Pengertian, Jenis, Fungsi Processor Sejarah Komputer

Posted on

Processor – Dalam benak pikiran anda jika anda seorang gamers tentulah anda tahu betul apa tujuan dan fungsi processor. Processor merupakan bagian terpenting dalam sebuah rangkaian komputer karena tanpa adanya processor, sebuah komputer tidak akan berjalan atau beroprasi bahkan tidak memiliki kegunaan sama sekali. Processor merupakan otak komputer, sehingga sangat penting dan harus teliti dalam memilih komputer, salah satunya dengan mengetahui processor yang digunakan dalam komputer tersebut. Kali ini kita akan sedikit mengulas tentang pengertian dan fungsi-fungsi processor itu sendiri untuk membantu teman-teman yang belum memahaminya.Prosesor ini terletak di socket yang sudah disediakan motherboard. Processor ini disebut juga “Microprosessor”. Processor merupakan sebuah IC yakni suatu komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dls, yang juga merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai otak dari berbagai perangkat elektronik.

Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Processor Pada Komputer Menurut para ahli
Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Processor Pada Komputer Menurut para ahli

 Pengertian Processor

  • Secara umum

pengertian processor ialah sebuah IC yang mengontrol dari keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusatnya atau otak komputer dengan menjalankan fungsinya dalam melakukan perhitungan & menjalankan tugas.

  • Juharis & Abdul Hamid

Processor merupakan pusat eksekusi setiap perintah, baik sebuah instruksi ataupun data dalam sistem komputer.

  • Lia Kuswayatno

Processor merupakan sebuah chip yang menjadi pengolah utama dan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.

  • Rahmat Putra

Processor merupakan komponen terpenting dalam komputer untuk mengendalikan segala komponen yang ada di dalam komputer, untuk mengolah data & mengeksekusi semua sistem operasi yang telah diinstalkan di dalam komputer.

  • Cambridge

bagian dari komputer yang melakukan operasi pada informasi yang dimasukkan ke dalamnya

  • Oxford

Mesin yang memproses sesuatu.

  • Jatikom

Prosesor adalah rangkaian elektronik terpadu yang melakukan perhitungan yang menjalankan komputer. Sebuah prosesor melakukan aritmatika, logis, input / output (I / O) dan instruksi dasar lainnya yang dilewatkan dari sistem operasi (OS). Sebagian besar proses lainnya bergantung pada operasi prosesor.

FUNGSI PROCESSOR

  • Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Fungsi pertama dari sebuah processor adalah menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Ya, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan penyusunan tertentu.Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuh komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah processor. Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut, maka akan dihandle oleh processor.

  • Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama

Fungsi berikutnya dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan omponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Sema komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.

  • Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap – tiap komponen komputer

Sebagai otak komputer, maka processor juga memiliiki fungsi dan juga tugas penting lainnya, yaitu mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari sebuah processor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing – masng di dalam sebuah sistem kerja komputer.

  • Menjaga performa dari sebuah komputer

Merupakan salah satu fungsi lainnya dari sebuah processor. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.Processor seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tingi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat.Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini jug harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, anda juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

  • Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah compute akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diola sedemikian rupa, hingga nantinya sang komputer bisa membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari kompuer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, untuk mendukung fungsi pengolahan algoritma ini, maka processor sudah pasti memegang peranan yang sangat penting. Processor membantu mengolah perhitungan algoritma di dalam sebuah komputer, sehingga nantinya setiap komputer bisa mendefinisikan dan juga mengeksekusi setiap perintah yang diberikan oleh masing – masing usernya.

  • Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer

Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer, seperti :

  1. Tujuan desain dan juga arsitektural (3D)
  2. Tujuan gaming (3D dan sound)
  3. Tujuan server (Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa)
  4. Tujuan khusus, seperti komputer peramal cuaca, pergerakan awan, seismograph, dan sebagainya.

