Pengertian Olahraga Bowling : Sejarah Teknik Dasar Istilah Bowling

Posted on

Olahraga bowling adalah salah satu bentuk kegiatan rekreasi yang telah ada selama berabad-abad, tetapi juga merupakan kompetisi olahraga yang semakin populer di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu olahraga bowling, sejarahnya, aturan dasarnya, serta manfaat kesehatan dan hiburan yang dapat diperoleh dari bermain bowling.

Pengertian Sejarah Teknik Dasar Olahraga Bowling

Pengertian Olahraga Bowling

Bowling adalah olahraga yang melibatkan melempar sebuah bola berat ke arah pin-pin yang tersusun rapi di ujung lorong berlapis minyak khusus. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan sebanyak mungkin pin dalam satu lemparan untuk mencetak skor tertinggi. Pemain bowling, atau disebut bowler, berdiri di satu ujung lorong yang panjangnya sekitar 18,3 meter dan berusaha untuk mengenai sasaran mereka dengan akurasi dan kekuatan yang tepat.

Bowling adalah sebuah olahraga di mana pemain menggelindingkan bola dengan satu tangan menuju sepuluh pin yang tersusun dalam satu baris. Bowling termasuk dalam kategori olahraga permainan.

Jika seorang pemain berhasil menjatuhkan seluruh sepuluh pin dengan satu lemparan, disebut sebagai “strike”. Namun, jika tidak semua pin jatuh dalam lemparan pertama, peserta diberi kesempatan untuk mencoba menjatuhkan pin yang tersisa sekali lagi.

Apabila setelah dua percobaan masih ada pin yang berdiri, itu disebut “open frame” atau “missed,” dan semua frame ini akan memengaruhi perhitungan skor dalam setiap pertandingan. Pin akan kembali disusun untuk frame selanjutnya.

Ukuran standar pin bowling adalah sekitar 4,75 inci lebar dan 15 inci tinggi. Pin bowling umumnya terbuat dari kayu yang diukir dengan mesin khusus. Kemudian, pin tersebut dilapisi dengan lapisan keras dari plastik dan dicat putih untuk menciptakan produk akhir yang berkilauan dan menarik untuk dilihat.

Sejarah Olahraga Bowling

Olahraga bowling adalah permainan yang menggabungkan keterampilan, strategi, dan hiburan. Seiring berjalannya waktu, bowling telah menjadi salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia, tetapi akarnya dapat ditelusuri ribuan tahun ke masa kuno. Artikel ini akan membahas perjalanan sejarah panjang olahraga bowling, dari asal-usulnya hingga prestasi modernnya.

Asal Usul Kuno

Asal usul bowling sangat kuno dan berasal dari berbagai budaya di seluruh dunia. Mesir kuno dan Romawi adalah salah satu budaya yang memiliki permainan mirip bowling. Mereka menggunakan batu bergulir untuk melempar objek lain, menciptakan akar dari apa yang sekarang kita kenal sebagai “bowling.”

Perkembangan di Eropa

Bowling mulai berkembang di Eropa pada Abad Pertengahan. Di Inggris, permainan ini dikenal dengan nama “skittles” dan mirip dengan bentuk awal dari bowling. Di Skotlandia, permainan yang lebih mirip dengan bowling modern, dengan sembilan pin, dikenal sebagai “ninepin bowling” atau “kittle pins.”

Larangan Bowling di Amerika Serikat

Pada abad ke-19, bowling sembilan pin menjadi sangat populer di Amerika Serikat. Namun, pada tahun 1841, beberapa negara bagian mulai melarangnya karena dianggap terkait dengan perjudian dan alkohol. Ini mengakibatkan perubahan dalam peraturan dan struktur permainan, yang pada akhirnya mengarah pada perkembangan bowling sepuluh pin.

Perkembangan Bowling Sepuluh Pin

Pada pertengahan abad ke-19, bowling sepuluh pin mulai berkembang. Pada tahun 1895, American Bowling Congress (ABC) didirikan sebagai otoritas resmi untuk mengatur aturan bowling. Ini adalah langkah penting dalam mengubah bowling menjadi olahraga yang lebih serius dan terstruktur. Pada tahun 1951, Persatuan Bowling Dunia (WIBC) didirikan untuk mengatur bowling wanita.

