Etik Fungsi Tujuan Manfaat

Narasi merupakan karya tulis yang dikenal sebagai sebuah cerita yang isi berisi fiksi atau fakta. Pada karangan ini terdapat sebuah peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian tersebut terdapat seorang tokoh yang menghadapi suatu konflik.

Contoh: narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman. Contoh narasi dalam bentuk fiksi: novel, cerpen, cerbung, atau komik.

Jenis Jenis Artikel

1.Artikel Prediktif

Merupakan artikel yang isinya mengenai hal yang sifatnya belum atau akan terjadi sesuai dengan analisa penulis.

contoh :

Gunung Krakatau adalah salah satu gunung laut yang ada di Indonesia lebih tepatnya di Selat Sunda yang berada antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883 ini merupakan bencana alam terbesar di dunia. Kurang lebih 40 tahun setelah Krakatau meletus munculah istilah Anak Krakatau. Pertumbuhan tinggi Anak Krakatau diperkirakan 20inci per bulannya Bila kita melihat pertumbuhan Anak Krakatau semakin lama semakin membesar bahkan bisa melebihi ketinggian Gunung Krakatau, maka bila Anak Krakatau ini meletus, diperkirakan letusannya akan menggoncangkan dunia dan juga diperkirakan angka korban yang ditimbulkan akan lebih dahsyat dari letusan dari Gunung Krakatau sebelumnya. Untuk meletusnya Anak Krakatau sendiri diprediksikan oleh para ahli geologi akan terjadi antara tahun 2015-2083.

2. Artikel Eksploratif

Merupakan artikel yang mengandung ungkapan dari berbagai fakta yang sesuai dengan sudut pandang dari penulis.



contoh :

Makalah penelitian



3.Artikel Deskriptif

Merupakan artikel yang disusun guna menggambarkan suatu masalah atau konflik yang terjadi dalam kehidupan.

contoh:

Salah satu museum sejarah mengenai perjuangan kebebasan Republik Indonesia yang sedang di Yogyakarta ialah Museum Yogya Kembali. Jika disaksikan dari luar, museum ini berbentuk kerucut. Museum Yogya Kembali terdiri dari 3 lantai menyeluruh dengan ruang perpustakaan dan ruang serbaguna. Ketika Anda menginjak museum ini, maka kita akan mengejar pada rana pintu tulisan sebanyak 422 nama pahlawan yang gugur di wilayah Whrkreise III (RIS). Di lantai kesatu ada empat museum yang menyimpan benda bersejarah, contohnya senjata, telepon, mesin ketik, dll. Lantai dua ada ruang diorama yang menceritakan perjuangan rakyat Indonesia. Di unsur luar lantai dua ada relief dengan jumlah selama 40 relief. Di lantai tiga ada pahatan dan ruang ini khusus dipakai untuk memperingati dan mendoakan semua pahlawan yang gugur. Di tengah ruang lantai tiga ada tiang bendera dengan bendera Merah Putih yang berkibar.

Baca :  34 Provinsi Pakaian Adat Tradisional di Indonesia Gambar dan Keterangan

4. Artikel Eksplanatif

Merupakan artikel yang isinya mengenai penjelasan suatu hal kepada para pembaca dengan menurut sudut pandang penulis.

contoh :

Gunung meletus merupakan gejala alam yang terjadi dampak adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang mempunyai kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi adalahsalah satu bencana alam yang paling dahsyat.

Walaupun begitu, gunung berapi terbentuk oleh letusan yang paling dahsyatnya itu. Beberapa gunung berapi di Indonesia ialah Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Toba, Gunung Kerinci, Gunung Tambora, dan masih tidak sedikit lagi yang lainnya.

Kedudukan dan Fungsi Artikel

a. Penerjemah Dalam Berita



Untuk surat kabar tabloid, atau majalah, artikel yang ditulis oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing memiliki fungsi sebagai pendamping sekaligus bagai penerjemah dan menganalis berita.

Artikel, mempunyai fungsi untuk menyatukan fakta-fakta dalam sebuah berita ke dalam cakupan yang lebih jelas, tegas dan enak dibaca.

b. Wahana diskusi untuk mencari solusi serta proses aktualisasi dan eksistensi diri.

1) Wahana diskusi dan sosialisasi gagasan. Selaku masyarakat intelék, seorang penulis tentunya memiliki kekhawatiran terhadap apa yang disimak, dibaca, dilihat dan didengarnya dalam kesehariannya. Selanjutnya dirinya menilai serta menentukan sikap terhadap pokok persoalan yang terjadi. Selaku individu intelék dirinya memiliki sikap mengenai suatu kebenaran, kejujuran, keadilan, demokrasi, menegakan hukum, norma-norma social agama, atau suatu hal yang bersifat normative juga diakui secara universal.

2) Sarana kontribusi pemikiran untuk memberi solusi terhadap suatu masalah.

Untuk seorang penulis artikel, bahwa menulis untuk media massa dilandasi oleh tekad untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka mencari solusi terhadap suatu hal yang dialami oleh masyarakat atau bangsa.

3). Sarana aktualisasi sekaligus untuk éksisténsi diri.
Tidak sedikit manusia secara sadar menulis artikel konsumsi pers itu sebagai sarana aktualisasi sekaligus eksistensi diri.

Manfaat Artikel

Manfaat menulis artikel ilmiah ialah sebagai berikut:

  • Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  • Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Bagikan di Sosial Media