Untuk mendukung berbagai tujuan spesifik dari komputer tersebut, maka sebuah processor tentu saja memegang fungsi dan juga epranan yang sangat penting. Setiap processor memilki kemampuan dan juga spesifikasi tersendiri, yang tentu saja sengaja diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.

  • Memastikan agar komputer dapat bekerja denan baik

Processor juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Ya, hal ini berhubungan erat dengan fungsi dar processor sebagai media integrasi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer pun nantinya akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.

  • Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

Processor juga memilki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabiitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen – komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Selain itu, processor juga tidak dapat sembarangan dipasangkan dengan komponen komputer lainnya. Processor haruslah dipasangkan dengan motherboard, RAM komputer, VGA, dan komponen lainnya yang memiliki seri yang sama, sehingga seluruh komponen tersebut dapat bekerja dengan baik, dan tidak mengalami kendala tertentu.

  • Menyalakan komputer

Power supply mungkin memang merupakan sebuah komponen dari komputer yang bertugas untuk memberikan suplai dan juga arus listrik bagi sebuah komputer. Namun demikian, ternyata, yang berperan penting untuk menyalakan sebuah komputer tidaklah hanya power supply. Processor juga memiliki peran dan juga fungsi yang penting untuk membantu menyalakan sebuah komputer. Arus listrik yang disuplai oleh power supply akan menyalakan processor, sehingga processor memiliki tenaga yang cukup untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen komputer.

  • Sebagai otak dan juga pusat dari sebuah komputer
Baca :  6 Cara mudah Menonaktifkan Whatsapp WA sementara

Fungsi terakhir, dan merupakan kesimpulan dari keseluruhan fungsi yang dimilki oleh sebuah processor adalah sebagai otak dan juga pusat kehidupan dari sebuah komputer. Ya, apabila diibaratkan sebagai manusia, processor adalah otak dari manusia. Processor membantu komputer dalam berpikir, menjalankan perintah, mengolah informasi, dan juga melakukan setiap pekerjaan yang harus dilakukan.

Jenis-jenis prosesor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih jenis prosesor yang pas sangatlah penting. Jadi, sudah sewajarnya kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa kerja dari komponen ini. Untuk memahami jenis serta cara kerja prosesor, yang perlu kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu komponen penyusunnya.

  1. Chipset

Chipset adalah tempat dimana prosesor ditempatkan. Hubungan komunikasi antara prosesor terhadap berbagai komponen lainnya dipengaruhi oleh chipset. Secara singkatnya, chipset berfungsi untuk mengatur aliran data pada smartphone kamu.

chipset processor
  1. Core

Core merupakan inti dari prosesor. Pada awalnya, prosesor muncul dengan support dari satu core (inti) saja. Namun, setelah munculnya popularitas multitasking, maka developer gadget pun mulai menambahkan jumlah core.

Core processor

Sekarang, kamu bisa menikmati mulusnya performa dengan Dualcore (dilengkapi dengan dua core), Quadcore (dilengkapi dengan empat core), Hexacore (dilengkapi dengan enam core), hingga Octacore (dilengkapi dengan delapan core).

  1. Clock Speed

Clock speed adalah ukuran frekuensi maksimun yang bisa dijalankan oleh sebuah core dalam satu detik. Biasanya kamu akan melihat tambahan tulisan 1 GHz hingga 2 GHz, inilah satuan dari kecepatan frekuensi ini.

GHz sendiri merupakan singkatan dari Giga Hertz. Jadi, jika kamu memiliki prosesor Quadcore (memiliki empat core) dengan kecepatan 1.2 GHz, artinya setiap core memiliki frekuensi maksimum 1.2 GHz.

Clock Speed processor
Clock Speed processor

Bisa dikatakan bahwa komponen satu ini juga akan mempengaruhi tingkat ke-lemot-an _gadget yang kamu gunakan.

  1. GPU

GPU, alias Graphic Processing Unit, berperan dalam menentukan kualitas grafis dari gadget yang kamu gunakan. Tapi, komponen satu ini sangat bergantung pada core dan clock speed untuk bisa bekerja secara maksimal.