Perkembangan Olahraga Bowling

Olahraga bowling terus berkembang sepanjang abad ke-20. Liga bowling, turnamen, dan pusat bowling mulai bermunculan di seluruh dunia. Pada tahun 1952, bowling ditampilkan dalam Olimpiade Helsinki sebagai olahraga demonstrasi, yang menunjukkan bahwa ini adalah olahraga yang mendunia.

Bowling Profesional

Pada tahun 1958, didirikan Professional Bowlers Association (PBA) di Amerika Serikat. PBA memungkinkan pemain untuk menjadi pemain profesional dan bersaing untuk hadiah uang tunai. Ini menjadi salah satu liga bowling profesional terkemuka di dunia, menarik pemain terbaik dari seluruh dunia.

  12 contoh surat permohonan dana berbagai macam tujuan

Bowling Modern

Saat ini, bowling adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, dengan jutaan pemain di berbagai level keahlian. Pusat-pusat bowling modern dilengkapi dengan fasilitas canggih, termasuk pin otomatis, papan skor elektronik, dan peralatan bowling yang berkualitas. Selain itu, bowling tetap menjadi hiburan keluarga yang populer dan aktivitas sosial.

Bowling telah menjalani perjalanan yang panjang dan menarik dari permainan kuno hingga olahraga yang diakui secara global. Dengan sejarah yang kaya dan evolusi yang terus berlanjut, olahraga bowling tetap menjadi favorit bagi banyak orang di seluruh dunia.

Bowling di Seluruh Dunia

Seiring berjalannya waktu, olahraga bowling telah berkembang di seluruh dunia dan mendapatkan popularitas yang besar. Berikut adalah beberapa pengembangan dan tren terkini dalam dunia bowling:

Kompetisi Internasional

Bowling telah menjadi olahraga yang diakui secara internasional. Kompetisi seperti Kejuaraan Dunia Bowling (World Bowling Championships) dan Piala Dunia Bowling (QubicaAMF Bowling World Cup) menarik peserta dari berbagai negara. Olahraga ini bahkan memiliki tempat dalam berbagai acara multi-olahraga besar seperti Asian Games.

Liga Bowling

Liga bowling adalah pondasi komunitas bowling di banyak negara. Pemain dari berbagai tingkat keahlian berkompetisi di liga lokal, nasional, dan internasional. Liga seringkali diatur dengan ketat, dan pemain memiliki kesempatan untuk meningkatkan peringkat mereka serta memenangkan hadiah dan pengakuan.

Peran Pusat Bowling

Pusat bowling modern tidak hanya menyediakan fasilitas bermain, tetapi juga seringkali menawarkan makanan dan minuman, permainan arkade, serta hiburan lainnya. Ini telah mengubah pusat bowling menjadi tujuan hiburan yang populer bagi keluarga dan teman-teman.

Teknologi Bowling

Bowling telah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pengalaman pemain dan penonton. Papan skor elektronik yang canggih, pin otomatis yang cepat, serta video replays dari tembakan telah menjadi standar di pusat bowling modern. Hal ini meningkatkan kualitas permainan dan membuatnya lebih menarik untuk penonton.

Bowling Sebagai Hiburan Sosial

Meskipun bowling adalah olahraga yang serius, banyak orang juga melihatnya sebagai hiburan sosial. Bermain bowling dengan teman-teman atau keluarga menjadi cara yang bagus untuk bersenang-senang dan merayakan acara khusus.

Pemain Bowling Terkemuka

Bowling telah melahirkan beberapa pemain terkemuka yang menjadi ikon olahraga ini. Nama-nama seperti Earl Anthony, Walter Ray Williams Jr., dan Pete Weber adalah beberapa di antara legenda-legenda bowling yang dihormati di dunia bowling.