GPU processor
GPU processor

Sejarah Processor

Sejarah dan Perkembangan Processor Intel : Sebelum kamu melanjutkan membaca tulisan ini, terdapat baiknya ada menyaksikan dulu Sejarah Processor. Pada tahun 1968, Gordon Moore, Robert Noyce and Andy Grove mengejar Intel Corp. guna menjalankan bisnis “INTegrated ELectronics” atau yang lebih anda kenal INTEL. Inilah mula mula berdirinya perusahaan processor yang telah tidak sedikit digunakan di semua dunia sampai ketika ini. Processor Intel di mulai dari RAM Statis baru lantas dikembangkan menjadi Micropocessor. Microporcessor kesatu mempunyai 275.000 Transitor. Bandingkan dengan Intel Core 2 Quad yang mempunyai 300 Juta Transitor.

Sejarah dan Perkembangan Processor Intel

RAM STATIS

Dimulai pada tahun 1969, Intel memberitahukan produk kesatunya, RAM statis 1101, metal oxide semiconductor (MOS) kesatu di dunia. Ia menyerahkan sinyal pada berakhirnya era kenangan magnetis.

Selanjutnya dikembangkan lagi pada tahun 1971 munculah microprocessor kesatu Intel, microprocessor 4004 ini dipakai pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan guna memasukkan kecerdasan produksi pada benda mati.

Lanjut ke tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yakni 4004. Pada tahun 1974, 8080 Microprocessor Menjadi benak dari suatu komputer yang mempunyai nama Altair, pada saat tersebut terjual selama sepuluh ribu dalam 1 bulan.

Setelah tersebut di tahun 1978, 8086-8088 Microprocessor menjadi suatu penjualan urgen dalam divisi komputer terjadi pada produk guna komputer pribadi produksi IBM yang menggunakan prosesor 8088 yang sukses mendongkrak nama intel.

Terakhir pada tahun 1982, Intel 286 Microprocessor atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 ialah sebuah processor yang kesatu kali bisa mengenali dan memakai software yang dipakai untuk processor sebelumnya.

MICROPROCESSOR

Intel berlanjut pada tahun 1985, Intel386™ Microprocessor. Intel 386 ialah sebuah prosesor yang mempunyai 275.000 transistor yang tertanam diprosessor itu yang bila dikomparasikan dengan 4004 mempunyai 100 kali lipat lebih tidak sedikit dibandingkan dengan 4004.

Kemudian pada tahun 1989, Intel486™ DX CPU Microprocessor adalahprosesor kesatu dengan lebih 1 juta transistor. Sebelumnya telah dikenal generasi XT i186, dilanjutkan dengan generasi AT i286, i386 sampai i486. i486 dengan chip 32 bit ini bekerja dengan clock hingga 100MHz. i486 dijual hingga pertengahan tahun 90-an.

Processor yang kesatu kali mempermudah berbagai software yang awalnya harus mengetikkan command-command menjadi melulu sebuah klik saja, dan mempunyai faedah komplek matematika sampai-sampai memperkecil beban kerja pada processor.

PENTIUM I

masuk ke processor Intel Pentium series pada tahun 1993, Intel® Pentium® Processor yang lebih dikenal dengan Pentium I dengan lebih dari 3 juta transistor.

Chip ini menyimpan suatu bug.

Pentium berlangsung dengan kekeliruan proses yang sangat parah sepanjang sejarah. Processor generasi baru yang dapat menangani sekian banyak jenis data laksana suara, bunyi, artikel tangan, dan foto.

Kemudian pada tahun 1995, Intel® Pentium® Pro Processor yang dirancang untuk dipakai pada software server dan workstation, yang diciptakan untuk memproses data secara cepat, processor ini memiliki 5,5 jt transistor yang tertanam.

PENTIUM II

Pada tahun 1997, Intel® Pentium® II Processor yang adalahperkembangan berikutnya dengan clock sampai 450 MHz dan menampung selama 7,5 juta transistor diintegrasikan dengan chace level 2 (L2).

Processor Pentium II adalahprocessor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara eksklusif untuk mengubah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sampai-sampai dengan processor ini pemakai PC bisa mengolah sekian banyak data dan memakai internet dengan lebih baik.

Tahun 1998 Processor hemat Intel® Pentium II Xeon® Processor dengan basis Pentium II namun tanpa ketersediaan chace level 2 (L2). Processor ini dikenal dengan Pentium II Celeron. Processor yang diciptakan untuk keperluan pada software server. Intel ketika itu hendak memenuhi strateginya yang hendak memberikan suatu processor menarik untuk suatu pasar tertentu.

PENTIUM III

Pada tahun 1999 lahirlah processor yang dahulu pernah saya miliki. Yap…Pentium III bermunculan dengan slogan “Internet Streaming Extension”. Pentium III didukung dengan 44 juta transistor dan dapat menyokong lebih tidak sedikit proses secara paralel. Pada tahun ini pun lahir Processor Intel® Celeron® yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan guna pemakai yang tidak terlalu memerlukan kinerja processor yang lebih cepat.

Bagi pemakai yang hendak membangun suatu system computer dengan budget (harga) yang tidak terlampau besar. Processor Intel Celeron ini memiliki format dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi melulu dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium.

Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali menyerahkan sebuah processor untuk suatu pasaran tertentu. Kemudian hadir lagi pengembangan dari Intel® Pentium® III Processor yang diberi ekstra 70 instruksi baru yang secara mengharukan memperkaya keterampilan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara. I

ntel® Pentium® III Xeon® Processor adalahproduk terakhir dari Pentium III series. Intel pulang merambah pasaran server dan workstation dengan menerbitkan seri Xeon namun jenis Pentium III yang memiliki 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini ialah ia bisa mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang pun mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini pun dirancang guna dipadukan dengan processor beda yang sejenis.

PENTIUM IV

Kelahiran Intel® Pentium® 4 Processor terjadi pada tahun 2000. Dengan clock 4 kali lebih banyak dari Pentium III, Pentium 4 bermunculan dengan clock sampai 3.8 GHz. Processor ini dapat melaksanakan perintah jauh lebih tidak sedikit pada proses yang sama. Varian beda dari Pentium 4 ini ialah Pentium 4 Hyperthreading.



Processor Pentium IV adalahproduk Intel yang kecepatan prosesnya dapat menembus kecepatan sampai 3.06 GHz. Pertama kali terbit processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah tersebut intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dibuka dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz hingga yang teranyar yang ketika ini dapat menembus kecepatannya sampai 3.4 GHz.

Pada tahun 2001 Intel pulang merilis Intel® Xeon® Processor untuk keperluan server. Processor Intel Pentium 4 Xeon adalahprocessor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus guna berperan sebagai computer server. Processor ini mempunyai jumlah pin lebih tidak sedikit dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih banyak pula.

Baca :  Cara Membuat Email baru serta Pengertian Kegunaan nya

INTEL ITANIUM

Pada tahun 2001 pun Processor Intel® Itanium® dilahirkan. Itanium ialah processor kesatu berbasis 64 bit yang ditujukan untuk pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu.

Processor ini sudah diciptakan dengan struktur yang benar-benar bertolak belakang dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

Selanjutnya pada tahun 2002, Intel® Itanium® 2 Processor adalahgenerasi berikutnya. Itanium 2 ialah generasi kedua dari family Itanium. Processor 64 bit dengan 221 juta transistor ini menjangkau clock maksimum 1 GHz. Processor ini tidak berhasil di pasaran, bahkan namanyapun hampir tidak pernah terdengar.