Sejarah panjang olahraga bowling mencerminkan perkembangan dari permainan kuno yang sederhana menjadi olahraga yang diakui secara internasional. Dari pusat bowling yang ramai hingga kompetisi tingkat dunia, bowling terus tumbuh dan mendapatkan tempat di hati banyak orang di seluruh dunia. Olahraga ini tidak hanya tentang melempar bola ke pin, tetapi juga tentang menciptakan kenangan, mengukur keterampilan, dan merayakan persaudaraan. Sebagai hasilnya, bowling terus menjadi salah satu olahraga yang mendunia dan terus berkembang di abad yang modern ini.

Istilah istilah dalam olahraga bowling

Berikut istilah dalam olahraga bowling:

  • Strike: Ketika pemain berhasil menjatuhkan semua 10 pin pada lemparan pertamanya, disebut sebagai “strike.” Ini adalah hasil yang sangat diinginkan karena pemain akan mendapatkan nilai maksimal pada lemparan tersebut.
  • Spare: Ketika pemain berhasil menjatuhkan semua pin pada lemparan kedua (dalam dua lemparan) setelah gagal strike, disebut sebagai “spare.” Pemain mendapatkan nilai tambahan karena menjatuhkan semua pin dalam dua lemparan.
  • Split: Split terjadi ketika dua atau lebih pin tersisa berdiri dengan jarak yang cukup jauh satu sama lain setelah lemparan pertama. Split biasanya merupakan situasi yang sulit untuk diatasi.
  • Gutter Ball: Gutter ball adalah lemparan yang masuk ke dalam parit (gutter) di sebelah kiri atau kanan jalur bowling, sehingga tidak mengenai pin sama sekali.
  • Open Frame: Open frame terjadi ketika pemain tidak berhasil menjatuhkan semua pin setelah dua lemparan, baik setelah lemparan pertama dan kedua atau setelah spare. Jadi, ada pin yang tersisa berdiri.
  • Turkey: Ketika seorang pemain mencetak tiga strike berturut-turut dalam satu game, disebut sebagai “turkey.”
  • Four-Bagger, Five-Bagger, dsb.: Istilah-istilah ini digunakan ketika pemain mencetak empat, lima, atau lebih strike berturut-turut dalam satu game.
  • Pin Count: Pin count mengacu pada jumlah pin yang berhasil dijatuhkan oleh pemain dalam satu frame atau lemparan. Jumlah pin yang dijatuhkan akan memengaruhi nilai yang diberikan pada frame tersebut.
  • Split Conversion: Split conversion terjadi ketika seorang pemain berhasil menjatuhkan semua pin yang tersisa setelah split pada lemparan berikutnya.
  • Lane: Lane adalah jalur yang digunakan untuk melempar bola dalam bowling. Setiap lapangan bowling terdiri dari beberapa lane.
  • House Ball: House ball adalah bola yang disediakan oleh pusat bowling dan umumnya digunakan oleh pemain biasa. Bola ini tersedia dalam berbagai ukuran dan berat.
  • Spin: Spin adalah teknik untuk memberikan gerakan melingkar pada bola saat melemparnya, yang dapat memengaruhi arah dan rotasi bola ketika mengenai pin.
  • Foul: Foul terjadi ketika pemain melanggar garis lemparan saat melempar bola. Jika terjadi foul, hasil lemparan tidak dihitung.
  • Frame: Frame adalah bagian dari satu permainan bowling yang terdiri dari satu atau dua lemparan, tergantung pada apakah pemain mencetak strike atau spare pada lemparan pertama.
  • Handicap: Handicap adalah metode penghitungan skor yang memberikan keuntungan bagi pemain dengan tingkat keahlian yang lebih rendah, dengan memberikan nilai tambahan berdasarkan perbedaan antara rata-rata skor pemain dan rata-rata skor pemain yang lebih tinggi.
  • Strikeout: Strikeout terjadi ketika seorang pemain mencetak strike pada seluruh frame di akhir game, yaitu frame ke-9 dan frame ke-10.
  • Turkey in the 10th: Ketika seorang pemain mencetak tiga strike berturut-turut dalam frame ke-10, disebut sebagai “turkey in the 10th.” Ini adalah cara yang hebat untuk mengakhiri game.
  • Sandbagging: Sandbagging adalah praktik di mana pemain sengaja bermain di bawah kemampuannya untuk meningkatkan handicap atau mendapatkan keuntungan dalam kompetisi tertentu.
  • Brooklyn Strike: Brooklyn strike terjadi ketika pemain berhasil menjatuhkan semua pin dengan mengepalkan bola ke sisi lawan dari pin yang harus dijatuhkan. Ini adalah jenis strike yang tidak biasa.
  • House Shot: House shot adalah pola minyak (oil pattern) yang biasanya digunakan di pusat bowling untuk pemain yang lebih berpengalaman. Pola ini cenderung menguntungkan pemain dengan bola yang menghasilkan lebih banyak strike.
  • Sport Shot: Sport shot adalah pola minyak yang lebih sulit dan menantang yang digunakan dalam kompetisi bowling tingkat lanjut. Pola ini cenderung lebih adil dan membutuhkan lebih banyak keterampilan.
  • Tap: Tap adalah istilah yang digunakan ketika pemain menjatuhkan hampir semua pin kecuali satu atau dua pin yang tetap berdiri.
  • Washout: Washout terjadi ketika pemain gagal menjatuhkan pin tengah (biasanya pin nomor 7) dalam split, tetapi berhasil menjatuhkan pin lainnya.
  • Anchor Bowler: Anchor bowler adalah pemain yang biasanya melempar lemparan terakhir dalam tim ketika bermain dalam format tim, dan tekanannya besar karena hasilnya bisa menentukan kemenangan tim.
  • Four-Pin: Four-pin adalah istilah yang digunakan ketika hanya empat pin yang tersisa berdiri setelah lemparan, biasanya terdiri dari pin 1, 3, 6, dan 10.
  • Pocket: Pocket adalah area tengah di antara pin nomor 1 dan 3 (kiri) atau pin nomor 1 dan 2 (kanan), yang merupakan target yang diinginkan pemain untuk mencetak strike.
  • Sleeper: Sleeper adalah istilah yang digunakan ketika satu pin berdiri di belakang pin lain, membuatnya lebih sulit untuk dijatuhkan.
  • Lofting: Lofting adalah tindakan melemparkan bola di atas pin depan, yang bisa menghasilkan efek yang berbeda pada bola saat mencapai pin.
  • Foul Line: Garis lemparan yang tidak boleh dilanggar oleh pemain saat melempar bola.
  • Backswing: Bagian dari gerakan melempar bola di mana pemain membawa bola ke belakang sebelum melemparnya.
  Penjelasan 10 Anatomi Tubuh Manusia serta Gambar