INTEL PENTIUM M

Processor Intel® Pentium® M Processor yang ditujukan guna notebook ini dikenal dengan Pentium M tahun 2003. Merupakan processor yang dirampingkan sampai 77 juta transistor. Pentium M diciptakan untuk menggantikan Pentium 4 yang boros pemakaian daya pada notebook. Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 ialah komponen dari Intel® Centrino™.

Intel Centrino diciptakan untuk memenuhi keperluan pasar akan eksistensi sebuah komputer yang gampang dibawa kemana-mana. Lanjut ke tahun 2004, Muncul lagi Intel Pentium M 735/745/755 processors yang dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kesesuaian dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

Masih pada tahun yang sama Intel E7520/E7320 Chipsets lahir. 7320/7520 dapat dipakai untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

INTEL PENTIUM DUAL CORE

Pada tahun 2005 Penggabungan kinerja Hyperthreading dan pemakaian daya Pentium M, bermunculan processor DualCore dengan clock maksimal 2 GHz.

Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz suatu processor yang ditujukan guna pasar pemakai komputer yang mengharapkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini memakai konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

Intel Pentium D 820/830/840 Processor berbasis 64 bit dan dinamakan dual core sebab menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan dapat beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini pun disertakan sokongan HyperThreading.

INTEL CORE 2 DUO dan CORE 2 QUAD

Pada tahun 2006 Penggunaan dan pemasaran generasi DualCore belum habis, satu tahun kemudian dikenalkan Core2Duo yang mengintegrasikan nyaris 300 juta transistor dengan 2 buah core yang bekerja dalam 1 processor dapat bekerja sampai 3.3 GHz. Masih di tahun yang sama Intel Core 2 Quad Q6600 hadir Processor guna type desktop dan dipakai pada orang yang hendak kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki mempunyai 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang bisa diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ).

Untuk server ditahun yang sama Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 diproduksi. Processor yang dipakai untuk tipe server dan mempunyai 2 buah core dengan setiap mempunyai konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, beruntun , dengan 8MB L2 cache ( dapat menjangkau 4MB yang diakses guna tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

INTEL CORE i3, i5 dan i7

Pada tahun 2009 Processor Intel i Series lahir. Dimulai dari Intel Core i3. Intel Core i3 adalahvarian sangat value dikomparasikan dua saudaranya yang lain. Processor ini bakal mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya dianggap sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain tersebut Core i3 nantinya memakai manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sementara memory controller/graphics memakai 45nm. Code produk Core i3 ialah “Arrandale”.

Intel Core i5

Jika Bloomfield ialah codename guna Core i7 maka Lynnfield ialah codename guna Core i5. Core i5 ialah seri value dari Core i7 yang bakal berjalan di socket baru Intel yakni socket LGA-1156. Tertarik begitu mendengar kata value ? Tepat ! Core i5 akan dijual dengan harga selama US$186.

Kelebihan Core i5 ini ialah ditanamkannya faedah chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan memakai chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini bakal terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge.

Jika Core i7 memakai Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 melulu menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya pun diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini menyokong Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yakni 8 MB L3 cache.

Intel pun meluncurkan Clarksfield, yakni Core i5 versi mobile yang ditujukan guna notebook. Socket yang bakal digunakan ialah mPGA-989 dan memerlukan daya yang terbilang lumayan kecil yakni sebesar 45-55 Watt.

Intel Core i7

Core i7 sendiri adalahprocessor kesatu dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem memakai platform baru yang betul-betul bertolak belakang dengan generasi sebelumnya. Salah satunya ialah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem pun mengganti faedah FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.

INTEL SANDY BRIDGE

Pada tahun 2011, bermunculan generasi 2 dari intel core i 2000 series. Intel core i3, i5 dan i7 Sany Bridge Series. Keunggulan processor ini dari generasi sebelumnya merupakan, graphic lebih maknyus, clock speed yang lebih tinggi dan TDP yang lebih rendah. Processor Seri ini memakai Chipset dengan socket LGA 1155.

Processor unggulan Sandy Bridge Series ialah Intel Core i7 2700K. Procie ini mempunyai Quard Core Processor (4 Core), Clock Speed 3.5 GHz dan turbo clock speed 3.9 GHz, Graphic Clock mode standar menjangkau 850 MHz dan pada moder turbo turbo dapat mencapai kecepatan 1350 MHz, Chace dibekali 8 MB, TDP 95 W, Diproduksi pada 2011-10-24, dengan harga $332, memakai socket LGA 1155 DMI 2.0, PCIe 2.0, memory Up to dual channel DDR3-1333.

INTEL IVY BRIDGE

Pada tahun 2012, hadir lagi intel generasi 3 yakni Intel Core i 3000 Series dengan chipset LGA 1155 dan LGA 2011. Kenggullan dari generasi sabelumnya ialah peningkatan teknology menjadi lebih tinggi, graphic yang memakai seri teranyar yang pasti saja lebih cepat, clock speed yang dinaikkan dan pengurangan TDP dengan kata lain pemakaian menjadi lebih rendah (hanya berlaku procie yang mempunyai spek yang sama).

Produk unggulan pada seri ini ialah Core i7 Extreme 3970X, mempunyai 6 core (12 thread), clock 3.5 GHz dan turbo4.0 GHz, Chace 15 MB, TDP 150 W, Diproduksi pada 2012-11-12, dengan harga $999, memakai socket teranyar yaitu LGA 2011, DMI 2.0, pasti saja sudah menyokong PCIe 2.0 untuk kebutuhan graphic tambahan, Memory Up to quad channel DDR3-1600.

INTEL HASWELL

Tahun 2013, Intel pulang merilis processor berteknologi tinggi. Intel generasi 4 core i 4000 series. Kenggullan dari generasi sabelumnya ialah peningkatan teknolog, graphic, clock speed dan pengurangan TDP.

Produk unggulan pada seri ini ialah Core i7 Extreme 4960X, mempunyai 6 core (12 thread), dengan clock speed 3.6 GHz dan turbo 4.0 GHz, chace 15 MB, TDP 130 W, Diproduksi 10 September 2013, harga $999, LGA 2011, DMI 2.0 PCIe 3.0, Memory Up to quad channel DDR3-1866.

Untuk fitur, procie seri ini jauh meninggalkan seri sebelumnya. Sebut saja, Haswell series sudah menyokong PCIe veri 3.0. Sedangkan guna memory, Haswell series dapat di pasangkan dengan memory dengan kecepatan sampai 1866 mhz.

INTEL HASWELL X99

Intel Terbaru Core i7 Extreme Haswell-E X99

Tahun ini (2014) Intel pulang menggebrak dunia komputer dengan mengenalkan processor Intel Core i7 Extreme 5960X (Haswell 5000 series). Tidak tanggung-tanggung procie ini mempunyai 8 buah core dan 16 thread core. Menggunakan Socket X99 LGA 2011-13 dan support dengan memory DDR4 terbaru. Apa lagi dipadu dengan Nvidia GTX Titan Z. Hemmm

Sejarah Perkembangan Processor AMD

AMD didirikan pada tahun 1969 lebih tepatnya lagi di wilayah Sunnyvale, kota California. Setahun kemudian, perusahaan mengenalkan perangkat proprietary kesatu, Am2501 logika counter, yang paling sukses. Perusahaan yang mempunyai jilukan go public pada tahun 1972. sepuluh tahun lantas tepatnya tahun 1982, AMD menandatangani suatu perjanjian dengan Intel guna melayani sebagai produsen sumber kedua Intel guna prosesor IBM komputer pribadi, tetapi Intel lantas membatalkan perjanjian. Selama ini, AMD mengembangkan prosesor kesatu, AMD 8086, yang identik dengan model Intel. 8086 mempunyai clock rate sederhana sampai 10 MHz, beberapa kecil dari kecepatan prosesor modern. AMD terus mengembangkan prosesor yang lebih rendah dalam pilihan harga dibanding produk Intel.