Istilah-istilah ini merupakan sebagian kecil dari beragam kosakata yang digunakan dalam olahraga bowling. Pemain bowling sering menggunakan istilah ini untuk berkomunikasi dan mendiskusikan strategi selama pertandingan.

Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Boling

Setiap jenis olahraga terdapat aturan dan teknik menghitungnya, urusan ini bermanfaat untuk mengtahui pemenang dan yang kalah dalam sebuah permainan. Cara perhitungan angka guna olahraga Bowling merupakan:

  • Setiap permainan memiliki 10 frame
  • Setiap frame memiliki 2 kotak yang menggambarkan dua kali peluang lemparan
  • Khusus pada frame ke 10 terdapat 3 kotak yang dengan kata lain bisa mempunyai peluang 3 kali lemparan
  • Skor tertinggi dalam masing-masing permainannya ialah 300 yang dinamakan perfect game
  • Setiap frame strike bakal mendapatkan ekstra angka dari 2 lemparan selanjutnya, sementara untuk spare mendapat ekstra angka dari 1 lemparan selanjutnya.

Teknik Dasar Olahraga Bowling

Olah raga bowling adalahsalah satu olah raga yang membutuhkan keakuratan tinggi dalam menjatuhkan seluruh pin atau istilahnya: strike, tak berbeda dengan olahraga memanah ataupun menembak.