Baca :  Cara sharing printer pada window XP dan manfaat share printer

Perkembangan Processor yang paling pesat adalahsalah satu hal utama kenapa kita dapat hidup di jaman yang sarat dengan teknologi modern ini karena, teknologi apapun yang modern saat ini tentu mempunyai sebuah benak yang dapat membuatnya menjadi sebuah perlengkapan canggih, nama beda dari otak tersebut ialah Processor. Processor merupkan suatu chip yang sering pun di sebut dengan istilah

Microprocessor yang pada ketika ini, dengan kemajuannya yang pesat mempunyai kapasitas sebesar gigahertz. Gigahertz adalahsatuan pengukur yang menata cepat proses dari sebuah processor dalam mengubah data atau informasi. Processor bisa menjadi perlengkapan yang sangat modern seperti ini tidak saja dalam masa-masa semalam, banyak berpengalaman yang mengerjakan penelitian dan melalui sejumlah kegagalan sampai-sampai menghasilkan perangkat ini.

AMD K5

AMD K5 tadinya dibuat agar dapat bekerja pada seluruh motherboard yg menyokong Intel. Jadi motherboard yg menyokong Intel akan menyokong pula AMD K5. Pada waktu tersebut tidak seluruh motherboard bisa langsung mengenali AMD dan mesti dilaksanakan Upgrade BIOS untuk dapat mengenali AMD.

AMD K 6

Prosesor AMD K6 adalahprosesor generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan bisa diinstalasi pada motherboard yg menyokong Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dipecah lagi modelnya nya yakni : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III.

AMD Duron

AMD Duron adalah keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, tadinya prosesor ini mempunyai code nama Spitfire yg diciptakan menurut Core Thunderbird. AMD Duron adalahversi AMD Athlon yg “diringkas” ia mempunyai semua arsitektur yg dipunyai AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon nyaris sama hanya lain 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Sa’at ini AMD telah menghentikan buatan AMD Duron.

AMD Athlon

AMD Athlon adalahpengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Prosessor ini adalahaksi come-back AMD ke pasar industri mikro-prosesor high-end dan AMD hendak menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Prosesor ini mengalahkan Intel Pentium III Katmai dan baru bisa didekati oleh Intel Pentium III Coppermine. Fitur lainya prosesor ini ialah AMD Athlon bisa dijadikan prosesor guna system multiprosesor laksana halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan memakai chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD mewujudkan komputer yg mempunyai dua prosesor AMD Athlon.

AMD Athlon 64

Prosesor ini mempunyai 3 variant socket yg bertolak belakang yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 mempunyai kontroler kenangan yg menyokong pemakaian kenangan DDR kanal tunggal. Socket 939 mempunyai kontroler kenangan yg mendukung kenangan kanal ganda. Prosesor ini adalahprosesor kesatu yg kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini memakai teknologi AMD 64 yg dapat bekerja pada system operasi dan software 32 bit maupun 64 bit.

AMD Athlon 64 FX

Prosesor ini mempunyai 2 karakter urgen :

  • Pertama, bisa bekerja pada system operasi dan software 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan sarat Menawarkan perlindungan virus yg dinamakan Ehanced Virus Protection saat dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
  • Kedua, System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX paling cocok untuk para pemakai PC yg antusias, peminat olah Video-Audio (multimedia) dan semua pemain Game.

AMD Sempron

Prosesor ini ialah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar komputer murah, untuk berlomba dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yakni :

  • AMD Sempron soket A
  • AMD Sempron Soket 754

Versi soket A dari AMD Sempron ialah varian dari Sempron yg diciptakan menurut prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, sebab pada saat tersebut AMD memang telah mengenalkan prosesor guna pasar High-End AMD Athlon 64. AMD Sempron soket 754 ialah prosesor Sempron yg di bina diatas arsitektur AMD64 demi menambah kinerja yg dimilikinya. AMD Sempron mempunyai kode nama Palermo yg sama laksana AMD Sempron soket A. Tetapi sejumlah seri AMD Sempron fitur 64bit tidak digiatkan sehingga melulu dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg bisa dikoneksikan ke chipset motherboard.

AMD 64 X2 Dual Core

Prosesor ini dimaksudkan guna menyaingi apa yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, prosesor ini ditujukan untuk kalangan pemakai media digital yg intensif. Dari sisi fitur prosesor ini dilengkapi dengan teknologi sperti HyperTransport yg dapat meningkatkan kinerja system secara borongan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, menambah bandwith, meminimalisir latency system. Pendekatan yg dipakai disini ialah kontroler kenangan DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga menolong mempercepat akses ke memori, dengan meluangkan jalur dai prosesor langsung ke kenangan utama. Hasilnya, dapat menikmati loading software yg lebih cepat dari performa software yg lebih meningkat.

AMD Opteron

Prosesor ini guna menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini bisa dibilang menang telak disaksikan dari kinerja yg diperlihatkan tiap watt yg dipakai (performance/watt), namun belum bisa menandingi efisiensi prosesor Intel Itanium.
Fitur-fitur :

  • Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB dan instruction cache 64 KB.
  • Chache level-2 sebesar 1024 KB
  • Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz
  • Memiliki 3 buha link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s
  • Mampu mengakses memori jasmani hingga 1 terabyte
  • Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core

AMD Phenom

AMD Phenom dikenalkan untuk membalas permintaan pasar dan fansnya. Kemunculan ini sekaligus memanaskan kembali kompetisi dengan rivalnya yang telah terlebih dahulu mengenalkan prosesor berinti enam. Bersamaan dengan peluncuran perdana dua varian Phenom II X6 (1055T dan 1090T), AMD pun mengenalkan chipset baru yaitu 890GX/FX guna menemani Phenom II X6 ini. Berikut Spesifikasi AMD Phenom II X6 1090T :

  • Seri X6 1090T
  • Soket AM3 (938 pin)
  • Clock speed (MHz) 3200(3600 – Turbo)
  • Nama core Thuban
  • Jumlah core 6
  • FSB (MHz) 200
  • Multiplier 16x
  • L1 size 128 KB x6
  • L2 size 512 KB x6
  • L3 size 6 MB Shared

AMD Turion

AMD Turion mempunyai 64 bit dengan daya konsumsi rendah. AMD jenis ini menemukan nama sandi K8L. AMD Turion 64 dan AMD Turion 64 X2 Ultra berlomba keras dengan prosesor Intel.
Jenis lainnya yakni :

  • Turion Ultra II dan Turion II.
  • Prosesor AMD Zamora,
  • AMD Greyhound
  • AMD dengan seri Quad Core

AMD Zambezi

AMD Zambezi adalahgenerasi teranyar prosesor AMD yang diciptakan menurut arsitektur Bulldozer (32nm) bakal menantang head-to-head dengan prosesor Intel Core i7 (seri 9000). AMD Zambezi menyertakan teknologi TurboCore 2.0 dan bakal bernaung dibawah jajaran brand FX Series.

Sampai ketika ini AMD tidak dapat menyaingi performa Intel Core i7“Sandy Bridge” namun berniat guna bertarung pulang dengan teknik merilis prosesor Zambezi seri Buldozer.

AMD Zambezi mempunyai kecepatan 3,6 GHz yang dapat ditingkatkan menjadi 3,9 GHz pada situasi turbo (semua core aktif), serta mempunyai kecepatan Max Turbo 4,2 GHz. Di samping itu, Zambezi menyokong secara sah pemakaian kenangan dualchannel DDR3-1866. Memori ini pada generasi sebelumnya melulu mempunyai kecepatan DDR3-1333. Kecepatan HyperTransport link pun dinaikkan dari 2 GHz (4 GT/s) menjadi 2,6 GHz (5,2 GT/s).

Share