Berikut ini Hal Mendasar yang Perlu Diketahui untuk Pemula guna Bermain Bowling:

  • Memilih bola

Sebelum mengawali pernainan usahakan kamu memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jari anda. Tangan kita usahakan dapat masuk dengan pas ke dalam lubang bola. Tapi, tidak boleh terlalu sempit sampai-sampai nantinya Anda kendala untuk mengeluarkannya dengan cepat. Bagi memilih bola yang sangat pas guna Anda, kerjakan ini: Masukkan ibu jari Anda kemudian lebarkan jari-jari kita yang beda di sekeliling bola. Ruas jari Anda mesti segaris dengan unsur tengah lubang. Lalu, pilih bola sangat berat yang masih dapat Anda ayunkan dengan baik.

  • Mengincar Strike

Hal yang sangat diiinginkan oleh seluruh pemain bowling ialah menjatuhkan seluruh pin, maka dari tersebut mengincar Strike adalahhal yang yang kesatu menjadi acuan.

  140 Kata Kata Lucu Singkat Menghibur dan Dijamin Ketawa !!

Jika kita pemakai tangan kanan, posisikan bola di arah jam 6, sedangkan tangan kiri kita di arah jam 8 untuk menyerahkan sokongan.

Jika kamu kidal maka posisikan di arah jam 6 dan jam 4. Ambil ancang-ancang empat tahapan di belakang garis, plus setengah tahapan untuk nantinya mengenalkan bola. Gunakan tanda panah di lane bowling sebagai panduan.

Untuk menemukan sudut lemparan terbaik, arahkan bola salah satu baris kedua dan ketiga dari seloka (gutter) tersebut adalahtempat terbaik guna menjatuhkan pin dengan reaksi berantai.

  • Persiapan akhir

Melangkahlah dengan cepat ke arah garis, tekuk tidak banyak lutut Anda, dibuka dari tangan dan kaki kita yang dominan. Ketika maju ke depan, alihkan berat tubuh kita ke kaki yang beda dan biarkan tangan kita yang beda jatuh sampai-sampai bola dapat mengayun mulus. Arahkan dengan bahu Anda kemudian biarkan lengan kita relaks dan membuai kebelakang setinggi bahu Anda.

  • Menjatuhkan seluruh pin

Ketika bola terdapat di belakang badan Anda, meluncurlah untuk mengerjakan gerakan finishing. Ayunkan bola ke depan dan, saat bola melalui pergelangan kaki Anda, putar bolanya sehingga jempol Anda menunjuk ke arah jam 10. Untuk menemukan efek putaran yang lebih bertenaga, putar tangan kita dari arah jam 12 ke arah jam 10 tepat saat bola mengayun melalui pergelangan kaki Anda

Hal-hal yang ada dalam permainan Boling

  • Dalam 1 line/lintasan bisa dipakai maksimal 5 orang.
  • misalkan cuma berdua, maka di layar display akan menampilkan nama secara bergantian, mainlah saat nama kita tampil .
  • Sebelum melempar bola, pastikan 10 Pin bowling sudah dalam kondisi terbuka (cover sudah naik).
  • 1 orang berkesempatan 2 kali melempar bola jika tidak terjadi Strike, dan hanya sekali melempar jika Strike.
  • Dalam 1 sesi Game, 1 orang bergiliran 10 kali Strike (atau 20 kali
  • lempar jika tidak strike).

Lapangan dan Peralatan

Olahraga bola gelinding atau biasa disebut boling dimainkan dalam ruangan khusus. Adapun panjang jalur lemparannya 18,75 meter dan lebar 100 cm. sebuah pin(botol khusus) beratnya 1,14 kg, tinggi 37 cm disusun sedemikan rupa sebanyak 10 buah dengan jarak masing antar botol 12 inch yang diletakkan di ujung jalur lemparan.
Bola gelinding seberat 4 kg sampai 8 kg dengan garis lingkar sepanjang 70 cm. Bola ini dirancang khusus yaitu dilengkapi dengan tempat pegangan jari-jari kedalam bola.

Pakaian dalam permainan boling hendaknya khusus yang tidak mengganggu gerakan tubuh dan tidak mengganggu permainan, sedangkan untuk sepatu dengan sol yang terbuat dari karet atau kulit. Sol karet berfungsi untuk rem dan mengontrol gelindingan bola, sol kulit untuk melakukan gelindingan yang diperlukan pada langkah akhir.